Temukan Warna Mobil Paling Populer Indonesia : Tren & Wawasan

warna mobil paling populer

warna mobil paling populer

WARNA mobil paling populer banyak menghiasi jalanan di tanah air. Dari sekian banyak komposisi warna mobil yang tersedia, karakter akromatik menjadi favoritnya. Warna-warna unit mobil tersebut juga menjadi favorit bagi masyarakat dunia. Semakin menarik, warna mobil juga memberi pengaruh terhadap nilai jual berikutnya. Agar unitnya tetap kompetitif dan efisien, maka skenario perlindungan atas risiko bisa diaplikasikan melalui brand terpercaya insureka!. Produk proteksinya adalah :

1. Comprehensive Premium.

2. Polis Comprehensive Basic.

3. Katastropik Polis.

4. Polis Total Loss Only (TLO).

5. Perlindungan Hybrid.

Masyarakat Indonesia dan dunia menempatkan karakter warna mobil populer. Mengacu kepada 70th Annual Global Automotive Color Popularity Report, masyarakat dunia pada 2022 sudah menempatkan warna pada unit mobil sebagai favoritnya. Adapun gambaran warna-warni tersebut yang seolah menjadi identitasnya saat itu adalah:

  1. Warna Kendaraan Putih, Grid Favoritnya 34%.
  2. Warna Kendaraan Hitam, Grid Favoritnya 21%.
  3. Warna Kendaraan Abu-Abu, Grid Favoritnya 19%.
  4. Warna Kendaraan Silver, Grid Favoritnya 8%.
  5. Warba Kendaraan Biru, Grid Favoritnya 8%.

Komposisi tiga warna mobil favorit tersebut juga muncul pada tahun sebelumnya. Hasil riset 2021 menempatkan kendaraan dengan komposisi warna Putih mendominasi 35%. Grid berikutnya ada unit warna Hitam dengan serapan 19%, lalu posisi tiga diisi Abu-Abu yang memiliki proporsi 19%. Dan, dominasi warna tersebut ternyata mengalami polarisasi khususnya di kawasan Asia. Adapun pengkutuban warna favorit mobil masyarakat Benua Kuning adalah sebagai berikut:

  1. Kawasan Asia memfavoritkan warna unit Putih dengan slot 40%. Slot warna lainnya yaitu, warna Hitam (21%), Abu-Abu (15%), dan Silver (7%).
  2. Warna kendaraan Putih menjadi favorit masyarakat Korea Selatan, Jepang, Tingkok, juga India dengan slot favorit 30%.

Warna Mobil Populer di Indonesia

Pandangan warna mobil terbaik yang menjadi favorit setiap individu masyarakat tentunya beragam. Meski demikian, kelompok tersebut cenderung memiliki kesamaan untuk komposisi warna unitnya. Warna favorit tersebut bahkan bertahan untuk durasi waktu tertentu. Berdasarkan survei PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dominasi warna kendaraan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah:

1. Warna Kendaraan Putih.

Kendaraan dengan warna Putih memiliki tingkat penjualan tertinggi di tanah air. Pada 2022, angka penjualan warna mobil populer tersebut memiliki slot 32%. Slot unit warna Putih mencapai 34% pada 2020, lalu tahun 2019 membukukan angka 36%.

2. Warna Kendaraan Hitam.

Warna mobil paling populer, Hitam, sangat dominan menempati slot penjualan pada 2021 dan 2020 masing-masing dengan angka 22%. Adapun tahun 2019 menempati slot 21%.

3. Warna Kendaraan Silver.

Silver jadi warna mobil terbaik yang memiliki angka serapan kompetitif pada tahun 2021 dan 2020 dengan slot mencapai angka 16%. Kontribusi pada 2019 mencapai angka 17%.

4. Warna Kendaraan Abu-Abu.

Warna mobil Abu-Abu menjadi trend masyarakat pada tahun 2021 dengan angka slot penjualan mencapai 15%. Pada tahun 2020 dan 2019 masing-masing memiliki komposisi 14%.

warna mobil paling populer

Rona Cerah Mendominasi Jalan

Merunut warna mobil paling populer yang menjadi favorit masyarakat Indonesia dan dunia, maka mereka memiliki kecenderungan nyaman dengan akromatik. Komposisi warna Putih, Hitam, Silver, bahkan Abu-Abu masuk dalam kategori akromatik. Warna-warna cerah tersebut banyak mendominasi jalanan di tanah air. Adapun warna akromatik dimunculkan karena adanya faktor cahaya yang tidak bisa mencapai gelombang tertentu hingga akhirnya tidak menghasilkan warna.

