Panduan Lengkap untuk Mitsubishi Lancer Evolution : Fitur, Spesifikasi & Lainnya!

Mitsubishi Lancer Evolution

Mitsubishi Lancer Evolution

MITSUBISHI Lancer Evolution atau Lancer Evo selalu identik dengan kecepatan. Populer sebagai mobil balap atau rally karena ditopang dengan spesifikasi luar biasa. Performa unitnya sangat impresif. Desainnya pun mendukung statusnya sebagai mobil rally. Semakin menarik, Lancer sudah menjalani banyak evolusi menurut periode waktu terbaiknya. Saat ini, energi besarnya bisa dinikmati melalui beberapa varian terbaru. Harganya pun terjangkau dan semakin efisien dengan skema proteksi brand terpercaya insureka!.

Lancer Evo memang selalu menarik perhatian, meski statusnya dinonaktifkan oleh Mitsubishi. Sebab, generasi Mitsubishi Lancer Evolution sebenarnya sudah tidak diproduksi lagi sejak 2016 silam. Meski demikian, pabrikan asal Jepang tersebut kembali melakukan aktivasi divisi racing melalui Ralliart. Kebijakan tersebut pun seolah menjadi alarm akan diaktivasinya kembali varian Lancer Evo tersebut. Apalagi, permintaan pasar atas aktivasi kembali unitnya sangatlah besar.

Merespon pasar dengan penyesuaian teknologi modern, Lancer Evo sebelumnya sudah disiapkan dalam beberapa skenario. Sebab, trend industri otomotif dunia sudah bergeser kepada teknologi mobil listrik atau electric vehicle (EV). Kondisi tersebut sekaligus sebagai bentuk respon atas kebijakan Mitsubishi yang ingin meluncurkan format EV penuh pada 2030. Dan, status Ralliart pun tampaknya hanya sebagai media penyalur beragam aksesoris asli banyak varian Mitsubishi.

Mitsubishi Lancer Evolution

Mitsubishi Lancer Evolution

Status Mitsubishi Lancer Evolution tampaknya menjadi dilema. Satu sisi pasar tetap memiliki respon positif, sedangkan pabrikan sudah memiliki platform bisnis lain terkait status EV. Meski demikian, ada berapa informasi yang menyebutkan pengembangan generasi terbaru Lancer Evo tersebut. Mengacu pada https://paultan.org/, generasi terbaru Lancer Evo tersebut akan mengadopsi racikan engine dari Renault Megane RS yang berkapasitas 2.000 CC dengan konfigurasi 4-Cylinder, Turbocharger, Transmisi Otomatis Dual-Clutch 4WD. Racikan ini menghasilkan power 297 DK dengan torsi maksimal 420 NM.

Lancer Evo generasi terbaru tersebut juga akan ditawarkan dalam format Hybrid. Adapun platform terbaru yang digunakannya adalah CMF-C/D F4. Platform tersebut merupakan hasil kolaborasi bersama antara Mitsubishi, Renault, dan Nissan. Adapun platform CMF merupakan Common Module Family merupakan rujukan bagi banyak modul besar yang sangat kompatibel. Artinya, formula dasar platform ini memberi ruang luas untuk eksplorasi desain ruang mesin, bagian bawah unit, kokpit, dan lainnya.

Mitsubishi Lancer Evolution

Sembari menunggu kepastian status aktivasi ulang Lancer Evo, penikmat adrenalin kecepatan dan eksotisnya Lancer Evo bisa mengalihkannya pada varian generasi X. Mitsubishi Lancer Evolution X tersebut memang berstatus sebagai generasi terakhirnya yang meluncur tahun 2016 silam. Lancer Evo X memiliki performa sangat mengesankan dan modern karena dibangun di atas platform GS. Platform GS tersebut saat ini diadopsi oleh varian Mitsubishi Eclipse Cross.

Platform GS tersebut pun memberikan banyak value positif bagi Lancer Evo X. Ada beragam fitur modern yang disematkannya, diantaranya Super-All Wheel Control (S-AWC) yang dilengkapi teknologi torque vectoring. Teknologi mampu mengatur distribusi energi yang baik untuk roda bagian belakang. Selain S-AWC, platform GS juga menyertakan teknologi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE). RISE merupakan stuktur body dan sasis yang menawarkan berbagai keunggulan, yaitu:

  1. Rangka teknologi ini mampu menyerap berbagai energi akibat benturan dengan obyek lain dari luar. Tujuannya untuk meminimalkan risiko penggunanya.
  2. Rangka teknologi ini juga memastikan status atas tetap utuh saat terjadi benturan sangat hebat.

