Jenis Asuransi Mobil yang Harus Diketahui Setiap Pengemudi di Indonesia

Brand Terpercaya insureka!

Brand Terpercaya insureka!

Pendahuluan

JENIS asuransi mobil yang ditawarkan sebagai sebuah sistem proteksi memiliki beragam macam jenis dan fungsinya. Mengacu produk-produk brand terpercaya insureka!, asuransi mobil memiliki fungsi kompleks. Beberapa diantaranya memiliki fungsi khusus dan didesain menjawab secara tuntas risiko yang muncul karena faktor pemicu tertentu. Semakin menarik, harga-harga yang ditawarkannya pun murah dengan beragam promo terbaik. Efisiensi manfaat asuransi mobil pun signifikan dalam setahun. Bentuknya:

1. Polis Comprehensive Premium.

2. Polis Comprehensive Basic.

3. Polis Total Loss Only (TLO).

4. Polis Perlindungan Hybrid.

5. Katastropik Polis.

Asuransi mobil online terbaik seperti brand terpercaya insureka! saat ini memang memiliki beragam produk perlindungan. Perbandingan asuransi mobil didukung banyak faktor positif, tingkat kepercayaan masyarakat pun besar. Hal ini sejalan dengan isu makro kondisi industri asuransi umum saat ini. Seiring dengan membaiknya makro ekonomi dan kepercayaan masyarakat atas jenis polis asuransi mobil, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun mengklaim premi industri asuransi umum mengalami pertumbuhan hingga mencapai angka Rp150,09 Triliun pada Semester I/2023.

Seiring raihan angka Rp150,09 Triliun per Juni 2023 tersebut, industri asuransi umum membukukan pertumbuhan premi 7,57% sepanjang Semester I/2023. Ikut dikatorol melalui jenis asuransi mobil Comprehensive, jumlah tersebut pun mengalami pertumbuhan positif 11,95% dengan komparasi Mei 2023. Memiliki performa kompetitif, industri asuransi pun bisa menikmati kenaikkan laba usahanya hingga 19,58%. Angka riilnya adalah Rp4,08 Triliun. Adapun pergerakan angka premi jenis cakupan asuransi otomatis tersebut menjadi penegas tinginya kepercayaan masyarakat.

Selain kepercayaan, kenaikkan angka premi tersebut pun jadi indikasi tingginya kebutuhan masyarakat akan sistem perlindungan mobil dari potensi risikonya. Sebab, potensi belitan risiko saat ini tetap tinggi dengan kompleksitas luar biasa faktor pemicunya. Bisa ditangkal melalui jenis asuransi mobil TLO dan lainnya, potensi risiko tersebar merata mulai dari pemicu faktor teknis, individu pengemudinya, masalah sosial, hingga campur tangan alam. Adapun gambaran riilnya adalah:

  1. Berdasarkan data Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, jumlah angka kecelakaan lalu lintas sekitar 94.617 kasus atau naik 34,6% di rentang Januari-13 Spetember 2022. Imbasnya, ada 19.054 korban meninggal.
  2. Risiko juga dipicu faktor sosial dengan kenaikkan aksus kejahatan hingga 30,7% sepanjang Januari-April 2023. Berdasarkan informasi Polri, angka riilnya adalah 137.419 kasus.
  3. Faktor alam juga ikut memengaruhi dan menaikkan tingkat kerentanan atas risiko. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah bencana alam yang terjadi mencapai 2.216 peristiwa.

Discount-Promo

Jenis Asuransi Mobil

Geliat positif industri asuransi umum dengan berbagai jenis asuransi mobil memang menjadi sinyal perbaikan paradigma masyarakat atas potensi risiko berkendara. Apalagi, driver memang menjadi obyek paling rentan terbelit faktor risiko. Agar semuanya menjadi aman, maka mobil dan penggunanya ama-sama wajib diproteksi secara maksimal. Sebab, produk-produk terbaik juga sudah disiapkan brand terpercaya insureka!. Adapun jenis polis asuransi yang bisa diterapkannya adalah:

1. Polis Comprehensive Premium.

Comprehensive Premium menjadi polis paling sempurna dan kompleks. Kerangka perlindungannya super kokoh, lalu perluasan coverage-nya juga maksimal dengan fitur opsional. Manfaat asuransi mobil ini ideal menjawab risiko berupa kerusakan hingga kehilangan unitnya. Harganya murah dengan diskon 25% dan cashback 20% hingga memberi efisiensi pembiayaan 45% dalam setahun. Polis tersebut ideal bagi individu dengan tingkat intensitas berkendara tinggi.

