Tips Membeli Mobil Bekas Hingga Proteksinya Melalui Asuransi Mobil

Tips Membeli Mobil Bekas

Tips Membeli Mobil Bekas

MOBIL bekas bisa menjadi opsi lain untuk memiliki kendaraan sendiri. Status mobil menawarkan beragam value, termasuk harganya yang terjangkau. Meski demikian, ada beragam aspek yang harus diperhatikan ketika mau membeli mobil bekas. Dengan tips untuk membeli mobil bekas tersebut diharapkan nasabah bisa mendapatkan kondisi unit terbaik dengan harga yang sehijau mungkin. Agar efisiensinya semakin maksimal, maka unit bekas hingga baru wajib diproteksi melalui produk asuransi mobil. Aktivasinya melalui produk insureka!, yaitu:

1. Polis Comprehensive Premium.

2. Polis Comprehensive Basic.

3. Polis Total Loss Only (TLO).

4. Polis Perlidnungan Hybrid.

5. Katastropik Polis.

Secara umum, mobil bekas merupakan unit yang pernah dimiliki oleh satu orang atau lebih. Terlepas dari asuransi untuk mobil bekas, adanya pemindahan tangan tersebut yang membuat statusnya menjadi mobil bekas. Mobil bekas bisa dijual melalui berbagai outlet hingga perorangan secara langsung. Untuk outlet bisa dihadirkan melalui:

  1. Dealer Waralaba.
  2. Dealer Independen.
  3. Perusahaan Penyewaan Mobil.
  4. Kantor Leasing, Lelang, hingga Penjualan Pihak Swasta.

Terlepas dari kondisi apapun, nasabah wajib memperhatikan aspek depresiasi harga. Penururan harga selalu terjadi dalam setiap transaksi mobil bekas. Tingkat depresiasi harga mobil tentunya dipengaruhi oleh tingkat pendapatan konsumen dan stabilitas pasarnya. Harga mobil akan terdepresiasi secara cepat pada negara dengan penghasilan tinggi. Mensikapi kondisi tersebut, nasabah bisa mengoptimalkan fungsi asuransi mobil bekas untuk menekan potensi depresiasi harga yang mucul.

Tips Membeli Mobil Bekas

Research dan Persiapan

Selain opsi proteksi asuransi mobil, pembelian mobil bekas bisa menjadi solusi bagi nasabah dengan ketersediaan anggaran yang terbatas. Untuk itu ada beberapa aspek yang wajib diperhatikan ketika hendak membeli mobil bekas. Ada beberapa momentum yang bisa diterapkan oleh nasabah ketika hendak membeli mobil bekas, yaitu saat ada pameran otomotif, setelah hari raya keagamaan, hingga pada akhir atau awal tahun. Diperlukan juga referensi yang cukup hingga dibutuhkan research panjang.

A. Tentukan Anggaran Anda

Ada beragam harga mobil bekas yang ditawarkan di pasaran. Secara umum, harga mobil bekas didasarkan atas tahun produk unit mobil hingga kondisi fisiknya. Harga mobil juga ikut dipengaruhi oleh platform atau spot transaksi unit bekasnya. Melihat kondisi yang ada, nasabah juga harus menghitung harga unit berdasarkan ketersediaan anggarannya. Dasar perhitungan tips untuk membeli mobil bekas mengacu pada:

  1. Pembelian mobil bekas tidak menggunakan dana darurat.
  2. Nasabah memiliki aset likuid 15% sampai 20% dari total kekayaannya.
  3. Jika pembelian secara kredit, maka cicilan bulanan di bawah 35% dari pendapatan bulanan.

B. Identifikasi Kebutuhan Anda

Pembelian unit second tetap disesuaikan dengan kebutuhan, meski risiko bisa diproteksi emlalui asuransi untuk mobil bekas. Ada beragam mobil bekas yang ditawarkan di pasaran menurut variannya, mulai dari SUV, MPV, Crossover, Hatchback, Sedan, Station Wagon, Off Road, Pick-Up, LCGC, hingga Hybrid atau Elektrik, juga lainnya. Disesuaikan dengan kebutuhan, apapun varian mobil bekas yang dipilih idealnya tetap diproteksi melalui produk brand terpercaya insureka!.

