Mobil di Bawah 30 Juta Terbaik : Pilihan Terjangkau di Indonesia

mobil di bawah 30 juta

Asuransi Mobil Online Terbaik

MEMILIKI mobil dengan budget kecil dan terbatas tetap menjadi hal yang realistis. Pelanggan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memiliki sebuah unit mobil. Saat ini ada banyak mobil di bawah Rp30 Juta yang tersedia. Profil unitnya tetap positif, meski usianya tidak lagi muda. Mobil ini tetap ditopang dengan engine yang sangat kompetitif. Unitnya dijamin semakin efektif dan efisien dengan pengendalian risiko berkendara melalui produk brand terpercaya insureka!.

Memiliki sebuah unit mobil tidak harus mengeluarkan budget besar. Anggaran minimalis sudah bisa membawa pulang sebuah unit mobil terbaik. Namun, unit yang bisa dibeli adalah mobil second. Meski berstatus mobil bekas, ada banyak value yang ditawarkan oleh status unit mobil tersebut, yaitu:

  1. Mobil memiliki harga murah dengan kualitas tetap terjamin.
  2. Transaksi bisa dilakukan dengan cara kredit.
  3. Unit mobilnya bisa langsung digunakan dan menunjang aktivitas berkendara.
  4. Penyusutan nilainya rendah sehingga harga jual kembali relatif stabil.
  5. Opsi variannya sangat bervariasi.

Kelompok mobil ini memang menawarkan beragam value, meski demikian ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan sebelum melakukan transaksi. Hal ini tidak lepas dari risiko yang tetap menyertai kondisi mobil second hingga membutuhkan proteksi khusus asuransi mobil. Harapannya, transaksi yang dilakukan menjadi efektif dan efisien. Adapun beberapa opsi yang wajib diperhatikan saat melakukan transaksi mobil second adalah:

1. Memastikan unit mobil dalam kondisi prima.

Beberapa bagian yang wajib diperhatikan adalah kondisi mesin, lampu, ban, AC, hingga asesoris lainnya. Kondisi ini juga bisa digunakan sebagai acuan untuk memberikan treatment lanjutan, seperti servis atau perawatan lainnya.

2. Memperhatikan riwayat servis unit mobilnya.

Saat melakukan transaksi, penting bagi pelanggan untuk menanyakan riwayat servis yang dijalani unit mobil tersebut. Asumsinya, mobil yang rutin di servis memiliki kondisi lebih baik dan memiliki umur penggunaan yang panjang. Efisiensinya juga positif apalagi dengan proteksi mobil asuransi.

3. Mempertimbangkan ketersediaan sparepart atau suku cadangnya.

Ketersediaan suku cadang sangatlah penting terkait dengan perawatan komponen yang harus dijalani sebuah unit mobil. Hal ini tidak lepas dari mobil dengan label harga di bawah Rp30 Juta biasanya merupakan produksi tahun 80-an hingga akhir 90-an.

4. Memastikan dokumen unit mobil lengkap dan valid.

Dokumen menjadi elemen penting yang harus dimiliki oleh sebuah unit mobil, apalagi dengan tahun produksi tidak lagi muda. Hal ini berkaitan dengan legalitasnya terutama saat hendak melakukan aktivasi asuransi mobil. Adapun dokumen yang harus dipastikan valid adalah BPKB, STNK, buku servis, hingga faktur pembelian sebelumnya.

5. Mengecek harga pasar dari unitnya tersebut.

Membeli mobil second memang memiliki keuntungan karena pelanggan bisa leluasa mengecek harga riilnya di pasar. Opsi ketersediaan unitnya juga sangatlah banyak.

6. Menguji unit mobil melalui test drive.

Menguji kondisi unit mobil di bawah 30 juta menjadi keharusan. Sebab, ini untuk memastikan kondisi mesin dan bagian penggerak mobil lainnya. Pastikan hanya mobil dengan kondisi mesin sehat dan elemen penggerak baik yang dibeli.

mobil di bawah 30 juta

Kriteria untuk Seleksi

Mobil terbaik dengan harga murah di bawah Rp30 Juta per Unit memang menjadi daya tarik tersendiri. Sebab, pelanggan tidak perlu merogoh kocek secara dalam untuk mendapatkan sebuah unit mobil yang kompetitif. Meski demikian ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transaksi mobil murah. Sebab, unit ini biasanya tidak lagi berumur muda sehingga rentan akan kerusakan dan memunculkan pembiayaan ekstra.

