Klaim Asuransi TLO yang Mudah: Panduan Anda untuk Kelancaran Proses

Asuransi Mobil Online Terbaik 2023

Proses Cara Klaim Asuransi TLO: Apa yang Diharapkan

KLAIM versi Total Loss Only (TLO) atau polis lainnya sebenarnya menjadi inti dari ‘investasi’ asuransi mobil yang dilakukan nasabah. Ada beragam karakter klaim yang bisa diajukan oleh nasabah sesuai dengan klausul yang tertera dalam polis asuransi mobilnya. Untuk cara klaim asuransi TLO bisa dilakukan jika level kerusakan yang diderita mobil lebih dari 75% di atas nilai jualnya saat itu atau kerugian total akibat kehilangan unitnya. Dan, jaminan pencairan klaim tinggi saat ini diberikan brand terpercaya insureka!.

Industri asuransi tetap memiliki komitmen besar terhadap pencairan klaim para nasabahnya. Sebab, klaim merupakan hak nasabah selaku pemegang polis yang harus dipenuhi oleh perusahaan asuransi dalam kondisi tertentu. Kondisi yang memunculkan risiko dan tercantum dalam klausul polis asuransinya. Mengacu informasi Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), perusahaan berhasil memenuhi klaim nasabah hingga Rp20,13 Triliun sepanjang Semester I/2023.

Jumlah klaim asuransi umum sepanjang Semester I/2023 tersebut mengalami kenaikkan hingga 13,2%. Sebab, pencairan klaim pada periode sama tahun sebelumnya berada pada kisaran angka Rp17,79 Triliun. Pencairan klaim yang tinggi tersebut tentu menjadi bukti sehatnya sistem perasuransian umum di Indonesia. Sebab, potensi status gagal bayar klaim ditekan secara signifikan. Hal ini juga menjadi indikasi sehatnya kondisi perusahaan asuransi umum di Indonesia.

Kemampuan tinggi pembayaran cara klaim TLO asuransi tersebut tentu menjadi bukti amannya ‘investasi’ melalui asuransi umum, termasuk proteksi atas mobil. Lebih lanjut, potret detail slot pencairan klaim asuransi umum sepanjang Semester I/2023 adalah sebagai berikut:

  1. Lini Bisnis Asuransi Kendaraan Bermotor mencairkan klaim sebesar Rp3,34 Triliun.
  2. Lini Bisnis Asuransi Kredit memiliki tingkat pencairan Rp6,13 Triliun atau naik 31,3%.
  3. Lini Bisnis Asuransi Properti mempunyai kemampuan pencairan klaim hingga Rp3,99 Triliun atau naik 17,9%.
  4. Lini Bisnis Asuransi Kesehatan mencatatkan angka pencairan klaim hingga Rp3,05 Triliun atau naik 27,2%.
  5. Lini Bisnis Asuransi Liability memiliki kemampuan pencairan klaim hingga Rp415 Miliar atau naik 364,4% dari periode sama tahun sebelumnya.
  6. Lini Bisnis Asuransi Suretyship mencairkan klaim asuransi hingga Rp296 Miliar atau naik 33,8% dari tata waktu sama tahun sebelumnya.

Proses Cara Klaim Asuransi TLO: Apa yang Diharapkan

Apa Itu Asuransi Mobil TLO?

Asuransi TLO atau Total Loss Only merupakan sistem proteksi mobil atas risiko dengan kerugian total. TLO asuransi memberikan perlindungan atas kerusakan mobil akibat kecelakaan dengan kerusakan lebih dari 75% di atas nilai mobil saat ini. Polis ini juga menjadi solusi atas kehilangan unit mobilnya yang dipicu tindak pencurian. Secara umum, asuransi TLO produk brand terpercaya insureka! memiliki karakteristik sebagai berikut, yaitu:

  1. TLO bisa diimplementasikan pada mobil pribadi hingga unit niaga baru hingga second dengan usia maksimal 15 tahun.
  2. Asuransi TLO menawarkan harga premi yang sangat murah.
  3. Jika registrasi dilakukan sekarang, maka diskon 25% akan diberikan.

Dengan rentang usia panjang, TLO asuransi memang ideal diaplikasikan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun. Polis ini sudah disiapkan untuk menjamin perlindungan atas mobil tua. Sebab, ada beragam benefit ekonomi yang diberikan. Skenario proteksinya menyeluruh dengan basic fitur included Emergency Roadside Assistance, Layanan Customer Service Pribadi untuk Pengajuan Klaim Anda, Pencurian oleh Pengemudi, hingga Hotline 24 Jam plus Aplikasi Seluler Klaim. Fitur opsional yang bisa aktivasi adalah:

  1. Fitur Opsional Huru Hara.
  2. Fitur Opsional Terorisme-Sabotase.
  3. Fitur Opsional Banjir-Badai.
  4. Fitur Opsional Gempa Bumi-Tsunami.
  5. Kecelakaan Diri untuk Penumpang.
  6. Kecelakaan Diri untuk Pengendara.
  7. Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga.
  8. Tanggung Jawab Hukum untuk Penumpang.

Memahami Proses Klaim

Proses klaim asuransi mobil wajib dilakukan secepatnya karena dibatasi oleh masa kadaluarsa. Klaim asuransi mobil idealnya dilakukan sebelum 5 hari kalender pasca insiden risiko. Proses klaim sesuai dengan klausul polis asuransinya. Teknis klaim bisa dilakukan melalui website atau Aplikasi insureka!. Adapun secara umum alur pengajuan cara klaim asuransi TLO adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pelaporan kepada perusahaan asuransi mobil.
  2. Respon dari perusahaan asuransi melalui pengecekan klaim.
  3. Penentuan klaim ditolak atau diterima.
  4. Pencairan klaim asuransi yang diajukan oleh nasabah.