2. Polis Comprehensive Basic.

Comprehensive Basic identik dengan Premium. Komposisi fitur-fiturnya sama, yang membedakan hanya slot untuk status included atau opsionalnya. Jenis asuransi mobil Comprehensive ini memiliki fitur kerangka lebih sederhana, namun perluasan coverage tetap kompleks. Harganya murah dengan diskon 25% dan cashback 20%. Comprehensive Basic ideal bagi individu dengan tingkat rasio berkendara sedang atau tidak tinggi.

3. Polis Total Loss Only (TLO).

Jenis asuransi mobil TLO menjadi solusi khusus atas tingkat kerusakan berat lebih dari 75% di atas nilai unitnya, selain kerugian total karena kehilangan mobil akibat tindak pencurian. TLO ideal diterapkan pada mobil baru hingga second dengan usia maksimal 15 tahun. Harganya tetap murah dengan diskon 25%. Jadi, TLO memang spesialis pemberi proteksi terbaik dan solusi efisiensi ekonomi bagi kendaraan tua.

4. Polis Perlindungan Hybrid.

Perlindungan Hybrid menjadi polis dengan tingkat fleksibilitas tinggi. Karakter basic-nya dibangun dari Total Loss Only (TLO) yang dikombinasikan dengan All Risk atau Comprehensive Premium dan Basic. Perbandingan asuransi mobil ini solusi atas berbagai grid kerusakan mobil. Melindungi mobil dari kerusakan ringan hingga berat di atas 75%, selain kehilangan unit karena pencurian. Adapun polis ini ideal diterapkan pada unit usaha rental mobil.

5. Katastropik Polis.

Katastropik Polis menjadi sistem proteksi untuk menjawab isu khusus yang berkembang. Adapun proteksi diberikan atas banjir sebagai bentuk riil bencana hidrometeorologi. Jenis cakupan asuransi otomatis ini memberi proteksi mulai dari blok dapur pacu meisnnya hingga bagian kabinnya. Adapun harga yang ditawarkan diberi banderol sekitar 25%.

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Saat ini memang ada banyak jenis polis asuransi mobil online terbaik yang bisa diaplikasikan. Seperti brand terpercaya insureka!, produk-produk asuransi tersebut sudah memiliki coverage yang jelas. Fungsi proteksinya sangatlah mendasar dan menjawab berbagai isu risiko yang muncul, termasuk perubahan iklim global dengan risiko diantaranya bencana hidrometeorologi. Untuk itu, ada beberapa tips dalam menetapkan asuransi bagi mobil sebagai berikut:

  1. Polis disesuaikan dengan kebutuhan proteksi, bukannya keinginan.
  2. Memetakan berbagai value atau keuntungan dari sistem proteksi produk tersebut.
  3. Memastikan keuntungan dan manfaat asuransi mobil melalui fitur layanannya plus kemudahan klaimnya.
  4. Kritis melakukan komparasi mulai dari produk hingga profil perusahaan asuransinya.
  5. Menetapkan produk yang tepat sesuai dengan kondisi dan potensi risiko yang dihadapi.
  6. Polis dan perluasan coverage-nya disesuaikan dengan alokasi ketersediaan anggarannya.
  7. Memastikan perusahaan asuransi memiliki koneksi bengkel mitra yang luas.

CERTIFICATE - INSUREKA 2

Manfaat Asuransi Mobil

Menawarkan sistem proteksi terbaik dan kompleks, asuransi mobil online terbaik tentu memberikan beragam manfaat bagi penggunanya. Manfaat terbesar adalah menekan potensi kerugian pembiayaan yang besar saat risiko membelit. Sebab, perbandingan asuransi mobil tersebut memang memiliki kemampuan sebagai faktor pengalih risiko. Adapun manfaatnya secara umum, yaitu:

  1. Media proteksi atas berbagai bentuk risiko, mulai dari kerusakan ringan hingga terberat bahkan kehilangan unitnya krean tindak pencurian.
  2. Memberikan rasa keamanan lebih besar saat berkendara hingga menghadirkan keamanan maksimal.
  3. Jenis polis asuransi mobil ikut membantu penguatan sistem perencanaan finansial dalam keluarga, utamanya pembiayaan atas risiko yang muncul.
  4. Asuransi menawarkan berbagai value yang memberikan keuntungan lain secara maksimal.
  5. Implementasi polis asuransi bisa membebaskan risiko dari tanggung jawab terhadap pihak ketiga.
  6. Menguatkan finansial, asuransi memiliki posisi sebagai media investasi.

