Daftar Perusahaan Asuransi Mobil di Indonesia

Asuransi Mobil Online Terbaik

Asuransi Mobil Online Terbaik

PERUSAHAAN asuransi sebagai opsi akses perlindungan atas risiko tersedia sangat banyak di Indonesia. Mengalami fluktuasi setiap tahunnya, jumlah institusi pelaku industri asuransi yang bisa dipilih saat dalam komposisi terbaik. Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), ada sekitar 152 perusahaan pelaku industri asuransi yang aktif. Dari komposisi tersebut, salah satunya adalah brand terpercaya insureka! dengan produk perlindungan asuransi mobil berikut:

1. Comprehensive Premium.

2. Total Loss Only (TLO).

3. Comprehensive Basic.

4. Katastropik Polis.

5. Perlindungan Hybrid.

Sebagai sebuah perseroan asuransi mobil di Indonesia, jumlah industri asuransi yang aktif memang mengalami fluktuasi dalam 9 tahun terakhir. Untuk tahun 2022, jumlah industri asuransi yang aktif mencapai angka 152 perusahaan. Jumlah tersebut mengalami pertambahan 2,01% dari tahun sebelumnya. Sebab, sepanjang tahun 2021 jumlah perseroan industri asuransi yang aktif hanya mencapai jumlah 149 perusahaan. Adapun komposisi aktif industri asuransi dalam 9 tahun terakhir adalah:

  1. Tahun 2022, Jumlah Aktivasi 152 Perusahaan.
  2. Tahun 2021, Jumlah Aktivasi 149 Perusahaan.
  3. Tahun 2020, Jumlah Aktivasi 148 Perusahaan.
  4. Tahun 2019, Jumlah Aktivasi 151 Perusahaan.
  5. Tahun 2018, Jumlah Aktivasi 151 Perusahaan.
  6. Tahun 2017, Jumlah Aktivasi 152 Perusahaan.
  7. Tahun 2016, Jumlah Aktivasi 146 Perusahaan.
  8. Tahun 2015, Jumlah Aktivasi 146 Perusahaan.
  9. Tahun 2014, Jumlah Aktivasi 141 Perusahaan.

Mengacu kepada komposisi daftar perusahaan asuransi mobil pada 2022 tersebut, sedikitnya ada 78 perusahaan yang memiliki genre asuransi umum. Artinya, jumlah perusahaan asuransi umum sangat dominan saat ini. Perseroan asuransi umum adalah perusahaan yang memberikan jasa pertanggungan risiko kepada pemegang polis. Adapun cakupan proteksi yang diberikan atas risiko yang muncul adalah sebagai berikut:

  1. Risiko kerugian.
  2. Risiko pembiayaan.
  3. Risiko kehilangan keuntungan.
  4. Risiko atas tanggung jawab hukum pada pihak ketiga.

Semakin menarik, ada sekitar 223 perusahaan penunjang asuransi yang beroperasi sepanjang tahun lalu. Adapun komposisi perusahaan asuransi mobil tersebut diantaranya 155 pialang asuransi, 41 pialang reasuransi, dan 27 perusahaan penilai kerugian asuransi. Ada juga tiga perusahaan penyelenggara asuransi dengan basis ASN, TNI, dan Polri. Slot komposisi lainnya diisi oleh program asuransi sosial hingga jaminan sosial tenaga kerja.

Daftar Perusahaan Asuransi Mobil di Indonesia

Memahami Asuransi Mobil di Indonesia

Indonesia memang menawarkan beragam genre perusahaan asuransi, termasuk umum. Perusahaan umum asuransi tersebut secara basic memberikan proteksi atas berbagai level kerusakkan yang ditimbulkan oleh risiko. Asuransi juga menjadi solusi atas kerugian total yang ditimbulkan oleh kehilangan unit akibat tindak pencurian. Sebab, hal ini sesuai dengan karakter kegiatan usaha industri asuransi yaitu:

  1. Jasa pertanggungan juga pengelolaan atas risiko.
  2. Pertanggungan ulang atas risiko.
  3. Distribusi produk asuransi.
  4. Konsultasi asuransi.
  5. Penilai kerugian asuransi.

Menjadi faktor pengalihan atas risiko, ada beragam produk dan kebijakan yang ditawarkan oleh perseroan asuransi mobil. Sebut saja, brand terpercaya insureka! yang menawarkan sistem dengan basis teknologi digital. Proses registrasi dan klaimnya cukup dijalankan melalui website atau Aplikasi insureka!. insureka! juga memberikan beragam benefit, termasuk diskon 25% dan cashback 20% dengan Syarat juga Ketentuan Berlaku. Artinya, nasabah memiliki efisiensi hingga 45% dalam setahun. Produknya juga sangat spesifik menjawab kebutuhan nasabah, seperti:

1. Comprehensive Premium.

Comprehensive Premium menjadi polis yang disiapkan untuk menjawab potensi risiko para nasabah dengan tingkat berkendara sangat tinggi setiap harinya. Tingginya mobilitas pun semakin memperbesar potensi munculnya risiko.

