Proses Klaim Asuransi Mobil All Risk dan TLO

klaim asuransi mobil untuk menekan pembengkakan pembiayaan risiko

Asuransi Mobil Cerdas untuk mendukung klaim asuransi mobil - insureka #KlaimnyaLancarBanget

PROSES klaim asuransi mobil menjadi solusi atas setiap risiko yang muncul dan membelit nasabah. Sebab, klaim mampu menekan kerugian pembiayaan yang ditimbulkan oleh risiko secara signifikan. Apalagi, opsi klaim berlaku untuk produk asuransi mobil All Risk atau Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Proses pencairan #KlaimnyaLancarBanget dan sangat mudah. Brand terpercaya insureka! menerapkan sistem online. Rasio pencairannya juga sangat tinggi untuk semua jenis produk polisnya, seperti:

  1. Polis Comprehensive Premium.
  2. Polis Comprehensive Basic.
  3. Polis Total Loss Only (TLO).
  4. Polis Perlindungan Hybrid.
  5. Katastropik Polis.
Asuransi Mobil Klaim - klaim asuransi mobil

Menjadi garansi solusi atas risiko yang muncul, klaim asuransi mobil merupakan hak atas setiap nasabah yang memiliki polis aktif. Hak tersebut sejalan dengan regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui POJK Nomor 69/POJK.05/2016. Regulasi tersebut memastikan klaim sebagai hak yang bisa diajukan dan diminta oleh para pemegang polis asuransi. Terlepas dari jenis polis asuransinya, bentuk klaim yang lazim diajukan dikelompokkan menjadi:

  1. Klaim Bentuk Partial Loss.
klaim asuransi mobil - tips memilih asuransi mobil

Klaim Partial Loss menjadi hak pelanggan atas kerugian pembiayaan risiko dengan nilai kurang dari 100% bandrol harga unit mobil tersebut. Adapun acuan harga unit tersebut adalah nilai pasar yang ada pada saat mobil terbelit faktor risiko.

  1. Klaim Bentuk Total Loss.
klaim asuransi mobil - potensi risiko kecelakaan

Klaim Total Loss menjadi solusi atas kerugian pembiayaan risiko secara maksimal. Cara klaim asuransi mobil ini dikelompokkan menjadi Construction Total Loss (CTL) dan Stolen (kehilangan). CTL merupakan bentuk kerugian pembiayaan risiko dengan nilai sama atau di atas harga unitnya. Adapun Stolen diposisikan sebagai solusi pembiayaan risiko akibat kehilangan unit yang dicuri.

  1. Klaim Bentuk Third-Party Legal Liability.
klaim asuransi mobil - subyek dan obyek risiko wajib diproteksi insureka

Klaim Third-Party Legal Liability menjamin kerugian pembiayaan risiko atas pihak ketiga. Hal ini menjadi opsi ideal lantaran faktor risiko saat membelit kadang menyertakan pihak ketiga. Untuk itu, fitur proteksi yang terkait dengan pihak ketiga idealnya selalu aktif.

klaim asuransi mobil - asuransi mobil cerdas yang dilengkapi fitur proteksi terbaik

Lebih lanjut, memiliki payung hukum jelas maka fasilitas klaim sebagai solusi atas risiko pun bisa dioptimalkan oleh nasabah pemilik polis asuransi aktif. Terlepas dari biaya klaim asuransi mobil, dengan mengacu data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), klaim industri asuransi mengalami kenaikkan 13,2% sepanjang Semester I/2023. Adapun angka riil klaim asuransi yang sudah dicairkan mencapai angka Rp20,1 Triliun. Semakin menarik, klaim rasio juga mengalami kenaikkan 2,6%. Adapun rincian slot pencairan klaim tersebut adalah:

  1. Pencairan Klaim Lini Usaha Properti mencapai Rp3,27 Triliun.
  2. Pencairan Klaim Lini Usaha Kendaraan Bermotor Rp3,34 Triliun.
  3. Pencairan Klaim Lini Usaha Asuransi Kesehatan Rp3,04 Triliun.

Memahami All Risk Insurance Car

klaim asuransi mobil - gedung & office insureka!

