Tempat Membeli Asuransi Mobil : Broker, Agen, atau Online
ASURANSI mobil memiliki fleksibilitas akses sangat tinggi. Memiliki banyak piranti untuk menjangkau para pelanggannya. Artinya, bisa diakses melalui berbagai media. Bisa melalui daring hingga offline. Memanfaatkan teknologi dengan pengembangan sistem online hingga memanfaatkan jasa para broker hingga agen insurance. Dan, kemudahan aksesibilitas juga ditawarkan insureka! mulai dari registrasi pembelian polis hingga klaim. Untuk produk, insureka menawarkan beberapa opsi proteksi berikut:
1. Polis Comprehensive Premium.
2. Polis Comprehensive Basic.
3. Polis Total Loss Only (TLO).
4. Polis Perlindungan Hybrid.
5. Katastropik Polis.
Kemudahan akses yang ditawarkan oleh perusahaan insurance tentunya sangat menguntungkan bagi pelanggan. Bukan hanya kemudahan akses, tempat membeli asuransi mobil tersebut juga memiliki suplai informasi yang komprehensif. Terbuka untuk melakukan komparasi atas produk hingga nilai preminya. Apalagi nilai premi dipengaruhi oleh banyak aspek dengan muara Persentase Premi yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dikalikan harga mobil. Menimbang opsi formula perlindungan paling spesifik yang memenuhi kebutuhannya.
Memahami Peran Broker Asuransi Mobil
Untuk mengakses produk insurance, pelanggan bisa mengoptimalkan jasa broker. Broker asuransi mobil merupakan lembaga atau institusi yang memiliki fungsi membantu pelanggan mendapatkan akses produk perlindungan risiko dari perusahaan insurance selaku pemegang polis. Menjadi pialang, keberadaan broker insurance pun legal dengan beberapa mendapatkan payung hukum. Legalitasnya dijamin melalui regulasi berikut:
- Peraturan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.
- Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2014.
- Undang-Undang (UU) Nomor 70 Tahun 2016.
Memiliki status legal, seorang broker asuransi pun memiliki beberapa tugas penting. Mereka diharuskan menganalisis risiko dan mengatur administrasi insurance. Broker juga bisa membuat kontrak sesuai kebutuhan pelanggan, selain membantu negosiasi klaim di kemudian hari. Mereka juag wajib menyampaikan informasi kepada pelanggan menyangkut status perusahaan insurance. Lebih lanjut, broker insurance juga memiliki beberapa wewenang seperti:
- Mewakili perusahaan insurance untuk melakukan penagihan premi kepada pelanggan.
- Sebagai pendamping lawyer pelanggan manakala risiko yang muncul masuk ranah hukum.
- Mampu melayangkan tuntutan kepada pihak ketiga sesuai kuasa yang diberikan pelanggan.
- Bisa membayarkan klaim pelanggan terlebih dahulu sesuai persetujuan perusahaan insurance.
Keuntungan Memilih Agen Asuransi Mobil
Selain broker, agen asuransi mobil juga memiliki posisi penting atas akses perlindungan risiko yang bisa dinikmati pelanggan. Para agen biasanya bekerja untuk sebuah perusahaan insurance. Mereka memiliki tugas utama membantu pelanggan mendapatkan informasi komprehensif atas sebuah produk insurance. Aktivitas mereka pun mendapatkan payung hukum, yaitu:
- Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 1992, Pasal 1 Ayat 10.
- Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74, Tahun 1992, Pasal 27.
- Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 69/POJK.05/2016.
Regulasi tersebut memastikan seorang agen bisa memberikan jasa produk insurance kepada para pelanggan. Seorang agen pun hanya diijinkan memasarkan produk dari satu perusahaan insurance saja. Statusnya pun terikat dalam regulasi dan perjanjian dengan tanggung jawab tertinggi dikendalikan oleh perusahaan insurance tersebut. Lebih lanjut, profil mereka juga harus mumpuni. Jadi opsi tempat membeli asuransi mobil, kualitas seorang agen juga bisa dilihat dari regulasi OJK seperti:
- Agen insurance wajib bersertifikat dengan spesifikasi menurut bidang usaha.
