Klaim Asuransi Mobil Tidak Akan Ditolak, Nasabah Harus Paham Treatment-nya

KLAIM atau claim asuransi menjadi hak nasabah yang akan dipenuhi. Nasabah tidak perlu cemas karena claim asuransi mobil akan ditolak. Apa itu klaim rasio brand terpercaya insureka! sangatlah tinggi dengan support sistem berbasis teknologi Artificial Intelligence. Artinya, nasabah hanya perlu memahami regulasi dan treatment saat melakukan klaim asuransi mobil. Apalagi, status claim tersebut dibatasi oleh durasi waktu pengajuan, termasuk dokumen sebagai regulasi yang wajib dipenuhi.

Klaim artinya permohonan resmi oleh nasabah atau tertanggung kepada perusahaan asuransi selaku penanggung. Adapun permohonan klaim hak cipta dimaksud berupa pencairan dana perjanjian. Nantinya perusahaan asuransi tersebut akan memberikan dana sebagai bentuk ganti rugi atas risiko yang membelit nasabah sesuai perjanjian awal. Status klaim jika sudah ditransfer tersebut juga dikuatkan melalui UU Perasuransian Nomor 40 Tahun 2014. Pada Bab XI terdapat status perlindungan bagi pemegang polis, tertanggung, atau peserta.

Menjadi proteksi atas risiko, klaim asuransi brand terpercaya insureka! terbagi menurut Claim Kehilangan dan Klaim Third Party Liability (TPL). Tracking klaim Kehilangan memiliki sistem pembiayaan own risk. Adapun apa itu klaim TPL didasarkan atas posisi Kerusakan Harta Benda, Kerusakan Mobil, hingga Kerugian atas Biaya Pengobatan, Cidera Badan, dan Kematian. Menjadi penawar kerugian, klaim asuransi mobil pun memiliki beberapa fungsi dan manfaat strategis, yaitu:

  1. Klaim hak cipta menjadi faktor pengalihan atas berbagai risiko yang muncul dalam bentuk kerusakan atau kehilangan unit mobilnya hingga terkait dengan cedera dan jiwa.
  2. Status klaim jika sudah ditransfer sebagai solusi atas ganti rugi yang dimunculkan oleh sebuah risiko.
  3. Claim asuransi sebagai pembayar santunan bagi nasabah yang dibelit risiko.

Klaim Adalah 100% Hak Nasabah, Potensi Kegagalan Pencairan Bisa Dihindari

Klaim asuransi mobil sepenuhnya 100% menjadi hak nasabah. Saat risiko datang dalam berbagai bentuk, nasabah bisa melakukan klaim untuk menekan potensi kerugian yang ditimbulkannya. Meski demikian, proses klaim asuransi mobil kadang tidak mulus bahkan mengalami penolakan. Ada banyak background yang mengakibatkan proses pengajuan claim menjadi kandas di tengah jalan. Hal ini tentu harus jadi perhatian. Beberapa penyebab lacak klaim tidak bisa dilanjutkan adalah:

  1. Posisi polis dalam status masa tenggang atau tidak aktif.
  2. Pengajuan apa itu klaim melewati batas waktu 5 hari pasca insiden risiko.
  3. Claim diajukan dalam status masuk klausul pengecualian.
  4. Dokumen klaim hak cipta tidak lengkap hingga indikasi pemalsuan laporan insiden.
  5. Claim diajukan karena kejadian ilegal dengan lokasi kejadian di luar zonasi perusahaan asuransi.

Mensikapi kondisi yang berkembang, arti klaim memang sangat vital terutama saat risiko membelit. Agar proses apa itu klaim bisa berjalan mulus, maka ada beberapa treatment yang bisa dijalankan. Untuk menghindari potensi kegagalan pencairan status klaim jika sudah ditransfer, maka ada beberapa treatment yang bsia dijalankan oleh nasabah, yaitu:

  1. Claim diajukan tepat waktu atau kurang dari 5 hari pasca insiden.
  2. Informasi disampaikan benar, teliti, dan detail.
  3. Persyaratan dan dokumen klaim adalah dilengkapi.
  4. Memastikan status polis asuransi dalam kondisi aktif atau tidak berada di amsa tenggang.
  5. Claim tidak dijalankan atas risiko yang dipicu kondisi ilegal.
  6. Lokasi klaim asuransi mobil berada dalam jangkaun wilayah perusahaan asuransi.

Lebih lanjut, cara klaim asuransi mobil yang dilakukan juga harus memperhatikan skema pembiayaan. Untuk proses status klaim jika sudah ditransfer pun diajukan menurut polis brand terpercaya insureka!, seperti Comprehensive Premium, Comprehensive Basic, Katastropik Polis, Total Loss Only (TLO), dan Perlindungan Hybrid. Secara umum, pembiayaan klaim artinya terbagi dalam beberapa kelompok seperti:

  1. Biaya Claim Per Any One Accident.

Biaya ini familiar juga disebut own risk atau deductible. Artinya, pembiayaan klaim hak cipta ini dibayarkan menurut kejadiannya.