Fitur Desain dan Eksterior

Mitsubishi Lancer Evolution memang menjadi representasi terbaik lintas generasi yang layak dikoleksi. Sebab, mobil ini memiliki desain yang luar biasa dengan support teknologi RISE. Wajar jika logam baja diterapkan pada kap mesin. Adapun penyegaran konsep dari generasi sebelumnya ditegaskan melalui new front grille. Kesan sporty lalu diperkuat melalui elemen garis merah pada tepi grille. Untuk status kakinya memakai formula BBS Forged Wheel 18 Inch dengan suspensi Eibach plus peredam kejut ala Bilstein.

Interior Mitsubishi Lancer Evolution dan Kenyamanan

Mitsubishi Lancer Evolution

Mendukung kenyamanan berkendara, interior Lancer Evo X pun dihadirkan dalam konsep terbaik. Interiornya didominasi warna hitam. Komposisi warna tersebut menyasar tuas persneling, seat, penutup konsol, hingga kemudinya. Untuk bucket seat memakai konsep Recaro. Lalu, konsep keselamatan berkendara dinaikkan melalui implementasi beberapa fitur teknologi berikut:

  1. Airbags.
  2. ABS, EBD, dan Rem Brembo.
  3. Active Center Differential.
  4. Stability and Traction Control.

Performa Mitsubishi Lancer Evolution dan Jangkauan

Mitsubishi Lancer Evolution

Mitsubishi Lancer Evolution dibekali dengan blok engine yang impresif dengan beragam opsi. Varian ini diantaranya dibekali dengan varian mesin Intercooled DOHC 2.0L yang dilengkapi dengan Dual-Clutch Transmission. Komposisi mesin ini memiliki daya 340 HP dengan torsi maksimal 365,7 NM. Untuk mode berkendaranya adalah Normat, Sport, dan Super Sport. Opsi mesin lainnya adalah mesin seri 4B11T MIVEC, 4-Cylinder Turbo. Karakteristik engine yang dimilikinya adalah:

  1. Kapasitas yang dimilikinya adalah 2.000 CC.
  2. Power yang dihasilkannya 280 PS dan torsi 422 NM.

Secara umum, blok mesin Lancer Evo X yang sangat legendaris adalah blok seri 4G63T. Blok ini memiliki kapasitas 2.000 CC. Mesin ini pun mengalami beberapa pengembangans eiring dengan periode waktu penggunaannya. Untuk generasi Lancer Evo I memiliki daya 250 DK, lalu naik menjadi 260 DK pada blok E-CE9A yang diaplikasikan pada Lancer Evo II. Daya naik menjadi 270 DK pada seri mesin E-CE9A yang dipakai Lancer Evo III. Perubahan daya diikuti dengan formula piston baru mulai dari kubah hingga tingginya.

Fitur Keberlanjutan dan Ramah Lingkungan

Mitsubishi Lancer Evolution

Mitsubishi Lancer Evolution juga menawarkan fleksibilitas pada berbagai aspek. Mobil ini bisa dimodifikasi secara maksimal. Sebab, varian ini ditopang dengan banyak opsi untuk aftermarket part. Support ini terdiri dari berbagai tipe bodykit dan suspensi. Lalu, performa Lancer Evo X juga bisa di katrol hingga 400 Wheel Horsepower (WHP). Secara riil kenaikan power-nya sekitar 500 HP. Perubahan ini dengan mendorong tuning pada boost pressure. Treatment tersebut dalam dilakukan sederhana atau tanpa mengubah konfigurasi internal engine.

Harga dan Ketersediaan Mitsubishi Lancer Evolution

Generasi Lancer Evo X memang memiliki pasar yang positif. Wajar jika harga unitnya melejit. Naiknya harga unit tersebut memang sejalan dengan sejarah dan track record unitnya di masa silam. Label harga Lancer Evo X Final Edition pun membuat banyak orang kaget. Labelnya menyentuh angka Rp1,17 Miliar. Sebab, ada beragam keistimewaan yang ditawarkannya seiring dengan statusnya sebagai varian terakhir. Adapun ketersediaan unitnya tetap ada, meski dalam status second.