Menawarkan opsi #KlaimnyaLancarBanget dengan syarat klaim asuransi mobil sederhana, asuransi mobil All Risk menjadi skema proteksi terbaik. Untuk brand terpercaya insureka!, All Risk dihadirkan melalui Polis Comprehensive Premium dan Comprehensive Basic. Polis ini solusi atas beragam kerusakan hingga kehilangan unitnya. Secara umum, Comprehensive bisa diterapkan pada mobil pribadi hingga armada niaga baru dan second. Untuk usia mobil maksimal yang diproteksi memanjang hingga 15 tahun. Jika registrasi dilakukan saat ini, maka diskon 25% akan diberikan.

Benefit maksimal juga akan diberikan saat pelanggan melakukan perpanjangan polis All Risk insurance car. Keuntungan yangmenjadi reward dihadirkan dalam bentuk No Claim Bonus dan Renewal Promo menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku. Terlepas dari itu, insureka! juga menerapkan peraturan batas bawah Persentase Premi yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penerapan batas bawah Persentase Premi OJK tersebut membuat nilai premi semakin terjangkau, seperti:

asuransi mobil murah - klaim asuransi mobil

Memiliki opsi perlindungan terbaik dan efisien, Comprehensive Premium dan Comprehensive Basic hanya dibedakan menurut komposisi aktivasi fitur included dan opsionalnya. Adapun gambaran All Risk car insurance akan diterangkan sebagai berikut, yaitu:

A. Polis Comprehensive Premium.

asuransi mobil komprehensif - klaim asuransi mobil

Untuk Polis Comprehensive Premium saat ini menjadi komposisi perlindungan terkuat lantaran untuk menekan potensi kerugian maksimal atas intensitas tinggi aktivitas berkendara pelanggan. Sebab, kerangka dasar fitur proteksi included-nya sangat kompleks. Adapun penyempurnaan skema proteksi asuransi auto All Risk bisa dijalankan dengan aktivasi fitur opsional dengan komposisi berikut:

  1. Fitur Kecelakaan Diri untuk Penumpang.
  2. Fitur Tanggung Jawab Hukum untuk Pihak Ketiga.
  3. Fitur Kecelakaan Diri untuk Pengendara.
  4. Fitur Tanggung Jawab Hukum untuk Pengendara.
  5. Fitur Mobil Pengganti.

B. Polis Comprehensive Basic.

asuransi mobil murah - klaim asuransi mobil

Polis Comprehensive Basic memiliki kerangka perlindungan yang efisien sebagai faktor pengendali potensi risiko yang dimunculkan dari aktivitas berkendara ringan hingga sedang setiap hari. Sebab, aktivasi fitur perlindungan included didasarkan pada 8 opsi. Otomatis harga yang ditawarkannya pun lebih miring dibandingkan Comprehensive Premium. Meski demikian, Comprehensive Basic bisa didorong menjadi super kuat dengan sempurna dengan melakukan aktivasi perluasan coverage fitur opsionalnya. Komposisi fitur opsional All Risk insurance car yang bisa diaktivasi diantaranya:

  1. Fitur Huru-Hara.
  2. Fitur Terorisme-Sabotase.
  3. Fitur Banjir-Badai.
  4. Fitur Gempa Bumi-Tsunami.
  5. Kecelakaan Diri untuk Penumpang.
  6. Tanggung Jawab Hukum untuk Pihak Ketiga.
  7. Kecelakaan Diri untuk Pengendara.
  8. Tanggung Jawab Hukum untuk Pengendara.

Memahami Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

klaim asuransi mobil - Kerusakan Total Mobil Akibat Kecelakaan

Berbeda dari All Risk, TLO menjadi solusi terbaik atas risiko dengan kerugian total. Terlepas dari proses klaim asuransi mobil, TLO menjadi polis yang memproteksi kerusakan berat yang dipicu kecelakaan lebih dari 75% di atas nilai unitnya yang berlaku pasar. Polis ini juga menjawab tuntas kerugian total kehilangan unitnya yang dipicu tindak pencurian. Lebih lanjut, TLO efektif diterapkan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun. Adapun implementasi proteksinya berlaku untuk mobil hingga usia 15 tahun.

