Asuransi Mobil dan Tips Keselamatan Jalan

Asuransi Mobil Online Terbaik 2023

Asuransi Mobil dan Tips Keselamatan Jalan

KESELAMATAN berkendara menjadi opsi terbaik untuk terhindar dari beragam potensi risiko meski proteksinya asuransi mobil. Hanya saja, status risiko biasanya datang tidak terduga meski dalam kondisi kehati-hatian dan kewaspadaan penuh. Sebab, ada beragam faktor yang bisa memicu risiko. Selain faktor manusia, risiko juga bisa dipicu aspek fisik unit mobil hingga faktor alam. Meski demikian, sikap tertib berkendara wajib dikedepankan sebagai preventif dan menjaga keselamatan berkendara.

Tertib berlalu lintas menjadi hal utama untuk kiat mengemudi yang aman dan menekan tingkat kerugian akibat risiko. Semua harus berlaku taat, sebab data BPS menempatkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kematian tinggi yang dipicu kecelakaan di kawasan ASEAN. Sejak rentang 2019 hingga 2021, peningkatan insiden tersebut mencapai 103.645 kasus. Mengedepankan perilaku tertib berlalu lintas, ada beberapa treatment untuk menekan potensi risiko seperti:

  1. Manajemen keselamatan berlalu lintas yang baik.
  2. Dukungan riil dan regulasi dari pemerintah daerah.
  3. Vision zero untuk menekan potensi risiko dengan background kecelakaan.

Selain berlaku tertib berlalu lintas, pengguna jalan raya juga idealnya melindungi unit mobilnya dengan skema perlindungan asuransi. Sebab, ada beragam produk perlindungan asuransi mobil yang bisa diaplikasikan secara menyeluruh. Menjadi solusi atas berbagai risiko yang muncul dalam bentuk kerusakan unit akibat kecelakaan hingga kehilangan mobilnya dengan pemicu tindak pencurian. Salah satu rekomendasi sistem proteksi dan jenis asuransi mobil diberikan oleh brand terpercaya insureka! melalui produk sebagai berikut:

1. Polis Comprehensive Premium.

2. Polis Perlindungan Hybrid.

3. Polis Total Loss Only (TLO).

4. Katastropik Polis.

5. Polis Comprehensive Basic.

Mengapa Asuransi Mobil Sangat Penting

Perilaku tertib berlalu lintas untuk kiat mengemudi yang aman merupakan salah satu preventif untuk menekan laju angka risiko yang muncul di jalan raya. Dihimpun dari berbagai sumber, angka risiko dalam bentuk kecelakaan dalam 5 tahun terakhir cenderung mengalami kenaikkan. Hingga September 2023, angka kecelakaan sudah mencapai 155 Ribu kasus. Adapun gambaran angka kecelakaan di Indonesia sepanjang rentang 2020 hingga September 2023 adalah:

  1. Tahun 2023, Jumlah Kecelakaan 155 Ribu Kasus.
  2. Tahun 2022, Jumlah Kecelakaan 131,5 Ribu Kasus.
  3. Tahun 2021, Jumlah Kecelakaan 103,6 Ribu Kasus.
  4. Tahun 2020, Jumlah Kecelakaan 100,03 Ribu Kasus.

Melihat tingginya kasus risiko di jalan raya, sudah seharusnya treatment dan preventif diberlakukan. Sebagai preventif penekan kerugian yang dimunculkan risiko kecelakaan, maka aktivasi polis asuransi mobil menjadi solusi ideal. Sebab, polis asuransi memberikan perlindungan menyeluruh bagi berbagai level kerusakan hingga kehilangan unit yang dipicu tindak pencurian. Harga yang ditawarkannya juga terjangkau. insureka! akan memberikan diskon 25% dan cashback 20% jika registrasi dilakukan saat ini.

Asuransi Mobil dan Tips Keselamatan Jalan

Jenis Asuransi Mobil

Berkembang menjadi mitigasi dan preventif atas risiko, ada beragam jenis asuransi mobil yang bisa diaplikasikan. Apalagi, insureka! memberikan beragam kemudahan mulai dari registrasi dan klaim yang dijalankan secara online. Kehadiran diskon dan cashback saat registrasi juga memberikan efisiensi maksimal pembiayaan atas risiko hingga 45% setahun. Semakin kompetitif, insureka! memberikan batasan implementasi polis yang jelas sesuai kebutuhan nasabahnya. Maping-nya adalah:

1. Polis Comprehensive Premium.

Polis tersebut sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki rasio berkendara sangat tinggi setiap harinya. Sebab, tingginya rasio berkendara berbanding luruh dengan potensi risikonya.