C. Penelitian Model dan Kegunaannya

Sebelum melanjutkan transaksi unit second dan menetapkan asuransi mobil bekas, nasabah idealnya memastikan model dan kegunaan unitnya. Harapannya, pembelian mobil tidak sia-sia dan menjadi efektif. Selain kebutuhan, kegunaan unit menjadi hal paling mandasar yang dipertimbangkan saat hendak membeli mobil bekas hingga baru sekalipun.

Sebelum Tetapkan Asuransi Mobil, Cek Riwayat Kendaraan

Mobil bekas memang menawarkan beragam aspek seksi. Mobil ini memiliki harga murah dengan menawarkan fitur dan teknologi kekinian. Artinya, konsumen bisa mendapatkan mobil kekinian dengan harga jauh di bawah dealer atau unit baru. Meski demikian, mobil bekas juga rentan atas kondisinya riilnya. Untuk itu pengecekan status dan riwayatnya wajib dilakukan sebelum benar-benar melakukan transkasi pembayaran. Adapun riwayat yang diperhatikannya sesuai tips untuk membeli mobil bekas adalah:

1. Status Blokir Jual Unitnya.

Blokir Jual ditandai dengan pelaporan pemilik sebelumnya pada Samsat atas status penjualan unitnya. Pelaporan ini untuk memastikan status pajak progresif mobil menjadi tidak aktif.

Status

2. Status Blokir Tilang Elektronik.

Pengecekan ini untuk memastikan mobil bebas dari pelanggaran lalu lintas. Idealnya mobil yang dibeli tidak terbelit status pelanggaran lalu lintas dengan tanpa konfirmasi dari pemilik sebelumnya.

3. Kepastian Status Blokir Hilang.

Cek status mobil ini guna memastikan mobil tidak tercatat sebagai unit yang hilang. Sebab, status mobil yang tercatat hilang sangat rawan terhadap incaran kejahatan.

Pemeriksaan Fisik Mobil

Pemeriksaaan fisik menjadi hal mendasar yang harus dilakukan setelah memastikan status legalitasnya aman. Menyempurnakan asuransi untuk mobil bekas, ada berbagai aspek fisik unit mobil yang bisa dilihat. Peninjauan fisik bisa diarahkan pada kondisi body mobil, interior, hingga blok engine. Pemeriksaan fisik unit mobil untuk memastikan kondisinya baik dan original. Sebab, status fisik original mobil ikut berpengaruh terhadap harga terutama saat unit hendak dijual lagi di masa mendatang.

A. Inspeksi Visual

Di luar asuransi mobil bekas, inspeksi visual menjadi hal utama yang harus dilakukan. Kondisi visual mobil harus dicek secara teliti. Aspek pengecekan visual mobil meliputi body. Aspek yang diperhatikan dari body mobil adalah warna, struktur, hingga keasliannya. Hindari fisik mobil yang memiliki bekas kecelakaan. Selain body, inspeksi visual bisa dilihat melalui kelengkapan asesoris hingga interiornya. Aspek asesoris dan interior yang diperhatikan adalah:

  1. Fungsi dari fitur-fitur yang terdapat pada interior mobilnya.
  2. Memastikan kelengkapan fiturnya tersebut sesuai dengan spesifikasi awal keluar dari pabrik.
  3. Memastikan tempat duduk masih nyaman.
  4. Memastikan aroma mobil tetap sedap dan tidak ada indikasi aroma sisa rendaman banjir.

B. Test Drive

Menegaskan proteksi melalui asuransi mobil, test drive harus dilakukan untuk memastikan status engine dalam kondisi prima dan layak jalan. Salah satu pengecekan kondisi mesin bisa dilihat pada fisik lalu menyalakannya selama 5 sampai 10 menit. Test drive juga memastikan suara mesin masih halus dan komponennya masif berfungsi dengan sangat baik. Melalui uji jalan ini, konsumen juga bisa mengetahui kondisi suspensi, kampas rem, hingga ban mobilnya.

