Panduan No Claim Bonus : Wajib Memaksimalkan Benefitnya
NO claim bonus atau NCB merupakan benefit terbaik yang menjadi apresiasi bagi pelanggan. Fasilitas potongan premi atas nirklaim yang dijalankan pelanggan sepanjang periode polis sebelumnya. Bentuk penghargaan atas sikap berkendara positif pelanggan sehingga resisten terhadap potensi risiko. Benefit menarik tersebut pun disiapkan oleh brand terpercaya insureka! melalui beragam produk proteksinya. Adapun produk perlindungan yang bisa diterapkan oleh pelanggan adalah:
1. Polis Comprehensive Premium.
2. Polis Total Loss Only (TLO).
4. Katastropik Polis.
Tidak melakukan klaim sepanjang 1 tahun periode aktivasi polis asuransi mobil tentu menjadi prestasi luar biasa bagi pelanggan dan layak diapresiasi car insurance NCB. Hal ini menjadi indikasi adanya sikap positif pelanggan dalam berkendara sehingga terbebas dari risiko. Pun demikian tidak menjadi risiko bagi pengguna jalan lainnya. Sikap positif tersebut tentu akan menghadirkan skor asuransi dengan basis kredit yang tinggi. Kemudahan akses polis baru pun terbuka lebar, termasuk beragam benefit yang menyertainya.
Perlu diketahui, sikap berkendara yang santun mutlak dibutuhkan terlepas status what is no claim bonus. Hal ini tidak lepas dari masih nyaringnya angka risiko berkendara yang muncul di jalan raya. Risiko tersebut muncul karena faktor human error hingga mengakibatkan kecelakaan. Berdasarkan data Pusiknas Polri, ada sekitar 79.220 insiden kecelakaan lalu lintas yang terjadi sepanjang rentang Januari 2024 sampai 5 Agustus 2024 dengan melibatkan 722.479 kendaraan bermotor. Rincian jumlah kasus per bulannya adalah:
- Periode Januari 2024, Jumlah Insiden Kecelakaan Mencapai 11.792 Kasus.
- Periode Februari 2024, Jumlah Insiden Kecelakaan Mencapai 11.010 Kasus.
- Periode Maret 2024, Jumlah Insiden Kecelakaan Mencapai 10.987 Kasus.
- Periode April 2024, Jumlah Insiden Kecelakaan Mencapai 11.924 Kasus.
- Periode Mei 2024, Jumlah Insiden Kecelakaan Mencapai 11.177 Kasus.
- Periode Juni 2024, Jumlah Insiden Kecelakaan Mencapai 11.304 Kasus
- Periode Juli 2024, Jumlah Insiden Kecelakaan Mencapai 10.303 Kasus.
- Periode 1-5 Agustus 2024, Jumlah Insiden Kecelakaan Mencapai 723 Kasus.
Apa yang Dimaksud No Claim Bonus atau NCB?
Apresiasi sangat layak didapatkan pelanggan yang sudah menghadirkan rasa aman di jalan raya karena tidak menjadi subyek atau obyek resiko saat berkendara. Salah satu penghargaan diberikan oleh perusahaan asuransi mobil melalui bonus tanpa klaim atau disebut juga NCB dan optimal menjadi car insurance savings. Benefit NCB tersebut biasanya diberikan dalam bentuk pengurangan harga premi. Besar pengurangan preminya beragam, bisa saja 20% hingga 25%. Bonus tersebut bisa dinikmati saat perpanjangan polis asuransi mobil.
Jika memiliki catatan nirklaim, pelanggan wajib memperpanjang status polis asuransinya. Sebab, apresiasi dalam bentuk benefit tersebut akan diterima sekaligus mengoptimalkan status lindungi bonus tanpa klaim. Apalagi, proses perpanjangan polis asuransi sangatlah mudah. Berkaca pada insureka!, pelanggan akan mendapatkan pemberitahuan secara berkala mulai H-30 dari jatuh tempo aktivasi polisnya. Untuk itu, ada beberapa pemahaman yang harus diketahui oleh pelanggan terkait dengan aktivasi polis dan perpanjangannya seperti:
- Masa aktif polis asuransi mobil berlaku selama 1 tahun. Lalu, masa berakhirnya polis adalah pukul 12.00 WIB pada hari masa aktifnya habis.