Selalu memastikan unit mobil di bawah 30 juta tetap prima menjadi opsi ideal sebelum bertransaksi. Adapun beberapa kriteria yang bisa dijalankan saat melakukan transaksi mobil tua adalah:

1. Memastikan kesehatan unit kendaraan.

Kondisi kesehatan mobil menjadi sesuatu yang vital. Hal berkait dengan treatment lanjutan yang akan diberikan kepadanya. Bisa juga untuk memprediksi potensi kerusakan yang dihadapi di kemudian hari. Artinya, potensi kebocoran anggaran berlebih bisa ditekan secara maksimal.

2. Memastikan riwayat mobil melalui catatan servis.

Riwayat servis mobil terbaik menjadi sesuai yang penting. Hal ini tidak lepas dengan permasalahan yang dihadapi unit mobil sebelumnya. Sekaligus, memprediksi treatment perawatan untuk masa mendatang.

3. Memastikan ketersediaan sparepart untuk unit mobil tersebut.

Mobil dengan label murah sudah pasti tidak lagi berusia muda. Artinya, ketersediaan sparepart di pasaran harus diperhatikan. Jangan sampai pembelian mobil yang dilakukan menjadi sia-sia hanya karena unitnya tidak bisa digunakan.

4. Melakukan pengecekan kelengkapan dokumen unit mobilnya.

Dokumen kendaraan menjadi hal mendasar lain yang harus diketahui. Pastikan status dokumen tersebut valid dan aktif, seperti STNK, BPKB, dan lainnya. Validitas itu berguna saat akan membeli polis asuransi mobil. Dengan memastikan statusnya tersebut, pelanggan bisa terhindar dari problem hukum yang berpotensi muncul.

5. Mencegah pembiayaan berlebih dengan memastikan harga pasar dari uitnya.

Riset harga pasar sebelum melakukan transaksi pembelian menjadi opsi bijaksana. Tujuannya agar harga yang didapatkan bisa ideal. Tetap melakukan negosiasi untuk mendapatkan harga yang paling proporsional dan menguntungkan.

6. Menguji kondisi kendaraan melalui test drive.

Test drive menjadi cara paling riil untuk mengetahui kondisi unit mobil yang sebenarnya, terutama pada bagian mesin dan penggeraknya di luar implementasi mobil asuransi. Beberapa hal yang diperhatikan adalah suara mesin, tarikan tenaganya, getaran, dan lainnya.

Pilihan Teratas Mobil Terbaik

1. BMW E30, Estimasi Harga Rp30 Juta/Unit.

Mobil di bawah 30 juta ini memiliki tahun produksi sekitar 1982 hingga 84. Memiliki profil elegan, varian mobil banyak diminati oleh para pecinta otomotif. Unitnya digunakan sebagai koleksi yang ramah karena bandrol harganya yang super hijau. Mobil dibekali dengan blok mesin 1.800 CC 4-Silinder. Sistem penggeraknya adalah roda depan.

2. Daihatsu Zebra Espass, Estimasi Harga Rp25 Juta/Unit.

Diproduksi pada tahun 1995, Daihatsu Zebra Espass menjadi moda keluarga yangs angat populer saat itu. Desain mobil ini elegan dan terkesan mewah di eranya. Mobil ini dibekali dengan blok mesin dengan kapasitas 1.000 CC sehingga cukup kompetitif saat itu. Didukung kapasitas angkutnya hingga 7 orang.

3. Honda Accord Prestige, Estimasi Harga Rp20 Juta/Unit.

Mobil terbaik Honda Accord Prestige menjadi generasi ketiga yang ditawarkan. Adapun generasi pertama Accord dihadirkan pada tahun produksi sekitar 1986. Mobil ini memiliki performa yang luar biasa di eranya, apalagi dengan implementasi blok mesin berkapasitas 1.995 CC.

4. Isuzu Panther, Estimasi Harga Rp30 Juta/Unit.

Isuzu Panther menjadi moda favorit bagi masyarakat Indonesia, terutama pada zona 1991. Sebab, mobil ini menawarkan efisiensi konsumsi BBM yang besar. Artinya, pemilik MPV tersebut bisa berhemat atas pengeluaran rutinnya.

mobil di bawah 30 juta

5. Mitsubishi Lancer DanGan, Estimasi Harga Rp20 Juta s.d Rp30 Juta/Unit.

Mitsubishi Lancer DanGan sangat populer di masa silam, apalagi sesudah diluncurkan tahun 1988. Membutuhkan proteksi asuransi mobil, mobil ini sangat impresif dengan amunisi berupa mesin berkapasitas 1.500 CC hingga 1.800 CC. Kehadirannya menjadi penantang utama atas brand BMW E30, Mercy Boxer, Honda Grand Civic, dan lainnya.

