Apa yang Harus Dilakukan Asuransi Kecelakaan Mobil Pasca Insiden

Solusi Terbaik Atas Risiko Berkendara Ditawarkan insureka!

Brand Terpercaya insureka!

Pendahuluan

ASURANSI Kecelakaan Mobil saat ini masih tinggi. Mengacu informasi NTMC Polri, angka kecelakaan yang terjadi sepanjang Januari-September 2022 mencapai 94.617. Angka tersebut mengalami kenaikkan hingga 34,6%. Penambahan insiden riilnya sekitar 24.000 kasus. Insiden tersebut tentu memberikan kerugian baik materi maupun jiwa, meski impactnya bsia dikendalikan dengan klaim asuransi kecelakaan mobil. Adapun korban jiwa mencapai 19.054 orang atau naik 3,72%.

Merujuk tingginya kasus kecelakaan dengan beragam kerugian yang ditimbulkannya, sudah seharusnya sistem proteksi terbaik dari diterapkan maksimal. Sebab, asuransi meringankan beban pembiayaan yang ditimbulkan karena risiko melalui cara mengurus asuransi mobil kecelakaan. Dan, salah satu hal mendasar yang harus dipahami masyarakat dari kecelakaan adalah terkait status klaimnya. Mereka harus memahami syarat klaim asuransi kecelakaan mobil yang berlaku.

Hal yang Harus Dilakukan setelah Kecelakaan Mobil karena Mengklaim Asuransi

Saat risiko muncul, customer tidak perlu panik jika memiliki polis asuransi kecelakaan mobil. Sebab, semua risiko akan ditangani melalui klaim secara mudah, cepat, dan tuntas. Apalagi, insureka! mengembangkan sistem digital. Adapun cara mengurus asuransi kecelakaan mobil yang bisa diterapkan secara umum dikelompokkan menurut All Risk dan Total Loss Only (TLO). Detail penjelasan langkah-langkah untuk klaim asuransi sebagai berikut:

1. Memastikan Keamanan dan Memberikan Bantuan

Saat insiden risiko tersebut muncul, maka pemilik polis harus memastikan kondisinya dalam status baik. Jika kondisinya memburuk segera minta dilarikan ke rumah sakit terdekat. Lebih lanjut segera tindak lanjuti prosedur klaim asuransi kecelakaan mobil.

2. Mengajukan FIR di Kantor Polisi Terdekat

FIR atau First Information Report merupakan laporan informasi pertama atas sebuah insiden risiko yang muncul dalam bentuk kecelakaan. Berguna sebagai dokumen klaim asuransi kecelakaan mobil, berita acara kejadian kecelakaan tersebut bisa diurus dan didapatkan melalui Kantor Polisi terdekat.

3. Mendokumentasikan Adegan Kecelakaan

Dokumentasi kondisi insiden kecelakaan menjadi salah satu kelengkapan cara mengurus asuransi mobil kecelakaan. Dokumentasi diberikan melalui narasi kronologis kejadiannya. Selain itu, dokumentasi juga dihadirkan secara visual.

4. Menghubungi Penyedia Asuransi

Sebagai perhatian penting syarat klaim asuransi kecelakaan mobil, pemberitahuan kepada perusahaan asuransi wajib dilakukan. Pemberitahuan tersebut dilakukan secepatnya usai risiko tersebut muncul. Sebab, pemberitahuan insiden yang dipicu risiko menjadi penanda dimulainya proses klaim asuransi.

Brand Terpercaya insureka

Memahami Persyaratan Klaim Asuransi Kecelakaan Mobil

Asuransi kecelakaan mobil All Risk menjadi bentuk proteksi dan perlindungan kehilangan. Saat risiko tersebut muncul, maka klaim dari customer bisa diajukan melalui website atau Aplikasi insureka!. Nantinya Customer Service akan meneruskan infomasi tersebut kepada Asuransi Rama. Follow up lebih lanjut cara mengurus asuransi kecelakaan mobil dilakukan Asuransi Rama.

Agar prosedur klaim asuransi kecelakaan mobil bisa cepat, asalkan dokumen sebagai bagian persyaratan harus lengkap. Untuk klaim asuransi berupa Biaya Pengobatan-Cedera-Kematian, maka wajib disertakan Laporan Kepolisian, Kuitansi Rumah Sakit Terperinci Bermaterai, hingga Foto Surat Kematian. Adapun klaim asuransi kecelakaan mobil untuk Kerusakan unit dan Harta Benda wajib menyertakan dokumen Casco dan Kecelakaan.