Bahasa sederhana untuk akromatik adalah warna mobil populer yang cerah dengan karakteristik netral. Karakter warna ini tidak memiliki saturasi juga rona. Akromatif biasanya berstatus sebagai warna dasar hingga memiliki karakteristik fleksibel. Warna ini mudah dikombinasikan dengan colour lainnya. Lebih lanjut, komposisi warna baik akromatik hingga kromatik memiliki beberapa sifat. Gambaran sifat dari warna adalah:

1. Karakter Hue.

Hue menjadi istilah atau nama yang membedakan antar warna. Nama warna mobil tersebut diantaranya Putih, Hitam, SIlver, Merah, Biru, dan lainnya.

2. Karakter Value.

Value menjadi gambaran yang menegaskan status gelap atau terang sebuah warna berdasarkan Hue (namanya). Adapun karakteristik dari Value bisa diubah sesuai dengan kebutuhannya.

3. Karakter Intensity.

Intensity biasanya familiar sebagai Chroma. Karakteristik ini untuk menegaskan status cerah atau suram sebuah warna mobil terbaik. Bisa juga menjadi pembeda kualitas dan kekuatan warnanya.

Nada Klasik Warna Mobil untuk Keanggunan Abadi

Pilihan warna mobil paling populer tersebut pun seolah menjadi representasi identitas pemiliknya. Menjadi nada-nada klasik dengan berbagai history yang melatarbelakangi. Pengguna warna-warna tersebut pun memiliki alasan unit beragam. Adapun background pemilihan warna favorit pada unit mobil adalah:

1. Warna Kendaraan Putih.

Putih jadi warna mobil populer karena memiliki resale value atau pengaruh nilai jual kembali yang tebal. Angka itu semakin maksimal jika jarak tempuh unitnya terbilang rendah. Adapun value positif yang ditawarkan oleh warna Putih pada mobil adalah:

  1. Warna ini tidak menyerap panas atau justru memantulkannya sehingga suhu dalam kabin tetap sejuk.
  2. Warna ini bisa menyembunyikan goresan sehingga tidak menurunkan nilai estetikanya.
  3. Warna ini membuat unit terlihat elegan bahkan mewah.

2. Warna Kendaraan Hitam.

Warna hitam menawarkan banyak keunggulan, seperti unitnya selalu terlihat elegan juga stylish. Bentuk dan detail mobil pun menjadi terlihat lebih dominan, selain memiliki nilai jual kembali yang tinggi. Warna Hitam juga menghadirkan kesan formal, mewah, bahkan maskulin.

3. Warna Kendaraan Silver.

Silver menjadi warna mobil yang memiliki karakteristik selalu memberikan nuansa bersih. Sebab, warna ini diklaim bisa menyamarkan kotoran dalam bentuk debu-debu. Dan, warna ini menjadi rekomendasi bagi mereka yang tidak suka mencuci mobil secara rutin.

4. Warna Kendaraan Abu-Abu.

Menjadi favorit, warna mobil terbaik Abu-Abu memiliki karakteristik menonjol jika dikomparasi dengan komposisi akromatik lainnya. Abu-Abu terlihat lebih berkilau dan mewah. Penggunaan warna ini juga bisa menyamarkan kekotoran pada body mobil. Lebih penting lagi, warna ini membuat resale unitnya tetap tinggi.

warna mobil paling populer

Pengaruh Regional pada Preferensi Warna Mobil

Pemilihan warna mobil paling populer menurut kondisi wilayah juga bisa menjadi opsi bijaksana. Sebab, kondisi iklim bahkan cuaca pada setiap daerah cukup khas. Kondisi suhu lingkungan diklaim memberikan impact terhadap warna unit mobil. Kondisi suhu panas lingkungan bisa membuat warna unit menjadi kusam. Dan, kondisi cuaca yang tidak menentu bisa memberikan impact negatif seperti:

  1. Cat mobil menjadi kusam lebih cepat bahkan mengelupas.
  2. Memunculkan karat pada bagian body mobil.
  3. Kerusakan pada bagian tertentu dari mobil.

Merek Populer dan Warna Khasnya

Bukan hanya bagi konsumennya, warna mobil juga menjadi identitas beberapa pabrikan. Warna-warna tertentu tersebut diklaim sebagai ciri khas melekat pada brand dan produknya. Beberapa warna yang diklaim sebagai identitas mereka adalah:

1. Warna Kuning.

Kuning merupakan warna mobil terbaik yang jadi identitas bagi Chevrolet. Komposisi warna tersebut dimunculkan pada unit dengan tipe Sport Car hingga Muscle Car. Salah satu pengguna warna Kuning tersebut adalah brand Camaro. Chevrolet Camaro dengan warna Kuning bahkan menjadi salah ikon dalam film Transformer dengan karakter Bumblebee.