- Seorang agen insurance juga wajib terdaftar dalam sistem OJK, lalu menjadi member sebuah asosiasi.
- Agen insurance wajib mematuhi kode etik sesuai dengan regulasi asosiasi atau perusahaan insurance tersebut.
Memiliki profil yang bisa dipertanggungjawabkan, seorang agen asuransi mobil memiliki tugas yang lebih spesifik. Mereka akan membantu membantu pelanggan dalam merumuskan formula perlindungan yang mumpuni. Seorang agen juga harus menyampaikan informasi lengkap produk kepada pelanggan, termasuk membantu pengisian formulir registrasi polis. Mereka juga menyerahkan polis tersebut pada perusahaan insurance, lalu mendengarkan keluhan pelanggan dan mencarikan solusinya.
Kemudahan Membeli Asuransi Mobil Online
Selain treatment offline, pelanggan juga bisa memanfaatkan teknologi daring untuk mengakses sistem perlindungan risiko bagi unit mobil. Langkah pembelian via asuransi mobil online ini akan memberikan banyak keuntungan, seperti efektivitas dan efisiensi tinggi. Informasi yang didapatkan pelanggan juga bisa sangat komprehensif. Langsung melakukan komparasi produk dan lainnya, termasuk memastikan nilai premi penawarannya. Semua cukup dilakukan melalui gadget.
Memanfaatkan teknologi daring sebagai tempat membeli asuransi mobil, pelanggan pun akan mendapatkan banyak value. Pelanggan memiliki peluang untuk mereview produk insurance dan sistemnya lebih luas. Hal ini tidak lepas dari portal atau website yang dihadirkan perusahaan insurance sangat lengkap. Aktivitas online yang dijalankan juga berpengaruh terhadap skema pembiayaan yang lebih murah. Sebab, distribusi dan infrastruktur yang dibutuhkannya semakin ringkas.
Meski demikian, pelanggan asuransi bisa memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan bergabung dengan sebuah sistem perusahaan insurance. Selain produknya, pelanggan juga harus memahami beberapa pertimbangan seperti:
- Memastikan legalitas dan reputasi perusahaan insurance tersebut.
- Melakukan analisis atas sistem pembayaran premi yang berlaku.
- Memastikan proses administrasinya benar.
- Memahami produk perlindungan yang ditawarkan beserta manfaatnya.
Layanan yang Dipersonalisasi dari Broker Asuransi
Menjadi mitra bagi sebuah perusahaan, keberadaan broker asuransi mobil pun sangat strategis. Mereka menawarkan berbagai value atas layanannya. Pelanggan bisa membandingkan berbagai jenis produk insurance yang ditawarkannya. Broker juga memiliki sistem pembelian yang lebih praktis, lalu proses klaimnya menjadi lebih mudah dan cepat. Pelanggan pun memiliki opsi perlindungan maksimal, selain keuntungan sesi konsultasi yang diberikannya.
Membandingkan Polis dengan Platform Asuransi Mobil Online
Menyediakan fasilitas daring, sistem perusahaan asuransi mobil online memberikan space luas bagi pelanggan untuk bereksplorasi. Menggali produk, benefit lain yang menyertainya, nilai premi, dan lainnya dalam waktu singkat. Memberikan keyakinan terbaik atas keputusan pembelian polisnya. Atas dasar itulah, pelanggan pun bisa mengakses produk insureka! melalui website atau aplikasinya. Komposisi harga premi terbaik pun dihadirkannya melalui kebijakan berikut:
- insureka! menerapkan batas bawah Persentase Premi dari OJK. Persentase Premi bersama harga mobil tersebut nantinya akan menghasilkan nilai premi insurance.
- insureka! juga memberikan diskon 25% juga cashback 20% menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku. Pelanggan bisa berhemat hingga 45% dalam satu tahun.
- insureka! menawarkan benefit lain dalam bentuk Emergency Road Assistance (ERA), Fasilitas Pelayanan Mobil Pengganti, Kebijakan Tunjangan Rp100 Ribu per Hari saat mobil diperbaiki di bengkel, lalu apresiasi Referral dalam bentuk cashback Rp250 Ribu.
