Jelajahi Mobil Listrik Toyota Zona Indonesia : Jenis, Harga, dan Banyak Lagi

mobil listrik Toyota di Indonesia

mobil listrik Toyota di Indonesia

TOYOTA menawarkan beragam koleksi mobil listrik atau electric vehicle (EV). Mengusung filosofi Mobility Happiness for All, teknologi EV yang dikembangkannya pun sangat beragam. Apalagi, mereka tone kendaraan listrik sudah dinaikkan melalui kampanye EV Smart Mobility. Pengembangan teknologi moda transportasi dengan basis ekosistem modern hingga menghadirkan lingkungan lebih baik. Agar varian EV semakin efektif dan efisien maka upaya preventif perlindungan risiko wajib dikembangkan melalui brand terpercaya insureka!. Adapun produk perlindungan asuransi mobil tersebut terdiri:

1. Polis Comprehensive Premium.

2. Total Loss Only (TLO).

3. Polis Perlindungan Hybrid.

4. Comprehensive Basic.

5. Katastropik Polis.

Trend budaya berkendara dengan basic EV juga direspon cepat oleh pabrikan asal Jepang tersebut. Ada beragam inovasi yang dijalankannya hingga melahirkan berbagai opsi EV. Apalagi, brand dengan nama awal Toyoda tersebut juga memiliki platform Toyota New Global Architecture atau TNGA. TNGA menggabungkan 3 elemen dalam sebuah unit mobil, seperti Stability, Agility, dan Visibility. Hasilnya, produk yang dihadirkan dalam 5 domain seperti:

  1. Kualitas tinggi saat berkendara.
  2. Keamanan tertinggi dalam aktivitas berkendara.
  3. Kenyamanan terbaik sepanjang berkendara.
  4. Kemudahan bagi semua penggunanya.
  5. Kebanggan memiliki brand tersebut.

Berbekal platform TNGA tersebut, brand asal Negeri Matahari Terbit tersebut pun mampu menghadirkan 4 kategori kendaraan dengan basis listrik. Konsep mobil listrik Toyota yang dihadirkannya tersebut adalah Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Electric Hybrid Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), hingga Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Adapun penjelasan dari implementasi teknologi tersebut adalah:

1. Hybrid Electric Vehicle (HEV).

HEV menjadi brand yang banyak ditawarkan untuk pasar Indonesia. HEV jadi mobil listrik Toyota di Indonesia yang menggabungkan antara teknologi kendaraan konvensional BBM dengan motor listrik. Hasilnya, pengguna unit mobil ini mendapatkan efisiensi yang positif. Teknologi ini dikembangkan pada varian Corolla Cross Hybrid, Innova Zenix Hybrid, Camry Hybrid, juga Corolla Altis Hybrid.

2. Plug-in Electric Hybrid Vehicle (PHEV).

PHEV merupakan pengembangan dari teknologi HEV. Unit kendaraannya tetap menggabungkan mesin konvensional BBM dengan motor listrik. Pembedanya adalah teknologi ini memiliki akses pengisian ulang daya listrik dari luar. Salah satu varian yang mengadopsi teknologi ini adalah Toyota Prius PHEV.

3. Battery Electric Vehicle (BEV).

BEV menjadi konsep kendaraan yang 100% digerakan baterai dan motor listrik. Membutuhkan proteksi mobil asuransi, varian ini tidak lagi menggunakan blok mesin konvensional BBM. Unitnya pun semakin efisien dan memiliki emisi gas buang 0%. Beberapa unit yang menggunakan teknologi ini adalah bZ4X. Ada juga C+Pod, COMS, juga i-Road dengan konsep BEV Ultra-Compact.

4. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

FCEV menjadi teknologi yang sangat modern, meski tetap membutuhkan proteksi Toyota asuransi. Sebab, varian ini menggunakan kombinasi hidrogen dan oksigen untuk mengalirkan listrik. Hidrogen dalam tekanan tinggi tersebut lalu dialirkan melalui tumpukan sel bahan bakar. Teknologi FCEV tersebut bisa dijumpai pada varian Mirai.

