Bagaimana Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia?

Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia

Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia

STANDARD polis Asuransi kendaraan atau mobil di Indonesia semuanya mengacu kepada kebijakan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Adapun brand terpercaya insureka! merupakan member dari AAUI. Secara umum, AAUI mendesain Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSKABI) untuk menjawab semua risiko yang muncul. Pun demikian dengan beragam aspek bawaannya. Sebab, risiko kerap muncul dengan melibatkan pihak ketiga.

Menjadi solusi atas beragam risiko yang dihadapi oleh nasabah, AAUI setidaknya menetapkan desain Polis asuransi kendaraan bermotor untuk menjawab 2 aspek. Aspek risiko yang dijawab tersebut adalah pertanggungan atas unit mobilnya hingga tanggung jawab pihak ketiga. Lebih lanjut, skema proteksi yang diberikan juga menyasar pengemudi hingga penumpangnya.

Memahami Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia

Memiliki standard baku, produk asuransi mobil hakikatnya menjawab semua kebutuhan perlindungan mobil yang dibutuhkan oleh nasabah. Secara umum, produk asuransi kendaraan bermotor yang didesain memenuhi standard untuk menjawab risiko dalam bentuk beragam kerusakan hingga kehilangan unitnya. Background pemicunya beragam, mulai dari faktor manusia, alam, dan lainnya.

Menjawab tantangan tersebut, beragam formula pun dihadirkan polis asuransi kendaraan. Fitur proteksinya dihadirkan dalam format included hingga opsional. Fitur perlindungan tersebut secra umum dihadirkan untuk memberikan manfaat gabungan atau comprehensive hingga kerugian total. Produk asuransi juga memberikan opsi melalui perluasan jaminannya. Adapun brand terpercaya insureka! menyiapkan skema proteksinya melalui produk berikut:

1. Polis Comprehensive Premium.

2. Polis Comprehensive Basic.

3. Polis Total Loss Only (TLO).

4. Katastropik Polis.

5. Polis Perlindungan Hybrid.

Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia

Standard polis asuransi mobil di Indonesia sejatinya sudah menjawab semua kebutuhan nasabah atas potensi risiko yang harus dihadapinya. Meski demikian, ada beberapa pemahaman yang wajib dimiliki oleh nasabah sebelum membeli produk dan jenis asuransi kendaraan bermotor. Pemahaman yang harus dimiliki oleh nasabah sebelum membeli produk asuransi mobil adalah:

  1. Mempelajari proposal yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi.
  2. Memastikan legalitasnya jelas dan kondisi perusahaan asuransi tersebut sehat.
  3. Mengikuti alur pembelian produk asuransi mobil.
  4. Mengisi berbagai data atau informasi secara lengkap dan akurat.

Lebih lanjut, nasabah juga harus memperhatikan beberapa aspek dalam registrasi produk dan jenis asuransi motor. Nasabah juga harus memperhatikan surat penawaran yang diberikan perusahaan asuransi mobil, lalu memastikan status Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA). Data SPPA tersebut harus riil dan valid. Pastikan nasabah juga membaca klausul kontrak dalam polis secara detail hingga memastikan besaran own retention atau deductible.

Nasabah idealnya mendapatkan proporsi klausul seperti yang tercantum dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Meski demikian, jika ada beberapa hal yang menyimpang maka nasabah bisa bersikap sebagai berikut:

  1. Meminta klarifikasi kepada perusahaan asuransi tersebut.
  2. Tetap mengedepankan sikap positif.
  3. Jika sengketa berlarut, nasabah bisa mengadukan problemnya melalui Badan Mediasi Asuransi Indonesia.
  4. Sengketa bisa dilanjutkan melalui arbitrase hingga alur pengadilan bila titik temu tidak ditemukan.

Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia

Jenis Pertanggungan dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia

Mengacu kepada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia atau PSAKBI, jenis pertanggungan terbagi dalam gabungan atau comprehensive hingga kerugian total. Nasabah juga bisa melakukan perluasan jaminannya. Untuk Comprehensive atau All Risk, insureka! menewarkannya melalui Polis Comprehensive Premium dan Comprehensive Basic. Polis All Risk atau Comprehensive digunakan menjawab semua level kerusakan yang dipicu oleh kecelakaan hingga kehilangan unitnya.

Untuk polis asuransi kendaraan bermotor kerugian total ditawarkan melalui Total Loss Only (TLO). Polis TLO tersebut menjadi solusi atas kerugian total. Kerugian yang diproteksi adalah risiko yang memunculkan kerusakan lebih dari 75% di atas nilai unitnya. TLO juga ideal menjawab risiko yang muncul dalam bentuk kehilangan unit mobilnya yang dipicu tindak pencurian.