2. Polis Total Loss Only (TLO).

TLO menjadi solusi perlindungan bagi mobil second dan tua. Terlepas dari tips keselamatan jalan, idealnya polis ini diterapkan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun. Sebab, ada beragam efisiensi ekonomi yang ditawarkan secara maksimal.

3. Polis Perlindungan Hybrid.

Perlindungan Hybrid menggabungkan antara Comprehensive dengan TLO. Basic kerangka penyusunnya tetap TLO. Memiliki karakter unik, mobil ini ideal diaplikasikan oleh nasabah pemilik rental mobil.

4. Katastropik Polis.

Jenis asuransi mobil ini spesifik sebagai solusi atas isu perubahan iklim yang berkembang. Dengan keunikan yang ditawarkannya, polis ini menjadi solusi atas risiko yang dipicu oleh banjir. Artinya, fitur ini sangat ideal diterapkan oleh nasabah yang tinggal pada daerah rawan banjir.

5. Polis Comprehensive Basic.

Comprehensive Basic menjadi polis yang cocok digunakan oleh nasabah yang memiliki tingkat berkendara sedang atau tidak tinggi. Penyesuaian diberikan melalui komposisi fitur perlindungan included dan opsionalnya.

Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi Mobil

Menggunakan asuransi mobil sebagai formula perlindungan atas berbagai risiko, sejatinya ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Acuan penetapan premi adalah regulasi surat edaran Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017. Secara umum perhitungan Premi Asuransi adalah Persentase Premi dikalikan dengan Harga Mobil per Kategori. Adapun acuan Persentase Premi (PP) adalah sebagai berikut:

1. Harga Mobil Kategori I Rp 125 Juta.

-PP Wilayah 1: 3,82%–4,20%.

-PP Wilayah 2: 3,26 –3,59%.

-PP Wilayah 3: 2,53%–2,78%.

2. Harga Mobil Kategori II Rp 125 Juta - Rp 200 Juta.

-PP Wilayah 1: 2,67%–2,94%.

-PP Wilayah 2: 2,47%–2,72%.

-PP Wilayah 3: 2,69%–2,96%.

3. Harga Mobil Kategori III Rp200 Juta - Rp 400 Juta.

-PP Wilayah 1: 2,18%–2,40%.

-PP Wilayah 2: 2,08%–2,29%.

-PP Wilayah 3: 1,79%–1,97%.

4. Harga Mobil Kategori IV Rp 400 Juta - Rp 800 Juta.

-PP Wilayah 1: 1,20%–1,32%.

-PP Wilayah 2: 1,20 –1,32%.

-PP Wilayah 3: 1,14%–1,25%.

5. Harga Mobil Kategori V Lebih Rp 800 Juta.

-PP Wilayah 1: 1,05%–1,16%.

-PP Wilayah 2: 1,05%–1,16%.

-PP Wilayah 3: 1,05%–1,16%.

Cara Menghemat Asuransi Mobil

Premi asuransi mobil memang dihadirkan sehijau mungkin. Apalagi, insureka memberikan diskon 25% dan cashback 20% hingga memberikan efisiensi pembiayaan perlindungan mobil 45% dalam satu tahun. Meski demikian, nasabah bisa melakukan penghematan atas skema pembiayaannya. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membuat premi asuransi mobil yang dijalankan sangat efisien dan efektif. Untuk treatment-nya adalah berikut:

  1. Sebelum membeli mobil pastikan merek, model, dan tahun aktivasinya proporsional.
  2. Menaikkan status nilai risiko diri sendiri.
  3. Berkendara sesuai dengan kebutuhan dan efektif.
  4. Melakukan penukaran polis dan modifikasi.
  5. Idealnya bersih dari catatan negatif Kepolisian.

Penghargaan insureka!

Tips Keselamatan Jalan

Untuk menekan risiko dan menaikkan nilai atas diri sendiri, panduan tertib berlalu lintas untuk keselamatan jalan idealnya dijalankan secara penuh. Meski demikian, nasabah juga bisa menjalankan beberapa treatment untuk menciptakan keselamatan berkendara di jalan raya. Adapun kiat mengemudi yang aman adalah sebagai berikut:

1. Memahami Pergerakan Unit Kendaraan.

Pergerakan setiap unit mobil tergantung dari penggunanya. Untuk itu, dinamika pergerakan mobil harus dipahami terutama saat menikung, berakselerasi, dan mengerem.

2. Selalu Menjaga Jarak Aman.

Menjaga jarak aman menjadi opsi terbaik untuk menekan risiko berkendara. Adapun jarak aman bisa diterapkan dengan margin minimal 3 detik. Kecepatan yang diterapkannya adalah 40 Km per Jam.