Selain produknya, Toyota juga fokus dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Menjawab perkembangan teknologi yang semakin modern, xEV Center pun didirikan. Menariknya, pusat studi pengembangan EV tersebut berada di Indonesia. Ada beragam fasilitas yang dimiliki oleh XEV Center seperti Virtual Tour. Fasilitas Virtual Tour tersebut bahkan bisa diakses oleh umum, selain diantaranya pelajar, mahasiswa, hingga pemerintah sebagai regulator.

mobil listrik Toyota di Indonesia

Mobil Listrik Toyota di Indonesia

Dilengkapi dengan teknologi terbaik, ada beragam varian EV milik pabrikan asal Jepang tersebut yang ditawarkan di Indonesia. Merambah pasar domestik, mobil listrik Toyota di Indonesia mengakomodir potensi dalam negeri. Mereka memasukan kandungan lokal yang kompetitif melalui Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Kebijakan tersebut pun mampu merangsang industrialisasi lokal yang masif. Beberapa kandungan lokal yang dioptimalkan adalah:

  1. Alumunium.
  2. Steel.
  3. Biji Plastik.
  4. Petrokimia.

Tetap berkomitmen terhadap pengembangan industri lokal, saat ini TKDN mobil listrik yang diberikan sudah memiliki slot 70% hingga 80%. Implementasinya pada semua produk bagi kendaraan dengan basic mesin bensin, diesel, hingga elektrifikasi. Semakin menarik, mereka juga membukukan sejarah dengan melakukan ekspor EV pertama kali melalui varian Zenix Hybrid. Produk tersebut dialirkan ke berbagai negara di Timur Tengah dan Amerika Selatan.

Menjadi aset berharga dengan beragam potensi, kendaraan listrik di Indonesia pun membutuhkan skema proteksi khusus asuransi mobil. Sebab, aktivitas berkendara para konsumen menaikkan tingkat kerawanan ats faktor risiko. Skema perlindungan tersebut bisa diaktivasi melalui produk brand terpercaya insureka!. Ada 5 produk yang bisa diadopsi dengan karakteristik proteksi sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Karakteristik yang dihadirkannya adalah:

1. Polis Comprehensive Premium.

Polis mobil asuransi ini ideal diterapkan pada unit EV yang baru. Dasar perlindungannya paling kuat dengan opsi perluasan coverage yang terbuka luas. Perluasan coverage bisa dilakukan dengan aktivasi fitur opsional.

2. Total Loss Only (TLO).

TLO menjadi mitigasi risiko terbaik bagi mobil listrik Toyota yang sudah berusia lebih dari 5 tahun. Efektif menangkal kerugian total yang dihadirkan oleh risiko. Harga preminya sangat murah dengan beragam value ekonomi.

3. Polis Perlindungan Hybrid.

Perlindungan Hybrid produk asuransi kendaraan menjadi opsi proteksi bagi EV dengan mengandalkan manfaat Comprehensive (All Risk) dan TLO. Polis ini pun sangat ideal menopang bisnis rental mobil.

4. Comprehensive Basic.

Comprehensive Basic memiliki karakteristik identik ala Premium. Pembedanya hanyalah kerangka dasar proteksinya yang dihadirkan lebih sederhana atas produk Toyota. Harga preminya otomatis lebih murah. Kekuatan proteksinya bisa ditingkatkan melalui aktivasi fitur opsional.

5. Katastropik Polis.

Katastropik Polis menjadi mitigasi atas risiko yang dipicu bencana banjir. Polis Toyota asuransi tersebut ideal diterapkan oleh mereka yang tinggal di daerah rawan bencana banjir. Polis ini memberikan coverage perlindungan dari blok mesin hingga interiornya.

Mendukung produk dan kemudahan proses, insureka! menghadirkan sistem digital. Proses registrasi pembelian polis Toyota asuransi hingga klaim dijalankan online. Selain efektivitas, efisiensi juga ditawarkan melalui harga premi yang sangat terjangkau. Acuannya batas bawah Persentase Premi dari Otoritas Jasa Keuangan, selain diskon 25% plus cashback 20% menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website atau klik Ikon WhatsApp insureka!.

mobil listrik Toyota di Indonesia

Jenis Mobil Listrik Toyota

Memenuhi ekspektasi pasar, ada banyak unit mobil listrik Toyota di Indonesia yang ditawarkan. Opsi sebarannya bahkan tersedia dalam status premium. Adapun komposisi 6 brand elektrifikasi yang ditawarkan tersebut adalah:

1. Elektrifikasi Varian Toyota Innova Zenix Hybrid.

Zenix sangat mengandalkan mesin konvensional BBM dengan motor listrik. Mesin konvensional yang digendongnya adalah M20A-FXS 4-Silinder, in-Line, 16-Katup, DOHC, hingga Chain Drive Dual VVT-i. Racikan blok mesin Toyota ini mampu mengalirkan daya 174 PS dengan torsi maksimal 20,9 KGM. Adapun baterai listrik yang disematkannya adalah Hybrid Bi-MH. Baterai dilengkapi dengan filter aliran udara.