6. Suzuki Baleno Sedan, Estimasi Harga Rp27 Juta s.d Rp33 Juta/Unit.

Suzuki Baleno Sedan mulai masuk pasar komersial pada tahun 1995. Unit mobil ini dibekali dengan blok mesin kapasitas 1.600 CC pada 4-Silinder. Selain performanya, brand ini pun menawarkan beragam kemewahan di eranya, mulai dari eksterior hingga interiornya.

7. Toyota Corolla DX, Estimasi Harga Rp21 Juta s.d Rp30 Juta/Unit.

Toyota Corolla DX menawarkan cita rasa klasik yang sangat kental dan ideal diproteksi mobil asuransi. Desain mobil ini sangatlah timeless. Sejak kali pertama dihadirkan, ada banyak perubahan yang diberikan atas tampilannya. Perubahan itu mulai dari lampu depan yang berbentuk kotak. Ada juga opsi lampu sein pada samping bodi depan dan belakang.

8. Peugeot 406, Estimasi Harga Rp30 Juta/Unit.

Peugeot 406 sangatlah populer sejak kali pertama diluncurkan pada tahun 1997. Selain desainnya yang futuristik, mobil ini dibekali dengan mesin yang kompetitif dan hemat konsumsi BBM. Mobil ini memiliki blok mesin dengan tipe 2.0 Liter EW10J4R, 4-Silinder Segaris, 16-Katup, DOHC. Blok ini memiliki kapasitas 1.997 CC dengan daya 135 Hp dan torsi maksimal 187 NM.

9. Toyota Kijang Super, Estimasi Harga Rp20 Juta s.d Rp40 Juta/Unit.

Mobil terbaik Toyota Kijang Super kali pertama diluncurkan pada 1986 hingga 1996. Mobil ini masih memiliki angka peminat yang tinggi di tanah air. Brand ini kali pertama diluncurkan dengan blok mesin 5K dengan kapasitas 1.486 CC. Dalam perkembangannya mesin ini dilengkapi dengan teknologi Advance Super Response Engine (ASRE). Output yang dihasilkannya pun menjadi 63 DK.

10. Suzuki Jimny Katana, Estimasi Harga Rp30 Juta/Unit.

Jimny menjadi salah satu legenda yang dimiliki oleh Suzuki. Kali pertama diluncurkan pada 1986, brand ini dibekali blok engine dengan kapasitas 1.000 CC. Mobil ini memiliki kemampuan off road. Saat ini, Jimny dihadirkan dalam varian 5 pintu dengan beragam fitur modern yang dimilikinya.

Kinerja dan Efisiensi

Mobil di bawah 30 juta menawarkan efisiensi yang luar biasa. Efisiensi ini dihitung menurut performa dan pembiayaannya secara menyeluruh. Secara umum, mobil bekas murah ini masih memiliki level efisiensi tinggi dan performa mumpuni hanya dengan beberapa treatment sederhana. Tidak perlu dilakukan overhaul. Hanya perlu kondisi normal untuk pengapian, penyalur daya, pasokan BBM, dan penyehatan kakinya. Kondisi normal tersebut bisa didorong melalui treatment berikut:

  1. Melakukan pengecekan kondisi busi dan mesin secara rutin.
  2. Melakukan pengecekan sistem suplai aliran bahan bakarnya.
  3. Hanya menggunakan bahan bakar yang tepat.
  4. Berkendara secara bijaksana dan mematuhi tata tertib yang ada.

Fitur Keselamatan Mobil di Bawah 30 Juta

Berbeda dengan kendaraan zaman sekarang, mobil terbaik yang diproduksi tahun 1980-an dan 1990-an tentunya memiliki fitur lebih sederhana. Adapun beberapa keselamatan berkendara yang dimilikinya adalah Central Door Lock, Airbag, hingga Alarm. Beberapa mobil juga sudah menyematkan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) yang berguna untuk menghilangkan penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak. Lalu, ada juga fitur power window, electric retractable side mirror, hingga power steering.

