Haruskah Anda Mendapatkan Mobil Sunroof? Pro dan Kontra

sunroof mobil

Asuransi Mobil Online Terbaik

SUNROOF mobil? Fitur mobil ini ternyata memiliki beragam manfaat, selain menambah estetika pada mobil. Secara umum, keberadaan sunroof mampu meningkatkan visibilitas dalam kabin melalui ketersediaan pencahayaan yang cukup. Semakin menarik, fitur ini juga banyak diaplikasikan pada mobil dengan harga yang sangat terjangkau. Agar unit mobil yang ada sunroof semakin efektif dan efisien, maka potensi risiko mobil wajib dikendalikan melalui asuransi mobil produk dari brand terpercaya insureka!. Produk perlindungannya adalah:

1. Katastropik Polis.

2. Polis Comprehensive Basic.

3. Polis Perlindungan Hybrid.

4. Comprehensive Premium.

5. Polis Total Loss Only (TLO).

Secara umum, sunroof merupakan sebuah fitur yang diaplikasikan pada sebuah unit mobil untuk meningkatkan visibilitas di dalam kabin. Fitur ini juga memberikan kesempatan kepada pengguna uitnya menikmati sinar matahari secara langsung di sepanjang perjalanan. Ikut menambah estetika mobil, fitur ini biasanya disusun atas panel-panel kaca. Statusnya bisa dibuka atau tutup secara otomatis. Statusnya pun terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Jenis Fitur Sunroof.

Menjadi fitur tambahan yang ditempatkan di atas mobil, sunroof pun memungkinkan pengguna unitnya bisa menikmati cahaya matahari secara leluasa. Ukuran dan posisi fitur tersebut pun disesuaikan dengan jenis unit hingga kebutuhan para pengguna.

2. Jenis Fitur Moonroof.

Fitur ini relatif sama dengan sunroof, namun material panelnya berbeda. Perbedaan lainnya adalah rel pengatur gerakan kacanya. Untuk moonroof, saat membuka kaca akan masuk ke dalam bagian dari unit kendaraannya.

3. Jenis Fitur Panoramic Roof.

Panoramic Roof memiliki ukuran yang super besar. Ukurannya bahkan bisa selebar atap mobil. Fitur ini disusun oleh berbagai panel kaca hingga material yang transparan. Karakteristik dasar mobil sunroof yang dimiliki oleh fitur ini adalah statusnya yang statis. Tidak dapat digerakan. Fungsinya untuk menahan aliran sinar ultraviolet.

Pro Memiliki Mobil Sunroof

Keberadaan sunroof bisa menjadi daya tarik lain sebuah unit mobil. Mampu meningkatkan value atas unit kendaraan tersebut. Menjadi bagian estetika, keberadaan fitur ini mampu menaikkan kesan mewan dan elegan pada unit mobil. Terlepas dari mobil sunroof pro dan kontra, beberapa manfaat langsung yang bisa dihadirkan oleh fitur ini adalah:

1. Meningkatkan Pencahayaan dalam Kabin.

Fitur ini mampu menghadirkan pencahayaan di dalam kabin yang lebih merata. Kehadiran cahaya mobil yang ada sunroof ini pun sangat soft bagi pengemudi atau pengguna unit lainnya karena tidak langsung mengarah kepada wajah atau mata. Berbeda dengan pencahayaan dari samping atau depan.

2. Visibilitas Kabin menjadi Lebih Jelas.

Suplai cahaya cukup dan merata dari fitur ini otomatis akan menaikkan visibilitas di dalam kabin. Obyek-obyek yang ada di dalam kabin sunroof mobil menjadi lebih jelas.

3. Menaikkan Nilai Jual Unit Mobil.

Fitur ini mampu menaikkan nilai jual unitnya secara keseluruhan. Sebab, fitur ini sangat identik dengan unit kendaraan premium.