2. Elektrifikasi Varian Toyota bZ4X.

bZ4X menjadi varian 100% mobil listrik. Suplai listriknya berasal dari generator Synchronous AC. Daya listrik yang dihasilkannya adalah 150 kW dengan torsi mencapai 266,3 NM. Mobil ini hanya perlu waktu 8,3 Detik untuk menembus speed 100 Km/Jam dari posisi statis. Untuk baterainya adalah Lithium-Ion berdaya 71,4 kWh dengan slot aktivasi 355 Volt. Untuk pengisian ulang membutuhkan daya AC 6,6 kW atau DC 150 kW.

3. Elektrifikasi Varian Toyota Corolla Cross Hybrid.

Memiliki basis Hybrid, varian mobil listrik Toyota ini ditopang belok engine 2ZR-FXE, 4-Silinder, DOHC, VVT-i. Kapasitas yang dimilikinya 1.798 CC. Daya yang dihasilkannya adalah 98 PS dengan torsi maksimal 14,5 KGM. Daya tambahan lainnya diberikan motor listrik dengan 72 PS dan torsi 16,6 KGM. Kombinasi ini pun mampu menghadirkan efisiensi yang sangat positif.

4. Elektrifikasi Varian Toyota Yaris Cross Hybrid.

Memiliki format SUV 5-Seater dengan proteksi asuransi mobil, varian ini ditopang dengan blok engine berkapasitas 1.500 CC, 4-Silinder. Rangkaian blok mesin ini mengalirkan daya 67 kW atau mencapai angka 91 PS. Untuk motor listriknya mampu menghasilkan torsi 121 NM. Performanya semakin kompetitif dengan implementasi Toyota Hybrid System (THS). Hasilnya, performa linearnya semakin positif dan semakin bertenaga.

5. Elektrifikasi Varian Toyota Camry Hybrid.

Dihadirkan dalam konsep Hybrid yang dilengkapi asuransi kendaraan, Camry varian 2.5 HV pun dibekali dengan blok mesin pembakaran berseri A25A-FXS, 4-Silinder. Kapasitas yang dimilikinya adalah 2.487 CC. Daya yang dialirkan secara konvensional adalah 178 PS. Adapun motor listriknya memiliki daya hingga 20,6 PS. Unitnya pun semakin efisien dalam hal konsumsi BBM.

6. Elektrifikasi Varian Toyota All New Alphard Hybrid.

Kategori MPV premium tersebut ditopang dengan racikan blok mesin hybrid unggulan. Dikolaborasikan dengan proteksi mobil asuransi, blok mesin dengan kode A25A-FXS, 2.5 HEV, ini mengalirkan energi maksimal hingga 140 kW atau setara 190 PS. Torsi yang dicapainya hingga 239 NM atau setara 24,4 KGM. Unit ini dibekali dengan beragam piranti keselamatan berkendara yang sangat futuristik.

Harga dan Paket Mobil Listrik Toyota di Indonesia

  1. Varian Mobil Listrik Toyota Innova Zenix Hybrid, Label Harga Rp468,6 Juta s.d Rp542,6 Juta.
  2. Mobil Listrik Varian Unit bZ4X, Label Harga Rp1,19 Miliar.
  3. Varian Unit Corolla Cross Hybrid, Label Harga Rp540,9 Juta s.d Rp608,4 Juta.
  4. Varian Unit Toyota Yaris Cross Hybrid, Label Harga Rp351 Juta s.d Rp407,7 Juta.
  5. Varian Unit Camry Hybrid, Label Harga Rp937,4 Juta.
  6. Mobil Listrik Toyota di Indonesia Varian All New Alphard Hybrid, Label Harga Rp1,6 Miliar.

mobil listrik Toyota di Indonesia

Kinerja dan Jangkauan Mobil Listrik

Efisiensi tinggi unit elektrifikasi milik Toyota tampaknya berbanding lurus dengan efisiensinya. Untuk varian 100% elektrifikasi bZ4X saat ini memiliki jangkauan hingga 500 Km. Jarak tersebut pun kompetitif. Dan, performanya dipercaya naik signifikan di masa depan. Sebab, mereka mengembangkan baterai Performance ala Solid-Sate yang mampu menaikkan jarak tempuhnya hingga 200%. Aspek plus teknologi yang ditawarkannya adalah:

  1. Jarak tempuh maksimalnya hingga 1.200 Km.
  2. Waktu pengisian ulang daya listrik hanya berdurasi 10 Menit untuk status 10%-80%.

