Cara Klaim Asuransi Mobil Paling Umum di Indonesia: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Gambar klaim asuransi mobil untuk blog dan halaman

CARA klaim asuransi mobil menjadi solusi terbaik untuk menekan kerugian pembiayaan yang dihadirkan oleh faktor risiko. Memiliki fungsi sebagai faktor pengalih, klaim asuransi secara otomatis dapat meringankan beban pembiayaan faktor risiko dengan beragam faktor pemicunya. Lebih luas dari itu, porsi tersebut juga bisa menyelesaikan faktor risiko yang melibatkan pihak ketiga. Meski demikian, proses #KlaimnyaLancarBanget tetap harus disesuaikan dengan aktivasi coverage perlindungannya.

Gambar banner mobil Perlindungan Menyeluruh untuk blog dan halaman

Introduksi

Untuk proses klaim asuransi mobil insureka! bisa dilakukan mandiri maupun melalui bantuan customer service. Untuk pengajuan klaim bisa dilakukan secara online. Prosesnya mudah dan cepat melalui website atau Aplikasi insureka!. Perlu menjadi perhatian, pastikan syarat klaim terpenuhi dengan lengkap dan valid. Waktu pengajuannya juga tidak kadaluarsa atau diajukan setelah 5 hari kalender pasca belitan risiko. Adapun klaim yang dapat dijalankan menurut jenis polisnya, seperti:

  1. Polis Comprehensive Premium.
  2. Polis Comprehensive Basic.
  3. Polis Total Loss Only (TLO).
  4. Polis Perlindungan Hybrid.
  5. Katastropik Polis.

Cara Klaim Asuransi Mobil Teratas dan Paling Umum

Proses dan cara klaim asuransi mobil didasarkan pada background pemicunya. Hal ini juga berpengaruh terhadap dokumen dan perysratan klaim yang harus disiapkannya. Adapun jenis klaim polis insureka! terdiri Klaim Kehilangan dan Klaim TPL (Third Party Liability). Klaim Kehilangan didasarkan atas Own Risk atau OR. Nantinya OR akan dipotong langsung dari nilai yang dibayarkan kepada tertanggung. Adapun pembayaran jenis klaim asuransi kepada customer dilakukan maksimal 14 hari kerja setelah dokumen komplit.

Untuk TPL memiliki beberapa karakteristik. Klaim asuransi mobil didasarkan menurut Kerusakan Atas Harta Benda atau Kerusakan Mobil. Opsi klaim lainnya didasarkan pada Kerugian atas Biaya Pengobatan, Cidera Badan, dan atau Kematian. Adapun detail penjelasan klaim asuransi secara umum adalah sebagai berikut:

1. Klaim Kerusakan Atas Harta Benda atau Kerusakan Mobil.

Own risk (OR) sebesar Rp300 Ribu per Kejadian diberikan jika casco disertakan. Namun, OR untuk TPL tidak dikenakan jika casco tidak disertakan dalam proses klaim asuransi mobil. Seandainya klaim TPL atas keduanya, maka limitnya disesuaikan atas sisa pembiayan klaim sebelumnya.

2. Klaim Kerugian atas Biaya Pengobatan, Cidera Badan, dan atau Kematian.

Biaya ini diberi limit sama dengan polisnya. Untuk accident dengan kendaraan lain, maka persyaratan berupa dokumen pengemudi kendaraan lain tersebut dan foto kerusakan unitnya harus ada. Adapun jenis klaim asuransi untuk cedera, pengobatan, hingga kematian wajib menyertakan KTP, Kartu Keluarga, hingga kuitansi rincian rumah sakit bermeterai. Sistem pembayarannya reimburse.

