Jelajahi Suzuki Ertiga: Fitur, Manfaat, dan Asuransi Mobil

suzuki ertiga

Apa Mobil Terlaris di Indonesia

SUZUKI Ertiga dihadirkan dengan cita rasa terbaru. Varian unitnya ada yang dikembangkan dengan teknologi hybrid. Mengikuti perkembangan dan memenuhi kebutuhan pasar Indonesia saat ini. Menjawab respon positif yang selalu ditunjukkan oleh konsumen, apalagi penetrasinya kuat di kawasan ASEAN. Mobil keluarga yang mengesankan tersebut dijamin semakin impresif dengan proteksi tambahan asuransi mobil produk brand terpercaya insureka!. Opsi produk pilihannya adalah:

1. Polis Comprehensive Basic.

2. Polis Total Loss Only (TLO).

3. Polis Perlindungan Hybrid.

4. Polis Comprehensive Premium.

5. Katastropik Polis.

Suzuki menjadi brand yang memiliki penetrasi kuat di kawasan ASEAN. Produk otomotif ini diminati oleh negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Suplai produknya di kawasan ini positif seiring fasilitas ASEAN AEO MRA. Adanya kemudahan ekspor dengan destinasi negara-negara ASEAN. Diproteksi dengan asuransi mobil, popularitas Ertiga kini pun terus terjaga dengan kehadiran produk hybrid. Hanya dalam kurun 10 hari pasca diluncurkan 10 Juni 2022, Ertiga Hybrid sudah mendapatkan 2.000 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Dihadirkan dalam formula teknologi terbaik, Suzuki Ertiga dengan Smart Hybrid dan transmisi otomatis pun mendapat apresiasi tinggi. Slot pemesan Ertiga Hybrid transmisi otomatis mencapai 72%. Adapun produk Ertiga secara umum tersebut mampu menopang penjualan Suzuki hingga 70%. Harga yang ditawarkannya juga terjangkau. Untuk varian GX MT diberi label Rp270,3 Juta, lalu jenis otomatis dihargai Rp281,3 Juta. Ada juga varian Suzuki Sport dengan label Rp281,3 Juta s.d Rp292,3 Juta. Peta harga Ertiga lainnya adalah:

  1. Suzuki varian Ertiga GA MT, Label Harga Unitnya Rp 228,4 Juta.
  2. Suzuki Ertiga GL MT, Label Harga Unitnya Rp 251,8 Juta.
  3. Suzuki varian Ertiga GL AT, Label Harga Unitnya Rp 262,8 Juta.

Gambaran Umum Suzuki Ertiga

suzuki ertiga

Kehadiran versi hybrid memang menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi, Indonesia sedang melakukan percepatan transisi mobil listrik dan menghadirkan lingkungan tempat hidup lebih baik. Dan, kehadiran Suzuki Ertiga Hybrid pun memberikan beragam benefit. Mobil ini memiliki level efisiensi konsumsi BBM yang sangat positif. Konsumsi BBM-nya bahkan lebih rendah dari Ertiga bermesin konvensional. Hal ini tidak lepas dari racikan teknologi Mild Hybrid yang dimilikinya.

Unit elektrifikasi Ertiga saat ini mengadopsi teknologi Mild Hybrid. Varian kendaraan ini memadukan teknologi baterai dengan mesin konvensional BBM. Untuk Ertiga Hybrid menggunakan blok mesin konvensional seri K15B, lalu smeakin efisien jika diproteksi asuransi mobil. Teknologi ini belum menyertakan motor listrik sebagai sumber pembangkit energi alternatif. Karakter yang dimiliki dari teknologi Mild Hybrid adalah sebagai berikut:

  1. Mesin akan non aktif saat mobil dalam kondisi berhenti. Kebutuhan energi untuk mendukung kinerja sistem mobil pun dialihkan pada baterai.
  2. Mild Hybrid ini dilengkapi sistem Integrated Starter Generator (ISG). ISG menjadi pengganti dari komponen alternator konvensional.
  3. Teknologi ISG membuat unit kendaraan lebih bertenaga.