4. Menjamin Kesegaran Udara dalam Kabin.

Fitur ini bisa dibuka dan tutup secara otomatis, terlepas dari mobil sunroof pro dan kontra. Artinya, fitur ini mampu menjamin aliran udara yang cukup. Menjamin kesegaran udara dan suasana dalam kabin tetap terjaga.

5. Memunculkan Kesan Romantis.

Menghadirkan suasana berkendara lebih baik, fitur mobil sunroof tersebut pun bisa meningkatkan mood penggunanya menjadi lebih positif. Dalam beberapa moment, fitur ini bahkan bisa memunculkan kesan romantisme berkendara.

Asuransi Mobil

Menawarkan beragam manfaat, keberadaan fitur mobil yang ada sunroof ini pun banyak dicari oleh konsumen. Meski identik dengan mobil premium, fitur tersebut juga sudah terpasang pada banyak mobil dengan harga di bawah Rp500 Juta. Untuk varian tertentu bahkan sudah bisa dijumpai pada mobil dengan rentang harga Rp200 Juta. Beberapa unit yang memiliki fitur ini dengan label harga sangat ramah kantong adalah:

1. Brand Mobil Wuling Cortez.

Wuling Cortez sudah dilengkapi dengan fitur sunroof. Fitur tersebut bahkan bisa dibuka atau tutup secara otomatis dengan menggunakan remote. Adapun harga mobil ini berada pada rentang Rp228,5 Juta hingag Rp315,6 Juta per Unit.

2. Brand Mobil MG ZS.

MG ZS menjadi moda dengan experience berkendara menarik karena ditopang dengan fitur I-Max Panoramic-Sunroof. Fitur sunroof mobil ini mampu memberikan visual lebih luas kepada penggunanya hingga menghadirkan suasana kabin lebih luas. Harga mobil ini berkisar Rp269,8 Juta sampai Rp309,8 Juta per Unit.

3. Brand Mobil Kia Rio.

Kia Rio menjadi mobil dengan kapasitas 5 seat yang menawarkan sensasi berkendara dengan mobil sunroof. Adapun fitur yang digunakannya adalah electric-sunroof. Fitur tersebut pun menjadi value lebih dari unit yang masuk kategori Hatchback. Adapun harganya adalah Rp277 Juta sampai Rp292 Juta.

4. Brand Mobil Toyota Corolla Cross 1.8 AT.

Keluarga Toyota sudah dilengkapi dengan fitur-sunroof. Terlepas dari mobil sunroof pro dan kontra, versi SUV Crossover tersebut pun diberi banderol harga sekitar Rp463,5 Juta per Unit.

5. Brand Mobil Hyundai Creta Prime.

Fitur mobil yang ada sunroof menjadi salah satu daya tarik Hyundai Creta Prime. Perjalanan dengan mobil ini semakin berkesan dengan implementasi 8 Audio Speaker plus Audio Bose. Penawaran harga unitnya adalah Rp288 Juta hingga Rp404 Juta.

6. Brand Mobil Honda HR-V SE.

Mobil ini dilengkapi dengan fitur-sunroof. Desain sunroof mobil lebih modern dengan cita rasa sporty yang sangat kental. Ada beragam teknologi yang disematkannya dengan format Honda Sensing. Harga yang ditawarkan oleh Honda HR-V SE tersebut adalah Rp416,1 Juta per Unit.

7. Brand Mobil DFSK I-Auto.

DFSK I-Auto menghadirkan fitur sunroof-nya dengan sangat modern. Fitur mobil sunroof ini bisa dibuka dan tutup hanya dengan mengandalkan perintah suara. Selain fitur ini, sedikitnya ada 100 perintah suara yang ditanamkan untuk memudahkan aktivitas berkendara. Harga unitnya adalah Rp329,7 Juta sampai Rp364,2 Juta.