Bagaimana Cara Menghitung Semua Risiko dan Premi Asuransi Mobil?

Implementasi polis asuransi memang tidak lepas dari preminya. Adapun perhitungan premi asuransi sebagai bentuk antisipasi risiko tetap mengacu kepada kebijakan Otorits Jasa Keuangan (OJK). Payung hukumnya adalah Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017. Cara menghitung premi asuransi mobil All Risk dan polis lainnya sebagai katalis risiko adalah sebagai berikut, yaitu:

Angka Premi = Persentase Premi x Harga Mobil

Nilai Persentase Premi dihitung menurut jenis polis asuransi, harga mobil, hingga zona wilayahnya. Adapun Harga Mobil dibagi menurut beberapa kategorinya. Terlepas dari cara menghitung premi asuransi mobil komprehensif atau lainnya, untuk detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Harga Kategori 1, Labelnya < Rp125 Juta.
  2. Harga Kategori 2, Labelnya Rp125 Juta sampai Rp200 Juta.
  3. Harga Kategori 3, Labelnya Rp200 Juta sampai Rp400 Juta.
  4. Harga Kategori 4, Labelnya Rp400 juta sampai Rp800 Juta.
  5. Harga Kategori 5, Labelnya > Rp800 juta.

Cari Tahu Asuransi Mobil yang Tepat di insureka!

Mengenal berbagai karater produk asuransi, maka nasabah bisa menetapkan sistem proteksi terbaiknya. Pemilihan produk menurut tingkat kebutuhan, termasuk mempertimbangkan status pembiayaannya. Adapun komposisi terbaik jenis asuransi mobil Comprehensive juga lainnya saat ini sudah ditawarkan oleh insureka!, termasuk melengkapinya dengan sistem digital terbaik berbasis Artificial Intelligence (AI).

Kesimpulan

Ada beragam sistem proteksi yang bisa diaplikasikan pada unit mobil. Apalagi, mobil dan aktivitas berkendara sangat rentan terhadap faktor risiko. Adapun skema proteksi terbaik ditawarkan oleh brand terpercaya insureka!. Produk insureka! melindungi unit dari beragam kerusakan karena kecelakaan hingga kehilangan mobil yang dipicu tindak pencurian. Untuk produk perlindungan yang bisa diterapkan adalah:

1. Polis Comprehensive Premium.

2. Polis Comprehensive Basic.

3. Polis Total Loss Only (TLO).

4. Polis Perlindungan Hybrid.

5. Katastropik Polis.

Menawarkan formulasi terbaik, label harga produk insureka! sangatlah terjangkau. Jika registrasi dilakukan saat ini, maka efisiensi hingga 45% setahun. Ada diskon 25% dan cashback 20% yang bisa dinikmati secara langsung. Meski demikian, label premi tetap mengacu kepada payung hukum Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Landscape-HP-Claim

FAQ

What is third party liability insurance, and is it mandatory in Indonesia?

Third Party Liability Insurance or Third Party Liability is a form of responsibility as compensation for risk incidents involving other people or third parties. The responsibility is manifested as a transfer through claims.

Seeing the strategic position and value offered, the Third Party Liability feature must be implemented. Because, risks are sometimes often complicated by involving third parties or other people.

How to compare the various car insurance providers in Indonesia?

Ada banyak opsi penyedia fasilitas asuransi mobil di Indonesia, termasuk brand terpercaya insureka!. Untuk itu, nasabah bisa melakukan komparasi atas berbagai aspek perusahaan penyedia asuransi. Aspek tersebut adalah:

  1. The system that is built is ideally online-based with the implementation of Artificial Intelligence technology. This is because all processes and transactions are accountable and transparent.
  2. Insurance providers must have clear legality and be under the auspices of the Financial Services Authority (OJK).
  3. Insurance providers provide protection product options according to the specifications of customer needs. Customers can also get the best composition for their extended coverage.
  4. Insurance providers offer rational prices with competitive efficiency through attractive promos.