Suzuki Ertiga Hybrid ditopang dengan baterai Lithium-Ion. Secara teknis, efisiensi kebutuhan energinya dipenuhi dari motor dan generator yang diperankan oleh ISG tersebut. Sistem tersbeut lalu menangkap energi listrik dan menyimpannya di dalam baterai. Energi listrik inilah yang memiliki beragam fungsi seperti Auto Start aktif hingga booster bagi torsi. Kemampuan menaikkan torsinya bahkan bisa mencapai 50 NM.

Semakin unik, teknologi hybrid yang ditawarkan Ertiga berkonsep Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sederhananya adalah generasi Ertiga Diesel Hybrid. Terlepas dari kombinasi asuransi mobil, Komposisi racikan dapur pacunya terdiri dari elemen mesin konvensional diesel, baterai, dan ISG. Adapun SHVS hakikatnya merupakan racikan teknologi yang membuat unit mobil semakin efisien. Hasilnya, konsumsi BBM ditekan dan mengurangi emisi gas buang karbon secara signifikan.

Fitur Suzuki Ertiga

suzuki ertiga

Suzuki Ertiga Hybrid menyempurnakan sistemnya dengan implementasi beragam fitur keselamatan berkendara. Standard kualitas Suzuki Ertiga pun otomatis naik. Tingginya status kualitas keselamatan dan keamanan berkendara tidak lepas dari implementasi fitur-fitur berikut, diantaranya:

1. Fitur Cruise Control.

Fitur ini memberikan jaminan mobil meluncur dalam kecepatan konstan. Kecepatan konstan tersebut secra otomatis dihadirkan, meski pengemudi tidak menekan pedal gas. Fitur ini sangat membantu terutama untuk perjalanan panjang. Kehadirannya membuat mesin semakin awet. Pengemudi juga bisa mengurangi tingkat keletihannya.

2. Fitur Hold Hill Control.

Fitur ini memastikan mobil Suzuki Ertiga tetap mendapatkan energi cukup untuk melewati track menanjak dan posisi kendaraannya berhenti. Teknologi sangat berguna bagi mobil-mobil yang sering digunakan melewati kondisi jalan menanjak. Sebab, teknologi ini menjamin mobil tidak mundur saat pedal rem dilepas dari posisi diam di tanjakan.

3. Fitur Auto Start-Stop.

Fitur ini memberikan manfaat besar saat mobil terjebak dalam kemacetan yang panjang. Teknologi ini akan mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti. Mesinnya akan menyala otomatis saat pedal gas diinjak. Implementasi teknologi mampu menunjang efisiensi konsumsi BBM secara kompetitif. Selain mengurangi emisi gas buang, teknologi ini ikut menekan pembiayaan reguler pembelian BBM.

Manfaat Suzuki Ertiga

Menawarkan teknologi hybrid, Suzuki Ertiga pun sangat layak selalu mengisi list prioritas belanja kendaraan. Sebab,aspek positif yang ditawarkannya sangat kompleks. Adapun detail manfaat yang didapatkan dengan pembelian mobil ini adalah:

1. Penghematan Bahan Bakar dan Penurunan Emisi Karbon Gas Buang.

Teknologi SHVS merupakan bentuk komitmen positif dari pabrikan otomotif untuk mendukung dan menghadirkan lingkungan hidup lebih baik. Komitmen Suzuki Ertiga ini dihadirkan dengan menekan emisi gas buang karbon. Ikut membantu mengurangi polutan udara secara signifikan. Teknologi ini sangat membantu mereka yang tinggal di wilayah dengan kepadatan volume lalu lintas yang tinggi. Konsep ini dirupakan secara teknis dalam bentuk teknologi ISG dan baterai Lithium-Ion.