CERTIFICATE - INSUREKA 2

Transfer Kepemilikan dan Dokumentasi

Pindah tangan kepemilikan mobil bisa menjadi dilema, apalagi jika regulasinya tidak dijalankan secara benar. Menjawab tips untuk membeli mobil bekas tentunya ada beberapa prosedur lanjutan yang bisa dijalankan setelah membeli mobil bekas, yaitu mutasi dan balik nama. Proses mutasi dijalankan lebih dahulu guna merevisi nomor baru menurut domisilinya. Setelah proses mutasi selesai baru dilakukan balik nama. Balik nama merupakan proses pengalihan status kepemilikan lama kepada nama saat ini. Treatment ini untuk memudahkan pengurusan pajaknya.

A. Bill of Sale

Bill of Sale atau bukti pembelian mobil menjadi dokumen yang sangat penting, sevital asuransi untuk mobil bekas. Sebab, kuitansi pembelian mobil ini menjadi bukti sah adanya transkasi yang dilakukan. Bill of Sale akan memuat berbagai informasi penting transaksi mobil yang dilakukan, seperti data pembeli, penjual, harga yang disepakati, dan lainnya. Lebih lanjut, Bill of Sale mobil tersebut memiliki fungsi lainnya, yaitu:

  1. Menjamin keabsahan klaim garansi atau fasilitas purna jual lainnya.
  2. Menginformasikan riwayat dan nilai jual unit mobil tersebut.
  3. Memastikan status aman untuk audit dan pemenuhan wajib pajak.
  4. Menjaga reputasi dan kepercayaan bagi semua.
  5. Alat pemantau dan analisis transaksi keuangan.

B. Title Transfer

Title transfer mobil merupakan dokumen yang memastikan status pengalihan sebuah unit kepada pemilik berikutnya. Terlepas pemilihan asuransi mobil bekas, dokumen ini dikeluarkan oleh instansi terkait. Adapun proses title transfer dibagi menjadi beberapa langkah, seperti memastikan kelengkapan dokumen yang menjadi persyaratannya. Proses ini dilanjutkan dengan mengumpulkan dan melakukan pengecekan kelengkapan dokumennya. Proses berikutnya memberikan tanda tangan hingga mengajukan alih kepemilikan.

Finalisasi Pembelian, Pastikan Aktivasi Asuransi Mobil

Finalisasi pembelian mobil bekas dilakukan jika semua aspek transkasi dan legalitasnya terpenuhi. Finalisasi pembelian bisa dilakukan jika unit bekas yang dibeli sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan ditambah harga murah disepakati. Kondisinya juga bagus baik fisik hingga blok engine-nya. Mobil juga memenuhi aspek legalitas dan tidak terbelit masalah hukum, apalagi diperkuat asuransi mobil. Jika semua aspek tersebut dipenuhi maka proses transfer uang sebagai tanda pembelian bisa dilakukan.

Pertimbangan Aspek Asuransi

Membeli mobil bekas atau pun baru tidak bisa lepas dari peran perlindungan asuransi mobil. Sebab, mobil tetap memiliki tingkat kerentanan yang sama besar atas risiko. Adapun risiko bisa datang tanpa diprediksi dengan membawa tingkat kerugian besar. Dan, potensi kerugian ini bisa ditekan maksimal melalui produk asuransi mobil. Rekomendasinya tentu produk brand terpercaya insureka!. Harga yang ditawarkannya selalu terjangkau dengan efisiensi pembiayaan hingga 45% dalam setahun.

A. Pentingnya Asuransi

Asuransi untuk mobil bekas menjadi elemen penting sebagai pengendali faktor risiko. Sebab, asuransi menjawab semua bentuk kerugian yang dimunculkan oleh risiko. Kerugian dalam bentuk kerusakan unitnya akibat kejadian kecelakaan hingga risiko total berupa kehilangan mobil dengan pemicu tindak pencurian. Asuransi mobil produk insureka! juga memiliki rentang implementasi maksimal hingga 15 tahun.