Asuransi Mobil - klaim asuransi mobil

Jika registrasi pembelian polis TLO baru dilakukan saat ini, maka diskon 25% bisa dinikmati. Sama seperti polis Comprehensive, insureka! juga memberikan benefit ekonomi menarik lainnya. Adapun garansi nilai premi terjangkau semakin kuat karena sejak awal sudah menerapkan batas bawah Persentase Premi yang dikeluarkan oleh OJK. Ilustrasinya adalah:

asuransi mobil murah - klaim asuransi mobil

Untuk skema proteksinya memiliki kerangka dasar yang maksimal. Adapun fitur included yang otomatis aktif adalah Emergency Roadside Assistance, Layanan Customer Service Pribadi untuk Pengajuan Klaim Anda, Pencurian oleh Pengemudi, Hotline 24 Jam, dan Aplikasi Seluler untuk Klaim. Lalu terlepas dari faktor biaya klaim asuransi mobil, komposisi fitur perluasan coverage yang bisa diaktivasi sebagai booster penguat adalah:

  1. Fitur Terorisme-Sabotase.
  2. Kecelakaan Diri untuk Penumpang.
  3. Fitur Banjir-Badai.
  4. Fitur Huru-Hara.
  5. Fitur Gempa Bumi-Tsunami.

Proses Klaim Asuransi Mobil All Risk

klaim asuransi mobil - asuransi mobi terbaik insureka!

Selain registrasi, kemudahan juga ditawarkan saat nasabah mengajukan klaim asuransi auto All Risk. Proses klaim dijalankan secara online melalui website atau Aplikasi insureka!. Proses klaim idealnya dilakukan secepatnya atau kurang dari 5 hari pasca insiden risiko. Jika pelanggan mengalami kebingungan, silahkan menghubungi Customer Service (CS) insureka! via WhatsApp melalui nomor +62 813 997 81167 atau Telepon Kantor +62 21 40459999. Bisa juga bertatap muka secara online melalui Live Web Call. Untuk proses klaim yang dijalankannya pun disesuaikan dengan jenisnya sebagai berikut:

  1. Status Klaim Kehilangan.
klaim asuransi mobil

Klaim ini bisa dijalankan dengan mengunggah klaim. Nantinya Customer Service (CS) insureka! akan meneruskan informasi kepada Asuransi Rama. Verifikasi kemudian dilakukan oleh Asuransi Rama sekaligus validasi klaimnya.

  1. Status Klaim Kerusakan Atas Harta Benda atau Kerusakan Mobil.
klaim asuransi mobil

Proses yang dijalankan sama dengan pengajuan klaim kehilangan untuk All Risk car insurance. Meski demikian, agar prosesnya lancar dan cepat maka perlu dilampirkan dokumen Casco dan kelengkapan Third Party Liability (TPL).

  1. Status Klaim Kerugian Atas Biaya Pengobatan-Cedera Badan-Kematian.
asuransi mobil komprehensif - klaim asuransi mobil

Prosesnya sama seperti pengajuan klaim kehilangan. Klaim ini perlu dilengkapi dengan dokumen Casco dan TPL. Dokumen lainnya yang diperlukan diantaranya Surat Laporan Kepolisian hingga Foto Surat Kematian atas TPL, atau Kwitansi Rumah Sakit Terperinci Bermaterai.

klaim asuransi mobil - asuransi mobil cerdas dalam genggaman

Proses Klaim Khusus Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Cara klaim asuransi mobil TLO bisa dijalankan jika kerusakan yang muncul dengan pemicu kecelakaan lebih dari 75% di atas harga pasar. Atau, mobil hilang karena tindak pencurian. Proses klaim yang dijalankannya dimulai dengan mengisi form lalu menyertakan dokumen utama. Prosesnya bisa dijalankan secara online. Saat melakukan klaim, nasabah diwajibkan membayar own risk. Nantinya own risk dipotong dari nilai klaim yang dicairkan tersebut. Proses pencairan klaim dijalankan cepat.

Kesalahan Umum Harus Dihindari untuk Memuluskan Cara Klaim Asuransi Mobil

Klaim asuransi mobil & asuransi mobil terbaik insureka 2024

Beberapa kesalahan kerap dilakukan oleh nasabah saat klaim asuransi mobil sehingga mengganggu prosesnya. Pada sisi lainnya bisa fatal dengan ending penolakan klaim. Untuk itu, ada beberapa pemahaman dasar regulasi klaim yang harus dimengerti. Klaim idealnya dilakukan kurang dari 5 hari kalender pasca insiden risiko. Prosesnya juga diajukan menurut klausul dalam polisnya. Hal yang yang harus diperhatikan saat klaim untuk mempercepat proses pencairannya adalah:

  1. Dokumen yang diserahkan harus lengkap menurut jenis klaimnya.
  2. Posisi polis asuransi harus dalam posisi aktif.
  3. Setiap penambahan aksesoris pada mobil wajib dilaporkan.
  4. Pengemudi tidak melanggar hukum.
  5. Kerusakan yang terjadi tidak dimanipulasi atau terencana.
  6. Kerusakan tersebut sudah ada sejak sebelum polis asuransi diaktivasi.
  7. Risiko muncul di dalam wilayah hukum tempat bernaung perusahaan asuransi mobil.

