Popularitas Layanan Mobil Berlangganan di Indonesia
LANGGANAN mobil jadi cara instan memenuhi kebutuhan moda transportasi temporer. Aksesnya mudah dan cepat. Pelanggan tidak harus melakukan transaksi pembelian untuk mendapatkan moda yang diinginkannya. Operatornya menyediakan beragam varian brand, hingga generasi terbaru sekalipun. Agar aktivitas berkendara tetap aman, pelanggan tetap menyertakan sistem proteksi tambahan asuransi mobil atas risiko. Rekomendasi produknya adalah insureka! dengan opsi polis, yaitu:
1. Polis Comprehensive Premium.
2. Polis Total Loss Only (TLO).
5. Katastropik Polis.
Mengoptimalkan jasa mobil berlangganan menjadi opsi menarik. Pelanggan bisa mendapatkan akses moda “pribadi” tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Tetap menjaga pengeluaran sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Sebab, jasa auto subscription sudah menetapkan tarif yang jelas. Nilainya proporsional. Pelanggan juga memiliki banyak pilihan operatornya, termasuk diantaranya salah satu brand otomotif besar. Pelayanannya prima dengan akses koneksi online. Berlaku untuk kebutuhan individu hingga perusahaan.
Saat mengakses fasilitas mobil berlangganan, operator biasanya menawarkan beregam value menarik. Pelanggan jelas akan mendapatkan akses informasi komprehensif lengkap. Sangat terbuka terhadap opsi peminjaman mobil generasi terbaru, seperti sedan, SUV, juga MPV. Car rental subscription pun berlaku juga untuk kategori mobil listrik dan hybrid. Harga sewa yang ditawarkannya sangatlah terjangkau dan berlaku flat sehingga menjadi bentuk investasi yang ringan. Pelayanannya lengkap, termasuk free pembiayaan berikut:
- Bebas pembiayaan service berkala pada bengkel-bengkel resmi yang menjadi langganan.
- Bebas pembiayaan penggantian suku cadang.
- Bebas pembiayaan perpanjangan STNK dan pajak.
- Bebas biaya penggantian ban dan aki.
- Bebas pembiayaan asuransi mobil.
- Bebas pembiayaan untuk mobil pengganti.
Cara Kerja Jasa Layanan Langganan Mobil
Kemudahan akses dan benefits of car subscription menarik memang selalu ditawarkan oleh operator mobil berlangganan kepada pelanggan. Sebab, prinsip kerja dari jasa layanan mobil berlangganan adalah mendapatkan akses moda tanpa harus memilikinya. Artinya, pelanggan terbebas dari beban pemeliharaan, penyusutan harga unit, hingga berbagai komitmen jangka panjangnya. Untuk menikmati layanannya, pelanggan cukup mengaksesnya melalui website yang tersedia. Adapun contoh produk yang ditawarkannya adalah:
- Akses produk baru yang diperuntukkan bagi individu pelanggan hingga perusahaan.
- Akses produk ekonomi yang menawarkan unit second dengan harga yang lebih murah. Berlaku untuk individu dan perusahaan, pelanggan bisa mengajukan tenor pendek berlangganan.
Lebih lanjut, pelanggan pun wajib memahami alur car subscription services. Sebelum mengajukan peminjaman unit, pelanggan harus memiliki perencanaan jelas dengan dasar jenis unit dan intensitas penggunaan. Langkah berikutnya, menyertakan data diri. Isi form dengan informasi yang valid. Nantinya pelanggan akan mendapatkan penawaran terbaik untuk paket produk yang dilengkapi harganya. Jika rangkaian proses selesai, pelanggan akan mendapatkan akses penggunaan unit yang dimaksud tersebut.
Penjelasan Model Layanan
Pelayanan terbaik selalu diberikan operator kepada para pelanggannya dengan status cheap car subscription. Menjawab kebutuhan pelanggan dengan kemudahan, operator mobil berlangganan sudah menyediakan beragam jenis paket layanan. Sebagai gambaran lain pelengkap informasi, paket tersebut ditentukan menurut kuota kilometer jarak tempuhnya. Sebut saja tersedia dalam paket 10 Ribu Km/Tahun, 20 Ribu Km/Tahun, 30 Ribu Km/Tahun, 40 Ribu Km/Tahun, dan 50 Ribu Km/Tahun.
Lalu, bagaimana dengan tenor berlangganannya? Benefits of car subscription berupa tenor berlangganan didesain beragam menurut mobil baru atau second. Untuk paket mobil baru tersedia dalam durasi 36 Bulan, 48 Bulan, dan 60 Bulan. Adapun mobil second dengan status paket ekonomi memiliki tenor lebih beragam. Durasi waktunya mulai dari 6 Bulan, 12 Bulan, 24 Bulan, 26 Bulan, hingga 48 Bulan. Informasi tersebut nantinya akan tercantum secara lengkap dalam paket penawaran mobil berlangganan, seperti:
- Informasi tipe mobilnya.