Mengklaim Asuransi Kecelakaan Mobil Melalui insureka!

Alur pengajuan klaim asuransi kecelakaan mobil TLO sama seperti All Risk. Namun, klaim asuransi TLO wajib melengkapi dokumen form LKKB, upload foto KTP, SIM, STNK, Suketpol, dan Kunci. Konfirmasi status cara mengurus asuransi mobil kecelakaan akan diberikan. Untuk survei akan disesuaikan dengan kondisi. Jika dokumen lengkap maka pencairan akan langsung dilakukan. Own Risk akan dikalkulasikan 5% dari harga pertanggungan. Teknis bagian syarat klaim asuransi kecelakaan mobil tersebut dipotong atas nilai yang wajib dibayarkan tersebut.

Kesimpulan

  1. Asuransi kecelakaan mobil saat berlalu lintas sangat diperlukan. Sebab, angka kecelakaan dalam beberapa waktu terakhir masih tinggi. Untuk asuransi kecelakaan mobil diaplikasikan melalui All Risk dan Total Loss Only (TLO).
  2. Cara mengurus asuransi kecelakaan mobil bisa dilakukan online. Sebab, insureka mengembangkan sistem berbasis digital.
  3. Secara umum dokumen syarat klaim asuransi kecelakaan mobil yang perlu disiapkan adalah KTP, SIM, STNK, hingga foto juga video kerusakan mobil.
  4. Estimasi biaya perbaikan untuk prosedur klaim asuransi kecelakaan mobil dihitung dan dilakukan oleh bengkel. Nilainya didasarkan oleh harga sparepart dan jasa bengkel.
  5. Sepanjang proses cara klaim asuransi kecelakaan mobil, customer akan mendapatkan informasi terbaru perkembangannya secara rutin.
  6. Klaim asuransi kecelakaan mobil dibatasi oleh klausul jaminan yang terdapat di dalam polis.

CERTIFICATE - INSUREKA 2

FAQ

What are the different forms of insurance claims that I can place against my car insurance policy?

Klaim yang lazim di Indonesia berupa Kerusakan Dipicu Faktor Cuaca, Kerusakan Kecil, Vandalisme, Pencurian, Kecelakaan Kendaraan Tunggal, Kerusakan Kaca Depan, hingga Cedera Leher. Untuk insureka!, klaim bisa dilakukan menurut kelompok Kehilangan dan Klaim TPL (Third Party Liability). TPL didasarkan atas Kerusakan Atas Harta Benda atau Kerusakan Mobil dan Kerugian atas Biaya Pengobatan-Cidera Badan-Kematian.

How do I claim car insurance if I am the second owner?

Untuk pemilik mobil kedua idealnya sudah dilakukan balik nama untuk memudahkan klaim. Jika belum balik nama, klaim tetap bisa dilakukan asalkan ada penyertaan nama pemilik asli mobil pada awal registrasi polis asuransinya.

What are the factors that can deny car insurance?

Car insurance becomes bargain if there is no clause covered for risks that arise. For this reason, it is ideal to activate optional features as completely as possible so that the complexity of the protection system increases.

How soon should I contact my insurance provider after an accident?

Incident reporting of accidents for claims must be done as soon as possible. The claim process has an expiration period of more than 5 calendar days after the incident. For this reason, submitting claims is made less than the deadline of 5 calendar days after the incident.

How long does it take to process a car accident insurance claim?

Proses klaim secara umum akan diselesaikan kurang dari 7 hari kerja. Meski demikian, prosesnya bisa lebih cepat. Semua tergantung dari kelengkapan dokumen dan proses administrasi perbaikan unit di bengkel.

What should I do if a car accident results in personal injury?

If a personal injury occurs, it must be checked for the status covered in the insurance policy. If stated in the policy, then it must include supporting documents such as Stamped Hospital Receipts and others.

How can I ensure a hassle-free insurance claims experience after a car accident?

Proses klaim di insureka! sangatlah mudah dengan rasio pencairan tinggi. Asalkan pelaporan klaim dilakukan sebelum masuk masa kadaluwarsa dan ter-cover dalam polis. Proses klaim bisa dilakukan online melalui website atau Apliksi insureka!.