Gambaran ketersediaan unit dan label harga Lancer Evo adalah sebagai berikut:

  1. Mitsubishi Lancer Evo 4 Zona Jakarta Pusat, Label Harganya Rp 90 Juta/Unit.
  2. Mitsubishi Lancer Evo 4 Zona Jakarta Selatan, Label Harganya Rp 65 Juta/Unit.
  3. Mitsubishi Lancer Evo 4 Zona Jakarta Timur, Label Harganya Rp 72 Juta/Unit.
  4. Mitsubishi Lancer Evo 4 Zona Bogor, Label Harganya Rp 49 Juta/Unit.
  5. Mitsubishi Lancer Evo 4 Zona Depok, Label Harganya Rp 55 Juta/Unit.
Mitsubishi Lancer Evolution

Meski berstatus mobil second, Mitsubishi Lancer Evolution tentunya menjadi aset berharga. Unitnya pun ideal diproteksi melalui brand terpercaya insureka!. Apalagi, produk perlindungan insureka! sudah disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggannya. Proses pembelian polis hingga klaimnya dilakukan mudah melalui sistem berbasis digital. Adapun produk perlindungan yang bisa diimplementasikannya adalah:

1. Polis Total Loss Only (TLO).

TLO sangat ideal diaplikasikan pada mobil second dengan usia lebih dari 5 tahun. Sebab, polis ini menawarkan beragam value ekonomi yang tinggi. Harga preminya juga sangatlah murah. TLO disiapkan sebagai solusi atas risiko dengan kerugian pembiayaan total.

2. Polis Comprehensive Basic.

Comprehensive Basic ideal diterapkan pada mobil baru, meski bisa diaplikasikan pada mobil second dengan usia maksimal 11 tahun. Comprehensive Basic memiliki harga terjangkau seiring dengan dasar perlindungan yang diterapkannya. Opsi perluasan coverage bisa dilakukan dengan aktivasi fitur opsional.

Mitsubishi Lancer Evolution

3. Katastropik Polis.

Katastropik Polis menjadi bentuk mitigasi bagi pelanggan yang tinggal di daerah rawan bencana, khususnya banjir. Sebab, dasar proteksinya untuk menekan kerugian pembiayaan risiko akibat banjir. Coverage perlindungannya mulai dari blok mesin hingga interiornya. Polis ini ideal diterapkan untuk mobil second dengan usia maksimal 5 tahun.

4. Polis Perlindungan Hybrid.

Perlindungan Hybrid menjadi polis komprehensif dengan manfaat TLO dan Comprehensive. Polis ini ideal digunakan oleh mobil second dengan usia 5 tahun. Dengan karakter unik yang dimilikinya, polis ini cocok digunakan oleh pelanggan yang memiliki bisnis rental mobil.

5. Polis Comprehensive Premium.

Comprehensive Premium memiliki karakter sama dengan Comprehensive Basic. Hanya saja, polis ini memiliki dasar perlindungan paling sempurna. Status fitur included yang aktif sangat komprehensif. Statusnya pun terbuka dinaikkan dengan aktivasi fitur-fitur opsionalnya.

Bukan hanya produk berkualitas, pelanggan juga akan mendapatkan manfaat ekonomi secara langsung. Harga preminya sangat terjangkau berkat diskon 25% juga cashback 20% sesuai Syarat dan Ketentuan Berlaku. insureka! juga menerapkan batas bawah Persentase Premi yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi folder demi folder website dan klik Ikon WhatsApp insureka!.

Mitsubishi Lancer Evolution

Kesimpulan

Mitsubishi Lancer Evolution menjadi moda yang berharga bagi para pecinta adrenalin kecepatan. Unit mobil ini terus berevolusi hingga berakhir pada varian Lancer Evo X. Mobil ini sudah dihentikan produksinya, meski opsi aktivasi kembali terbuka dalam format Hybrid hingga EV. Untuk performa, Lancer Evo sangatlah impresif, termasuk beragam fitur modern yang menyertainya. Tersedia dalam status second, harga unitnya tetap terjangkau. Mobil ini terbuka bagi implementasi proteksi brand terpercaya insureka!.

FAQ

Apa yang membedakan Mitsubishi Lancer Evolution dengan mobil performa lainnya?

Lancer Evo banyak menawarkan keunggulan, terutama komposisi dimensi dan blok mesinnya. Mobil ini memiliki desain khusus yang diperuntukkan untuk balapan.

Bagaimana teknologi Mitsubishi Lancer Evolution berkembang seiring berjalannya waktu?

Teknologi Mitsubishi Lancer Evolution berkembang menyesuaikan kebutuhan pelanggan menurut periode waktu melalui pengembangan performa blok mesinnya. Ada juga implementasi fitur-fitur teknologi baru yang disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Mitsubishi Lancer Evolution

Berapa banyak kursi yang dimiliki Mitsubishi Lancer Evolution?

Mitsubishi Lancer Evo memiliki empat kursi yang artinya bisa mengangkut 4 orang termasuk driver.

whatsup