Apakah Car Insurance Mencakup Bencana Alam?

Coverage Bencara Alam

Brand Terpercaya insureka!

BENCANA alam dengan beragam bentuknya terus menghiasi beragam laman pemberitaan. Hal ini tidak lepas dari impact perubahan iklim global. Imbasnya, iklim menjadi tidak menentu. Terlepas dari does car insurance cover natural disasters, salah satu dampak yang harus diwaspadai tentunya bencana, termasuk tanggap hidrometeorologi. Kehadiran bencana hidrometeorologi tentu menjadi salah satu ancaman serius bagi unit mobil. Dan, car insurance pun wajib diaplikasikan melalui produk brand terpercaya insureka!.

Mitigasi bencana harus disiapkan lebih awal sebagai upaya preventif menekan potensi pembengkakan pembiayaan risiko yang ditimbulkannya melalui car insurance natural disaster. Himbauan mitigasi tersebut bahkan sudah diterbitkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sikap responsif ditegaskan melalui penerbitan Peraturan BNPB Nomor 7 Tahun 2022 tentang Rencana Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2020-2024. Salah satu klausul treatment yang dijalankan mewaspadai bencana hidrometeorologi di Indonesia.

Merespon beragam isu yang berkembang, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan menerbitkan Climate Outlook 2023. Menurut BMKG, salah satu pemicu bencana hidrometeorologi adalah gangguan iklim di wilayah Samudera Pasifik hingga Samudera Hindia. Ideal diproteksi car insurance cover natural disasters, adapun kewaspadaan yang diapungkannya adalah:

  1. Menaikkan tingkat kewaspadaan atas bencana hidrometerologi yang dipicu oleh tingginya curah hujan di sepanjang tahun ini.
  2. Melakukan antisipasi atas potensi dampak bencana hidrometeorologi yang terjadi pada zonasi daerah rawan kekeringan ekstrim dan karhutla.

Bencana Alam Dan Dampaknya Terhadap Car Insurance

Bencana alam terkait hidrometeorologi memang layak diwaspadai. Sebab, impact negatif yang ditimbulkannya sangatlah besar. Meski demikian, mitigasi impact bencana hidrometeorologi bisa dilakukan dengan aktivasi produk perlindungan khusus bagi mobil milik brand terpercaya insureka!. Menjawab tantangan yang ada, insureka pun menawarkan polis khusus insurance cover natural disasters hasil diversifikasi melalui produk Katastropik Polis.

Katastropik Polis memang didesain khusus untuk menangkal kerugian besar yang diakibatkan oleh bencana hidrometeorologi atau banjir. Katastropik Polis akan memberikan proteksi mulai dari blok engine mobil hingga interior dalam kabinnya. Semakin menarik, does car insurance cover natural disasters ini bisa diakses pada semua produk insureka!. Sebab, polis-polis tersebut memiliki kuota fitur Banjir-Badai hingga Gempa Bumi-Tsunami. Statusnya beragam mulai dari included atau opsional perluasan coverage. Komposisinya adalah:

1. Katastropik Polis.

2. Polis Comprehensive Premium.

3. Polis Comprehensive Basic.

4. Polis Total Loss Only (TLO).

5. Polis Perlindungan Hybrid.

Khusus polis anti bencana Hidrometeorologi, Katastropik Polis dilengkapi dengan 9 fitur proteksi terbaik. Status car insurance natural disaster tersebar sebagai included hingga opsional. Untuk komposisi fitur included terdiri dari Banjir-Badai, Aplikasi Seluler untuk Pengajuan Klaim, Tidak Diperlukan Survei, Hotline 24 Jam. Polis ini dijamin semakin kuat dan mumpuni dengan aktivasi fitur opsional lainnya, seperti:

1. Huru-Hara.

2. Terorisme dan Sabotase.

3. Gempa Bumi-Tsunami.

4. Bengkel Resmi.

Discount-Promo

Kerusakan Angin (Badai & Tornado)

Badai atau bencana yang disebabkan oleh angin kerap menyisakan risiko pembiayaan yang besar. Salah satu obyek yang rentan terkena impact risiko bencana yang dipicu oleh angin atau badai adalah unit kendaraan. Cukup banyak kendaraan yang rusak akibat tertimpa oleh pohon atau obyek lainnya. Hal ini tentu menyisakan beban pembiayaan yang besar untuk perbaikannya. Nah, salah satu treatment yang bisa diterapkan adalah aktivasi car insurance cover natural disasters melalui Katastropik Polis atau fitur Banjir-Badai juga Gempa Bumi-Tsunami diaktivasi.

