Klaim Asuransi Mobil Honda: Panduan Langkah-demi-Langkah | asuransi

klaim asuransi mobil

Cara Mengklaim Asuransi Mobil Honda

KLAIM asuransi mobil Honda selalu menjadi prioritas brand terpercaya insureka!. Sebab, Honda menjadi salah satu aset moda terbaik yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. insureka! juga memberikan secara khusus produk perlindungan bagian produk varian Honda. Sebut saja, Honda Brio Hatchback, Mobilio, WR-V, HR-V, BR-V, hingga Jazz Hatchback. Agar proses klaimnya lancar, maka nasabah pemilik Honda harus mengetahui regulasi dan alurnya.

Honda menjadi salah satu moda yang diandalkan oleh masyarakat Indonesia. Brand ini menawarkan kualitas produk terbaik hingga harga yang tetap kompetitif. Mengacu data PT Honda Prospect Motor, angka penjualan retail unitnya naik 26% sepanjang Semester I/2023. Angka riil penjualan mobil Honda adalah 67.797 unit. Dari komposisi tersebut, ada beberapa varian yang menjadi favorit pasar nusantara seperti:

  1. Honda Brio, Angka Penjualan 29.365 Unit.
  2. Honda HR-V, Angka Penjualan 13.795 Unit.
  3. Honda BR-V, Angka Penjualan 9.963 Unit.
  4. Honda WR-V, Angka Penjualan 8.963 Unit.
  5. Honda CR-V, Angka Penjualan 2.384 Unit.
  6. Honda City, Angka Penjualan 1.673 Unit.
  7. Honda Mobilio, Angka Penjualan 855 Unit.

Menjadi moda utama masyarakat, beban mobilitas Honda pun meninggi. Artinya, tingkat kerentanan terhadap faktor risiko juga terbuka lebar. Untuk itu, opsi Asuransi Auto Honda wajib dijalankan secara penuh. Jika menggunakan produk insureka! sebagai polis asuransi perlindungan, maka ada beragam benefit yang bisa dinikmati nasabah. Adapun benefit tersebut adalah:

klaim asuransi mobil

1. Pengetahuan Terbaik dari Ahlinya.

Formula perlindungan yang diberikan kepada Honda sudah sesuai dengan kebutuhannya. Sebab, insureka! memiliki ahli khusus yang mengerti karakteristik mobil Honda.

2. Polis Disesuaikan dengan Karakteristik Honda.

Polis asuransi sudah disesuaikan dengan kebutuhan Honda. Nasabah pemilik mobil Honda pun hanya menggunakan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter Honda. Penggunaan formula proteksinya pun sangat efektif.

3. Harga Premi Terjangkau.

Harga khusus terbaik disiapkan insureka! bagi para pemilik mobil Honda. Secara umum, premi asuransi yang ditawarkannya terjangkau. Penentuan harga premi tetap mengacu kepada regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apalagi, insureka! menawarkan diskon 25% dan cashback 20%.

4. Support Khusus bagi Pengguna Polis Honda.

Support khusus tersebut diberikan saat risiko muncul dan membelit nasabah. insureka! secara maksimal akan memberikan dukungan dan panduan bagaimana mengklaim asuransi mobil Honda. Harapannya, proses klaim berjalan lancar dan risiko teratasi secara tuntas dan cepat.

klaim asuransi mobil

Memahami Asuransi Mobil Honda

Asuransi mobil Honda dengan proses klaim asuransi mobil menghadirkan karakteristik khusus. Ada beragam produk asuransi yang bisa diaplikasikan, seperti Comprehensive Premium, Comprehensive Basic, Total Loss Only (TLO), Katastropik Polis, dan Perlindungan Hybrid. Secara umum, produk tersebut memberikan perlindungan atas risiko dalam bentuk beragam level kerusakan akibat kecelakaan. Polis tersebut juga menjadi solusi atas kerugian total yang dihadapi nasabah akibat kehilangan unitnya.

Polis perlindungan ala produk insureka! juga bersifat fleksibel. Artinya, polis tersebut bisa diaplikasikan pada mobil Honda baru atau second dengan usia maksimal 15 tahun. Proses registrasi yang dijalaninya sangatlah mudah secara online melalui website atau Aplikasi insureka!. Jika registrasi dilakukan saat ini maka diskon 25% dan cashback 20% menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku akan diberikan. Nasabah pun memiliki opsi penghematan skema pembiayaan perlindungan atas risiko hingga 45% dalam satu tahun.