Kenyamanan dan Interior Mobil Terbaik

Menawarkan harga murah dan hadir dari masa silam, kelompok mobil ini juga memiliki kenyamanan berkendara maksimal apalagi dengan support asuransi mobil. Ada beragam fitur modern yang dimilikinya, termasuk implementasi Digital AC. Untuk sistem audionya cukup baik dengan implementasi CD Player dan Radio.

Biaya Kepemilikan dan Pemeliharaan

Memiliki mobil baik berstatus second atau baru tetap membutuhkan pembiayaan rutin, termasuk orsi untuk mobil asuransi. Beberapa pembiayaan yang wajib dipikirkan adalah terkait potensi opsi pembelian secara kredit. Jika transaksinya dilakukan secara kredit, pelanggan harus menyiapkan biaya angsuran rutinnya. Adapun besar angsuran kredit yang harus dibayarkan bisa dihitung secara manual sebagai berikut, yaitu:

  1. Plafon Pinjaman = Harga Mobil Terbaik - Uang Muka.
  2. Angsuran per Bulan = Angsuran Pokok per Bulan + Angsuran Bunga per Bulan.
  3. Angsuran Pokok per Bulan = Plafon Pinjaman : Tenor.
  4. Angsuran Bunga per Bulan = [Plafon Pinjaman x Suku Bunga] : 12.
  5. Pembayaran Pertama Kali Mobil di Bawah 30 Juta = Uang Muka + Angsuran Pertama + Asuransi + Provisi + Polis Asuransi + Administrasi.

Pembiayaan lainnya adalah Asuransi Mobil. Pembelian polis asuransi ini diarahkan untuk kenyamanan berkendara secara menyeluruh. Sebab, polis asuransi akan menekan kerugian pembiayaan yang ditimbulkan oleh sebuah risiko. Ada juga pembiayaan reguler untuk pembelian BBM hingga pembayaran pajak. Beberapa pembiayaan mobil terbaik terkait dengan pajak yang wajib dikeluarkan kali pertama adalah:

  1. Anggaran untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).
  2. Anggaran untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
  3. Anggaran untuk Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).
  4. Anggaran untuk Biaya Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).
  5. Anggaran untuk Pengesahan serta penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan.

Adapun post pembiayaan lainnya adalah terkait dengan servis atau perawatan rutin. Besar kecilnya pembiayaan mobil di bawah 30 juta ditentukan oleh penggantian komponen yang dilakukan menurut jangkauan jarak tempuh. Untuk jarak tempuh 10 Ribu Km membutuhkan biaya Rp600 Ribu, lalu uang perawatan Rp1,2 Juta yang dikeluarkan saat mobil menempuh jarak 40 Ribu Km. Saat jarak tempuh mencapai 80 Ribu Km maka pembiayaannya menjadi Rp3 Juta. Rincian pembiayaan tersebut digunakan untuk:

  1. Penggantian Oli per 3 Bulan, Estimasi Biaya Rp400 Ribu s.d Rp500 Ribu.
  2. Penggantian Aki per 1-2 Tahun, Estimasi Biaya Rp600 Ribu.
  3. Penggantian Karet Wiper per 1 Bulan, Estimasi Biaya Rp Rp50 Ribu s.d Rp100 Ribu.
  4. Penggantian Filter Udara Mesin Mobil Terbaik, Estimasi Biaya Rp50 Ribu s.d Rp100 Ribu.
  5. Penggantian Kampas Rem per 2-3 Tahun, Estimasi Biaya Rp200 Ribu s.d Rp300 Ribu.
  6. Penggantian Roda dengan Pengecekan Tiap Bulan, Estimasi Biaya Rp500 Ribu s.d Jutaan Rupiah.
  7. Penggantian Bearing Roda per 2-3 Tahun, Estimasi Biaya Rp250 Ribu s.d Jutaan Rupiah.

mobil di bawah 30 juta

Terlepas dari pembiayaan tersebut, pemeliharaan rutin juga bisa dilakukan secara mandiri meski mobil sudah diproteksi asuransi mobil. Beberapa treatment yang dijalankan agar kondisi mesin dan mobil tetap prima adalah:

  1. Mengecek kondisi oli dan menyiapkan schedule penggantiannya.
  2. Melakukan pengecekan rutin atas air radiatornya.
  3. Membersihkan filter karburasi.
  4. Melakukan pemeriksaan kondisi ban.
  5. Melakukan pemanasan mobil secara rutin.