- insureka! melalui Customer Service akan memberitahukan masa berakhirnya polis mulai dari H-30 hingga H-1. Pemberitahuan dilakukan secara berkala mulai 7 hari atau 4 hari sekali.
- Untuk perpanjangan polis yang belum jatuh tempo, pelanggan hanya perlu melakukan registrasi ulang secara online via aplikasi atau website insureka!.
- Perpanjangan polis dengan status kadaluarsa (jatuh tempo aktivasi polis berakhir) bisa dilakukan seperti pembelian awal. Pelanggan membuka aplikasi atau website insureka!, lalu klik “Penawaran”. Silahkan isi formulir penawaran, melakukan pembayaran, dan mengunggah dokumen persyaratan. Dokumen persyaratan terdiri STNK, SIM, dan Foto Panel Lengkap Mobil.
Bagaimana Cara Menghitung No Claim Bonus?
Nirklaim sebagai muara sikap positif berkendara mendatangkan banyak manfaat ekonomi, terutama untuk mendukung status manfaat bonus tanpa klaim. Memastikan kondisi finansial pelanggan tetap sehat lantaran bebas kebocoran pembiayaan pemulihan risiko berkendara. Pelanggan juga berpotensi mendapatkan pengurangan pembiayaan premi saat memperpanjang polis asuransi mobil dengan slot 20%.
Besar kecilnya diskon premi menurut car insurance NCB tersebut memang ditentukan menurut regulasi yang berlaku. Saat ini perhitungan NCB bisa dijalankan secara mandiri melalui website atau aplikasi perusahaan asuransi mobil tersebut. Status NCB otomatis akan muncul setelah proses perpanjangan polis asuransi dijalankan oleh pelanggan. Saat aktivasi kali pertama tersebut, maka besaran nilai NCB yang berlaku adalah 20%.
Cara Memaksimalkan No Claim Bonus
NCB memang menjadi angin segar bagi kondusivitas kesehatan finansial pelanggan. Dengan what is no claim bonus yang diterima oleh pelanggan, tentunya semakin menaikkan tingkat efisiensi pembiayaan premi asuransi mobil secara signifikan selama setahun berikutnya. Fasilitas tersebut tentunya harus dioptimalkan secara maksimal. Meski demikian, NCB bisa saja dianulir atau gagal dinikmati jika pelanggan bersikap sebagai berikut:
- Pelanggan belum memperbarui atau memperpanjang polis asuransi mobil hingga 90 hari sejak memasuki masa kadaluarsa atau jatuh tempo.
- Pelanggan mengajukan klaim sepanjang durasi 1 tahun masa aktivasi polis asuransi mobil.
Hindari Membuat Klaim Kecil
Fasilitas no claim bonus memang wajib dimanfaatkan karena penawaran efisiensi pembiayaan premi yang sangat signifikan. Untuk itu, idealnya pelanggan tidak mengajukan klaim selama 1 tahun masa aktivasi polis asuransi mobil. Caranya? Pelanggan tetap bersikap santun dalam berkendara. Mematuhi peraturan lalu lintas dan selalu bersikap waspada. Hanya berkendara dalam kondisi fisik dan mental prima, termasuk menggunakan mobil sesuai peruntukannya dan tidak melebihi kapasitas kemampuan unitnya.