- Warna yang dipilihnya.
- Tenor masa berlangganan nya.
- Opsi pilihan paket menurut jarak per tahun.
- Opsi permintaan mobil pengganti.
- Jumlah harga sewa mobil berlangganan.
Langganan Mobil vs Membeli Unitnya
Mobil berlangganan memang menjadi opsi menarik. Ada beragam kepraktisan yang ditawarkannya, terutama menyangkut skema pembiayaan rutin yang dimiliki sebuah unit mobil. Pelanggan juga tidak perlu menyiapkan uang down payment (DP) untuk transaksi kredit. Atau, bahkan menyiapkan dana full sesuai harga untuk transaksi cash. Pelanggan tetap bisa menjaga kesehatan finansialnya. Semakin optimal mengelola ketersediaan anggaran yang ada, tapi efektif menjawab kebutuhan.
Manfaat Jasa Layanan Berlangganan Mobil
Mengakses car rental subscription tentu memberikan beragam manfaat. Secara umum ada 2 manfaat yag didapatkan, yaitu keleluasaan dan praktis. Pelanggan leluasa karena tidak ada komitmen jangka panjang harus dipenuhi pelanggan atas mobil, seperti pajak, perawatan, dan lainnya. Sistem ini juga praktis, apalagi mayoritas mobil yang digunakan sudah diproteksi asuransi mobil. Adapun mereka direkomendasikan mengakses formula mobil berlangganan tersebut adalah:
- Pelanggan yang tidak membutuhkan akses moda berkendara setiap saat.
- Pelanggan yang selalu tertarik menggunakan produk-produk unit baru.
- Pelanggan yang tidak mau direpotkan dengan tanggung jawab pemeliharaan unit.
- Pelanggan yang menginginkan skema pembiayaan moda jelas setiap bulannya.
Lebih lanjut, value car subscription services tersebut juga bisa dinikmati secara individu hingga menurut sistem perusahan. Impact positif yang dinikmati individu diantaranya bebas pembiayaan pajak progresif. Pajak progresif tinggi dan berlaku untuk pembelian mobil berikutnya (kedua, ketiga, dan seterusnya). Pelanggan akan terbebas dari status depresiasi harga. Sudah menjadi rahasia jika nilai mobil selalu menurun setiap tahun. Keuntungan lainnya adalah peluang pengembangan investasi dari sisa DP sewa mobil berlangganan.
Lebih lanjut, bagaimana dengan value ekonomi langganan mobil yang bisa dinikmati sebuah perusahaan jika mengoptimalkan fasilitas mobil berlangganan. Perusahaan bisa menikmati performa finansial secara signifikan. Mereka tidak perlu mencantumkan mobil sebagai aset sehingga bebannya lebih rendah. Mobil berlangganan memastikan status pajak penghasilan rendah karena pembiayaannya memotong laba bersih sebelum pajak. Lalu, menjadi penyeimbang PPN yang positif.
Fleksibilitas dan Kenyamanan
Fleksibilitas dan kenyamanan memang ditawarkan operator mobil berlangganan kepada pelanggannya, termasuk status cheap car subscription. Sebab, pelanggan hanya perlu membayar sejumlah uang sebagai harga yang terjangkau. Berikutnya, mereka bisa menggunakan mobil sesuai kebutuhannya. Memakai kendaran tanpa harus memikirkan beragam pembiayaannya, termasuk potensi belitan risikonya. Sebab, risiko berkendara sudah dikendalikan melalui produk-produk asuransi mobil.
Perbandingan Biaya Langganan dengan Kepemilikan Unit Sendiri
Pembiayaan efisien selalu coba dihadirkan oleh banyak keluarga di Indonesia. Dan, status auto subscription mampu memberikan keseimbangan finansial yang positif. Untuk simulasi komparasi efisiensi pembiayaan mobil berlangganan dengan status kepemilikan sendiri akan dijelaskan berikut. Adapun sampel simulasinya adalah unit Toyota Avanza 1.3 G A/T. Detail ilustrasinya adalah sebagai berikut:
A. Simulasi Pembiayaan Mobil Berlangganan.
- Tenor pinjaman mobil berlanggaran 3 tahun atau 36 bulan.
- Penyerahan deposit Rp4,919 Juta (uang akan dikembalikan pada akhir peminjaman).
- Pembayaran sewa setiap bulan Rp5,41 Juta. Jadi, totalnya adalah Rp194,79 Juta.
- Mobil berlangganan tidak dikenai pembiayaan tambahan.
