Peralihan Asuransi Mobil yang Mulus
BERALIH perusahaan asuransi mobil menjadi salah satu opsi yang bisa dijalankan oleh pelanggan. Migrasi ini wajib dilakukan jika pelanggan dihadapkan pada perubahan status kependudukan, penambahan status driver, adanya penawaran lain yang menarik, dan lainnya. Saat berpindah insurance, pelanggan bisa mengoptimalkan manfaat perlindungan dari brand terpercaya insureka!. Polisnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan. Adapun produk insureka! yang bisa dioptimalkannya adalah:
1. Polis Comprehensive Premium.
2. Polis Comprehensive Basic.
3. Polis Total Loss Only (TLO).
4. Polis Perlindungan Hybrid.
5. Katastropik Polis.
Peralihan polis insurance memang kadang tidak bisa dihindari. Sebab, hal ini mengikuti dinamika dari pemilik polisnya. Pemilik polis diharuskan mengubah domisilinya baik lintas pulau bahkan negara. Terlepas dari pergantian perusahaan asuransi mobil, artinya dibutuhkan penyesuaian atas data dan informasi pemilik dengan kondisi barunya tersebut. Agar semua berjalan lancar, maka pelanggan pun harus mengetahui regulasi ideal terkait dengan ‘migrasi’ insurance baru tersebut. Adapun destinasi barunya tersebut tetap insureka!.
Mengapa insureka!? Perusahaan asuransi terbaik tersebut didukung dengan sistem online. Proses registrasi pembelian hingga klaimnya dijalankan melalui website atau Aplikasi insureka!. Persyaratannya sederhana. Proses registrasi hanya membutuhkan dokumen berupa SIM, STNK, dan Foto Panel Mobil Lengkap. Adapun dokumen utama klaim terdiri dari SIM, KTP, STNK, Foto Kerusakan Mobil, dan Kronologi Kejadiannya. Ada juga penyertaan Surat Rumah Sakit dan Kepolisian, BPKB, juga Kunci Asli.
Untuk aktivasi polis asuransi mobil, pelanggan akan mendapatkan penawaran harga terjangkau. Harganya menjadi lebih murah karena insureka! menerapkan batas bawah Persentase Premi yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). insureka! pun masih memberikan diskon 25% juga cashback 20% menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku. Pelanggan pun bisa berhemat pembiayaan premi hingga 45% dalam waktu 1 tahun.
Memahami Polis Asuransi Mobil Anda Saat Ini
Menjalankan pilihan peralihan perusahaan insurance, polis asuransi baru idealnya tetap disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan. Apalagi, karakteristik khusus sudah disiapkan insureka! bagi para pelanggan. Secara umum produknya memberikan perlindungan menyeluruh atas berbagai level kerusakan unit akibat kecelakaan. Produknya juga menjadi solusi atas kerugian pembiayaan total dalam bentuk kehilangan unit akibat kejadian pencurian.
Produk perusahaan asuransi kendaraan yang bisa diakses oleh pelanggan saat ini pun tetap terbuka dengan opsi perluasan coverage proteksinya. Implementasinya bisa untuk mobil pribadi hingga niaga baru atau second. Secara detail jenis produk insureka! yang bisa menjadi pilihan baru pasca migrasi perusahaan insurance adalah:
1. Polis Comprehensive Premium.
Comprehensive Premium menjadi asuransi solusi atas potensi risiko yang muncul dari aktivitas berkendara dengan intensitas sangat tinggi setiap harinya. Polis ini memiliki kerangka dasar perlindungan yang paling lengkap diantara lainnya.
2. Polis Comprehensive Basic.
Comprehensive Basic menjadi bentuk perlindungan atas mobil yang memiliki tingkat penggunaan rendah hingga sedang. Karakteristik asuransi mobil ini mirip dengan Comprehensive Basic meski komposisi fitur dasarnya lebih sederhana. Harganya pun lebih murah. Namun, status proteksinya bisa dinaikkan sempurna dengan aktivasi fitur-fitur opsionalnya.
3. Polis Total Loss Only (TLO).
TLO menjadi bentuk perlindungan produk perusahaan asuransi atas potensi belitan risiko dengan level kerugian pembiayaan total. Kerugiaan total yang dipicu kerusakan berat akibat kecelakaan hingga kehilangan unitnya. TLO idealnya diterapkan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun. Selain memiliki harga sangat murah, TLO juga menawarkan berbagai value ekonomi.
4. Polis Perlindungan Hybrid.
Perlindungan Hybrid menjadi skenario proteksi dengan karakteristik sangat unik. Produk perusahaan asuransi mobil ini mengoptimalkan manfaat perlindungan dari TLO dan Comprehensive Premium atau Comprehensive Basic. Kekuatan dan fleksibilitas skenario perlindungannya membuat polis ini sangat ideal digunakan oleh para pemilik rental mobil.