Ketentuan Utama Asuransi Mobil Honda

klaim asuransi mobil

Honda memang mendapatkan skema perlindungan secara khusus dari produk insureka!. Meski demikian, nasabah pemilik Honda wajib mengerti prinsip dasar asuransi mobil. Adapun prinsip perlindungan asuransi mobil yang wajib dipahaminya terdiri dari:

1. Prinsip Insurable Interest.

Unit mobil nasabah otomatis mendapatkan perlindungan setelah polis asuransi diaktivasi. Mobil Honda pun otomatis akan dilindungi dari risiko menurut produk perusahaan asuransi dan klausul polisnya.

2. Prinsip Indemnity.

Setiap risiko yang muncul dengan membawa berbagai kerugian finansial akan diatasi secara tuntas. Ganti rugi akan diberikan melalui proses klaim menurut regulasi polis yang dijalankannya.

3. Prinsip Utmost Good Faith.

Perinsip asuransi mobil Honda itikad baik dijalankan secara penuh. Artinya, transparansi diberikan untuk berbagai hal terkait informasi polis asuransi.

4. Perinsip Contribution.

Prinsip kolaborasi tetap terbuka dalam penyelesaian risiko secara tuntas dan cepat.

5. Prinsip Proximate Cause.

Setiap risiko yang muncul akan diikuti dengan penyebabnya. Ganti rugi atas kerugian yang dimunculkan risiko tersebut dihitung klaim menurut klausul polisnya.

6. Prinsip Suborgation.

Dengan aktivasi polis asuransi auto Honda, nasabah mendapatkan jaminan atas risiko secara maksimal termasuk melalui penyertaan pihak ketiga.

Jenis Polis Asuransi Mobil Honda

jenis asuransi mobil

Ada berbagai polis asuransi produk brand terpercaya insureka! yang bisa diaplikasikan pada mobil Honda. Polis tersebut sudah memiliki spesifikasi khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah saat ini. Adapun detail implementasi polis asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah adalah sebagai berikut:

1. Polis Comprehensive Premium.

Comprehensive Premium siap memberikan perlindungan kepada pengguna Honda dengan mobilitas berkendara sangat tinggi. Polis ini menawarkan efisiensi pembiayaan perlindungan hingga 45% setahun.

2. Polis Comprehensive Basic.

Asuransi mobil Honda ini ideal digunakan oleh nasabah dengan tingkat mobilitas sedang atau tidak tinggi. Kerangka dasar perlindungannya kompetitif dan bisa didesain sangat kuat dengan aktivasi perluasan fitur opsionalnya. Efisiensi pembiayaan yang diberikan mencapai 45% dalam satu tahun.

3. Polis Perlindungan Hybrid.

Polis ini kombinasi antara TLO dan Comprehensive. Namun, kerangka dasar perlindungannya tetap TLO. Perlindungan hybrid ideal digunakan oleh pemilik rental mobil.

4. Polis Total Loss Only (TLO).

TLO menjadi solusi bagi pemilik mobil Honda dengan usia lebih dari 5 tahun. Asuransi auto Honda ini memang didesain untuk memberikan proteksi maksimal pada mobil tua. Sebab, ada efisiensi ekonomi yang tinggi.

5. Katastropik Polis.

Polis ini sangat cocok diaplikasikan oleh nasabah yang tinggal pada daerah yang rawan banjir. Adapun format perlindungannya diberikan menyeluruh mulai dari blok mesin hingga kabinnya.

Mempersiapkan Klaim Asuransi Mobil Honda

klaim asuransi mobil

Serupa dengan registrasi, kemudahan pun diberikan melalui proses klaim asuransi mobil. Klaim asuransi idealnya dijalankan cepat atau kurang dari 5 hari kalender pasca insiden risiko. Teknisnya dijalankan secara online melalui website atau Aplikasi insureka!. Bagaimana mengklaim asuransi mobil Honda didasarkan atas beberapa hal yang wajib dimengerti, yaitu:

  1. Klaim bisa diajukan oleh pemilik Honda jika risiko memunculkan kerugian dengan ending pembiayaan.
  2. Untuk teknis klaim, nasabah pemilik mobil Honda bisa langsung mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi.
  3. Untuk memastikan klaimnya, perusahaan asuransi akan memberikan penilaian dengan melakukan survei.