B. Simulasi Pembiayaan Kepemilikan Mobil Sendiri.
- Tenor pembelian secara kredit 3 tahun atau 36 bulan.
- Pembayaran DP sekitar 20% dari harga jual atau setara Rp29,3 Juta. Angsuran per bulan Rp7,117 Juta.
- Pembiayaan perawatan (service) total sekitar Rp18,28 Juta.
- Biaya penggantian ban sekitar Rp3,84 Juta dan aki mencapai Rp1,2 Juta.
- Pembaruan STNK dengan status pajak progresif mobil ke-2 yang berjumlah Rp12,177 Juta.
- Total pembiayaan yang dikeluarkannya adalah Rp321,01 Juta.
- Potensi pendapatan dari penjualan kembali Rp124,5 Juta.
- Jumlah pembiayaan akhir selama 3 tahun adalah Rp196,49 Juta.
Dari kedua simulasi benefits of car subscription tersebut pun bisa diambil benang merah. Opsi mobil berlangganan selama 3 tahun bisa dikatakan masih efisien dengan total pembiayaan Rp194,79 Juta. Adapun pembiayaan yang dikeluarkan untuk status kepemilikan unit penuh selama 3 tahun adalah Rp321,01 Juta. Artinya, ada efisiensi Rp126,22 Juta. Jika dihitung pasca penjualan kembali mobil juga ternyata masih efisien sekitar Rp1,6 Juta. Jadi, silahkan pertimbangan kembali status kepemilikan unitnya saat ini.
Tantangan dan Keterbatasan
Menawarkan kemudahan dan efisiensi tinggi, tapi konsep car rental subscription tetap memiliki tantangan tersendiri. Memiliki status bukan hak milik, pelanggan tentunya tidak bisa melakukan modifikasi atas unit yang dipakainya. Kalkulasi pembiayaan mobil berlangganan menjadi terlihat mahal jika unitnya tidak untuk aktivitas bisnis. Untuk itu, idealnya fasilitas ini dioptimalkan oleh sebuah perusahaan sebagai unit operasional.
Potensi Kerugian dari Jasa Layanan Mobil Berlangganan
Status car subscription services memang memiliki aspek minor. Hal ini terutama terkait dengan status kepemilikannya hingga tidak bisa melakukan modifikasi. Status mobil berlangganan juga tetap memunculkan pembiayaan rutin bulanan dengan ujung tanpa berbentuk aset. Pelanggan juga memiliki ketergantungan kepada pihak ketiga. Artinya, pelanggan harus mematuhi regulasi yang berlaku sepanjang proses peminjaman.
Peran Asuransi Mobil dalam Layanan Unit Berlangganan
Terlepas dari plus minus status langganan mobil atau kepemilikan penuh, unit mobil tetap membutuhkan proteksi tambahan atas risiko melalui produk asuransi mobil. Sebab, semua aktivitas berkendara memiliki risiko besar atas faktor risiko. Produk perlindungan ideal yang bisa diterapkan adalah brand terpercaya insureka!. Produk perlindungannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Proses registrasi (pembelian polis) dan #KlaimnyaLancarBanget.
Proses registrasi dan klaim dilakukan online melalui website atau Aplikasi insureka!. Langkah awal pembelian polis dengan memastikan legalitas dan reputasinya. Idealnya perusahaan asuransi mobil terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengguna cheap car subscription juga membeli polis sesuai dengan kebutuhannya, lalu mempertimbangkan status bengkel resmi. Saat ini insureka! juga ditopang dengan bengkel prioritas. Untuk alur pembelian polisnya adalah:
- Pelanggan Klik untuk Mendapatkan Penawaran Polis.
- Pelanggan Klik untuk Beli Sekarang.
- Melakukan Registrasi Akun.
- Pelanggan memilih jenis polis sesuai kebutuhan.
- Melakukan pembayaran melalui Virtual Account (Bank Permata, Niaga, BRI, Mandiri, dan BNI), Pembayaran Lain (GoPay, OVO, SPayLater, Dana, LinkAja), dan Kartu Kredit (Mastercard, JCB, dan Visa).
- Melakukan upload dokumen seperti, STNK, SIM, dan Foto Panel Mobil Lengkap.
