Cara Klaim Asuransi Mobil Paling Umum di Indonesia: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Risiko Ditangani Maksimal Melalui Klaim Asuransi

Brand Terpercaya insureka!

Pendahuluan

CARA klaim asuransi mobil menjadi solusi terbaik untuk menekan kerugian pembiayaan yang dihadirkan oleh faktor risiko. Memiliki fungsi sebagai faktor pengalih, klaim asuransi dapat meringankan beban pembiayaan faktor risiko. Lebih luas dari itu, porsi tersebut juga bisa menyelesaikan faktor risiko yang melibatkan pihak ketiga. Meski demikian, proses klaim tetap harus disesuaikan dengan aktivasi coverage perlindungannya.

Untuk proses klaim asuransi mobil insureka! bisa dilakukan mandiri maupun melalui bantuan customer service. Untuk pengajuan klaim bisa dilakukan secara online. Prosesnya mudah cepat dengan hanya melalui website atau Aplikasi insureka!. Perlu menjadi perhatian, pastikan syarat klaim terpenuhi dengan lengkap dan valid.

5 Cara Klaim Asuransi Mobil Teratas dan Paling Umum

Proses dan cara klaim asuransi mobil didasarkan pada background pemicunya. Hal ini juga berpengaruh terhadap dokumen dan perysratan klaim yang harus disiapkannya. Adapun jenis klaim polis insureka! terdiri Klaim Kehilangan dan Klaim TPL (Third Party Liability). Klaim Kehilangan didasarkan atas Own Risk atau OR. Nantinya OR akan dipotong langsung dari nilai yang dibayarkan kepada tertanggung. Adapun pembayaran jenis klaim asuransi mobil kepada customer dilakukan maksimal 14 hari kerja setelah dokumen komplit.

Untuk TPL memiliki beberapa karakteristik. Klaim asuransi mobil didasarkan menurut Kerusakan Atas Harta Benda atau Kerusakan Mobil. Opsi klaim lainnya didasarkan pada Kerugian atas Biaya Pengobatan, Cidera Badan, dan atau Kematian. Adapun detail penjelasan jenis klaim asuransi mobil adalah sebagai berikut:

1. Klaim Kerusakan Atas Harta Benda atau Kerusakan Mobil.

Own risk (OR) sebesar Rp300 Ribu per Kejadian diberikan jika casco disertakan. Namun, OR untuk TPL tidak dikenakan jika casco tidak disertakan dalam proses klaim asuransi mobil. Seandainya klaim TPL atas keduanya, maka limitnya disesuaikan atas sisa pembiayan klaim sebelumnya.

2. Klaim Kerugian atas Biaya Pengobatan, Cidera Badan, dan atau Kematian.

Biaya ini diberi limit sama dengan polisnya. Untuk accident dengan kendaraan lain, maka persyaratan berupa dokumen pengemudi kendaraan lain tersebut dan foto kerusakan unitnya harus ada. Adapun jenis klaim asuransi mobil untuk cedera, pengobatan, hingga kematian wajib menyertakan KTP, Kartu Keluarga, hingga kuitansi rincian rumah sakit bermeterai. Sistem pembayarannya reimburse.

Lebih lanjut, sebenarnya ada beberapa karakter cara klaim asuransi mobil yang cukup lazin dilakukan di Indonesia. Adapun klaim tersebut didasarkan kepada faktor pemicunya. Sedikitnya ada 5 bentuk klaim yang bisa dilakukan, seperti Kerusakan Kecil, Kerusakan Kaca Depan, Vandalisme, Kerusakan Dipicu Faktor Cuaca, Kecelakaan Kendaraan Tunggal, Cedera Leher, hingga Pencurian. Untuk penjelasannya berikut:

1. Kecelakaan dan Tabrakan

Kecelakan dan tabrakan tentu mengakibatkan kerusakan pada bagian tertentu dari mobil. Cara klaim asuransi mobil pun bisa dilakukan dengan mengacu status kerusakan seperti penyok spatbor. Kerusakan ini merupakan ringan dan tidak menyebabkan cedera.

2. Pencurian Kendaraan

Pencurian mobil kerap terjadi dan tentunya menyisakan angka kerugian yang total bagi pemilik unit kendaraannya. Meski demikian, beban pembiayaan kerugiannya bisa ditangani dengan aktivasi coverage yang komprehensif. Nantinya, penggantian klaim asuransi mobil akan diberikan menurut nilai pasar yang berlaku atas unitnya tersebut. Jika mobil hilang dalam status kredit, maka pembayaran klaim dilakukan menurut selisih jumlah terhutangnya.

3. Faktor Tuhan dan Bencana Alam

Bencana alam menajdi faktor yang sulit untuk dideteksi tanda-tandanya. Kadang kejadiannya berlangsung begitu saja. Terlepas dari apapun, kerusakan dan kerugian yang ditimbulkannya bisa sangat besar. Untuk itu, sistem proteksi sebagai cover risiko tersebut harus dilakukan terutama bagi mereka yang di daerah rawan bencana.