Lalu, bagaimana dengan performa format unit Hybrid? Ilustrasi performa mobil listrik Toyota di Indonesia yang digunakannya adalah varian Innova Zenix Hybrid. Brand ini mampu memberikan efisiensi yang mengagumkan pada pengisian tangki BBM full dengan kapasitas 52 Liter. Kapasitas volume BBM tersebut mampu mengantarkan unitnya melaju hingga jarak 1.241 Km. Rata-rata kebutuhan BBM-nya hanyalah 1 Liter untuk jarak 23,8 Km. Angka tersebut sangat mengesankan dengan pembanding sebagai berikut, yaitu:

  1. Konsumsi BBM Innova Zenix (Non Hybrid) mencapai 14,4 Km/Liter s.d 16,2 Km/Liter.
  2. Konsumsi BBM Innova Reborn Diesel mencapai 14,9 Km/Liter.

Infrastruktur Pengisian Mobil Listrik

Mendukung kenyamanan berkendara konsumennya, pabrikan mobil listrik asal Jepang tersebut juga gencar membangun infrastruktur EV. Mereka sudah menghadirkan charging spot dalam bentuk Toyota xEV Ecosystem. Fasilitas ini tersedia di rest area tol trans Jawa. Menariknya, fasilitas tersebut gratis dan tersebar dalam 50 outlet. Untuk daya charger yang ditawarkan menurut outlet terbagi menjadi:

  1. AC Charger berdaya 22 kW.
  2. Ultra fast Charger 120 kW dengan tipe gun charger CHAdeMO, CCS2, dan AC Type 2.
  3. AC Charger Type 2 berdaya 7 kW.

Selain fasilitas pengisian gratis internal, konsumen mobil listrik Toyota juga bisa memanfaatkan fasilitas charger lainnya. Apalagi, pemerintah juga gencar membangun stasiun pengisian ulang daya listrik. Hingga awal 2024, ada banyak fasilitas yang dihadirkan di berbagai wilayah Indonesia dengan rincian sebagai berikut:

  1. Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) berjumlah 1.124 Unit.
  2. Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) berjumlah 1.839 Unit.
  3. Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) berjumlah 9.558 Unit.

Dampak Lingkungan Mobil Listrik Toyota

Ditambah asuransi mobil, kehadiran unit elektrifikasi dalam berbagai kategori tersebut tentunya memberikan impact positif bagi lingkungan. Untuk kendaraan elektrifikasi dengan dasar Hybrid mampu menekan emisi buang gas karbon hingga 49%. Adapun status gas buang karbon yang dihasilkannya bahkan ada yang berkisar 75 Gram/Km. Adapun kendaraan listrik 100% sepenuhnya bebas emisi karbon atau 0%. Bandingkan dengan unit konvensional BBM dengan emisi karbon 125 Gram/Km.

FAQ

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya mobil listrik Toyota, dan apakah tersedia opsi pengisian cepat?

Kecepatan pengisian ulang daya EV sangat bergantung pada kapasitas charger yang digunakan. Mengacu varian mobil listrik Toyota bZ4X, durasi pengisian 0%-80% mencapai 9-10 Jam dengan memakai Charging AC 6,6 kW (pengisian normal). Waktu pengisian 0%-80% pun berubah menjadi 30 menit jika memakai Charging DC 150 kW.

Apa cakupan garansi untuk kendaraan listrik Toyota, dan apakah sudah termasuk baterainya?

Baterai listrik diberi garansi hingga durasi 8 tahun atau mobil menempuh jarak 160 Ribu Km. Garansi mobil listrik tersebut berlaku untuk baterai unit bZ4X.

Kesimpulan

Mobil elektrifikasi yang dihadirkan Toyota sangat beragam. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan dari masing-masing varian mobil listrik. Unit tersebut memiliki jarak tempuh optimal hingga menghadirkan efisiensi mobil listrik Toyota di Indonesia secara maksimal. Secara umum, harga unitnya juga masih terjangkau karena tersedia mulai dari rentang Rp300-an Juta. Meski demikian, unit tersebut wajib mendapatkan proteksi khusus asuransi mobil melalui produk brand terpercaya insureka!.(*)

whatsup