Asuransi Mobil

Kontra Memiliki Mobil Sunroof

Keberadaan sunroof memang menawarkan banyak manfaat, meski demikian ada beberapa aspek minor yang wajib diperhatikannya. Menjadi kontra, keberadaan fitur ini bisa menjadi salah satu pemicu kebocoran di dalam kabin. Terlepas mobil sunroof pro dan kontra, kebocoran tersebut bisa muncul melalui sekat yang dimulai dengan rembesan air. Seiring dengan tingginya curah hujan, volume rembesan tersebut semakin bertambah hingga berubah menjadi tetesan air besar atau bocor.

Implementasi fitur sunroof tersebut pun berpengaruh negatif terhadap konsumsi BBM. Unit mobil menjadi boros atau memiliki kebutuhan konsumsi BBM lebih besar. Hal ini tidak lepas dari berat beban tambahan yang harus diterima sebuah unit mobil. Perlu diketahui, seperangkat fitur ini memiliki berat sekitar 25 Kg hingga 35 Kg. Angkanya menjadi semakin berat jika diterapkan pada kelas SUV. Lalu, pada akhirnya unit mobil pun membutuhkan tenaga ekstra.

Faktor Pribadi untuk Dipertimbangkan Atas Mobil yang Ada Sunroof

Ada beragam aspek yang wajib dipertimbangkan saat memastikan fitur sunroof ini masuk sebagai elemen yang dimiliki oleh mobil. Lebih lanjut, fitur ini hakikatnya bisa dipasang secara terpisah untuk beragam jenis mobil. Penggunanya pun wajib mengeluarkan budget ekstra untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk pemasangan fitur ini diperlukan pembiayaan sekitar Rp10 Juta hingga Rp15 Juta untuk produk asal pabrikan Jepang. Untuk mobil Eropa biaya pemasangan bisa membengkak menjadi Rp20 Juta.

Keberadaan fitur sunroof mobil ini secara umum memberikan pengaruh terhadap kenaikan harga beli atas sebuah unit mobil. Terlepas dari label harga tersebut, penggunanya wajib memperhatikan beberapa aspek. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam menentukan fitur sunroof tersebut, yaitu:

  1. Fitur ini idealnya dilapisi kaca film yang berkualitas.
  2. Kaca film yang digunakan memiliki kapasitas daya tolak tinggi atas kalor atau suhu panas sinar matahari.
  3. Memastikan implementasi kaca film dengan karakteristik bening.
  4. Pemasangan kaca film tersebut dilakukan oleh profesional.

Faktor Lain yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mendapatkan Mobil Sunroof

Lebih lanjut, pemilik mobil yang ada sunroof wajib memperhatikan beberapa aspek lainnya. Sebab, keberadaan fitur ini bisa menjadi bumerang yang menghadirkan kebocoran dalam kabin di saat hujan. Adapun perawatan fitur tersebut pun didasarkan atas jenisnya, yaitu:

1. Tips Perawatan Fitur Sunroof.

Perawatan jenis ini bisa dilakukan dengan melakukan buka dan tutup secara rutin, terlepas dari mobil sunroof pro dan kontra. Memastikan sekat-sekat pada fitur ini terbebas dari debu atau kotoran lainnya. Treatment lain memastikan laju rel tidak macet dengan pemberian pelumas. Perawatan karetnya bisa dilakukan dengan pemberian silicon spray.

2. Tips Perawatan Fitur Moonroof.

Perawatan untuk fitur Moonroof bisa dilakukan pada sliding rail. Bagian ini pada mobil sunroof harus dibersihkan dari berbagai bentuk kotoran, termasuk pemberian cairan pelumas untuk membuatnya tetap licin. Agar fitur ini awet maka idealnya penggunanya memarkir unit mobil di zona teduh atau tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

3. Tips Perawatan Fitur Panoramic Roof.

Perawatan fitur sunroof jenis ini paling sederhana diantara jenis lainnya tersebut. Penggunanya cukup membersihkan bagian kaca secara rutin. Agar materialnya awet dan berfungsi optimal, maka bisa diberikan penutup agar tidak terkena sinar matahari langsung saat unitnya diparkir.