5. Katastropik Polis.
Terlepas dari status beralih perusahaan asuransi mobil, Katastropik Polis menjadi bentuk mitigasi atas risiko dengan pemicu bencana banjir. Coverage perlindungan yang diberikannya mencakup bagian mesin dan interior. Polis ini ideal digunakan oleh mereka yang tinggal di daerah rawan bencana.
Mengevaluasi Perlunya Beralih Perusahaan Asuransi Mobil
Migrasi perusahaan asuransi kendaraan menjadi opsi guna mendapatkan sistem perlindungan terbaik atas unit mobil. Mengakomodasi perubahan kebutuhan para pelanggannya. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan produk insurance-nya. Untuk itu, pelanggan harus segera memutuskan migrasi manakala dihadapkan dengan beberapa situasi berikut ini, yaitu:
- Kebutuhan perlindungan dan sistemnya mengalami perubahan. Perubahan tersebut bisa saja didasarkan atas usia, gender, pekerjaan, domisili, dan lainnya.
- Premi insurance menjadi semakin mahal. Untuk menyikapi kondisi ini, maka pelanggan bisa melakukan penyesuaian pembiayaan insurance dari perusahaan lainnya.
- Kondisi finansial dalam keluarga yang mengalami perubahan. Finansial sehat menjadi kunci utama dalam memilih perusahaan insurance dan produknya. Untuk itu, pemilihan produk sesuai kebutuhan dan harga terjangkau menjadi opsi ideal untuk menjaga stabilitas finansial keluarga.
- Perusahaan insurance mulai bermasalah. Sebagai sistem, perusahaan kerap dihadapkan dengan kondisi pasang-surut. Untuk itu, dibutuhkan pengenalan lebih detail mengenai reputasi perusahaan insurance.
- Proses klaim asuransi mobil yang berbelit-belit. Klaim adalah hak dari pelanggan. Langkah ini diambil manakala pelanggan terbelit faktor risiko. Perusahaan insurance yang baik akan memberikan kemudahan klaim menurut regulasi yang disepakati dan tertera dalam polisnya.
- Layanan bengkel tidak sesuai dengan profil yang disampaikan perusahaan insurance kepada pelanggannya. Status bengkel menjadi bagian dari pelayanan. Artinya status bengkel harus memuaskan, prosesnya tidak berbelit, dan lokasinya strategis.
Meneliti dan Membandingkan Pilihan Perusahaan Asuransi Mobil Baru
Menetapkan sistem asuransi baru menjadi opsi strategis untuk tetap mendapatkan proteksi ideal dari risiko berkendara. Sebelum memilih sistem baru, idealnya pelanggan melakukan survei dan menggalang informasi secara komprehensif. Adapun beberapa treatment yang bisa dijalankan untuk mendapatkan komposisi terbaik perusahaan insurance adalah:
- Perusahaan insurance baru harus menyediakan sistem perlindungan sesuai kebutuhan pelanggan.
- Perusahaan insurance harus memiliki koneksi yang kuat, termasuk opsi bengkel rekanannya.
- Mempelajari sistem insurance-nya secara menyeluruh.
- Memastikan agen insurance yang menawarkan produk telah berlisensi.
Selain menjalankan step by step tersebut, pelanggan juga harus memahami status perusahaan asuransi yang baik. Ada beberapa kriteria yang bisa dicek untuk memastikan status perusahaan insurance tersebut istimewa atau biasa saja, yaitu:
- Perusahaan insurance hendaknya terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
- Risk Based Capital (RBC) berada di atas ambang minimum 120%.
- Perusahaan tersebut memiliki reputasi baik dengan rasio likuiditas sangat tinggi.
- Tersedianya dana jaminan sebagai garansi atas polis.
Langkah-Langkah Membatalkan Polis Asuransi Anda yang Ada
Setelah mendapatkan sistem baru perusahaan asuransi mobil untuk migrasi perlindungan unit, pelanggan bisa melakukan langkah peralihan. Langkah tersebut adalah melakukan pembatalan polis insurance para perusahaan asuransi lama atau saat ini bernaung. Adapun langkah pembatalan tersebut adalah:
- Menghubungi pihak insurance mobil. Saat berkomunikasi, pelanggan bisa menjelaskan latar belakang pembatalan polisnya tersebut.
- Menyiapkan dokumen. Ada beberapa dokumen yang wajib disiapkan saat melakukan pembatalan insurance, seperti polis, data diri, hingga nomor preminya.
- Saat beralih perusahaan asuransi mobil, pelanggan melakukan pengisian formulir pembatalan insurance yang sudah disediakan oleh perusahaan. Formulir tersebut lalu diisi secara lengkap dan detail.
- Menghubungi pihak perbankan. Pihak perbankan harus dikonfirmasi apalagi jika sistem pembayarannya preminya dilakukan secara autodebet.