Dalam perkembangannya, insureka! pun melakukan perluasan produknya. Diversifikasi produk asuransi kendaraan bermotor tersebut mengacu kepada beragam isu yang berkembang yang harus dihadapi oleh nasabah. Adapun komposisi produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh brand terpercaya insureka! adalah sebagai berikut:

1. Polis Comprehensive Premium.

Comprehensive Premium menjadi polis yang ideal diterapkan oleh nasabah yang memiliki rata-rata intensitas berkendara sangat tinggi. Desain proteksi polis asuransi kendaraan tersebut sangat sempurna, termasuk basic kerangkanya. Polis ini menawarkan efisiensi pembiayaan perlindungan hingga 45% dalam setahun.

2. Polis Comprehensive Basic.

Comprehensive Basic menjadi polis yang cocok digunakan oleh nasabah yang memiliki aktivitas berkendara tidak tinggi atau sedang. Desain proteksinya dasarnya kompetitif dan mumpuni, meski bisa disulap menjadi super kuat dengan aktivasi fitur opsionalnya. Polis ini juga memberikan efisiensi pembiayaan 45% dalam setahun.

3. Polis Total Loss Only (TLO).

Polis TLO sangat pas digunakan oleh nasabah yang memiliki mobil dengan usia lebih dari 5 tahun. Jenis asuransi kendaraan bermotor ini ideal digunakan pada mobil bekas atau tua karena rentang usia proteksinya memanjang 15 tahun. TLO juga menawarkan beragam keuntungan ekonomis.

4. Katastropik Polis.

Katastropik Polis menjadi solusi bagi nasabah yang tinggal pada daerah rawan bencana, terutama banjir. Proteksi yang diberikannya menyasar blok engine hingga interiornya.

5. Polis Perlindungan Hybrid.

Perlindungan Hybrid menjadi jenis asuransi motor yang memproteksi bisnis rental mobil yang dikembangkan oleh nasabah. Sebab, mobil rental memiliki beban dan tingkat risiko sangat tinggi.

Premi dan Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaannya

Menjadi regulasi akuntabel, Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) juga memiliki premi terbaik. Apalagi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah memberikan batasan regulasinya melalui Surat Edaran Nomor 6/SEOJK.05/2017. Secara umum, premi merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh nasabah kepada perusahaan asuransi. Pembayaran premi menjadi bukti aktivasinya polis sekaligus proteksinya atas beragam risiko.

Premi polis asuransi kendaraan bermotor dipengaruhi oleh beberapa aspek, seperti Persentase Premi dan Harga Mobil menurut Kategori. Untuk Persentase Premi dikelompokkan menurut kategorinya hingga sebaran wilayahnya. Secara umum wilayahnya terbagi menjadi 3 dengan acuan kepadatan volume kendaraan pada daerah tersebut. Secara prinsip, persentase premi daerah dengan volume kendaraan padat akan tinggi. Hal ini tidak lepas dari potensi risikonya yang juga tinggi.

CERTIFICATE - INSUREKA 2

Membuat Klaim

Proses klaim menjadi inti dari aktivasi produk perlindungan asuransi kendaraan bermotor. Sebab, klaim menjadi solusi cepat dan tuntas atas risiko yang muncul. Klaim mampu menekan kerugian pembiayaan yang dimunculkan oleh risiko secara signifikan. Beban pembiayaan kerugian nasabah atas risiko menjadi berkurang karena bebannya dibagi secara proporsional dengan perusahaan asuransi. Untuk itu, proses klaim harus dilakukan cepat atau kurang dari 5 hari pasca insiden risiko muncul.

Klaim polis asuransi kendaraan untuk insureka! dijalankan secara online melalui website atau Aplikasi insureka!. Adapun dokumen utama klaim yang dilampirkan sangat sederhana, yaitu Fotocopy KTP, SIM, STNK, hingga Foto/Video Kerusakan unitnya. Sertakan juga kronologi kejadiannya. Adapun beberapa informasi yang ikut disertakan dalam proses klaim adalah:

  1. Nama Tertanggung.
  2. Nomor Polis.
  3. Alamat.
  4. Nomor Telp.
  5. Nomor Plat Mobil.
  6. Nomor SIM Driver.
  7. Masa Aktif SIM.
  8. Tanggal Kejadian.
  9. Lokasi Kejadian.
  10. Detail kejadian.