sunroof mobil

Terlepas dari aspek tersebut, keberadaan mobil yang ada sunroof dijamin tetap efisien jika risikonya bisa dimitigasi secara maksimal. Tindakan preventif untuk menekan kerugian tersebut bisa diterapkan melalui implementasi produk brand terpercaya insureka!. Produknya sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Harga preminya juga sangat terjangkau dengan diskon 25% dan cashback 20%. Ada efisiensi pembiayaan 45% setahun menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku. Adapun karakteristik produknya adalah:

1. Katastropik Polis.

Polis ini melindungi bagian mesin hingga kabin interiornya dari kerusakan yang dimunculkan oleh risiko bencana banjir. Polis bagi mobil sunroof tersebut sangat cocok digunakan oleh mereka yang menetap di kawasan rawan bencana banjir.

2. Polis Comprehensive Basic.

Comprehensive Basic menjadi formula dengan kekuatan perlindungan sempurna. Penggunanya tinggal melakukan aktivasi fitur opsionalnya. Polis tersebut ideal diterapkan pada unit mobil baru, terlepas dari mobil sunroof pro dan kontra.

3. Polis Perlindungan Hybrid.

Perlindungan Hybrid menjadi kombinasi skema All Risk (Comprehensive) dengan Total Loss Only (TLO). Terlepas dari status sunroof mobil, kerangka dasar proteksinya mengacu TLO. Memiliki kompleksitas perlindungan tinggi, polis ini bisa diterapkan secara maksimal pada usaha rental mobil.

4. Comprehensive Premium.

Comprehensive Premium menjadi polis dengan skema dasar perlindungan paling kuat dan kompleks. Cocok digunakan pada unit kendaraan baru hingga mobil yang ada sunroof, level kekuatan Comprehensive Premium bisa ditingkatkan lagi melalui aktivasi fitur opsionalnya.

5. Polis Total Loss Only (TLO).

TLO menjadi polis yang cocok digunakan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun, termasuk mobil sunroof. Ada banyak value ekonomi yang ditawarkannya, terutama terkait perlindungan asta risiko total. Risiko total tersebut bisa dalam bentuk kerusakan mobil akibat kecelakaan dengan level di atas 75% dari nilai unit. Atau, risiko total berupa kehilangan mobilnya akibat dicuri.

FAQ

Apakah semua sunroof memberikan jumlah sinar matahari dan ventilasi yang sama?

Besar kecilnya aliran cahaya dan udara yang masuk dipengaruhi oleh keluasan permukaan fiturnya. Untuk jenis mobil yang ada sunroof, fitur ini optimal dalam menjaring udara karena posisinya bisa dibuka dalam posisi miring.

Apakah sunroof rentan bocor dan rusak karena air?

Fitur sunroof mobil ini rentan menghadirkan problem jika tidak dirawat secara maksimal. Untuk itu diperlukan pengecekan secara rutin agar fungsinya maksimal dan jauh dari problem.

Bisakah saya menambahkan sunroof ke mobil yang awalnya tidak memiliki sunroof?

Penambahan fitur ini bisa dilakukan, terlepas dari posisi mobil sunroof pro dan kontra. Pemilik unit mobil hanya perlu menyediakan pembiayaan ekstra. Saat ini ada banyak jenis fitur yang bisa dipilih dan diaplikasikan.

Kesimpulan

Mobil dengan fitur sunroof menawarkan beragam value positif. Nilai mobil yang ada sunroof juga menjadi bertambah dengan implementasi fitur tersebut. Namun, fitur sunroof mobil ini menjadi problem jika tidak mendapatkan perawatan secara maksimal. Keberadaan fitur tersebut juga bisa dipasangkan terpisah, artinya bisa diaplikasikan pada unit biasa atau bukan mobil sunroof. Agar unitnya semakin efisien, maka mobil idealnya rendah kerugian risiko. Terlepas dari mobil sunroof pro dan kontra, treatment preventifnya melalui aktivasi fitur perlindungan insureka!.(*)

whatsup