Mendukung kelancaran proses klaim asuransi mobil yang dijalankan oleh pemilik mobil Honda, maka ada beberapa treatment yang bisa dijalankan. Harapannya, proses klaim berjalan lancar dan pencairannya bisa cepat. Dengan begitu, beban masalah yang dihadirkan oleh faktor bisa tuntas dan cepat diatasi. Untuk menjamin kelancaran proses klaim, maka ada beberapa tips yang bisa dijalankan yaitu:

  1. Polis asuransi harus dalam status aktif.
  2. Persyaratan lengkap dan benar.
  3. SIM milik pengemudi harus dalam kondisi aktif.
  4. Klaim bisa dilakukan jika masa tunggunya selesai.
  5. Mengutamakan konsep utmost good faith.

Dokumen yang Diperlukan

asuransi mobil komprehensif

Proses klaim tetap didukung dengan kelengkapan dokumennya. Beberapa dokumen utama yang wajib dilampirkan terdiri dari Fotocopy STNK, KTP, SIM, termasuk Foto atau Video Kerusakan Mobil. Selain dokumen utama, proses klaim asuransi mobil disertakan pula beberapa informasi seperti Nama Tertanggung, Nomor Polis, Alamat, Nomor Telepon, dan Nomor Plat Mobil. Ada juga informasi terkait Nomor SIM Driver, Masa Aktif SIM, Tanggal Kejadian, Lokasi Kejadian, hingga Detail Kejadian.

Pengorganisasian Dokumen

Selain utama, klaim pun membutuhkan pengorganisasian dokumen lainnya. Untuk itu, sedikit ketenangan tetap dibutuhkan saat risiko datang membelit. Nasabah tetap harus fokus mengumpulkan beberapa informasi sebagai berikut:

  1. Merinci akses dan informasi atas potensi perlindungan atas risiko dari perusahaan asuransi lain.
  2. Memastikan akses komunikasi dengan saksi.
  3. Melakukan dokumentasi visual atas lokasi kejadian, kerusakan unit, hingga detail lainnya.
  4. Menyusun kronologi kejadian menurut lokasi, tanggal, dan tata waktunya.
  5. Secepatnya menghubungi penyedia asuransi.
Penghargaan insureka!

Langkah untuk Mengajukan Klaim Asuransi Mobil Honda

Klaim asuransi mobil menjadi hak nasabah pemilik polis atas sebuah risiko yang muncul. Meski demikian, bagaimana mengklaim asuransi mobil Honda tersebut bisa dilakukan saat memenuhi klausul polis dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Untuk itu, ada beberapa tahapan yang harus dijalani dalam proses pengajuan klaim asuransi mobil. Alurnya adalah:

1. Pelaporan Klaim.

Pelaporan klaim harus dilakukan secepatnya karena dibatasi oleh masa kadaluarsanya. Saat pelaporan juga dilengkapi dengan bukti yang jelas, lalu informasi disampaikan secara detail dan lengkap.

2. Melengkapi Dokumen Klaim.

Dokumen kecelakaan idealnya diserahkan dalam status lengkap dan tersusun dengan jelas dalam klaim asuransi mobil. Adapun beberapa dokumen yang disertakannya adalah Formulir Klaim, Salinan Polis Asuransi, Surat Keterangan Kecelakaan, dan dokumen identitas lainnya.

3. Tahap Perbaikan Kerusakan Mobil.

Perbaikan unit kendaraan idealnya dilakukan oleh bengkel yang bekerjasama dengan insureka!. Saat ini sudah ada 490+ bengkel yang menjadi mitra dan tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia. Tahap perbaikan didasarkan atas SPK atau Surat Perintah Kerja.

klaim asuransi mobil

Terlepas dari alur tersebut, perlakuan khusus diberikan untuk beberapa proses klaim asuransi mobil. Adapun klaim khusus tersebut adalah Penanganan Terhadap Pihak Ketiga dan Klaim dengan Basic Kehilangan Unitnya. Secara umum detail penanganannya adalah sebagai berikut:

4. Penanganan Terhadap Pihak Ketiga.

Untuk klaim dengan melibatkan pihak ketiga maka idealnya nasabah tidak mengambil alih status pengurusan klaim pihak ketiga. Pastikan adanya persetujuan yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut. Melengkapi dokumen tambahan seperti Surat Pernyataan Tuntutan Ganti Rugi hingga Surat Keterangan Kecelakaan dari Kepolisian.

5. Klaim dengan Basic Kehilangan Unitnya.

Klaim asuransi mobil Honda ini bisa diawali dengan pelaporan kepada Aparat Kepolisian. Langkah berikutnya yang dilakukan adalah mengisi formulir secara lengkap, menyertakan dokumen berupa Surat Keterangan Kepolisian dan Surat Pemblokiran STNK.