Ulasan Pelanggan Mobil di Bawah 30 Juta

Mobil bekas dengan banderol harga super miring memang menjadi primadona. Serapan mobil ini kompetitif di setiap tahunnya. Seiring dengan perpindahan kepemilikan mobil bekas dengan harga murah, maka faktor proteksi belitan risiko harus dimitigasi melalui asuransi mobil. Produk proteksinya bisa diaplikasikan melalui brand terpercaya insureka!. Produk perlindungannya sudah disesuaikan kebutuhan para pelanggan. Komposisi produknya adalah:

1. Polis Total Loss Only (TLO).

TLO menjadi mitigasi terbaik atas potensi kerugian total yang ditimbulkan oleh risiko. Polis mobil asuransi ini ideal diterapkan oleh mobil dengan usia lebih dari 5 tahun. Harga yang ditawarkannya sangatlah murah. Ada banyak value ekonomi yang dimiliki oleh Polis TLO.

2. Perlindungan Hybrid.

Perlindungan Hybrid menjadi mitigasi paling kompleks. Polis ini menggabungkan manfaat Comprehensive (All Risk) dengan TLO. Namun, kerangka dasar proteksinya tetaplah TLO. Polis ini ideal digunakan oleh pemilik usaha rental mobil terbaik.

3. Polis Comprehensive Premium.

Comprehensive Premium menjadi polis dengan dasar perlindungan paling kuat. Meski demikian, coverage perlindungannya bisa dipertebal dengan aktivasi fitur opsional. Comprehensive Premium paling efektif diterapkan pada mobil baru, meski tetap terbuka untuk unit second.

4. Katastropik Polis.

Katastropik Polis menjadi mitigasi atas kerugian yang dipicu bencana alam, khususnya banjir. Coverage perlindungannya mulai dari blok mesin hingga bagian interiornya. Polis ini sangat efektif sebagai mitigasi risiko mobil di bawah 30 juta terutama bagi pelanggan yang tinggal di daerah rawan bencana banjir.

5. Comprehensive Basic.

Comprehensive Basic memiliki karakteristik sama dengan Comprehensive Premium. Pembedanya hanyalah fitur dasar perlindungan atas mobil asuransi disusun lebih sederhana. Otomatis harga preminya pun lebih murah. Perluasan coverage bisa dilakukan dengan aktivasi fitur opsional.

Selain produk terbaik sesuai kebutuhan, insureka! juga menawarkan harga premi murah. Sebab, insureka! menggunakan batas bawah Persentase Premi versi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pelanggan juga bisa menikmati diskon 25% plus cashback 20% menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku. Dalam setahun para pelanggan pun bisa menikmati efisiensi pembiayaan asuransi mobil hingga 45%. Informasi lebih lanjut bisa diakses melalui website dan klik Ikon WhatsApp insureka!. Semua prosesnya dijalankan online.

FAQ

Apa saja faktor utama yang perlu diperhatikan dalam memilih mobil di bawah 30 juta di Indonesia?

  1. Memastikan kendaraan second dalam status prima secara menyeluruh.
  2. Mempertimbangkan riwayat servisnya agar transaksi efektif.
  3. Memperhatikan ketersediaan suku cadang mobil di bawah 30 juta, terutama jika kondisinya tidak bagus.
  4. Mengecek dokumennya valid dan lengkap.
  5. Memastikan harga pasarnya sebagai bentuk komparasi.
  6. Melakukan test drive.

Dapatkah saya menyesuaikan atau menambahkan fitur pada mobil dengan harga terjangkau untuk meningkatkan performa dan estetikanya?

Penambahan atau modifikasi terbuka dilakukan terhadap mobil terbaik murah tersebut. Meski demikian, pemilik mobil tetap harus mempertimbangkan pembiayaannya.

Kesimpulan

Mobil di bawah 30 juta menjadi opsi terbaik untuk memenuhi kebutuhan moda dengan skema pembiayaan terbatas. Ada banyak brand yang ditawarkan dengan kondisi bagus. Meski berstatus second dan mulai uzur, namun mobil terbaik ini memiliki support performa kompetitif. Unitnya juga sudah dibekali dengan beberapa fitur unggulan untuk menaikkan grid keselamatan dan kenyamanan berkendara. Adapun mitigasi risiko tetap menggunakan asuransi mobil produk brand terpercaya insureka!. Adapun produknya adalah:

1. Polis Total Loss Only (TLO).

2. Perlindungan Hybrid.

3. Polis Comprehensive Premium.

4. Katastropik Polis.

5. Comprehensive Basic.

whatsup