Pertimbangkan Perlindungan Tambahan untuk Perlindungan Bonus
Proteksi atas fasilitas NCB sebagai car insurance savings bisa dijalankan melalui treatment lain. Pelanggan bisa melengkapi unit mobilnya dengan berbagai piranti teknologi modern guna menaikkan standar kualitas keselamatan dan kenyamanan berkendara. Saat ini ada banyak teknologi yang bisa diterapkan, diantaranya sistem Advanced Driver Assistant System (ADAS). Beberapa teknologi ADAS yang wajib dimiliki diantaranya:
1. Fitur Teknologi Driver Drowsiness Detection.
Driver Drowsiness Detection menjadi teknologi peringatan atas kondisi kebugaran pengemudi. Sistem ini bisa mendeteksi perilaku pengemudi yang mengantuk atau tidak fokus selama berkendara.
2. Fitur Teknologi Forward Collision Warning (FCW).
FCW menjadi sistem preventif atas potensi risiko dalam bentuk benturan dengan objek dari arah depan. Sistem ini akan mengirimkan sinyal peringatan hingga respon aktif melalui pengereman otomatis.
3. Fitur Teknologi Blind Spot Monitoring (BSM).
BSM memastikan mobil berada di alur yang benar dan sangat efektif sebagai status lindungi bonus tanpa klaim. Peringatan secara otomatis akan diberikan manakala unitnya keluar dari alur yang seharusnya.
4. Fitur Teknologi Automatic Emergency Braking (AEB).
AEB menjadi salah satu mitigasi atas potensi benturan unit dengan obyek lain dari arah depan. Sinyal peringatan akan dikirimkan jika kondisi tersebut muncul. Saat tidak ada respon pengemudi, reaksi akan diberikan dalam bentuk pengereman.
5. Fitur Teknologi Lane Departure Warning (LDW).
LDW juga menjadi teknologi yang memastikan mobil tetap berjalan di jalannya. Jika mobil tiba-tiba melenceng, maka peringatan dan reaksi akan diberikan.
6. Fitur Teknologi Rear Cross Traffic Alert.
Rear Cross Traffic Alert menjadi teknologi yang membantu pengemudi manakala hendak parkir. Sistem ini akan mengirimkan peringatan jika ada objek di belakang unit yang berpotensi terbentur dan mampu mengoptimalkan manfaat bonus tanpa klaim.
7. Fitur Teknologi High Beam Safety System.
High Beam Safety System menjadi teknologi modern yang berguna untuk menekan potensi risiko melalui pemberian visibilitas berkendara maksimal. Sistem ini secara otomatis akan menyesuaikan pencahayaan manakala ada objek di sekitarnya sehingga tidak menyilaukan.
8. Fitur Teknologi Adaptive Cruise Control (ACC).
ACC selalu memberikan jarak aman unit mobil dengan obyek yang ada di sekitarnya. Penyesuaian atas objek di depannya akan dilakukan melalui pengurangan kecepatan hingga menjaga jarak aman.
9. Fitur Teknologi Collision Mitigation System (CMS).
CMS akan mengurangi kecepatan mobil secara otomatis manakala ada potensi benturan dengan objek di depannya. Teknologi tersebut efektif untuk menekan potensi belitan risiko berkendara.
Berkendara dengan Aman untuk Menghindari Kecelakaan
Berkendara aman sebagai realisasi kampanye car insurance savings bisa dijalankan melalui implementasi beberapa tips. Pelanggan bisa mengimplementasi beberapa tips berikut agar terhindar dari potensi jerat risiko berkendara, seperti:
- Pelanggan memiliki skill mengemudi yang mencukupi.
- Selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas.
- Berkendara secara santun dengan mengontrol kecepatan dan tidak ugal-ugalan.
- Berkendara tidak dalam pengaruh minuman beralkohol.
- Dan lainnya.
