Dokumen yang Diperlukan untuk Asuransi Mobil | Panduan Lengkap Anda

asuransi mobil

asuransi mobil

DOKUMEN yang diperlukan saat registrasi asuransi mobil tidaklah rumit atau simpel. Persyaratan yang dipersiapkan justru simple dan sederhana. Serupa dengan regulasi registrasi yang berlaku untuk brand terpercaya insureka!. Prosesnya semakin sederhana dengan implementasi sistem digital hingga menyederhanakan persyaratan dokumen diperlukan untuk asuransi mobil.

insureka! memberikan beragam kemudahan persyaratan dokumen saat registrasi dan proses klaim asuransi mobil. Perlu diketahui, kata dokumen merupakan hasil serapan Bahasa Inggris yaitu document. Document berasal dari Bahasa Latin, yaitu kata documentum yang memiliki arti kertas. Document merupakan surat dalam bentuk tertulis atau tercetak yang memuat beragam informasi dan bisa dipakai sebagai rujukan keterangan. Adapun fungsinya adalah:

  1. Rujukan klarifikasi.
  2. Contoh sebagai bentuk bukti.
  3. Membantu studi.

Adapun sesuatu bisa disebut sebagai dokumen jika memenuhi beberapa aspek persyaratan. Persyaratan dokumen yang harus dipenuhi adalah berbentuk materialitas atau berbentuk fisik. Dokumen memang memiliki tanda fisik. Terlepas dari polis mobil asuransi, dokumen juga menunjukkan karakter intersionitas, yaitu memiliki niat, maksud, dan tujuan. Menempatkan dokumen sebagai bukti persyaratan asuransi mobil. Lalu, dokumen memenuhi aspek fenomenologis yang memberi kepastian hingga melewati sebuah proses.

Apa itu Asuransi Mobil

asuransi mobil

Sistem asuransi mobil merupakan sistem proteksi atas risiko yang diterapkan kepada unit kendaraan. Adapun proteksi asuransi auto yang diberikan berupa solusi atas belitan risiko dalam bentuk beragam level kerusakan mobil akibat kecelakaan hingga kerugian total kehilangan unit yang dipicu tindak pencurian. Sistem proteksi yang diterapkan tersebut akan menekan potensi kerugian pembiayaan yang dimunculkan risiko. Hal ini tentunya sesuai dengan fungsi beragam jenis asuransi mobil sebagai faktor pengalih risiko.

Jenis Asuransi Mobil

Ada beragam jenis asuransi mobil yang bisa diaplikasikan bagi setiap unit kendaraan. Secara umum, produk asuransi mobil terbagi atas All Risk dan Polis TLO atau Total Loss Only. All Risk familiar juga disebut sebagai Comprehensive atau Komprehensif. Menjawab kebutuhan nasabah, brand terpercaya insureka! pun melakukan diversifikasi produk perlindungan atas potensi risiko unit kendaraan. Adapun jenis mobil asuransi yang bisa diaplikasikan oleh nasabah adalah:

1. Polis Comprehensive Premium.

2. Comprehensive Basic.

3. Polis TLO.

4. Perlindungan Hybrid.

5. Katastropik Polis.

Dokumen Dasar Semua Jenis Asuransi Mobil

asuransi mobil

Kemudahan dokumen diperlukan untuk asuransi mobil ditawarkan oleh brand terpercaya insureka! mulai dari proses registrasi hingga klaimnya. Dokumen yang disertakan sangatlah sederhana. Meski demikian, informasi tersebut sudah memenuhi aspek ciri-ciri sebuah dokumen. Sebab, dokumen harus menunjukkan karakter sebagai media komunikasi, pembaruan, hingga merekam dan melaporkan semua informasi. Terlepas status registrasi dan klaim mobil asuransi, beberapa dokumen utama yang wajib disiapkan oleh nasabah adalah:

  1. SIM.
  2. STNK.
  3. KTP.

Informasi Kendaraan

Informasi unit kendaraan sangat dibutuhkan dalam sistem asuransi mobil. Sebab, status unit kendaraan berpengaruh terhadap preminya. Status premi asuransi dipengaruhi oleh harga unit mobilnya. Adapun faktor pembentuk harga mobil diantaranya merek, jenis, tahun aktivasi, hingga zonasi menurut plat nomornya. Adapun detail informasi persyaratan asuransi mobil terkait dengan aktivasi polis perlindungan asuransi secara umum adalah sebagai berikut:

1. Informasi Proses Registrasi Asuransi Mobil.

asuransi mobil

Proses registrasi jenis asuransi mobil membutuhkan beberapa informasi terkait status ada tidaknya kerusakan pada unit mobil sebelum pembelian polis. Kebijakan ini berlaku untuk mobil baru hingga second. Lalu, untuk unit mobil baru yang belum memiliki STNK maka wajib melampirkan informasi berupa Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) atau Berita Acara Serah Terima Kendaraan (BASTK). Dokumen diperlukan untuk asuransi mobil ini memiliki informasi terkait nomor rangka dan mesin kendaraannya.

Bagi pemilik mobil baru yang belum memiliki STNK maka tidak perlu melengkapi informasi dengan mengunggah video unit kendaraannya saat registrasi asuransi mobil. Meski demikian, mobil baru dengan tahun keluaran sekarang dan sudah memiliki STNK maka wajib mengunggah video kondisi unitnya.

2. Informasi Proses Klaim Asuransi Mobil.

Proses klaim mobil asuransi tetap membutuhkan beberapa informasi terkait kondisi unit kendaraannya. Beberapa informasi terkait kerusakannya tersebut bisa dihadirkan melalui upload foto atau video unitnya. Informasi lain terkait persyaratan asuransi mobil yang wajib tersedia adalah status aktivasi SIM Pengemudi, KTP, hingga STNK. Jika STNK tidak aktif karena pajak tahunan belum dibayarkan, maka bisa dibantu oleh perusahaan asuransi. Namun, aktivasi wajib dilakukan untuk pajak 5 tahunan karena berpengaruh terhadap BPKB.

asuransi mobil

Informasi Pengemudi

Pengemudi menjadi bagian penting dalam sistem asuransi mobil. Sebab, status pengemudi menjadi kunci utama dalam proses klaim. Terlepas dari jenis asuransi mobil, adapun informasi pengemudi yang wajib disertakan adalah SIM pengemudi. SIM Pengemudi menjadi acuan informasi terutama untuk memastikan masa aktivasinya. Sebab, untuk klaim posisi SIM harus aktif karena mengacu kepada regulasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Formulir Permohonan Asuransi Mobil

Saat melakukan aktivasi polis, maka nasabah wajib mengisi form yang tersedia secara elektronik sebagai bagian dokumen diperlukan untuk asuransi mobil. Adapun beberapa data primer yang diunggah adalah merk mobil, model, tipe unitnya, tahun aktivasi, hingga kode area atau kota plat nomornya. Dari pengisian form tersebut nantinya akan diketahui nilai preminya. Adapun nilai premi asuransi mobil bisa dimodifikasi disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Artinya, nasabah bisa menentukan harga terbaik dengan skema perlindungan maksimal.

Selain mengisi data registrasi mobil asuransi melalui formulir, nasabah juga melakukan upload dokumen. Adapun dokumen yang disertakannya adalah KTP, SIM dan STNK yang masih berlaku. Ada juga upload persyaratan asuransi mobil tambahan berupa video mobil lengkap dengan odometer. Secara catatan, cover tidak diberikan bagi mobil yang mengalami kerusakan body sebelum proses pembelian polisnya.

asuransi mobil

Dokumen Tambahan

Ada beberapa dokumen atau persyaratan tambahan sistem asuransi mobil yang wajib disertakan untuk menjadi member brand terpercaya insureka!. Dokumen tambahan tersebut bahkan wajib ada saat nasabah melakukan registrasi hingga proses pengajuan klaimnya. Adapun dokumen yang dimaksud menurut jenis asuransi mobil tersebut adalah:

1. Dokumen Tambahan Saat Registrasi.

Saat melakukan registrasi, nasabah wajib menyertakan dokumen tambahan sebagai syarat kelengkapan administrasi. Adapun dokumen diperlukan untuk asuransi mobil tersebut adalah foto panel atau video kondisi unit mobilnya. Selain gambaran kondisi body, nasabah juga wajib menyertakan data terkait odometer mobil.