Untuk mendukung kelancaran proses klaim, nasabah juga harus melampirkan beberapa dokumen sebagai persyaratan. Beberapa dokumen utama yang dilampirkannya adalah Fotocopy KTP, SIM, STNK, hingga Foto/Video Kerusakan Unit Mobilnya. Adapun informasi utama yang wajib disertakan pada proses pengajuan klaim asuransi mobil adalah:

  1. Nama Tertanggung.
  2. Nomor Polis.
  3. Alamat.
  4. Nomor Telepon.
  5. Nomor Plat Mobil.
  6. Nomor SIM Driver.
  7. Masa Aktif SIM.
  8. Tanggal Kejadian.
  9. Lokasi Kejadian.
  10. Detail Kejadian.

Penghargaan insureka!

Panduan Langkah Demi Langkah untuk Cara Klaim Asuransi TLO

Klaim asuransi memang menjadi hak nasabah pemilik polis. Meski demikian, proses pencairannya kadang kerap terkendala. Hal mendasar yang kerap melatarbelakanginya adalah kelengkapan dokumen pendukungnya hingga kadaluarsa. Sebab, tipe klaim yang diajukan sangat beragam. Untuk itu, nasabah sekali lagi wajib memahami betul bagaimana tahapan proses klaim asuransi yang sebenarnya. Adapun prosesnya adalah:

  1. Klaim bisa dilakukan jika risiko muncul membawa kerugian finansial.
  2. Nasabah wajib langsung melakukan pelaporan insiden risiko dan klaim kepada perusahaan asuransi.
  3. Penilaian klaim oleh perusahaan asuransi. Selain penilaian, perusahaan asuransi juga akan melakukan survei atas kondisi mobil tersebut.

Agar cara klaim asuransi TLO berjalan lancar, maka ada beberapa treatment yang bisa diterapkan oleh nasabah. Selain kecepatan pengajuannya, hal mendasar yang harus dipahaminya adalah status klaim yang diajukan tercantum dalam klausul polis. Adapun treatment lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Status polis asuransi harus dalam kondisi aktif atau berada di masa tenggang.
  2. Klaim dilakukan setelah masa tunggu asuransi selesai.
  3. Semua persyaratan klaim terpenuhi secara valid.
  4. Pengemudi harus memiliki SIM aktif.
  5. Pengajuan klaim tidak bertentangan secara utmost good faith.

Jebakan Umum yang Harus Dihindari

Klaim asuransi memang menjadi solusi terbaik saat risiko muncul dengan membawa beragam kerugian, terutama secara finansial. Untuk itu, jebakan-jebakan yang potensial menghambat proses pencairan klaimnya harus dieliminir. Salah satu hal mendasar yang bisa dilakukan dengan menyiapkan komposisi proteksi polis asuransi sebaik mungkin. Polis dilengkapi dengan berbagai fitur proteksi yang disesuaikan dengan kebutuhan mendasar nasabah.

Tips untuk Klaim Asuransi TLO yang Bebas Repot

Cara klaim asuransi TLO bisa dilakukan jika kerusakan yang dihadapi mobil sangat berat. Sebab, klaim ini bisa dilakukan jika kerusakan yang diderita mobil lebih dari 75% atau unit hilang karena tindak pencurian. Proses klaim juga harus dilakukan tepat waktu atau tidak masuk fase kadaluarsa. Dokumen klaim yang dilampirkan harus lengkap. Lebih lanjut, proses klaim dijamin tidak repot jika teknisnya dijalankan secara online seperti sistem insureka!.

Proses Cara Klaim Asuransi TLO: Apa yang Diharapkan

FAQ

Apa yang ditanggung oleh produk asuransi mobil?

Asuransi mobil menanggung kerugian pembiayaan kerusakaan yang dipicu insiden kecelakaan hingga kehilangan unit kendaraan akibat pencurian. Cover juga diberikan atas tanggung jawab hukum pihak ketiga, fasilitas derek, hingga perluasan perlindungan atas risiko yang disebabkan oleh faktor alam hingga anarkisme manusia.

Apakah ada kerangka waktu tertentu untuk mengajukan klaim asuransi TLO?

Pengajuan klaim harus dilakukan secepatnya karena durasi waktunya dibatasi hanya 5 hari kalender setelah insiden risiko tersebut membelit. Jika pengajuannya dilakukan lebih dari 5 hari kalender, maka klaim akan ditolak. Pastikan klaim diajukan sesuai dengan regulasi polis dan didukung dokumen persyaratan lengkap.

Berapa lama biasanya untuk menyelesaikan klaim asuransi TLO?

Kelancaran proses klaim asuransi TLO secara umum biasanya didasarkan atas validitas kronologi kejadiannya. Adapun durasi yang dibutuhkan untuk klaim Total Loss bisa mencapai waktu sekitar 2 bulan. Klaim Total Loss merupakan klaim dengan kerugian sama atau melebihi dari harga unit mobil dipertanggungkan tersebut. Adapun klaim ini terbagi atas Klaim Constructive Total Loss dan Stolen.

Kesimpulan

Cara klaim asuransi TLO sebagai solusi terbaik atas kerugian maksimal yang dihadirkan oleh sebuah risiko, baik kerusakan atau kehilangan unitnya. Proses klaim harus dilakukan cepat kurang dari 5 hari kalender pasca insiden risiko. Saat pengajuan klaim, ada berbagai aturan dan alur yang harus dipahami oleh nasabah.

Brand terpercaya insureka! memberikan jaminan pencairan klaim sangat tinggi. Sebab, pencairan klaim yang sesuai regulasi menjadi bagian pelayanan terbaik. Proses pencairan klaimnya bisa dilakukan cepat.(*)

whatsup