3. Waspada dengan Kondisi Sekitar.

Saat berada di jalan raya, pengemudi wajib memastikan jalur atau alur yang dipilih sudah sepenuhnya aman. Pengemudi tidak lagi berasumsi akan gerakan mobil lain di sekitarnya.

4. Responsif Terhadap Status Blind Spot.

Blind spot merupakan zona dimana pergerakan mobil sendiri dan lainnya sulit terpantau secara visual. Lalu, blind spot selalu dimiliki oleh unit mobil dan posisinya berbeda. Untuk menekan blind spot maka selalu rutin memastikan kondisi sekitar mobil setiap 5 hingga 8 detik.

5. Hindari Distraksi Saat Berkendara.

Aktivitas mengemudi harus dilakukan dengan tingkat konsentrasi penuh. Idealnya tidak ada aktivitas lain yang mengganggu hingga memunculkan distraksi.

Koneksi Antara Asuransi Mobil dan Keselamatan Jalan

Memahami berbagai trik berkendara, diharapkan potensi munculnya risiko bisa ditekan secara signifikan. Terlepas dari itu, masyarakat juga melakukan elaborasi dengan asuransi mobil. Sebab, beragam jenis asuransi mobil menjadi mitigasi preventif terbaik atas beragam potensi risiko yang muncul. Keduanya memiliki koneksi yang positif untuk sama-sama menghadirkan keamanan dan solusi menekan kerugian dari aktivitas berkendara di jalan raya.

Langkah yang Harus Diambil Setelah Kecelakaan

Terlepas dari kiat mengemudi yang aman, kecelakaan menjadi risiko yang harus dihindari. Sebab, potensi kerugian yang ditimbulkannya sangat besar. Selain pembiayaan, kecelakaan juga kerap menghadirkan kerugian berupa korban jiwa hingga melibatkan pihak ketiga. Meski demikian, ada berapa langkah yang harus dilakukan saat risiko berupa kecelakaan datang membelit, yaitu:

  1. Tetap tenang dan menganalisa atas situasi yang terjadi.
  2. Menghubungi pihak berwenang.
  3. Membuat dokumentasi atas atas kerusakan mobil dan kondisi sekitarnya.
  4. Menyiapkan kronologi kejadiannya.
  5. Segera menghubungi pihak perusahaan asuransi.

Asuransi Mobil dan Tips Keselamatan Jalan

FAQ

Bagaimana Cara Menghemat Uang untuk Asuransi Mobil?

Asuransi mobil selalu menghadirkan penghematan atau efisiensi pembiayaan, apapun produk yang digunakannya. Sebab, risiko kerap datang dalam kerugian maksimal atau total. Sesuai fungsinya, perusahaan asuransi akan mengalihkan kerugian yang dimunculkan oleh risiko tersebut.

Apa Saja Tips Safety Berkendara Bagi Pengemudi?

Pengemudi menjadi kunci penting untuk menekan potensi munculnya risiko. Untuk itu, seorang pengemudi idealnya memiliki beberapa aspek positif sebagai berikut:

  1. Memiliki portofolio positif.
  2. Memiliki pengetahuan berkendara yang baik.
  3. Memiliki kesadaran tinggi atas keselamatan berkendara.
  4. Memiliki skill mengemudi yang baik.
  5. Mematuhi semua rambu-rambu lalu lintas.

Apa yang Harus Saya Lakukan Setelah Kecelakaan Mobil?

Setelah insiden risiko muncul, idealnya pengemudi tenang dan membuat dokumentasi baik visual maupun kronologi kejadiannya. Pengemudi juga segera melaporkan kejadian tersebut kepada perusahaan asuransi guna melakukan klaim. Sebab, proses klaim harus dilakukan kurang dari 5 hari pasca insiden risiko.

Kesimpulan

Keselamatan berkendara dan asuransi mobil menjadis ebuah kesatuan untuk menekan munculnya risiko. Sebab, risiko bisa muncul setiap saat. Agar potensi kerugian yang ditimbulkannya maka aktivasi produk asuransi bisa dilakukan melalui produk insureka!. Produk perlindungan asuransi mobil yang bisa diterapkannya adalah Polis Comprehensive Premium, Comprehensive Basic, Total Loss Only (TLO), Perlindungan Hybrid, hingga Katastropik Polis.

Dengan aktivasi jenis asuransi mobil produk insureka!, nasabah akan mendapatkan beragam value. Sebab, ada efisiensi pembiayaan hingga 45% dalam setahun jika registrasi dilakukan saat ini. Sebab, ada diskon 25% dan cashback 20% sesuai Syarat dan Ketentuan Berlaku yang bisa dinikmati. Produk insureka! juga bisa diterapkan pada mobil pribadi hingga armada niaga, baik unit baru maupun second. Proteksi untuk unit second bahkan memanjang hingga 15 tahun.(*)

whatsup