Merawat Mobil Anda Secara Teratur
Terlepas dari what is no claim bonus, kondisi mobil prima juga menjadi salah satu upaya vital untuk menekan potensi munculnya risiko berkendara. Selain hummar error, ada banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena kondisi unit mobil yang tidak layak jalan. Sistem pengereman unitnya bermasalah. Untuk itu, perawatan rutin menjadi cara terbaik untuk memastikan kondisi mobil tetap prima. Adapun beberapa treatment perawatan mobil yang bisa dijalankan adalah:
- Menyalakan mobil secara rutin, terutama sebelum digunakan.
- Memeriksa dan mengganti oli mesin secara rutin.
- Melakukan pengecekan kondisi cairan unit mobil secara rutin.
- Memastikan sistem pengeremannya berfungsi baik.
- Melakukan perawatan dan pengecekan kondisi ban mobil.
- Memastikan kondisi aki normal dan BBM tidak kosong.
- Memeriksa kondisi filter udara.
- Membersihkan bagian interior dan eksterior unitnya.
Bagaimana Pengaruh No Claim Bonus Terhadap Premi Asuransi?
Kebijakan car insurance NCB memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi premi asuransi pelanggan untuk periode tahun berikutnya. Benefitnya vital karena menjadi insentif yang ditawarkan perusahaan asuransi terhadap pelanggan. Insentif tersebut berarti adanya penghematan pembiayaan pelanggan dalam perpanjangan polis. Untuk insureka!, NCB diberikan dalam slot 20% saat perpanjangan polis asuransi mobil. Perpanjangan polis semakin efisien karena adanya tambahan diskon 10%. Total efisiensi yang bisa dinikmati pelanggan dari perpanjangan polis adalah 30% setahun.
no claim bonus tetap memberikan impact positif terhadap penurunan nilai pembiayaan premi asuransi mobil. Adapun porsi penurunan nilainya sangat signifikan per tahun nya. Pelanggan bisa menikmati total diskon hingga 30% setahun. Padahal, jaminan premi terjangkau sudah diberikan oleh insureka! melalui implementasi batas bawah Persentase Premi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Batas bawah Persentase Premi OJK dan Harga Mobil adalah komponen utama premi asuransi. Gambaran batas bawah itu adalah:
Pemberian harga premi yang ramah kantong diberlakukan insureka! untuk semua produk perlindungannya. Terlepas dari kebijakan lindungi bonus tanpa klaim tersebut, jika pelanggan membeli polis baru maka diskon 25% akan diberikan. Manfaat polisnya pun semakin maksimal, apalagi skenario proteksinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Untuk produk perlindungan yang saat ini bisa dioptimalkan pelanggan dan potensial menghasilkan NCB adalah:
1. Polis Comprehensive Premium.
Comprehensive Premium menjadi produk perlindungan yang ditopang oleh dasar 15 fitur included. Perluasan perlindungannya bisa ditingkatkan melalui aktivasi 5 fitur opsional. Polis tersebut pun optimal digunakan oleh pelanggan yang memiliki rata-rata berkendara sangat tinggi setiap harinya.
2. Polis Total Loss Only (TLO).
TLO menjadi jaminan pembiayaan total yang dibelitkan oleh faktor risiko. Polis ini memiliki dasar proteksi 5 fitur aktif, lalu pengembangan coverage perlindungan melalui 9 fitur opsional. TLO saat ini menjadi sistem perlindungan ideal bagi mobil dengan usia produksi lebih dari 5 tahun.
3. Polis Comprehensive Basic.
Comprehensive Basic didesain identik dengan Comprehensive Premium, tapi kerangka dasar proteksinya lebih sederhana. Harga preminya pun lebih murah dan memiliki manfaat bonus tanpa klaim sangat besar. Polis ini memiliki 8 fitur included, lalu ada 12 fitur opsional. Karakternya ideal digunakan oleh pelanggan yang memiliki level penggunaan mobil tidak tinggi setiap harinya.
4. Katastropik Polis.
Katastropik Polis menjadi solusi atas kerugian pembiayaan yang terjadi karena bencana banjir. Ruang lingkup perlindungannya mulai dari blok mesin hingga zona interiornya. Polis ini masing-masing memiliki 4 fitur included dan opsional. Fitup opsionalnya terdiri Gempa Bumi-Tsunami, Huru-Hara, Terorisme-Sabotase, dan Bengkel Resmi.