Gambar banner asuransi mobil Live Web Call untuk blog dan halaman

Mengenali Karekteristik Klaim yang Bisa Dijalankan

Lebih lanjut, sebenarnya ada beberapa karakter cara klaim asuransi mobil yang cukup lazim dilakukan di Indonesia. Adapun klaim tersebut didasarkan atas faktor pemicunya. Sedikitnya ada beberapa bentuk klaim yang bisa dilakukan, seperti klaim Kerusakan Kecil, Kerusakan Kaca Depan, Vandalisme, Kerusakan Dipicu Faktor Cuaca, Kecelakaan Kendaraan Tunggal, Cedera Leher, hingga Pencurian. Untuk penjelasannya berikut:

1. Klaim Risiko Kecelakaan dan Tabrakan

Kecelakan dan tabrakan tentu mengakibatkan kerusakan pada bagian tertentu dari mobil. Cara klaim asuransi mobil pun bisa dilakukan dengan mengacu status kerusakan seperti penyok spatbor. Kerusakan ini merupakan ringan dan tidak menyebabkan cedera.

2. Klaim Risiko Pencurian Kendaraan

Pencurian mobil kerap terjadi dan tentunya menyisakan angka kerugian yang total bagi pemilik unit kendaraannya. Meski demikian, beban pembiayaan kerugiannya bisa ditangani dengan aktivasi coverage yang komprehensif. Nantinya, penggantian klaim asuransi mobil akan diberikan menurut nilai pasar yang berlaku atas unitnya tersebut. Jika mobil hilang dalam status kredit, maka pembayaran klaim dilakukan menurut selisih jumlah terhutangnya.

3. Klaim Risiko Bencana Alam dan Faktor Tuhan

Bencana alam menajdi faktor yang sulit untuk dideteksi tanda-tandanya. Kadang kejadiannya berlangsung begitu saja. Terlepas dari apapun, kerusakan dan kerugian yang ditimbulkannya bisa sangat besar. Untuk itu, sistem proteksi sebagai cover risiko tersebut harus dilakukan terutama bagi mereka yang di daerah rawan bencana.

4. Klaim Risiko Vandalisme dan Kerusakan Jahat

Aksi vandalisme kerap terjadi di masyarakat. Akibat yang ditimbulkannya pun berupa kerugian maksimal meski bisa ditekan dengan klaim asuransi. Untuk itu, mobil harus diberi sistem proteksi untuk mengantisipasi tindak vandalisme tersebut.

Tips untuk Menangani Cara Klaim Asuransi Mobil

Cara klaim asuransi mobil ada kalanya tidak berjalan mulus. Pemicunya beragam, diantaranya terkait kelengkapan dokumennya. Kondisinya menjadi sangat fatal jika klaim diajukan tanpa didukung dengan aktivasi coverage fitur proteksinya. Untuk itu ada beberapa tips agar proses klaim menjadi mudah diterima, yaitu:

  1. Proses pengajuan klaim idealnya dilakukan secepatnya, atau sebelum aktivasi masa kadaluwarsa 5 hari kalender dari waktu kejadian.
  2. #KlaimnyaLancarBanget didasarkan menurut jenis perjanjian di dalam polis asuransi.
  3. Mengisi formulir klaim dengan data akurat dan lengkap.
  4. Untuk persyaratan berupa dokumen utama wajib dilengkapi, termasuk syarat pendukungnya.
  5. Menyerahkan dokumen dan formulir pengajuan klaim kepada perusahaan asuransi.

Mempercepat Cara Klaim Asuransi Mobil

Proses klaim asuransi mobil bisa dilakukan cepat asalkan memenuhi aspek persyaratannya. Adapun hal paling mendasar yang wajib dipenuhinya adalah insiden risiko tercantum dalam polis. Status polis asuransi juga masih berstatus aktif, lalu memenuhi semua persyaratan dokumen untuk klaim. Adapun saat mengajukan klaim, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan yaitu:

  1. Klaim menyertakan informasi detail pemilik polis, profil kendaraannya, hingga Kejadian. Sertakan juga bukti fisik unit melalui foto dan video, termasuk klausul case khususnya.
  2. Klaim menyertakan dokumen penting seperti foto KTP, SIM, STNK, hingga visual unitnya. Visual unit diberikan dalam bentuk foto atau video kerusakan kendaraan dilanjutkan dengan video penutup dari Customer Service.
Gambar banner asuransi mobil buat klaim mudah untuk blog dan halaman

Klaim Bantuan dan Dukungan melalui insureka!