2. Proses Pengisian Daya Lebih Mudah dan Simpel.

Konsep hybrid memberikan kemudahan bagi penggunanya, terutama dalam pengisian ulang daya listriknya. Sebab, Suzuki Ertiga ini memiliki kemampuan pengisian ulang daya listrik secara otomatis. Sistem ini dihasilkan melalui konsep Regenerative Deceleration. Perinsip yang dikembangkannya adalah daya listrik disimpan saat mobil mengalami perlambatan pergerakan.

3. Mobil Delengkapi Beragam Fitur Modern.

Suzuki Ertiga memang memberikan experience berkendara yang mengesankan bagi penggunanya. Hal ini tidak lepas implementasi beragam fitur-fitur modern. Kehadirannya tentu memberikan impact positif. Sebut saja, fitur Auto Start-Stop yang menaikkan efisiensi konsumsi BBM terutama dalam kondisi jalan macet. Pemborosan BBM yang dihadirkannya pun bisa dikurangi, selain mengurani gas polutan yang dilepaskan ke udara.

Asuransi Mobil dan Suzuki Ertiga

suzuki ertiga

Ertiga memiliki profil yang positif. Meski demikian, mobil ini membutuhkan skema proteksi tambahan atas beragam risiko yang muncul. Aktivitas berkendara di jalan raya membuat mobil menjadi rentan terhadap faktor risiko. Implementasi sistem proteksi tambahan atas risiko tersebut bisa dikembangkan melalui asuransi mobil. Rekomendasinya adalah produk-produk brand terpercaya insureka!. Formula terbaik saat ini sudah dikembangkan insureka!.

insureka! memiliki formula perlindungan yang disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggannya. Coverage perlindungan asuransi mobil meliputi beragam level kerugian yang dimunculkan kerusakan unit akibat insiden kecelakaan. Ada juga solusi atas kerugian total berupa kehilangan unit mobil sebagai korban kejahatan pencurian. Adapun fakta tingginya risiko tidak lepas dari grafik kecelakaan, tindak kejahatan, hingga bencana alam dalam periode waktu terakhir, seperti:

  1. Rentang Januari s.d 13 September 2022, angka insiden kecelakaan meningkat 34,6% kasus. Korban jiwa yang ditimbulkannya mencapai 19.054 jiwa atau naik 683 orang dari tahun sbelumnya.
  2. Rentang Januari s.d April 2023, kejadian kriminal yang muncul mencapai 137.419 kasus. Peningkatannya mencapai 30,7%. Kasus kejahatan didominasi oleh pencurian pemberatan dengan 30.019 kasus, lalu 20.043 adalah pencurian biasa.
  3. Rentang Januari s.d 2 Agustus 2023, peristiwa bencana alam yang muncul mencapai angka 2.216 kasus. Dominasi kasus bencana alam tgersdiri dari 731 banjir, 731 kasus cuara ekstrim, 384 tanah longsor, lalu gempa bumi muncul sebanyak 18 kejadian. Bencana ini memberikan kerugian yang besar.

Pentingnya Asuransi Mobil

Menjadi faktor pengalih atas kerugian yang dimunculkan risiko, sudah seharusnya unit kendaraan dilindungi dengan asuransi mobil. Memberikan proteksi yang luas, produk insureka! bisa diterapkan pada mobil pribadi hingga armada niaga. Statusnya bisa unit baru hingga second dengan usia aktif hingga 15 tahun. Harga premi yang ditawarkannya selalu terjangkau dengan promo menarik. Mengacu Syarat dan Ketentuan Berlaku, diskon 25% hingga cahsback 20% pun bisa dinikmati secara langsung.

suzuki ertiga

Implementasi promo tersebut memberi impact positif terhadap nilai Premi secara menyeluruh. Artinya, harga asuransi mobil semakin ramah kantong. Apalagi, insureka! sebelumnya menetapkan batas bawah untuk paremeter Prosentase Premi. Parameter Prosentase Premi tersebut mengacu regulasi Otoritas Jasa Keuangan. Prosentase Premi bersama Harga Mobil menjadi faktor pembentuk harga Premi. Adapun tabelnya Prosentase Premi adalah:

A. Acuan Prosentase Premi (PP) Asuransi Mobil menurut Polis Comprehensive (All Risk).

  1. Harga Mobil Kategori Satu ≤Rp125 Juta : PP Wilayah Satu 3,82% ; Wilayah Dua 3,26% ; Wilayah Tiga 2,53%.
  2. Harga Mobil Kategori Dua >Rp125 Juta - Rp200 Juta : PP Wilayah Satu 2,67% ; Wilayah Dua 2,47% ; Wilayah Tiga 2,69%.
  3. Harga Mobil Kategori Tiga >Rp200 Juta - Rp400 Juta : PP Wilayah Satu 2,18% ; Wilayah Dua 2,08% ; Wilayah Tiga 1,79%.
  4. Harga Mobil Kategori Empat >Rp400 Juta - Rp800 Juta : PP Wilayah Satu 1,2% ; Wilayah Dua 1,2% ; Wilayah Tiga 1,14%.
  5. Harga Mobil Kategori Lima >Rp800 Juta : PP Wilayah Satu 1,05% ; Wilayah Dua 1,05% ; Wilayah Tiga 1,05%.

B. Acuan Prosentase Premi (PP) Asuransi Mobil menurut Total Loss Only (TLO).

  1. Harga Mobil Kategori Satu ≤Rp125 Juta : PP Wilayah Satu 0,47% ; Wilayah Dua 0,65% ; Wilayah Tiga 0,51%.
  2. Harga Mobil Kategori Dua >Rp125 Juta - Rp200 Juta : PP Wilayah Satu 0,63% ; Wilayah Dua 0,44% ; Wilayah Tiga 0,44%.
  3. Harga Mobil Kategori Tiga >Rp200 Juta - Rp400 Juta : PP Wilayah Satu 0,41% ; Wilayah Dua 0,38% ; Wilayah Tiga 0,29%.
  4. Harga Mobil Kategori Empat >Rp400 Juta - Rp800 Juta : PP Wilayah Satu 0,25% ; Wilayah Dua 0,25% ; Wilayah Tiga 0,23%.
  5. Harga Mobil Kategori Lima >Rp800 Juta : PP Wilayah Satu 0,2% ; Wilayah Dua 0,2% ; Wilayah Tiga 0,2%.

Selain premi asuransi mobil yang terjangkau, pelanggan juga akan mendapatkan kemudahan akses. Sebab, insureka! mengembangkan sistem digital. Dijalankan secara online dari smartphone, proses registrasi pembelian polis dan pengajuan klaimnya dilakukan melalui wesbsite atau Aplikasi insureka!. Proses registrasi juag didukung dengan dokumen utama yang simpel, seperti STNK, SIM, hingga Foto Panel unit Mobil. Pun demikian dengan klaim. Regulasi pengajuan klaim juga simpel dengan ketentuan berikut:

  1. Pengajuan klaim dilakukan kurang dari 5 hari kalender setelah sebuah risiko muncul. Klaim akan ditolak jika pengajuan klaim dilakukan lebih dari 5 hari tersebut.
  2. Dokumen utama untuk klaim terdiri dari STNK, KTP, SIM, Foto Kerusakan Mobil, dan Kronologi Kejadian.
  3. Untuk klaim khusus menyertakan beberapa dokumen tambahan terkait, seperti Surat Kepolisian, BPKB, Surat Rumah Sakit, hingga Kuncu Asli.

Jenis Asuransi Mobil

suzuki ertiga

Menjadi tandem perlindungan terbaik bagi Suzuki Ertiga dan brand lainnya, ada beragam polis yang bisa diaplikasikan. Spesifikasi formulanya berbeda baik menurut fitur included atau opsionalnya. Semua racikannya disesuaikan dengan kebutuhan pelrindungan pelanggan. Adapun komposisi produk tersebut adalah:

1. Polis Comprehensive Basic.

Comprehensive Basic menjadi solusi atas potensi risiko yang muncul dari aktivitas berkendara sedang atau tidak tinggi setiap harinya. Polis asuransi mobil ini ideal diterapkan pada mobil baru.