Selain value dengan ekonomi tinggi, insureka! Sebagai opsi terbaik tempat membeli asuransi mobil juga menawarkan produk berkualitas yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan. Produknya melindungi kerugian pembiayaan yang dimunculkan oleh risiko. Adapun bentuk risikonya adalah kerusakan ringan hingga berat, termasuk jadi solusi kerugian total akibat kehilangan mobilnya. Implementasinya bisa pada mobil pribadi hingga niaga baru atau second. Untuk detail produknya adalah:
1. Polis Comprehensive Premium.
Comprehensive Premium menjadi upaya preventif untuk menekan kerugian yang dimunculkan aktivitas berkendara ringan hingga sedang. Polis ini memiliki dasar perlindungan yang sangat kuat dengan opsi perluasan cakupan melalui aktivasi fitur opsional.
2. Polis Comprehensive Basic.
Comprehensive Basic menjadi upaya preventif untuk menekan kerugian akibat kegiatan berkendara dalam intensitas sangat tinggi setiap harinya. Harga premi asuransi mobil lebih murah dari Comprehensive Premium, namun sangat terbuka bagi perluasan coverage melalui berbagai fitur-fitur opsionalnya.
3. Polis Total Loss Only (TLO).
TLO menjadi bentuk perlindungan atas risiko dengan kerugian total. Harga preminya sangat murah. Karakternya sangat cocok digunakan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun.
4. Polis Perlindungan Hybrid.
Asuransi Perlindungan Hybrid dioptimalkan dari manfaat TLO dengan Comprehensive Premium atau Comprehensive Basic. Karakteristiknya sangat cocok digunakan pada mobil rental. Impact positif luasnya melindungi bisnis rental mobil pelanggan dari potensi kerugian besar faktor risiko.
5. Katastropik Polis.
Katastropik Polis menjadi garansi atas solusi kerugian pembiayaan yang dimunculkan oleh risiko bencana banjir. Polis ini melindungi bagian mesin hingga interior mobil dari kerugian yang ditimbulkan bencana banjir. Sangat ideal digunakan oleh pelanggan yang tinggal di kawasan rawan bencana banjir.
Bagaimana Agen Asuransi Mobil Menavigasi Pilihan Polis
Agen asuransi mobil sejatinya menjadi jembatan antara perusahaan insurance dengan para pelanggan yang membutuhkan produk perlindungan atas risiko berkendara. Para agen secara teknis akan menyampaikan berbagai jenis polis lengkap dengan keunggulan dan fungsinya. Untuk mendelegasikan product knowledge secara baik, para agen tentunya akan membekali diri dengan pengetahuan. Melakukan riset hingga kebutuhan pasarnya.
Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Antara Broker dan Agen
Broker asuransi mobil dan agen menjadi salah satu media untuk mendapatkan akses produk insurance. Dalam menetapkan pilihan, tentunya ada beberapa opsi yang diperhatikan. Pelanggan harus memastikan status legalitas mereka. Mereka harus tercatat pada lembaga atau institusi resmi seperti OJK atau asosiasi. Secara personal juga ditopang dengan sertifikasi. Mereka juga harus menguasai product knowledge perlindungan dari perusahaan insurance. Lalu, hal mendasar lainnya adalah status perusahaan insurance yang didasarkan pada:
- Produk perlindungan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan.
- Produk insurance memberikan opsi perluasan perlindungan yang komprehensif.
- Harga premi ditawarkan transparan dengan acuan regulasi OJK.
- Memberikan sistem dan regulasi yang disesuaikan dengan OJK.
Alat Online untuk Manajemen Kebijakan yang Mudah
Terlepas dari fungsi strategis interaktif hangat para broker dan agen, perusahaan asuransi mobil online menawarkan pesonanya tersendiri. insureka! menawarkan proses registrasi polis baru, perpanjangannya, hingga pengajuan klaimnya dijalankan daring. Prosesnya lebih cepat dan mudah. Pelanggan hanya tinggal menyiapkan dokumen dan persyaratan lain yang diminta. Lalu, mereka hanya dalam waktu 30 detik sudah bisa mendapatkan penawaran polis lengkap dengan preminya.