Opsi Coverage Tambahan

Selain komposisi fitur inti, Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) juga memberikan opsi perluasan coverage. Untuk memperkuat formula proteksi dasar, nasabah bisa mengaktivasi fitur opsionalnya. Mengacu kepada PSAKBI, beberapa perluasan jaminan yang bisa diterapkan umumnya terdiri dari:

  1. Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga.
  2. Kecelakaan Diri terhadap Penumpang dan atau Pengemudi.
  3. Kerusuhan, Penghalangan Bekerja, Pemogokan, hingga perbuatan Jahat melalui Huru Hara, Kerushan, Sabotase, dan Terorisme.
  4. Bencana Alam, seperti Banjir, Gempa Bumi, dan lainnya.

Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia

Tips Tepat Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor

Setelah memahami regulasi Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), nasabah pun wajib memahami tips memilih produk perlindungan yang tepat. Ada beberapa treatment yang bisa dijalankan oleh nasabah untuk mendapatkan komposisi perlindungan proporsional, yaitu:

  1. Nasabah memahami produk asuransi secara detail.
  2. Pemilihan produk asuransi disesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Tetap melakukan komparasi jenis asuransi kendaraan bermotor yang ada.
  4. Nasabah menghitung ketersediaan anggarannya.
  5. Memastikan kredibilitas dan legalitas perusahaan asuransi mobil.

FAQ

Apakah Asuransi ini Wajib di Indonesia?

Asuransi mobil menjadi kebutuhan utama untuk stabilitas finansial keluarga. Sebab, risiko kerap datang dengan membawa kerugian pembiayaan yang besar. Dengan asuransi, potensi kerugian yang dimunculkan oleh risiko bisa ditekan secara signifikan. Sebab, jenis asuransi motor menjadi faktor pengalih risiko terbaik. Opsi rekomendasinya tetap produk brand terpercaya insureka!.

Bagaimana Premi untuk Asuransi Kendaraan Bermotor Dihitung?

Premi merupakan hasil perkalian antara Persentase Premi dengan Harga Mobil per Kategori. Untuk perhitungan Persentase Premi (PP) mengacu kepada regulasi Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia berikut:

  1. Harga Mobil Kategori I (Rp 125 Juta), PP Wilayah 1: 3,82%–4,20%; Wilayah 2: 3,26 –3,59%; Wilayah 3: 2,53%–2,78%
  2. Harga Mobil Kategori II (Rp 125 Juta - Rp 200 Juta), PP Wilayah 1: 2,67%–2,94%; Wilayah 2: 2,47%–2,72%; Wilayah 3: 2,69%–2,96%
  3. Harga Mobil Kategori III (Rp200 Juta - Rp 400 Juta), PP Wilayah 1: 2,18%–2,40%; Wilayah 2: 2,08%–2,29%; Wilayah 3: 1,79%–1,97%
  4. Harga Mobil Kategori IV (Rp 400 Juta - Rp 800 Juta), PP Wilayah 1: 1,20%–1,32%; Wilayah 2: 1,20 –1,32%; Wilayah 3: 1,14%–1,25%
  5. Harga Mobil Kategori V (di Atas Rp 800 Juta), PP Wilayah 1: 1,05%–1,16%; Wilayah 2: 1,05%–1,16%; Wilayah 3: 1,05%–1,16%

Dapatkah Mentransfer Asuransi Kendaraan Bermotor Ke Kendaraan Lain, Jika Saya Mengganti Mobil?

Transfer polis asuransi kendaraan bermotor tidak bisa dilakukan. Sebab, kondisi mobilnya berbeda yang otomatis memberi pengaruh terhadap harga preminya. Meski demikian, nasabah bisa melakukan refund atau mencairkan polis yang berjalan tersebut lalu membeli polis baru untuk mobil lainnya tersebut.

Kesimpulan

Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSKABI) menjadi regulasi ideal yang wajib diterapkan pada unit mobil nasabah. Produk AAUI tersebut sudah memenuhi beragam aspek, mulai legalitas hingga pemenuhan atas kebutuhan nasabahnya. Desain standard polis asuransi kendaraan bermotor saat ini mencakup untuk menjawab semua risiko yang muncul dalam bentuk beragam level kerusakan hingga kehilangan unitnya.

Untuk polis asuransi kendaraan, nasabah bisa mengoptimalkan produk brand terpercaya insureka!. Sebab, insureka! memberikan proteksi menyeluruh melalui Polis Comprehensive Premium, Comprehensive Basic, Total Loss Only (TLO), Perlindungan Hybrid, dan Katastropik Polis. Nilai premi jenis asuransi kendaraan bermotor yang diterapkannya terjangkau dengan tingkat efisiensi sistem pembiayaan 45% dalam setahun. Jika registrasi dilakukan sekarang, maka diskon 25% dan cashback 20% akan diberikan.(*)

whatsup