Perbedaan Proses Klaim All Risk Car Insurance dan TLO

Asuransi Mobil - klaim asuransi mobil

Klaim All Risk insurance car dan TLO sejatinya sama. Dokumen dasar dibutuhkan dan regulasi yang berlaku adalah sama. Dokumen dasar yang disertakan saat klaim hanyalah Foto KTP, STNK, SIM, hingga Foto atau Video Kerusakan Mobilnya. Menyertakan juga Kronologi Kejadiannya. Meski demikian, ada pembeda fasilitas klaim yang diterima. Sebab, All Risk berpotensi mendapatkan mobil pengganti jika kerusakan berat terjadi pada mobil dengan usia kurang dari 6 bulan.

Tips Cara Klaim Asuransi Mobil Agar Berhasil

Asuransi Mobil - klaim asuransi mobil

Agar klaim asuransi mobil berhasil idealnya memenuhi semua aspek regulasi yang berlaku. Dokumen pengajuan klaim harus lengkap menurut jenisnya masing-masing. Risiko muncul juga bukan hasil manipulasi atau permufakatan jahat untuk mendapatkan keuntungan tertentu dari kerjasamanya dengan perusahaan asuransi. Lebih lanjut, pelanggan juga wajib memperhatikan beberapa aspek berikut ini:

  1. Pelanggan memberikan laporan dan informasi yang terperinci atas risiko yang membelitnya.
  2. Memastikan dokumen yang disiapkan sesuai dengan jenis klaim yang akan dijalankan, lalu pastikan dokumen pendukungnya sudah lengkap.
  3. Aspek kerusakan unitnya sudah terdokumentasi dengan baik.
  4. Syarat batas waktu pengajuan klaim terpenuhi.
  5. Memperhatikan biaya klaim asuransi mobil dalam bentuk Own Risk (OR) atau Deductible.
  6. Jika klaim ditolak, pelanggan bisa memeriksa surat penolakan tersebut dan melakukan klarifikasi kepada perusahaan asuransi tersebut.
  7. Pelanggan bisa memanfaatkan Bengkel Prioritas dari insureka! karena proses klaim dan perbaikan unit bisa dijalankan melalui satu atap.
klaim asuransi mobil - asuransi mobil cerdas untuk pelanggan insureka! dengan akses bengkel prioritas

FAQ

Kapan saya harus memilih coverage dari All Risk car insurance daripada TLO?

All Risk ideal diterapkan pada mobil baru, lalu TLO diaplikasikan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun.

Apakah saya perlu membayar biaya klaim asuransi mobil Deductible?

Deductible menjadi pembiayaan yang dibayarkan oleh nasabah saat pengajuan klaim asuransi. Pembiayaan ini biasanya melekat pada klaim polis All Risk.

Apa yang harus saya lakukan jika proses klaim asuransi mobil ternyata ditolak?

Jika klaim ditolak idealnya tetap bersikap baik. Nasabah bisa meminta klarifikasi secara lengkap kepada perusahaan asuransi terkait kebijakan penolakan klaimnya tersebut.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam proses pencairan klaim asuransi mobil?

Klaim akan dibayarkan dalam waktu yang cepat. Semua tergantung pada kelengkapan dokumen yang diajukan oleh nasabah. Selain nasabah, klaim juga dipengaruhi oleh proses administrasi pada bengkel.

asuransi mobil cerdas - klaim asuransi mobil

Kesimpulan

Klaim asuransi mobil menjadi opsi terbaik untuk menyelesaikan semua risiko yang muncul. Proses klaim asuransi mobil sejatinya menjadi hak yang dimiliki nasabah yang terikat dalam perjanjian polis dengan perusahaan asuransi mobil. Hak #KlaimnyaLancarBanget dilindungi dengan regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui POJK Nomor 69/POJK.05/2016. Proses klaim sebenarnya mudah dijalankan online. Prosesnya bisa cepat dengan rasio, asalkan syarat klaim asuransi mobil dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku.(*)

Butuh bantuan? Hubungi kami

Tanpa Nomor hp - Live Web Call

Butuh bantuan? Klik sesuai pilihan Anda

whatsapp

Tanpa Nomor hp

Live Web Call

whatsapp

WhatsApp

Chat on WhatsApp