2. Dokumen Tambahan Saat Klaim Asuransi Mobil.

Klaim asuransi mobil menjadi hak setiap nasabah. Meski demikian, ada beberapa dokumen tambahan yang wajib disertakan untuk mempercepat proses klaimnya. Adapun data atau dokumen tambahan yang disertakan berupa foto atau video kerusakan mobil.

Ada juga dokumen lain mobil asuransi berupa Surat Keterangan Kepolisian untuk klaim Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga, Huru Hara, Terorisme-Sabotase, dan lainnya. Untuk klaim Cedera/Meninggal maka menyertakan Kuitansi Rumah Sakit juga Surat keterangan Kematian.

asuransi mobil

Informasi Pembayaran dan Penagihan

Pembayaran transaksi sebagai persyaratan asuransi mobil menjadi kunci akhir untuk aktivasi polis elektronik brand terpercaya insureka!. Secara teknis, insureka! menawarkan beberapa opsi pembayaran saat melakukan registrasi pembelian polis asuransi. Proses pembayaran jenis asuransi mobil tersebut bisa dilakukan melalui opsi sebagai berikut:

  1. Virtual Account, bisa diakses melalui Bank Mandiri, BNI, BRI, dan Permatan.
  2. QRIS, bisa dilakukan melalui BCA.
  3. Metode Pembayan Lain Mobil Asuransi, prosesnya transfer melalui ShopeePay, GoPay, OVO, dan Kartu Kredit. Sebagai catatan, Kartu Kredit wajib full payment.

Untuk penagihan bisa mengarah kepada status Own Risk (OR). OR memiliki nilai sekitar Rp300 Ribu per Kejadian. Pembayaran OR dilakukan setelah proses perbaikan unit kendaraan secara menyeluruh selesai.

Proses Klaim dan Dokumentasi

Proses klaim asuransi mobil bisa dilakukan oleh nasabah melalui website atau Aplikasi insureka!. Sebagai catatan, proses klaim idealnya dilakukan secepatnya. Proses klaim dilakukan kurang dari 5 hari kalender pasca belitan insiden risiko. Adapun proses proses klaim asuransi mobil sangat ditentukan oleh kelengkapan dokumen diperlukan untuk asuransi mobil hingga estimasi lama proses perbaikan unitnya di bengkel. Sebab, proses kecepatan perbaikan unit kendaraannya sangat bergantung kepada level kerusakan hingga ketersediaan sparepart.

asuransi mobil

Perpanjangan dan Pembaruan Kebijakan

Status polis memiliki keterbatasan masa aktivasinya. Durasi masa aktivasinya adalah 1 tahun. Untuk menikmati layanan proteksi asuransi mobil secara penuh, maka nasabah memiliki opsi perpanjangan polis asuransinya. Proses perpanjangan polis bisa dilakukan melalui website atau Aplikasi insureka!. Adapun alur regulasi persyaratan asuransi mobil yang dilaluinya adalah sebagai berikut:

  1. Jatuh tempo masa berakhirnya polis asuransi mobil adalah pukul 12.00 WIB pada hari masa aktifnya habis.
  2. Sebelum masa berakhirnya polis mobil asuransi, pihak Customer Service insureka! akan mengingatkan nasabah. Pemberitahuan ini dimulai 30 hari sebelum jatuh tempo berakhirnya polis. Secara periodik, masa pemberitahuan tersebut akan dilakukan setiap 7 atau 4 hari sekali hingga H-1 dari batas masa aktifnya.
  3. Jika perpanjangan polis jenis asuransi mobil dilakukan sebelum jatuh tempo, maka nasabah hanya perlu melakukan registrasi ulang melalui website atau Aplikasi insureka!.
  4. Jika perpanjangan dilakukan setelah polis kadaluwarsa, maka proses aktivasi dilakukan seperti saat pembelian awal melalui website atau Aplikasi insureka!. Selain mengisi informasi sistem asuransi mobil, nasabah juga mengunggah dokumen diperlukan untuk asuransi mobil utama dan foto/video kondisi unit mobilnya.
asuransi mobil

FAQ

Bagaimana asuransi mobil menguntungkan saya jika terjadi kecelakaan?