Penawaran premi asuransi kilat 30 detik saat ini diberikan oleh insureka!. Setelah login melalui website atau Aplikasi insureka!, pelanggan bisa melakukan klik folder “Dapatkan Penawaran”. Langkah berikutnya adalah mengisi formulir yang tersedia. Adapun informasi mobil yang diinputkan adalah:
- Tahun pembuatan mobil.
- Merek unit mobil.
- Model unit mobilnya.
- Varian unitnya.
- Kode plat nomor menurut wilayahnya.
- Kode kupon.
Mengapa Beberapa Pelanggan Lebih Memilih Keahlian Broker Asuransi
Untuk mengakses manfaat perlindungan atas risiko berkendara, pelanggan memang bisa menggunakan berbagai media. Beberapa pelanggan pun tetap merasa nyaman dengan keahlian seorang broker asuransi mobil. Kondisi ini sebagai solusi atas keterbatasan pelanggan dalam mengoptimalkan sistem teknologi daring yang ada. Satu sisi, pelanggan bisa mendapatkan informasi komprehensif terkait produk insurance, premi, hingga proses klaimnya. Pelanggan juga mendapatkan backup lain manakala terbelit risiko.
Menjajaki Opsi Pembelian Langsung dari Perusahaan Asuransi Mobil
Pembelian langsung untuk asuransi mobil online bisa dilakukan oleh pelanggan dalam waktu yang singkat. Mereka tinggal mengikuti alur yang sudah disiapkan oleh sebuah perusahaan insurance. Adapun alur pembelian polis yang bisa diikuti oleh pelanggan adalah:
- Klik “Dapatkan Penawaran” untuk mendapatkan opsi penawaran 30 detik.
- Melakukan klik “Beli Sekarang” saat penawaran polis sudah sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
- Melakukan registrasi akun dengan memasukan nomor handphone.
- Memilih jenis polis sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
- Melakukan pembayaran atas polis dan premi yang sudah disetujui pelanggan.
- Pelanggan mengunggah dokumen.
Kesimpulan
Asuransi mobil bisa diakses oleh pelanggan melalui beberapa opsi atau media pembelian. Bisa dijalankan daring atau offline. Semua memiliki aspek plus hingga kekurangannya. Jika pelanggan aktif mengakses dunia maya internet, maka opsi pembelian polis asuransi mobil online menjadi pilihannya. Pelanggan bisa mendapatkan informasi produk, premi, dan klaimnya dalam waktu singkat. Polisnya juga diterbitkan dalam format elektronik (e-Polis). Untuk rekomendasi sistem asuransi daring yang bisa diakses adalah insureka! dengan produknya, yaitu:
1. Polis Comprehensive Premium.
2. Polis Comprehensive Basic.
3. Polis Total Loss Only (TLO).
4. Polis Perlindungan Hybrid.
5. Katastropik Polis.
FAQ
Mengapa mempertimbangkan untuk membeli asuransi langsung dari perusahaan asuransi mobil online?
Sistem asuransi mobil online menawarkan efektivitas dan efisiensi yang tinggi karena cukup dilakukan dari handphone. Pelanggan juga bisa mendapatkan informasi produk dan premi secara komprehensif dalam waktu singkat. Transaksinya juga bisa dilakukan dengan transfer uang, lalu polis diterbitkan kurang dari 24 jam.
Apakah platform asuransi mobil online menawarkan tingkat layanan pelanggan yang sama seperti agen atau broker?
Transaksi asuransi mobil dari sistem online lebih menawarkan value lebih tinggi. Semua dijalankan secara efektif dan efisien. Informasi dan datanya juga sangat akurat. Semua bisa diakses secara mudah dan cepat hingga pelanggan bisa membuat keputusan yang matang dalam waktu singkat.
Apa yang harus saya cari dari agen asuransi mobil?
Seorang agen asuransi mobil hendaknya memiliki sertifikat untuk memastikan legalitasnya. Mereka juga idealnya mematuhi kode etik yang berlaku.