Asuransi Mobil Terus Tumbuh Signifikan, Kalkulasikan Space Khusus EV

ASURANSI mobil terus tumbuh signifikan. Pergerakannya super kompetitif menurut periode waktu sepanjang tahun ini. Kondisi ini menjadi bukti kompetitifnya industry otomotif nasional secara menyeluruh. Memastikan masyarakat Indonesia memiliki literasi dan inklusi keuangan yang positif. Meski demikian, industry asuransi perlu mengkalkulasi space khusus bagi electric vehicle (EV). Saat ini proteksi bagi EV bisa menggunakan fitur terbaik brand terpercaya Insureka!.

Asuransi mobil membukukan angka perkembangan menurut periode waktu yang super positif. Tumbuh hingga dua digit. Mengacu informasi Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), industri asuransi kendaraan membukukan pertumbuhan premi hingga 18,3% sepanjang Kuartal II/2022. Kondisi tersebut tentu sangat menggembirakan. Terlebih menjadi indikator kekuatan ekonomi masyarakat Indonesia yang tetap terjaga di masa transisi menuju endemi Covid-19.

Semakin kompetitif, pertumbuhan premi asuransi mobil sepanjang Kuartal II/2022 juga menjadi indikasi positifnya pemahaman masyarakat akan literasi dan inklusi keuangan. Sebab, gap antara literasi dan inklusi keuangan saat ini masih sangat lebar. Indeks literasi keuangan memiliki grade 38,03, lalu indeks inklusi keuangan nasional sekitar 76,19. Dengan adanya perbaikan premi asuransi kendaraan menjadi indikasi terus membaiknya pemahaman masyarakat Indonesia atas literasi dan inklusi keuangan.

Membukukan pertumbuhan signifikan pada Kuartal II/2022, asuransi mobil mendapatkan angka riil premi sekitar Rp8,7 Triliun. Masuknya premi dalam jumlah jumbo tentu mendorong pertumbuhan aset industri asuransi kendaraan hingga asuransi umum. Sebab, asuransi kendaraan masuk dalam kelompok asuransi umum. Meski demikian, industri asuransi umum belum memiliki space khusus untuk EV. Padahal, EV saat ini terus berkembang seriring makin positifnya serapan pasar dan support pemerintah.

AAUI memang belum memiliki slot asuransi mobil khusus EV. Saat ini sistem proteksi atas risikonya masih dikolaborasikan bersama asuransi umum. Sebab, asuransi umum juga memiliki sistem yang sangat luwes seperti fitur-fitur terbaik dari brand terpercaya insureka!. Asuransi mobil online terbaik tersebut selalu menyelesaikan setiap masalah yang dimunculkan oleh risiko secara cepat dan tuntas. Selain kepercayaan besar publik, insureka! memang dikembangkan online dengan melibatkan teknologi kecerdasan buatan.

Kendaraan Wajib Diproteksi Polis Asuransi

Semua fakto risiko harus disikapi secara bijaksana. Segala risiko wajib ditekan melalui Insureka! dengan beragam fitur terbaik dengan tagline Simply Smarter. Proses pengurusan polisnya semakin cepat, mudah, dan tanpa survei. Lalu, semua aspek dari Insureka! sangat mendukung untuk melindungi mobil. Proses registrasi ke dalam sistem hanya dilakukan 3 menit. Insureka! bahkan langsung menerbitkan polis asuransi paling lambat 24 jam. Semakin menarik, ada beragam benefit yang ditawarkan apabila registrasi dilakukan saat ini.

Sebagai perhatian, saat melakukan registrasi ke dalam sistem, calon member Insureka! wajib menginput data primer. Komposisi data primernya adalah merk mobil, model, tipe unitnya, tahun aktivasi, hingga kode area atau kota plat nomornya. Dari data tersebut akan diketahui nilai asuransinya. Nilai ini juga bisa dimodifikasi di dalam sistem sesuai kebutuhan konsumen. Penetapan nilai asuransi bisa dilakukan dengan memakai acuan batas atas dan batas bawah.

Panduan Pengajuan Klaim Asuransi

Serupa registrasi pendaftaran, proses pengajuan klaim insureka! juga sangatlah mudah dan cepat. Ada beberapa persyaratan utama yang wajib dipenuhi saat klaim diberikan. Saat klaim diberikan, maka member wajib menyertakan dokumen KTP, SIM, STNK, Kronologis Kejadian, dan Foto Kerusakannya. Klaim tidak bisa dilanjutkan apabila SIM pengemudi habis masa berlakunya. Artinya, pengemudi EV atau mobil BBM yang diasuransikan harus selalu dilengkapi SIM yang sah dan aktif masa berlakunya. Namun, pengecualian ini tidak berlaku atas risiko mobil dalam posisi terparkir.

Adapun proses klaim para member bisa dilakukan secara mandiri maupun melalui bantuan operator. Untuk pengajuan klaim secara mandiri, member wajib mendownload Aplikasi insureka! melalui Play Store atau App Store secara gratis. Kalau aplikasi terpasang bisa mulai surfing dengan penyesuaian bahasa dan dilanjutkan sign in dan mengisi register. Bila sudah masuk, cari folder claim di bagian bawah. Klik ‘claim’ lalu ikuti petunjuk berikutnya.

Proses klaim dimulai dengan menginput nomor registrasi kendaraan dan polis. Pastikan informasi dan data yang tersaji sudah benar. Perhatikan detail data pertanggungannya mulai dari Comprehensive Basic, Comprehensive Premium, atau Total Loss Only. Isi data untuk tipenya dengan meng-klik ‘Tipe Kehilangan’ atau ‘Tipe Kerusakan’. Pastikan informasi terisi dengan benar untuk ‘Pemberitahuan Kehilangan Pertama.’ Komposisi informasinya mulai dari Tanggal, Waktu/Jam, Lokasi Kejadian, Deskripsinya, dan Lokasi Kendaraan Sekarang.

Lalu, klik folder ‘Simpan dan Lanjutkan’. Untuk melanjutkan proses klaim, silahkan pilih opsi proses survei untuk kendaraan. Survei bisa dilakukan mandiri atau dengan bantuan insureka!. Bila menggunakan survei dengan bantuan insureka!, silahkan isi data berupa ‘Lokasi Kendaraan Saat Ini’ dan ‘Tetapkan Lokasi Kendaraan Anda’. Bila data sudah benar langsung klik ‘Kirim’. Scan dokumen seperti STNK, KTP, dan SIM. Jangan lupa dokumentasikan unit mobil dalam format video dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Beragam Benefit Menarik Ditawarkan insureka!

Semakin menarik, Insureka juga memberikan beragam benefit selama proses klaim. Para member Insureka! lainnya bisa mendapatkan subsidi Rp100 Ribu per Hari bila mobil menjalani ‘rawat inap’ di bengkel. Regulasi subsidi ini dicairkan bila rawat inap lebih dari 5 hari. Syarat lainnya, unit mobil mengalami kerusakan pada 3 panel sekaligus. Adapaun panel kerusakan mobil bisa berada di depan, samping kanan, samping kiri, belakang, atau atap. Ada juga fasilitas unit pinjaman selama EV atau mobil BBM menginap di bengkel.

Kebijakan ini tentu sangat menguntungkan karena aktivitas nasabah bisa terus berjalan normal. Benefit semakin menggiurkan karena member insureka! bisa mendapatkan mobil baru sebagai pengganti mobil lama. Syaratnya, tingkat kerusakan mobil di atas 75% dari harga mobil tersebut.(*)