4. Vandalisme dan Kerusakan Jahat

Aksi vandalisme kerap terjadi di masyarakat. Akibat yang ditimbulkannya pun berupa kerugian maksimal meski bisa ditekan dengan jenis klaim asuransi mobil. Untuk itu, mobil harus diberi sistem proteksi untuk mengantisipasi tindak vandalisme tersebut.

Brand Terpercaya insureka

Tips untuk Menangani Cara Klaim Asuransi Mobil

Cara klaim asuransi mobil ada kalanya tidak berjalan mulus. Pemicunya beragam, diantaranya terkait kelengkapan dokumennya. Kondisinya menjadi sangat fatal jika klaim diajukan tanpa didukung dengan aktivasi coverage fitur proteksinya. Untuk itu ada beberapa tips agar proses klaim menjadi mudah diterima, yaitu:

  1. Mengisi formulir klaim dengan data akurat dan lengkap.
  2. Untuk persyaratan berupa dokumen utama wajib dilengkapi, termasuk syarat pendukungnya.
  3. Menyerahkan dokumen dan formulir pengajuan klaim kepada perusahaan asuransi.
  4. Proses pengajuan klaim idealnya dilakukan secepatnya, atau sebelum aktivasi masa kadaluwarsa 5 hari dari waktu kejadian.

Mempercepat Cara Klaim Asuransi Mobil

Proses klaim asuransi mobil bisa dilakukan cepat asalkan memenuhi aspek persyaratannya. Adapun hal paling mendasar yang wajib dipenuhinya adalah insiden risiko tercantum dalam polis. Status polis asuransi juga masih berstatus aktif, lalu memenuhi semua persyaratan dokumen untuk klaim. Adapun saat mengajukan klaim, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan yaitu:

  1. Klaim menyertakan informasi detail pemilik polis, profil kendaraannya, hingga Kejadian. Sertakan juga bukti fisik unit melalui foto dan video, termasuk klausul case khususnya.
  2. Klaim menyertakan dokumen penting seperti foto KTP, SIM, STNK, hingga visual unitnya. Visual unit diberikan dalam bentuk foto atau video kerusakan kendaraan dilanjutkan dengan video penutup dari Customer Service.

Klaim Bantuan dan Dukungan melalui insureka!

Saat proses klaim, dukungan atau support penuh akan diberikan oleh insureka!. Pelayanan terbaik untuk mempercepat cara klaim asuransi mobil dan proses pemulihan akan diberikan. Apalagi, insureka! memang menyiapkan beberapa fasilitas jika mobil sedang dalam masa perbaikan di bengkel.

Kesimpulan

Jenis klaim asuransi mobil menjadi solusi terbaik untuk menekan dampak negatif pembiayaan yang dimunculkan oleh risiko. Sebab, ada banyak aspek yang bisa meringankan saat insiden risiko muncul dan membelit para nasabah. Apalagi, respon positif selalu ditunjukkan brand terpercaya insureka! atas beragam potensi risiko yang memunculkan klaim.

CERTIFICATE - INSUREKA 2

FAQ

How to file a car insurance claim in Indonesia?

Proses klaim dilakukan cepat atau kurang dari 5 hari pasca insiden. Teknisnya secara online melalui website atau Apliksi insureka!. Dokumen utama yang disiapkannya adalah SIM, KTP, hingga Kronologi Insiden Kejadiannya. Proses klaim akan diselesaikan kurang dari 7 hari kerja.

How does auto insurance coverage for vehicle theft work in Indonesia?

Car insurance can prevent total losses in the form of losing the unit due to theft. The antidote feature is Driver Theft. Clauses for drivers who have been employees for at least 6 months. This feature can be enjoyed directly via:

1. Polis Comprehensive Premium.

2. Polis Comprehensive Basic.

3. Polis Total Loss Only (TLO).

4. Polis Perlindungan Hybrid.

Is damage due to natural disasters covered by car insurance in Indonesia?

Natural disasters can be mitigated through a car insurance policy with the activation option included or optional. The anti-loss system for natural disasters can be activated through the Flood-Storm and Earthquake-Tsunami features. The Flood-Storm feature protects damage to the engine block to the interior of the cabin.

What support and assistance can I expect from my insurance company during the claim process?

During the claim and repair process for the unit at the workshop, there are several facilities that customers can enjoy as follows:

  1. Fasilitas mobil baru sebagai pengganti unit sebelumnya yang rusak berat. Fasilitas ini bisa dinikmati jika usia mobil baru kurang dari 6 Bulan.
  2. A subsidy facility of IDR 100,000 per day. The funds are given when the car is repaired at the workshop for more than 5 days.

What should I do if my car is vandalized or damaged on purpose?

For cars that are intentionally damaged, they cannot be claimed. The human-caused damage can be seen according to the Riot and Terrorism-Sabotage feature options. Both of these features can be enjoyed from the start by users of the Comprehensive Premium Policy because their status is included. As for other policy users, they are required to activate in advance because their status is optional.

whatsup