2. Total Loss Only (TLO).

TLO didesain sebagai polis yang super ramah terhadap mobil bekas dan tua. Polis perusahaan asuransi ini idealnya diterapkan pada mobil dengan usia di atas 5 tahun. Lebih lanjut, polis ini menawarkan beragam efisiensi ekonomi karena nilai preminya sangatlah murah.

3. Comprehensive Basic.

Comprehensive Basic menjadi polis yang ideal diterapkan oleh nasabah dengan intensitas berkendara tidak tinggi atau sedang. Basic kerangka perlindungannya kompetitif dan level proteksinya bisa didorong maksimal dengan aktivasi fitur opsionalnya.

4. Katastropik Polis.

Katastropik Polis bagi asuransi mobil di Indonesia menjadi solusi terbaik nasabah yang tinggal di daerah rawan banjir. Proteksi yang diberikannya menyasar blok mesin hingga interior mobilnya.

5. Perlindungan Hybrid.

Perlindungan Hybrid menjadi polis terbaik untuk mendukung bisnis. Polis ini ideal diterapkan oleh nasabah yang memiliki bisnis rental mobil. Proteksinya merupakan kombinasi antara Comprehensive dan TLO. Untuk kerangka dasarnya tetap TLO.

Perusahaan Asuransi Mobil Teratas di Indonesia

Saat ini memang ada banyak opsi daftar perusahaan asuransi mobil yang aktif di Indonesia. Mereka merupakan perusahaan papan atas industri perasuransian di Indonesia. Perusahaan tersebut menawarkan beragam keunggulannya masing-masing. Meski demikian, secara umum perusahaan tersebut memberikan basic manfaat yang sama. Adapun manfaat perusahaan asuransi mobil yang bisa dinikmati oleh para nasabah adalah:

  1. Asuransi mobil sebagai pelindung pendapatan dari belitan risiko yang datang.
  2. Asuransi sebagai garansi rencana masa depan karena menjadi proteksi uang dari kerugian pembiayaan.
  3. Asuransi mobil menjadi garansi atas perlindungan terhadap nasabah dari kerugian risiko.
  4. Asuransi menjadi bentuk investasi yang memberikan harapan masa depan lebih baik.

Lebih lanjut, perusahaan asuransi mobil tersebut juga terus melakukan inovasi. Selain produk asuransi mobil, inovasi juga diberikan melalui layanannya untuk memudahkan nasabah. Seperti insureka!, industri asuransi saat ini harus mengembangkan teknologi digital. Sebab, digital saat ini sudah menjadi lanskap bisnis asuransi secara menyeluruh. Teknologi digital membuka customer experience yang lebih baik dan bermanfaat bagi nasabahnya. Tidak kalah penting, pasar saat ini sudah terkoneksi secara digital.

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Asuransi Mobil

Dengan banyak opsi produk hingga perusahaan asuransi mobil yang ditawarkan, nasabah pun diminta responsif dalam memilihnya. Basic dari asuransi adalah memberikan perlindungan. Ada beberapa aspek dari perusahaan sistem asuransi yang wajib diperhatikan. Sebab, sebuah sistem industri asuransi mobil wajib memiliki aspek-aspek sebagai berikut:

1. Aspek Insurable Interest.

Aspek ini menjadi hak seseorang untuk memiliki akses proteksi dari risiko. Hak ini otomatis muncul saat perjanjian atau polis asuransi diaktivasi dan memiliki kekuatan hukum.

2. Aspek Utmost Good Faith.

Aspek asuransi mobil ini menjadi bentuk itikad baik. Artinya, ada transparansi atas berbagai hal menyangkut perjanjian yang tertuang dalam polis. Semua data dan informasi harus valid.

3. Aspek Indemnity.

Aspek ini menjadi bentuk ganti rugi atas setiap risiko yang muncul dan tertuang dalam polis.

Penghargaan insureka!

4. Aspek Subrogation.

Aspek ini memberikan jaminan bahwa proteksi yang diberikan asuransi mampu menyelesaikan setiap risiko yang muncul dengan penyertaan pihak ketiga.

5. Aspek Contribution.

Contribution menjadi bentuk kolaborasi antara beberapa perusahaan asuransi untuk menyelesaikan setiap risiko yang muncul.

6. Aspek Proximate Cause.

Perinsip ini adalah Kausa Proksimal yang memastikan setiap risiko yang muncul pasti ada pemicunya. Artinya, ganti rugi atau klaim diberikan kepada nasabah sesuai dengan klausul yang tertera di dalam polis. Nah, disinilah diperlukan kejelian nasabah dalam mendesain sistem proteksinya dari awal. Artinya, fasilitas perluasan coverage melalui aktivasi fitur opsional harus dioptimalkan.