Asuransi mobil memberikan value besar saat sebuah risiko datang membelit. Sebab, kerugian pembiayaan yang ditimbulkannya akan dialihkan secara proporsional sesuai regulasi polis kepada perusahaan asuransi. Pelanggan yang sedang berhadapan dengan risiko hanya perlu mengajukan klaim asuransi menurut regulasi yang berlaku. Regulasi klaim yang wajib diperhatikan diantaranya proses pengajuannya dilakukan kurang dari 5 hari kalender setelah risiko muncul.

Klaim akan ditolak oleh perusahaan asuransi mobil jika pengajuannya melebihi deadline 5 hari tersebut. Pengajuan klaim mobil asuransi juga didasarkan atas polis asuransinya, lalu dokumen persyaratan dilengkapi dan valid. Pengajuan klaim bisa dilakukan secara online melalui Aplikasi insureka! atau website-nya.

Dapatkah saya membeli asuransi mobil secara online, dan dokumen apa yang saya butuhkan untuk pembelian online?

Pembelian asuransi mobil bisa dilakukan online melalui smartphone masing-masing yang terkoneksi dengan jaringan internet. Pelanggan hanya perlu mengakses website insureka! atau aplikasinya. Persyaratan dokumen diperlukan untuk asuransi mobil hanyalah STNK, Foto Panel Mobil, dan SIM. Adapun tahapan alur registrasi yang dilewati adalah:

  1. Melakukan input dokumen utama.
  2. Memilih polis asuransi mobil sesuai kebutuhan.
  3. Memasukan data profil unit kendaraannya secara lengkap.
  4. Melakukan transaksi pembayaran.

Untuk pembayaran persyaratan asuransi mobil bisa dilakukan melalui beberapa opsi. insureka! menawarkan teknis pembayaran melalui Virtual Account melalui BRI, Bank Mandiri, Bank Permata, dan BNI. Opsi lainnya melalui QRIS yang bisa diakses melalui BCA. Ada juga metode pembayaran lainnya melalui transfer OVO, ShopeePay, GoPay, hingga Kartu Kredit. Meski demikian, catatan diberikan untuk Kartu Kredit karena statusnya wajib full payment.

asuransi mobil

Bagaimana saya bisa memastikan proses klaim yang lancar?

Proses klaim dijamin lancar jika pelanggan memenuhi beberapa aspek yang menjadi prasyarat. Adapun beberapa alur sistem asuransi mobil yang bisa dipahami adalah:

  1. Pengajuan klaim dilakukan sesegera mungkin. Maksimal pengajuan klaim setelah 5 hari pasca munculnya risiko.
  2. Memastikan status polis mobil asuransi selalu aktif dan klaim yang diajukan tertera di dalam polisnya.
  3. Pastikan klaim diajukan dengan disertai dokumen yang lengkap.
  4. Pastikan tertanggung menerima SPK dari perusahaan asuransi agar unit mobil bisa dibawa ke bengkel secepatnya untuk diperbaiki.
  5. Tertanggung melakukan pembawayan Own Risk (OR) kepada pihak bengkel sebagai persyaratan asuransi mobil setelah perbaikan mobil selesai.
  6. Customer Service (CS) insureka! akan menghubungi dan melakukan update perkembangan klaim tertanggung. Tertanggung juga bisa melihat status klaim asuransinya melalui Aplikasi insureka!.

Kesimpulan

Brand terpercaya insureka! menawarkan beragam kemudahan administrasi mulai dari registrasi hingga proses klaim asuransi mobil. Secara umum ada beberapa dokumen utama yang wajib disertakan saat registrasi atau klaim sebagai persyaratan asuransi mobil seperti, SIM, STNK, dan KTP. Hal utama yang wajib diperhatikan adalah dokumen diperlukan untuk mobil asuransi tersebut belum kadaluwarsa atau masa aktivasinya masih berlaku.

Selain dokumen diperlukan untuk asuransi mobil, nasabah juga wajib menyertakan beberapa informasi tambahan saat registrasi atau klaim. Untuk proses registrasi, informasi tambahan yang disertakan adalah foto atau video kondisi mobil hingga odometer. Proses klaim asuransi mobil menyertakan dokumen tambahan Surat Keterangan Kepolisian untuk kondisi tertentu. Jika klaim jenis asuransi mobil didasarkan atas status cedera hingga meninggal maka wajib menyertakan informasi tambahan berupa Kuitansi Pembayaran Rumah Sakit hingga Surat Keterangan Kematian.(*)

whatsup