B. Asuransi Terbaik untuk Mobil Bekas

Secara umum unit second bisa diberi perlindungan melalui semua produk asuransi mobil bekas. Komposisi produknya adalah Polis Comprehensive Basic, Comprehensive Premium, Total Loss Only (TLO), Prlindungan Hybrid, dan Katastropik Polis. Polis tersebut bisa diterapkan pada unit mobil dengan usia maksimal 5 tahun hingga 15 tahun. Adapun secara khusus, mobil bekas dengan usia lebih dari 5 tahun idealnya diproteksi dengan Polis TLO.

Polis TLO memiliki harga sangat murah. Jika registrasi dilakukan saat ini, maka diskon 25% akan diberikan. Polis ini juga menawarkan beragam keuntungan ekonomi lainnya. Terlepas tips untuk membeli mobil bekas, formula proteksi asuransi kendaraan tersebut menyasar risiko dengan kerugian total. Risiko yang memunculkan level nilai kerusakan mobil lebih dari 75% dari harga unitnya saat ini. TLO juga solusi terbaik atas kehilangan unitnya yang dipicu tindak pencurian.

Tips Membeli Mobil Bekas

FAQ

Apa Faktor Terpenting yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Mengidentifikasi Kebutuhan Atas Mobil Bekas, selain Kebutuhan Asuransi Mobil?

Saat melakukan identifikasi mobil bekas, hal utama yang harus diperhatikan adalah kondisi fisik unit dan kelengkapan dokumen adminsitasinya hingga legalitasnya.

Apa yang Harus Saya Cari Selama Inspeksi Visual Mobil Bekas?

Saat inspekasi visual, konsumen bisa mengecek kondisi body mobil, interior, hingga kondisi blok mesinnya. Pastikan body mobil tidak memiliki bekas kecelakaan, lalu interiornya tidak terendam banjir. Blok mesinnya juga selalu bersih dan terawat, meski hal ini dikuatkan dengan mengidupkan engine-nya.

Apa Saja Hal-Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menguji Mengendarai Mobil Bekas?

Beberapa hal yang dilakukan saat menguji mobil bekas adalah kondisi mesinnya, terutama kehalusan suaranya hingga performanya. Cek juga kondisi sistem pengeremannya hingga status bannya.

Apa Langkah-Langkah untuk Menyelesaikan Pembelian Mobil Bekas?

Langkah untuk menyelesaikan pembelian mobil bekas dimulai dengan pengecekan administrasinya. Selain body dan fisik mesinnya, kondisi surat mobil harus lengkap. Terlepas dari tips untuk membeli mobil bekas, proses transaksi juga mengikuti prosedur berlaku mulai dari mutasi hingga pindah nama.

Mengapa Memiliki Asuransi Penting Saat Membeli Mobil Bekas

Asuransi mobil sangat penting bagi unit bekas. Sebab, unit bekas memiliki tingkat risiko yang sama. Mobil ini rentang atas kerusakan akibat kecelakaan hingga pencurian. Dengan aktivasi asuransi mobi, maka kerugian yang ditimbulkannya bisa ditekan secara signifikan.

Kesimpulan

Mobil bekas menjadi opsi terbaik untuk memiliki moda transportasi pribadi. Ada beragam keuntungan yang ditawarkan oleh mobil bekas, seperti harga murah dan teknologinya yang modern. Meski demikian, mobil bekas tetap meyisakan potensi problem. Untuk itu, pengecekan berupa tips untuk membeli mobil bekas harus dilakukan menyeluruh mulai dari fisko mobil hingga kelengkapan dokumennya. Legalitas mobil bekas yang akan dibeli harus jelas.

Agar efisiensinya terjaga, mobil bekas wajib diproteksi melalui asuransi produk brand terpercaya insureka!. Ada beragam produk asuransi mobil yang bisa diterapkan pada unit bekas. Namun, untuk mobil bekas dengan uia lebih dari 5 tahun maka proteksinya menggunakan Polis TLO. TLO menawarkan beragam keunggulan, termasuk keuntungan secara ekonomis.(*)

whatsup