2. Warna Merah.

Warna Merah menjadi ciri khusus dari Ferrari. Pemilik logo Kuda Jingkrak tersebut selalu menggunakan warna Merah untuk beragam varian produknya. Diterapkan pada Supercar hingga Hypercar. Terlihat sangat keren dan sporty, warna tersebut juga digunakan oleh beberapa pabrikan lainnya.

3. Warna Biru.

Warna Biru menjadi karakter yang melekat pada Ford. Kekuatan warna mobil populer tersebut bahkan sudah dimunculkan dalam logo pabrikannya hinga mendapat julukan Blue Oval. Karakteristik Biru tersebut juga disematkan model Mustang, Focus, Fiesta, termasuk pada unit Flagship.

Selain ketiga warna tersebut, ada juga Hijau. Namun, warna Hijau tersebut digunakan oleh brand sepeda motor. Adalah Kawasaki yang menggunakan warna Hijau sebagai identitasnya. Menjadi warna ikon, Hijau dengan detail Lemon pun banyak disematkan pada produk sepeda motor Kawasaki. Bukan hanya untuk moda komersial, warna Hijau juga digunakan Kawasaki untuk sepeda motor balapnya. Sebelumnya warna itu sempat dijumpai di sirkuit MotoGP, lalu kini melintas di track World Superbike (WSBK).

Tren yang Muncul dalam Warna Mobil Terbaik

Pasar dunia bahkan Indonesia memang sudah memiliki warna mobil paling populer yang menjadi identitasnya. Komposisinya selalu mengacu pada akromatik dengan kutub warna Putih, Hitam, Abu-Abu, Silver, Biru, dan lainnya. Namun, pakem tren warna tersebut bisa saja bergeser. Saat ini opsi pilihan warna semakin beragam seiring dengan perkembangan teknologi. Tren warna tersebut mulai dipengaruhi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Teknologi AI tersebut mampu menghasilkan warna-warna yang lebih fresh dan menarik. Menyaingi warna mobil populer konvensional, komposisi warna baru yang dihadirkan AI dijamin lebih atraktif. Adapun beberapa warna baru versi AI yang mulai menggoda pasar dan dihadirkan para pabrikan dunia adalah:

  1. Warna Blue Turquoise, jadi warna fresh yang ditawarkan oleh Omoda 5. Warna ini mendominasi budaya warna gelap yang dihadirkan oleh keluarga SUV.
  2. Warna Yello Lemon, opsi warna unik yang ditawarkan oleh Wuling Air EV. Hasilnya, tampilan Wuling Air EV menjadi semakin menggoda dan seksi.
  3. Warna Arancio Aprodis, opsi warna mobil terbaik yang ditawarkan oleh Lamborghini Revuelto.
  4. Warna Algarve Blue Metallic, jadi campuran antara Hijau dan Biru hingga menghasilkan Blueish-Cyan. Nuansa fresh ini ditawarkan pada unit Porsche Cayenne Turbo GT.
  5. Warna Panther Black Metallic, menawarkan sentuhan Blueish-Cyan yang sangat modern dan bisa dinikmati melalui mobil Chevy Camaro SS.
  6. Cyber Yellow Metallic, jadi kombinasi antara Merah, Hijau, dan Biru. Digunakan oleh Cadillac CT4-V dan CT5-V, warna mobil ini menonjolkan karakter berani dan unik.
  7. Warna Terra, jadi warna Jingga gagah yang ditawarkan oleh Toyota Tacoma TRD Pro.
  8. Warna Podium Green, menjanjikan experience kemewahan berkelas ala Greenish-Cyan. Komposisi ini dihadirkan oleh Aston Martin DBX707 AMR.

warna mobil paling populer

Tips untuk Memilih Warna Mobil Paling Populer yang Tepat

Warna mobil terbaik sejatinya bukan sekedar identitas, namun treatment membuat mobil tetap menawan menurut daerahnya. Untuk itu, ada beberapa treatment yang bisa dipertimbangkan sebelum menetapkan pilihan warna atas sebuah unit mobil. Pertimbangannya adalah:

1. Mempertimbangkan kondisi iklim lokal.

Warna mobil juga ditentukan oleh kondisi iklim lokal pada suatu daerah. Hal ini tentu berkaitan dengan tingkat keawetan unit dan pengaruhnya terhadap kenyamanan berkendara. Untuk daerah dengan cuaca panas yang panjang, maka opsi warna cerah atau putih bisa jadi opsi utama. Warna gelap bisa dipilih untuk daerah dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

2. Melihat tampilan unit mobilnya secara keseluruhan.

Pemilihan warna juga disesuaikan dengan detail dari desain unit mobilnya. Meski demikian, pabrikan biasanya sudah menyiapkan paling paling proporsional untuk tipe mobil yang diproduksinya.