When should I consider total liability insurance?

Sistem proteksi kerugian total bisa dipertimbangkan saat unit mobil memiliki usia lebih dari 5 tahun. Adapun opsi implementasi polisnya bisa dioptimalkan melalui Total Loss Only (TLO). Polis TLO ini memiliki harga murah dibandingkan All Risk dan mampu memberikan efisiensi ekonomi yang tinggi. Adapun karakter TLO adalah:

  1. Being a protection for risks triggered by accidents with damage above 75% of the unit value.
  2. Being a protection for total loss risks in the form of losing units due to acts of theft.
  3. If registration is done at this time then a 25% discount will be give

An example of calculating car insurance premiums?

Calculation of car insurance premiums refers to OJK regulation Number 6/SEOJK.05/2017. Premium Figures = Insurance Premium Percentage x Car Prices per Category. The table of the percentage of premiums and car prices is as follows:

  1. The price of a Category I car is IDR 125 million.
    1. Region 1 premium coefficient is 3.82%–4.20%.
    2. Region 2 premium coefficient is 3.26 – 3.59%.
    3. Region 3 premium coefficient is 2.53%–2.78%.
  2. The price of a Category II car is Rp. 125 million - Rp. 200 million.
    1. Region 1 premium coefficient is 2.67%–2.94%.
    2. Region 2 premium coefficient is 2.47%–2.72%.
    3. Region 3 premium coefficient is 2.69%–2.96%.
  3. The price of a Category III car is Rp. 200 million - Rp. 400 million.
    1. Region 1 premium coefficient is 2.18%–2.40%.
    2. Region 2 premium coefficient is 2.08%–2.29%.
    3. Region 3 premium coefficient is 1.79%–1.97%.
  4. The price of a Category IV car is Rp. 400 million - Rp. 800 million.
    1. Region 1 premium coefficient is 1.20%–1.32%.
    2. Region 2 premium coefficient is 1.20 – 1.32%.
    3. Region 3 premium coefficient is 1.14%–1.25%.
  5. The price of a Category IV car is above IDR 800 million.
    1. Region 1 premium coefficient is 1.05%–1.16%.
    2. Region 2 premium coefficient is 1.05%–1.16%.
    3. Region 3 premium coefficient is 1.05%–1.16%.

Bagaimana cara memilih polis asuransi mobil yang tepat untuk kebutuhan saya?

Memilih polis asuransi mobil yang ideal tetap didasarkan kepada kebutuhan. Saat ini insureka! sudah meyiapkan beragam produknya menurut spesifikasi kebutuhan proteksi, yaitu:

  1. Comprehensive Premium, bisa diaplikasikan bagi nasabah dengan tingkat mobilitas berkendara sangat tinggi.
  2. Comprehensive Basic, bisa diaplikasikan nasabah dengan dengan aktivitas berkendara tidka tinggi atau sedang.
  3. Total Loss Only, bisa diaplikasikan untuk proteksi mobil tua atau bekas dengan usia di aats 5 tahun karena memiliki efisiensi ekonomi signifikan.
  4. Perlindungan Hybrid, bisa diterapkan pada unit usaha atau bisnis rental mobil. Sebab, mobil rental sangat rentan terhadap faktor risiko.
  5. Katastropik Polis, bisa diterapkan pada daerah rawan bencana. Basic perlindungannya adalah Banjir-Badai, lalu opsi perluasan fiturnya adalah Gempa Bumi-Tsunami hingga faktor manusia.

Faktor apa yang harus saya bandingkan saat memilih penyedia asuransi?

  1. Aspek legalitas perusahaan asuransi dan harus di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.
  2. Sistemnya dibangun akuntabel dan transparan dengan implementasi teknologi digital Artificial Intelligence.
  3. Desain poroduk asuransi dan perluasan coverage sesuai kebutihan.
  4. Skenario produk perlindungannya memiliki efisiensi tinggi.
  5. Memiliki kemudahan klaim dan rasio pencairan tinggi.
whatsup