Saat proses klaim, support penuh diberikan oleh insureka!. Pelayanan terbaik untuk mempercepat cara klaim asuransi mobil dan proses pemulihan akan diberikan. Saat terbelit risiko, pelanggan bisa memanfaatkan akses Bengkel Prioritas. Dari tempat ini, proses perbaikan mobil dan #KlaimnyaLancarBanget bisa dijalankan dari satu tempat. Jika ada kendala, pelanggan juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan Customer Service insureka! melalui Live Web Call, WhatsApp, atau Telepon Kantor.

Kesimpulan

Jenis klaim asuransi menjadi solusi terbaik untuk menekan dampak negatif pembiayaan yang dimunculkan oleh risiko. Sebab, ada banyak aspek yang bisa meringankan saat insiden risiko muncul dan membelit para nasabah. Apalagi, respon positif selalu ditunjukkan brand terpercaya insureka! atas beragam potensi risiko yang memunculkan klaim.

gambar banner asuransimobil katastropik untuk halaman dan artikel

FAQ


Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil di Indonesia?

Proses klaim dilakukan cepat atau kurang dari 5 hari pasca insiden. Teknisnya secara online melalui website atau Apliksi insureka!. Dokumen utama yang disiapkannya adalah SIM, KTP, hingga Kronologi Insiden Kejadiannya. Proses klaim akan diselesaikan kurang dari 7 hari kerja.

Bagaimana cara kerja perlindungan asuransi mobil untuk pencurian kendaraan di Indonesia?

Asuransi mobil bisa mencegah kerugian total berupa kehilangan unitnya karena tindak pencurian. Adapun fitur penangkal kerugiannya adalah Pencurian oleh Pengemudi. Klausul bagi pengemudi sudah karyawan tetap sedikitnya 6 bulan.

Apakah kerusakan akibat bencana alam yang ditanggung oleh asuransi mobil di Indonesia?

Bencana alam bisa dimitigasi melalui polis asuransi mobil dengan opsi aktivasinya included atau opsional. Adapun sistem anti kerugian bencana alam bisa diaktivasi melalui fitur Banjir-Badai dan Gempa Bumi-Tsunami. Untuk fitur Banjir-Badai memproteksi kerusakan blok engine hingga interior kabinnya.

Dukungan dan bantuan apa yang dapat saya harapkan dari perusahaan asuransi saya selama proses klaim?

Selama klaim dan proses perbaikan unitnya di bengkel, ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh nasabah sebagai berikut:

  1. Fasilitas mobil baru sebagai pengganti unit sebelumnya yang rusak berat. Fasilitas ini bisa dinikmati jika usia mobil baru kurang dari 6 Bulan.
  2. Fasilitas subsidi Rp100 Ribu per Hari. Dana tersebut diberikan manakala mobil diperbaiki di bengkel lebih dari 5 hari.

Apa yang harus saya lakukan jika mobil saya dirusak atau sengaja rusak?

Untuk mobil yang sengaja dirusak maka tidak bisa diklaimkan. Adapun kerusakan akibat ulah manusia bisa dilihat menurut opsi fitur Huru Hara dan Terorisme-Sabotase. Kedua fitur ini bisa dinikmati sejak awal oleh pengguna Polis Comprehensive Premium karena statusnya included. Adapun pengguna polis lainnya wajib melakukan aktivasi lebih dahulu karena statusnya opsional.

Butuh bantuan? Hubungi kami

Tanpa Nomor hp - Live Web Call

Butuh bantuan? Klik sesuai pilihan Anda

whatsapp

Tanpa Nomor hp

Live Web Call

whatsapp

WhatsApp

Chat on WhatsApp