5. Polis Perlindungan Hybrid.
Perlindungan Hybrid menjadi penggabungan kekuatan proteksi TLO dan Comprehensive Premium/Basic. Polis ini memiliki 5 fitur included dan penambahan kekuatan proteksinya melalui aktivasi 9 fitur opsional. Karakter lengkap perlindungannya pun sangat ideal digunakan oleh pelanggan pemilik bisnis rental mobil.
Manfaat Bonus Tanpa Klaim
Ada beragam value ekonomi dari manfaat bonus tanpa klaim yang menarik. Membuat nilai premi menjadi semakin hijau manakala perpanjangan polis dilakukan. Secara umum ada beragam manfaat yang bisa dinikmati pelanggan setelah melakukan aktivitas berkendara baik hingga diganjar fasilitas NCB. Adapun manfaat NCB yang bisa dinikmati pelanggan adalah:
- NCB akan mengurangi nilai premi secara signifikan hingga memberi pengaruh signifikan atas efisiensi pembiayaannya.
- NCB menjadi bentuk insentif dan apresiasi atas sikap baik pelanggan selama berkendara.
- NCB menjadi stimulan yang baik bagi pelanggan untuk berkendara secara baik dan berhati-hati.
- Pelanggan tetap bisa menikmati fasilitas NCB meski berganti perusahaan asuransi.
- NCB mampu menaikkan jumlah pertanggungan hingga meningkatkan perlindungan atas unit yang dipakai untuk berkendara.
Pengurangan Premi
Menjadi car insurance savings, premi secara otomatis akan berkurang manakala pelanggan mendapatkan fasilitas NCB. Fasilitas penghematan premi saat perpanjangan polis tersebut tentunya bisa dinikmati minimal 30%. Angka minimal 30% tersebut merupakan nilai total diskon atau promo yang bisa dinikmati pelanggan saat kali pertama melakukan perpanjangan polis. Dengan diskon 30%, bisa dikatakan pelanggan pun hanya membayar perpanjangan preminya sekitar 70% saja.
Penghematan Kumulatif Seiring Waktu
Semakin menarik menguatkan kampanye car insurance NCB, potensi pembiayaan yang ditawarkan oleh fasilitas nirklaim akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Jika pelanggan mendapatkan diskon 20% saat perpanjangan pertama, angkanya akan terus bertahan pada tahun berikutnya. Sebab, fasilitas NCB yang diberikan oleh insureka! Adalah flat setiap tahunnya. Pelanggan pun hanya diwajibkan membayar premi 70% saja karena ada penambahan diskon lagi sekitar 10%.
Mentransfer No Claim Bonus
Kebijakan pemanfaatan fasilitas no claim bonus juga sangat cair. Sebab, fasilitas tersebut hakikatnya bisa ditransfer atau dialihkan. Selain aktivasi benefitnya tersebut, proses transfer NCB juga wajib dilakukan sebelum 90 hari kalender sejak polis masuk masa kadaluarsa. Proses transfer NCB bahkan masih melekat manakala unitnya dijual. Artinya, fasilitas efisiensi masih bisa dinikmati oleh pemilik baru unit mobil tersebut. Semakin menarik, proses transfer juga bisa dijalankan lintas perusahaan asuransi.
Untuk melakukan transfer what is no claim bonus, pelanggan wajib memahami regulasinya. Proses NCB masih bisa dipindahkan lintas unit mobil manakala identitas pemiliknya masihlah sama. Lalu, transfer NCB dijalankan lintas perusahaan asuransi manakala melakukan proper perpanjangan polisnya. Secara umum, fasilitas tersebut secara otomatis akan diberikan. Nantinya pelanggan akan mendapatkan pemberitahuan fasilitas NCB tersebut dari Customer Service insureka!.