3. Mempertimbangkan potensi opsi Resale Value.

Warna mobil populer memang tidak bisa lepas dari gosip yang beredar. Warna mobil diklaim memberi pengaruh terhadap nilai jual berikutnya. Artinya, warna mobil yang terawat baik dan tidak mengalami penurunan kualitas hingga memudar tentunya memiliki harga jual yang stabil.

4. Menyelaraskan warna mobil dengan kepribadian.

Warna memang tidak bisa lepas dari kepribadian seseorang. Apalagi, ada individu yang sangat fanatik dengan warna-warna tertentu.

Terlepas dari fokus warna mobil paling populer, pelanggan juga memberikan skema proteksi tambahan dari risiko untuk memastikan body dan kondisi mobil secara menyeluruh tetap prima. Produk perlindungan yang bisa diterapkannya adalah asuransi mobil produk dari brand terpercaya insureka!. Formulasi produk perlindungan tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Opsi implementasinya melalui produk berikut:

1. Comprehensive Premium.

Comprehensive Premium sangat cocok digunakan pada mobil-mobil baru. Terlepas dari warna mobil populer, polis ini ditopang dengan basic perlindungan sangat kuat dan statusnya bisa ditingkatkan dengan aktivasi fitur opsional.

2. Polis Comprehensive Basic.

Comprehensive Basic sangat mirip dengan Comprehensive Premium. Pembedanya hanyalah fitur dasar perlindungannya yang lebih sederhana. Namun, penguatan perlindungan bisa ditingkatkan dengan aktivasi fitur opsional.

3. Katastropik Polis.

Katastropik Polis menjadi solusi atas risiko kerusakan mobil yang disebabkan oleh bencana banjir. Luasan perlindungan diberikan polis ini dari blok mesin hingga interiornya, terlepas dari status warna mobil paling populer. Karakteristik polis ini sangat ideal digunakan oleh pelanggan yang tinggal di daerah rawan bencana banjir.

4. Polis Total Loss Only (TLO).

TLO menjadi solusi atas kerugian total yang dihadirkan risiko. Memiliki harga sangat murah, TLO sangat ideal diaplikasikan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun.

5. Perlindungan Hybrid.

Polis ini menjadi kombinasi dari manfaat kuat TLO dan All Risk (Comprehensive). Terlepas dari warna mobil, karakter tersebut sangat cocok digunakan oleh para pemilik usaha rental mobil.

Selain produk berkualitas, insureka! juga melengkapinya dengan sistem digital. Proses registrasi pembelian polis dan klaimnya dijalankan online. Prosesnya lebih simpel dan cepat dengan dokumen sederhana. Jika registrasi dilakukan sekarang, maka diskon 25% dan cashback 20% bisa dinikmati menurut Syarat juga Ketentuan Berlaku. Dalam satu tahun, pelanggan bisa berhemat 45%. Untuk informasi detail lainnya silahkan membuka website dan Ikon WhatsApp insureka!.

FAQ

Apa peran warna mobil terhadap nilai jual kembali kendaraan di Indonesia?

Warna mobil yang sangat terawat dan penurunan kualitasnya rendah tentu akan memberikan kesan positif bagi calon pembeli. Artinya, harga jual unitnya relatif stabil atau bisa dikatakan tetap tinggi. Sebab, warna mobil paling populer menjadi kunci penting yang kasat mata untuk mengukur status mobil masih baik atau tidak. Di luar konteks kondisi mesin dan posisi interiornya.

Bagaimana saya bisa menjaga tampilan warna mobil saya di iklim Indonesia?

Perawatan mobil secara rutin dan teliti bisa menekan potensi memudarnya kualitas warna mobil populer. Beberapa treatment yang bisa dijalankan agar kualitas warna tetap tinggi adalah:

  1. Selalu rutin mencuci mobil hingga bersih.
  2. Melindungi mobil dari sinar matahari langsung untuk durasi lama, terutama saat berhenti.
  3. Menghindari area parkir yang terbuka dan terik.
  4. Memoles body mobil secara rutin dengan wax atau formula lainnya.
  5. Selalu memperhatikan posisi noda dan baret pada body mobil.

Kesimpulan

Warna mobil menegaskan identitas bagi pemiliknya. Karakter pemiliknya bisa diketahui dari warna mobil paling populer yang dipilih, selain kategori kelasnya. Saat ini, pasar banyak mengadopsi mobil dengan warna-warna akromatik. Pilihan favoritnya warna mobil terbaik adalah Putih, Hitam, Silver, Abu-Abu, Biru, dan lainnya. Meski demikian, saat ini sudah banyak berkembang warna mobil populer baru hasil dari teknologi AI. Lebih lanjut, agar unitnya tetap prima maka skema perlindungan menyeluruh wajib diberikan melalui brand terpercaya insureka!.(*)

whatsup