Memastikan Cakupan Berkelanjutan Selama Peralihan Perusahaan Asuransi
Kelanjutan coverage perlindungan tetap harus diperhatikan manakala pelanggan melakukan migrasi perusahaan asuransi mobil. Hal ini tentu untuk tetap menjamin mobil mendapatkan perlindungan sesuai dengan kebutuhannya. Adapun opsi fitur perlindungannya bisa dilihat menurut status included dan opsional. Komposisi tersebut biasanya juga disesuaikan dengan jenis polisnya. Adapun beberapa gambaran umum fitur perlindungannya (di luar status included dan opsional) terdiri dari:
- Fitur Huru-Hara.
- Fitur Gempa Bumi-Tsunami.
- Fitur Banjir-Badai.
- Fitur Terorisme-Sabotase.
- Fitur Kecelakaan Diri untuk Penumpang-Pengendara.
- Fitur Tanggung Jawab Hukum untuk Pihak Ketiga-Penumpang.
- Fitur Transportasi.
- Fitur Pencurian Oleh Pengemudi.
- Fitur Garansi perbaikan Selama 6 Bulan.
- Fitur Emergency Roadside Assistance (ERA).
- Fitur Lainnya.
Mentransfer Bonus Tanpa Klaim Asuransi ke Polis Baru
Saat melakukan migrasi perusahaan asuransi kendaraan, pelanggan tidak perlu takut kehilangan berbagai benefit. Sebab, kemudahan sistem diberikan oleh insureka!. Apalagi, insureka! juga memberikan fasilitas cashback tambahan. Mereka yang memiliki skor insurance berbasis kredit bagus akan mendapatkan tambahan cashback saat renewal. Adapun slot persentasenya tetap dihitung menurut nilai premi polisnya. Secara sederhana, fasilitas itu dinikmati oleh pelanggan yang tidak mengajukan klaim dalam periode 1 tahun sebelumnya.
Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Mengganti Asuransi Mobil
Meski sudah mengetahui langkah-langkah aman saat melakukan migrasi polis asuransi baru, namun pelanggan tetap harus menekan kesalahan tersebut. Ada beberapa hal yang kerap menjadi sandungan proses migrasi polis baru seperti, sikap terburu-buru dan ceroboh juga tidak melakukan survei hingga pencarian informasi komprehensif. Pelanggan juga kerap mengabaikan profil perusahaan insurance baru termasuk legalitasnya.
Menyelesaikan dan Mengaktifkan Polis Asuransi Mobil Baru Anda
Jika semua tahapan proses migrasi asuransi mobil dari sistem lama sudah terpenuhi, pelanggan tinggal melakukan aktivasi polis baru. Asalkan dokumen persyaratannya lengkap, maka proses yang harus dijalankan sangatlah mudah. Selain menghubungi Customer Service insureka!, pelanggan juga bisa mengakses registrasi melalui website atau Aplikasi insureka!. Adapun proses pembayarannya juga dijalankan mandiri melalui opsi-opsi berikut, yaitu:
- Virtual Account, yaitu Bank Permata, Mandiri, BRI, dan BNI.
- QRIS, yaitu BCA.
- Metode Pembayaran Lainnya, yaitu Kartu Kredit (Full Payment), GoPay, ShopeePay, dan OVO.
Kesimpulan
Beralih perusahaan asuransi bisa dijalankan dengan mudah. Mengikuti kebutuhan pelanggan asuransi mobil. Namun, saat melakukan migrasi perusahaan insurance wajib memperhatikan beberapa aspek. Pelanggan harus menyelesaikan dokumen pada perusahaan asuransi lama. Mereka harus cermat memilih sistem baru, terutama yang memiliki produk perlindungan sesuai kebutuhannya. Adapun rekomendasi perusahaan asuransi mobil bisa dioptimalkan melalui insureka sebagai perusahaan asuransi baru pasca migrasi. Produk perusahaan asuransi kendaraan sudah disesuaikan kebutuhan pelanggan dengan komposisi:
1. Polis Comprehensive Premium.
2. Polis Comprehensive Basic.
3. Polis Total Loss Only (TLO).
4. Polis Perlindungan Hybrid.
5. Katastropik Polis.
Pertanyaan Umum Tentang Status Beralih Perusahaan Asuransi Mobil
Bisakah Anda berpindah perusahaan asuransi ke lainnya?
Setiap pelanggan pemilik polis bisa melakukan migrasi perusahaan insurance baru. Memilih perusahaan baru sebagai bentuk penyesuaian atas kebutuhan skema proteksi atas unit mobil.
Apakah saya perlu membatalkan asuransi mobil saya sebelum beralih?
Pembatalan polis sangat diperlukan sebagai bentuk putusnya tanggung jawab pelanggan terhadap perusahaan insurance mobil yang lama.
Bisakah saya membatalkan asuransi saya kapan saja secara progressive?
Pembatalan insurance bisa dilakukan setiap saat dengan didasarkan atas kebutuhan pelanggan. Apalagi, pembatalan polis juga sudah diatur sedemikian rupa oleh perusahaan insurance tersebut.