Cara Membandingkan dan Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Nasabah memang memiliki opsi dalam menentukan produk hingga perusahaan asuransi mobil di Indonesia. Untuk itu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat memilih asuransi mobil termasuk dengan membandingkannya. Cara tersebut adalah:

1. Pemilihan Produk Asuransi Sesuai Kebutuhannya.

Produk asuransi harus disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Apalagi, insureka! sudah menyiapkan produk asuransinya sesuai dengan kebutuhan nasabah.

2. Memastikan Kredibilitas Perusahaan Asuransinya.

Kredibilitas perusahaan menjadi hal utama. Sebab, daftar perusahaan asuransi mobil ini menyangkut kelangsungan ‘investasi’ yang sudah diberikan oleh nasabah. Idealnya sebuah perusahaan dengan basic asuransi juga terafiliasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Memastikan Ketersediaan Jaringan Bengkel yang Luas.

Industri asuransi idealnya memiliki koneksi jaringan bengkel yang luas. Artinya, sebaran bengkel tersebut bisa langsung menyelesaikan setiap risiko yang muncul secara cepat dan tuntas. Dan, insureka! sudah menyiapkan koneksi bengkel +490 di berbagai wilayah Indonesia.

4. Memahami Benefit Produk secara Detail.

Produk asuransi saat ini memiliki beragam spesifikasi penggunaannya. Untuk itu, nasabah wajib mengetahui beragam keuntungan yang dimiliki oleh produk-produk tersebut.

5. Tetap Melakukan Komparasi Segala Aspek dan Ilustrasi.

Komparasi menjadi cara terbaik untuk menguji aspek plus atau minus sebuah sistem perusahaan asuransi mobil hingga produk asuransi. Dengan begitu, nasabah memiliki banyak referensi untuk memutuskan produk bahkan perusahaan dari asuransi yang akan dipilihnya.

6. Memperhatikan Usia Unit Mobilnya.

Usia mobil sangat berpengaruh terhadap produk asuransi yang akan diterapkan. Untuk mobil baru, nasabah idealnya menggunakan produk Comprehensive Premium atau Comprehensive Basic. Adapun untuk usia mobil di atas 5 tahun bisa mengoptimalkan produk TLO.

7. Menghitung Ketersediaan Anggaran.

Ketersediaan anggaran menjadi hal mendasar dalam menentukan formulasi produk perlindungan. Terlepas dari itu, insureka! sudah memberikan diskon 25% dan cashback 20% bila registrasi dilakukan saat ini. Nasabah pun memiliki efisiensi pembiayaan atas risiko hingga 45% dalam satu tahun.

Daftar Perusahaan Asuransi Mobil di Indonesia

FAQ

Apakah Asuransi Mobil Wajib di Indonesia?

Asuransi menjadi sebuah kebutuhan penting. Hal ini mengingat risiko bisa muncul setiap saat dengan potensi kerugian yang ditimbulkan maksimal. Melalui aktivasi produk perlindungan asuransi, beban pembiayaan risiko bisa dibagi secara proporsional dengan perusahaan asuransi.

Apa Saja Jenis Polis Asuransi Mobil yang Tersedia di Indonesia?

Ada beragam polis asuransi yang tersedia, seperti Comprehensive Premium, Total Loss Only, Comprehensive Basic, Perlindungan Hybrid, dan Katastropik Polis.

Faktor Apa yang Dapat Mempengaruhi Premi Asuransi Mobil Saya di Indonesia?

Premi asuransi merupakan bentuk perkalian antara Persentase Premi dengan Harga Mobil per Kategori. Adapun besaran Persentase Premi didasarkan atas kategori harga mobil menurut tipe, jenis, dan tahun aktivasinya.

Bisakah Saya Membeli Asuransi Mobil Secara Online di Indonesia?

Dengan sistem digital yang dimilikinya, setiap nasabah bisa melakukan pembelian bahkan klaim secara online. Untuk insureka!, proses registrasi dan klaim bisa dilakukan melalui website atau Aplikasi insureka! dengan media Smartphone.

Kesimpulan

Nasabah memiliki banyak opsi dalam memilih perusahaan asuransi hingga produknya. Sebab, jumlah perusahaan yang aktif di Indonesia sangat maksimal. Produknya juga beragam, beberapa bahkan mengalami diversifikasi. Meski demikian, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam memilih perusahaan atau produk asuransi.

Di antara banyak sistem asuransi mobil yang tersedia di Indonesia, rekomendasi terbaik diberikan oleh brand terpercaya insureka!. Produk yang ditawarkan sudah disiapkan sesuai kebutuhan nasabah. Registrasi dan klaimnya mudah secara online. Sistemnya digital berbasis Artificial Intelligence sehingga lebih akuntabel dan transparan. insureka! juga memastikan efisiensi pembiayaan premi hingga 45% dalam satu tahun dengan Syarat juga Ketentuan Berlaku.(*)

whatsup