Cara Melindungi No Claim Bonus
NCB menjadi benefit yang ideal diproteksi. Artinya, pelanggan harus berusaha untuk mendapatkannya. Caranya? Tetap berkendara sesuai regulasi berlalu lintas demi lindungi bonus tanpa klaim. Tetap berusaha agar tidak terbelit faktor risiko baik sebagai subyek atau obyeknya. Intinya, pelanggan sebisa mungkin bebas klaim. Sebagai gambaran lain, ada salah satu perusahaan asuransi mobil yang memberlakukan kebijakan NCB selama 4 tahun akan hangus manakala melakukan 2 kali klaim dalam satu periode waktu polis aktif.
Demi memastikan manfaat bonus tanpa klaim aman, pelanggan bisa mengembangkan 2 perinsip. Pelanggan bisa melakukan pembayaran risiko guna memproteksi status NCB. Status jaminan tersebut tidak akan mengganggu NCB, tapi ada potensi kehilangan diskon tambahan. Semua bergantung kepada kebijakan masing-masing perusahaan asuransi mobil. Lalu, mengembangkan status dilindungi yang justru berpotensi menaikkan harga preminya meski status NCB tetap aman.
Kesalahan Umum yang Harus Dihindari pada No Claim Bonus
Ada beragam kesalahan yang dijalankan oleh pelanggan hingga menghadirkan problem atas status car insurance NCB. Secara umum, status NCB tidak terusik manakala pelanggan nirklaim atau tanpa belitan resiko berkendara. Namun, jika risiko tidak terhindarkan dan menjadi kesalahan pihak ketiga terlindungi maka segera pastikan status diproteksi asuransi atas mobilnya. Jika perusahaan asuransi pihak ketiga melakukan pembayaran, maka stats NCB pelanggan tetap aman.
Kesimpulan
No claim bonus atau NCB menjadi hak pelanggan yang nirklaim dan melakukan perpanjangan polis. NCB menawarkan benefit efisiensi pembiayaan premi yang signifikan. Pelanggan bisa menikmati NCB hingga 20%. Ada juga penambahan diskon hingga 10% yang menjadi car insurance savings kompetitif. Artinya, efisiensi yang bisa dinikmati pelanggan saat perpanjangan polis mencapai angka 30%. Fasilitas NCB tersebut sebagai bentuk apresiasi insureka! kepada pelanggan. Sebab, pelanggan sudah menjalankan aktivitas berkendara aman dan tidak berisiko.
Pertanyaan Umum
Apa yang dimaksud dengan no claim bonus dalam asuransi mobil?
No claim bonus merupakan diskon premi yang diberikan perusahaan asuransi mobil kepada pelanggannya yang tidak melakukan klaim selama 1 tahun masa aktivasi polisnya.
Bagaimana cara memaksimalkan no claim bonus saya?
NCB bisa dimaksimalkan dengan tetap berkendara aman dan bebas risiko. Terlepas dari pertanyaan what is no claim bonus, jika terbelit risiko dan itu menjadi kesalahan pihak ketiga, maka pastikan perusahaan asuransi pihak ketiga tersebut yang membayar klaim pembiayaannya.
Seberapa sering saya dapat mengajukan no claim bonus?
NCB secara otomatis akan diberikan oleh insureka! manakala pelanggan melakukan perpanjangan polis. Nantinya fasilitas car insurance NCB sudah dimasukan dalam perhitungan preminya, termasuk tambahan diskon 10%. Informasi pemberian fasilitas NCB tersebut nantinya akan disampaikan oleh Customer Service insureka!.
Apakah no claim bonus akan kadaluarsa setelah jangka waktu tertentu?
Secara umum, regulasi car insurance savings NCB akan kadaluarsa jika pelanggan tidak melakukan perpanjangan klaim setelah 90 hari kalender pasca masa aktif polisnya berakhir.