Menghubungi Perusahaan Asuransi

klaim asuransi mobil

Menghubungi perusahaan asuransi menjadi langkah ideal pasca insiden risiko. Sebab, proses klaim sudah bisa dijalankan. Nasabah tinggal melengkapi dokumen dan alurnya menurut instruksi yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut. Nasabah pun bisa menghubungi Customer Service melalui nomor telepon +62 85574675856 atau +62 81399781167.

Dokumentasi dan Bukti

Dokumentasi dan bukti insiden risiko wajib dimiliki oleh nasabah. Untuk itu, beberapa dokumentasi visual yang disiapkan adalah foto atau video kerusakan mobilnya. Nasabah juga bisa menyertakan video situasi tempat kejadian perkara atau munculnya risiko tersebut. Dokumen itu lalu disempurnakan dengan penyusunan kronologi kejadiannya.

Tips untuk Klaim Asuransi Mobil Honda yang Sukses

Bagaimana mengklaim asuransi mobil Honda yang memiliki tingkat pencairan tinggi dan cepat tentu menjadi harapan para nasabah, terutama saat dibelit faktor risiko. Sebab, kecepatan pencairan klaim menjadi jawaban atas tuntasnya masalah yang dihadirkan risiko. Nasabah pun mendapatkan kembali ketenangan pikiran dan hidupnya. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar klaim berjalan sukses:

  1. Klaim tercantum di dalam polis.
  2. Posisi polis asuransi aktif.
  3. Klaim tidak berada pada masa tunggu.
  4. Semua aspek dan persyaratan klaim terpenuhi.
  5. Mengedepankan niat baik.
Brand Terpercaya insureka

Apa yang Diharapkan Setelah Mengajukan Klaim Asuransi Mobil Honda

Pasca pengajuan klaim asuransi mobil untuk varian Honda adalah kecepatan pencairannya. Sebab, nasabah membutuhkan kepastian penyelesaian berbagai masalah yang dihadirkan oleh risiko. Semakin cepat klaim asuransi mobil cair tentu positif karena beban nasabah akan berkurang. Untuk itu, klaim tetap harus didasarkan pada regulasi yang berlaku. Lebih penting lagi adalah penggunaan proteksi atas risiko melalui produk insureka!. Sebab, rasio pencairan klaim insureka! sangatlah tinggi.

FAQ

Apa Langkah Pertama untuk Mengajukan Klaim Asuransi Mobil Honda?

Pengajuan klaim dimulai dengan menghubungi pihak perusahaan asuransi. Proses pelaporan bisa secara online melalui website atau Aplikasi insureka!. Jika ingin interaktif, nasabah bisa menghubungi nomor telepon +62 85574675856 atau +62 81399781167.

Dokumen Apa yang Harus Saya Siapkan Sebelum Mengajukan Klaim?

Dokumen yang disiapkan saat klaim tetap mengacu kepada jenisnya. Sebab, jenis klaim beragam sebagai berikut:

1. Klaim Kerugian Sebagian.

Dokumen yang disertakan adalah KTP/SIM atau KTP karyawan, mengisi formulir klaim secara lengkap dan valid, hingga melampiran Surat Keterangan Kepolisian.

2. Klaim Tuntutan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga.

Klaim asuransi mobil ini membutuhkan dokumen identitas pihak ketiga seperti KTP dan SIM.Ada juga Surat Keterangan Kepolisian.

3. Klaim Atas Kerugian.

Klaim ini membutuhkan beberapa dokumen seperti Asli STNK dan BPKB. Dibutuhkan juga Surat Keterangan Kecelakaan dari Kepolisian dan Surat Pemblokiran STNK (Mabes Polri).

klaim asuransi mobil

Berapa Lama Saya Harus Mengajukan Klaim Asuransi Mobil Honda setelah Insiden?

Pengajuan klaim dibatasi oleh waktu kadaluwarsa. Pengajuan klaim harus dilakukan kurang dari 5 hari kalender setelah insiden risiko.

Apa yang Terjadi Jika Klaim Asuransi Mobil Honda Saya Ditolak?

Jika klaim ditolak, nasabah wajib bersikap santun. Tetap membuka jalur komunikasi dengan perusahaan asuransi dan melakukan klasifikasi secara komprehensif.

Kesimpulan

Proses klaim asuransi mobil Honda dilakukan secara mudah. Prosesnya bisa dijalankan secara online melalui website atau Aplikasi insureka!. Saat pengajuan klaim harus dilakukan secepatnya dengan memperhatikan berbagai regulasi yang berlaku. Kelengkapan dokumen tentu menjadi syarat utama kecepatan proses pencairan klaimnya.(*)

whatsup