2. Polis Total Loss Only (TLO).

TLO menjadi solusi bagi munculnya risiko total, baik dalam bentuk kerusakan hingga kehilangan unit mobilnya. Polis ini ideal diterapkan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun.

3. Polis Perlindungan Hybrid.

Perlindungan Hybrid menjadi kombinasi Comprehensive (All Risk) dengan TLO. Namun, kerangka dasarnya TLO. Polis asuransi mobil ini ideal digunakan oleh para pemilik rental mobil.

4. Polis Comprehensive Premium.

Comprehensive Premium menjadi formula perlindungan bagi mobil yang memiliki rasio penggunaan sangat tinggi setiap harinya. Polis ini sangat cocok diaplikasikan pada mobil-mobil baru.

5. Katastropik Polis.

Katastropik Polis menjadi solusi atas risiko yang ditimbulkan oleh bencana alam, khususnya banjir. Basic proteksi atas risiko banjir diberikan menyeluruh dari blok mesin hingga interior. Polis asuransi mobil ini ideal digunakan oleh pelanggan yang tinggal di daerah rawan banjir. Statusnya bisa diperkuat dengan aktivasi perluasan fitur opsional Gempa Bumi-Tsunami.

FAQ

Mengapa asuransi mobil penting bagi pemilik Suzuki Ertiga?

Asuransi penting karena mobi yang melaju di jalan raya sangat rentan terhadap faktor risiko. Risiko bisa datang setiap saat dengan membawa beban kerugian pembiayaan besar. Bukan hanya terkait kerugian fisiko mobil, risiko juga kerap membeli pengguna mobil bahkan melibatkan pihak ketiga.

Bagaimana cara memilih asuransi mobil yang tepat untuk Suzuki Ertiga?

Cara memilih asuransi yang ideal disesuaikan dengan kebutuhan proteksinya. Pelanggan juga mempertimbangkan aspek promo yang ditawarkan hingga legalitas perusahaan asuransinya. Perusahaan asuransi idealnya menjadi member Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aspek lainnya adalah kemudahan registrasi pembelian hingga proses klaimnya.

Bagaimana cara mengajukan klaim asuransi mobil untuk Suzuki Ertiga?

Pengajuan klaim wajib dilakukan cepat, terutama setelah risiko membelit. Pengajuannya kurang dari 5 hari kalender pasca munculnya risiko, baik dalam bentuk kerusakan atau kehilangan mobil. Dokumen utama yang dibutuhkan saat klaim hanyalah SIM, KTP, Foto Kerusakan Mobil, STNK, dan Kronologi Kejadian.

suzuki ertiga

Kesimpulan

Suzuki Ertiga menjadi moda yang difavoritkan oleh masyarakat. Sebab, ada beragam keunggulan aspek yang dihadirkannya. Mobil ini memiliki performa positif, fitur dan teknologinya modern, hingga harganya sangat terjangkau. Semakin menarik, Ertiga juga dihadirkan dalam unit elektrifikasi Hybrid. Teknologinya lebih futuristik dengan level efisiensi konsumsi BBM tinggi dan sangat ramah terhadap faktor lingkungan.

Suzuki Ertiga tetap membutuhkan formula perlindungan tambahan atas faktor risiko. Rekomendasinya adalah produk brand terpercaya insureka!. Coverage perlindungannya mulai dari kerusakan hingga kehilangan unitnya, termasuk solusi atas kerugian pembiayaan yang melibatkan pihak ketiga hingga penggunanya. Harga premi asuransi mobil murah dengan efisiensi pembiayaan hingga 45% setahun dengan Syarat juga Ketentuan Berlaku.(*)

whatsup