Kerusakan Banjir Diproteksi Car Insurance

Usah menjadi rahasia umum jika banjir yang datang kerap merepotkan karena bisa membuat unit mobil rusak. Kerusakan tersebut diantaranya dipicu oleh status mobil yang terendam air. Dengan adanya isu bencana Hidrometeorologi, sudah seharusnya asuransi mobil untuk bencana alam diaktivasi secara optimal sebagai insurance cover natural disasters. Perlu diketahui, saat ini banjir mendominasi kejadian bencana alam di Indonesia. Mengacu data BNPB sepanjang Januari hingga Agustus 2023, ada beberapa bentuk bencana yang dominan seperti:

1. Bencana Banjir, jumlah kejadian 758 kasus.

2. Bencana Cuaca Ekstrem, jumlah kejadian 731 kasus.

3. Bencana Tanah Longsor, jumlah kejadian 384 kasus.

4. Bencana Kebakaran Hutan-Lahan, jumlah kejadian 270 kasus.

5. Bencana lainnya.

Kerusakan Petir

Petir kerap menjadi problem tersendiri yang memicu kerusakan, termasuk impact berantainya kepada unit mobil. Petir tersebut bisa menghadirkan 2 kerusakan, yaitu kerusakan Thermis dan Mekanis. Kerusakan Thermis bisa mengakibatkan kebakaran, lalu kerusakan Mekanis dengan impact keretakan struktur, rusaknya peralatan, hingga memicu kematian.

CERTIFICATE - INSUREKA 2

Kerusakan Hujan Es

Hujan es kerap terjadi di Indonesia. Ideal risiko dikendalikan melalui does car insurance cover natural disasters, pemicunya adalah awan konvektif Cumulonimbus. Awan ini lalu membentuk dimensi menjulang tinggi hingga jadi penanda adanya labilitas udara yang sangat signifikan. Seiring waktu, memunculkan butiran es di awan dalam ukuran cukup besar. Butiran es yang jatuh tentu menjadi problem tersendiri, terutama yang mengenai unit kendaraan. Bisa saja kaca mobil mengalami retak hingga potensi kerusakan pada bagian lain dari mobil.

Kerusakan Gempa

Gempa bumi menjadi salah satu fenomena bencana yang akrab dengan masyarakat Indonesia dan implementasi car insurance natural disaster menjadi sangat vital. Apalagi, geografis Indonesia berada para zona cincin api dunia. Mengacu data BMKG, sepanjang Januari hingga Juni 2023 sudah terjadi gempa hingga 883 kali. Hanya saja, 11 kejadian gempa membukukan skala Magnitudo 5 dan terjadi sebanyak 60 kali. Kondisi ini tentu harus disikapi, terutama guna menekan potensi risiko kerusakan pada mobil. Adapun peta frekuensi kegempaan tinggi adalah:

1. Pulau Jawa.

2. Selat Sunda.

3. Barat Sumatera Barat.

4. Sulawesi Utara.

5. Kepulauan Maluku.

Cara Mendapatkan Car Insurance yang Mencakup Bencana Alam

Untuk mencegah potensi kerugian besar akibat bencana alam, maka aktivasi polis car insurance cover natural disasters produk brand terpercaya insureka! wajib dilakukan. Proses registrasinya sangatlah mudah secara online dengan mengunjungi website atau Aplikasi insureka!. Beberapa persyaratan utama yang harus disiapkannya adalah SIM, STNK, dan Foto Panel Unit Mobil. Serupa registrasi, kemudahan juga diberikan saat klaim dengan regulasi:

1. Proses klaim idealnya dilakukan kurang dari 5 hari setelah insiden risiko.

2. Klaim dilakukan melalui website atau Aplikasi insureka!. 

3. Menyertakan dokumen berupa KTP, SIM, dan STNK.

4. Menyertakan Foto Unit Mobil dan Kronologi Kejadiannya.

Landscape-HP-Claim

Kesimpulan

Bencana alam menjadi isu yang tidak dikesampingkan begitu saja. Masyarakat tetap membutuhkan treatment proteksi khusus untuk menekan impact kerusakan dengan Car Insurance. Proteksi khusus diberikan produk brand terpercaya insureka! melalui fitur included dan opsionalnya. insureka! bahkan menawarkan polis khusus untuk mensikapi problem banjir melalui Katastropik Polis.

Sistem proteksi yang ditawarkan insureka! sangatlah murah dan terjangkau. Jika registrasi dilakukan saat ini, insureka! menawarkan diskon 25% dan cashback 20%. Artinya, nasabah bisa mendapatkan efisiensi skema pembiayaan perlindungan insurance cover natural disasters hingga 45% selama setahun.

FAQ

Jenis bencana alam apa yang dilindungi oleh asuransi komprehensif?

Ada beberapa elemen bencana alam yang bisa diproteksi oleh produk asuransi seperti bencana banjir, bempa bumi, badai, tsunami,dan lainnya.

Bagaimana cara membuat proses klaim lebih halus jika terjadi bencana alam?

Klaim idealnya tetap dilakukan kurang dari 5 hari pasca belitan risiko. Proses klaim juga dilakukan merujuk pada polis asuransinya, lalu ikuti beberapa persyaratannya.

Apakah banjir ditanggung oleh asuransi mobil?

Kerusakan mobil yang dipicu oleh banjir bisa ditanggung oleh asuransi jika klausul fitur perlindungan Banjir-Badai dalam status aktif.

Jenis kecelakaan apa yang ditanggung oleh asuransi mobil?

Ada beberapa jenis kecelakaan mobil yang ditanggung oleh polis asuransi, yaitu tabrakan, terbalik, tergelincir, dan lainnya.

Apa itu asuransi komprehensif, dan bagaimana hubungannya dengan bencana alam?

Asuransi komprehensif memberikan perlindungan atas kerusakan mobil yang dipicu kecelakaan hingga kehilangan unitnya yang dipicu tindak pencurian.

whatsup