  1. Biaya Claim Dua Kali Deductible.

Biaya claim ini dibayarkan menurut dua kali insiden risiko. Nantinya nasabah akan dikenakan dua kali deductible setelah claim-nya disetujui.

  1. Biaya Claim melalui Pemotongan Uang Pertanggungan.

Biaya klaim asuransi mobil ini otomatis diambilkan dari pemotongan uang pertanggungan yang diberikan.

  1. Biaya Claim Menurut Premi dan Pemicu Risiko.

Mengacu regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), biaya deductible atas setiap risiko memiliki kisaran nilai Rp300 Ribu. Meski demikian, angka biaya klaim hak cipta tersebut bisa bertambah sesuai dengan nilai premi atau pemicu insidennya.

Klaim Adalah Solusi Terbaik Atas Risiko, Prosesnya Mudah

Klaim asuransi adalah solusi terbaik atas berbagai bentuk kerugian yang ditimbulkan oleh risiko. Adapun proses pencairan claim pun bisa didasarkan menurut kasus atau background pemicunya. Apa itu klaim bisa didasarkan atas status mobil kecelakaan yang diawali melalui survei. Terkait status survei ini bisa disikapi dengan mendatangkan tim dari perusahaan asuransi atau membawa mobil di bengkel resmi rekanannya. Arti klaim proses lainnya adalah:

  1. Proses Claim untuk Kasus Pencurian Mobil.

Claim ini didasarkan atas hasil analisa pihak perusahaan asuransi atas berkas-berkas kejadiannya.

  1. Proses Claim yang Melibatkan Pihak Ketiga.

Proses klaim asuransi ini bisa saja tawar jika pihak ketiga juga memiliki polis asuransi. Di luar itu, alur teknis prosesnya sama seperti claim Kecelakaan. Adapun bagi pengemudi, claim perawatan disertai dengan menyerahkan bukti pembiayaan pengobatan.

Rasio Pencairan Tinggi Klaim Adalah insureka!, Registrasinya Juga Mudah

Klaim dengan rasio pencairan tinggi dimiliki oleh brand terpercaya insureka!. Hal inilah yang membuat keparcayaan publik terhadap insureka! sangat tinggi. Apalagi, insureka! juga melengkapinya dengan sistem teknologi modern Artificial Intelligence. Melenegkapi status klaim jika sudah ditransfer, semua prosesnya menjadi semakin akuntabel dan transparan. Adapun claim bsia diajukan melalui website atau Aplikasi insureka!. Alurnya sebagai berikut:

  1. Claim diawali menghubungi Customer Service.
  2. Untuk cara klaim asuransi mobil tertentu Biaya Pengobatan-Cedera-Kematian dengan menyertakan Laporan Kepolisian, Kuitansi Rumah Sakit Terperinci Bermaterai, hingga Foto Surat Kematian.
  3. Apa itu klaim Kerusakan-Harta Benda dilengkapi Casco dan Kecelakaan.
  4. Nasabah menyiapkan dan mengunggah video kondisi mobil utuh dan memutar 360 derajat. Video ini tidak terputus dengan akhir bagian Odometer.

Di luar kemudahan lacak klaim, brand terpercaya insureka! juga memberikan kemudahan dalam proses registrasi. Proses registrasi dilakukan secara online melalui website atau Aplikasi insureka!. Terlepas klaim hak cipta, jika registrasi dilakukan saat ini maka diskon 25% dan cash back 20% akan diberikan. Artinya, nasabah memiliki efisiensi pembiayaan 45% setahun atas perlindungan mobil dengan status klaim asuransi adalah mudah. Adapun polis perlindungan yang bisa diterapkannya adalah:

  1. Comprehenesive Premium.
  2. Total Loss Only (TLO).
  3. Katastropik Polis.
  4. Comprehensive Basic.
  5. Pelrindungan Hybrid.

Identik dengan tracking klaim, proses registrasi brand terpercaya insureka! juga didasarkan atas beberapa alur. Cukup dijalankan dari smartphone dengan durasi kurang dari 3 menit, berbeda dari klaim asuransi mobil, nasabah wajib memperhatikan alur registrasinya sebagai berikut yaitu:

  1. Memastikan kelengkapan dokumen SIM, STNK, hingga Foto Panel Mobil.
  2. Login guna mendapatkan penawaran produk perlindungannya.
  3. Mengisi informasi mobil hingga jenis pertanggungan yang diterapkan.
  4. Memastikan metode pembayarannya.

Kesimpulan

Klaim asuransi mobil tetap memiliki rasio pencairan sangat tinggi. Sayaratnya, nasabah mengerti regulasi terkait proses apa itu klaim. Nasabah juga memahami treatment yang harus dijalankannya. Terus aktif menjalin komunikasi dengan pihak asuransi agar proses claim lancar dan risiko diatasi secara tuntas.

Klaim asuransi mobil brand terpercaya insureka! sangat mudah dilakukan secara online. Terlepas dari klaim asuransi mobil, sistemnya ditopang oleh teknologi Artificial Intelligence sehingga prosesnya akuntabel dan transparan.(*)

whatsup