Dan, premi asuransi yang ditawarkan bagi pengguna auto subscription juga sangat terjangkau. Pelanggan akan mendapatkan diskon 25%. Mereka juga akan mendapatkan keuntungan ekonomi maksimal dengan implementasi batas bawah Persentase Premi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Batas bawah Persentase Premi dan Harga Mobil merupakan variabel utama pembentuk nilai premi asuransi mobil. Gambaran batas bawah Persentase Premi yang diaplikasikan insureka! adalah:
Bagaimana Asuransi Proporsional dengan Model Berlangganan
Asuransi mobil produk insureka! merupakan formula perlindungan terbaik atas potensi risiko yang terjadi pada unit kendaraan, termasuk auto subscription. Produknya melindungi mobil dari potensi kerugian pembiayaan risiko ringan hingga total. Efektif juga menyelesaikan kerugian risiko pembiayaan yang dimunculkan oleh pihak ketiga. Adapun karakteristik produk yang bisa diterapkannya tersebut terdiri dari:
1. Polis Comprehensive Premium.
Comprehensive Premium merupakan scenario proteksi yang ideal diterapkan pada mobil yang sangat sering digunakan setiap harinya. Tingginya beban berkendara pun membuatnya semakin rentan atas faktor risiko. Menjadi solusi terbaik, Comprehensive Premium dilengkapi dengan 15 fitur include dan 5 fitur opsional.
2. Polis Total Loss Only (TLO).
TLO menjadi formula terbaik menekan kerugian pembiayaan atas benefits of car subscription yang dimunculkan oleh risiko. Kerugian akibat kerusakan mobil berat dengan penyebab kecelakaan hingga tindak pencurian yang menyebabkan hilangnya unit kendaraan. TLO ideal diterapkan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun karena harga preminya sangatlah murah. Polis ini dilengkapi 5 fitur included dan 9 fitur opsional.
3. Polis Perlindungan Hybrid.
Perlindungan Hybrid menjadi kombinasi manfaat Comprehensive dan TLO. Teknis dasar sistem proteksinya TLO dengan pengembangan manfaat Comprehensive Premium/Basic. Polis ini ideal digunakan oleh pelanggan pemilik bisnis rental mobil. Artinya, sangat efektif diterapkan pada mobil-mobil dengan status berlangganan.
4. Polis Comprehensive Basic.
Comprehensive Basic memiliki karakteristik sebagai proteksi mobil termasuk para pengguna car rental subscription yang memiliki jumlah penggunaan ringan hingga sedang. Polisnya dibangun dari manfaat 8 fitur included dan 12 fitur opsional.
5. Katastropik Polis.
Katastropik Polis merupakan sistem pengendalian faktor risiko dengan latar belakang bencana banjir. Polis akan menjamin setiap kerugian pembiayaan yang dipicu banjir mulai dari bagian mesin hingga interiornya.
Mengapa insureka! Jadi Mitra Terpercaya
insureka! sangat tepat sebagai mitra pengguna car subscription services yang memberikan proteksi atas potensi risiko yang membelit mobil pelanggan. insureka! sebagai institusi resmi sangat transparan dan akuntabel. Rating tingkat kepuasan pelanggan yang menggunakan produk-produk insureka! adalah 99,5%. Sistemnya didukung oleh 490+ bengel, termasuk juga bengkel prioritas. Ada berbagai penghargaan yang sudah diterima oleh insureka!, seperti:
- Penghargaan Most Trusted Brand 2023.
- Penghargaan Most Trusted Product 2023.
- Penghargaan Golden Digital Company Winner 2022.
- Penghargaan Best Choice in Quality Digital Company Award.
Kesimpulan
Langganan mobil menjadi salah satu alternatif solusi atas kebutuhan unit mobil. Pelanggan bisa mendapatkan akses mobil untuk jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Unit mobil yang dipilihnya bisa generasi terbaru. Sebagai mahar, pelanggan cheap car subscription hanya perlu membayar uang sewa. Nilai tersebut sudah termasuk seluruh pembiayaan perawatan hingga pajak rutin. Agar unit tersebut tetap efisien, maka skema perlindungan atas potensi risiko wajib diterapkan melalui produk insureka! berikut:
1. Polis Comprehensive Premium.
2. Polis Total Loss Only (TLO).
3. Polis Perlindungan Hybrid.
4. Polis Comprehensive Basic.
5. Katastropik Polis.
Pertanyaan Umum
Seberapa besar pasar mobil bekas di Indonesia?
Mobil second di Indonesia memiliki market yang besar. Sebab, ada banyak value positif yang ditawarkan oleh market ini.
Apa itu layanan mobil berlangganan otomatis?
Auto subscription otomatis biasanya dijalankan secara online. Unitnya akan diantar manakala proses transaksi sudah dijalankan.
Langganan mobil mana yang terbaik?
Semua perusahaan penyedia jasa langganan mobil pada dasarnya bisa diakses. Meski demikian, pelanggan tetap harus mengecek status legalitasnya. Sebelum bertransaksi, pelanggan juga tetap menggali informasi sebanyak mungkin terkait background perusahaan dan layanan produk mobil berlangganannya.
Mobil langganan seperti apa yang terbaik untuk digunakan?
Car rental subscription yang digunakan adalah yang memenuhi aspek kebutuhan pelanggan. Lalu, status unitnya juga sudah dilindungi oleh asuransi mobil.