Asuransi Mobil Bekas atau Lama: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Asuransi Mobil Bekas

Asuransi Mobil Bekas

ASURANSI mobil bekas tetap diperlukan sebagai sistem proteksi yang ideal. Sebab, mobil bekas atau lama justru membutuhkan treatment perawatan yang lebih rumit. Sebab, usia unit mobil sudah tidak lagi muda. Satu sisi beban aktivitasnya bisa dikatakan tetap atau bahkan bertambah tinggi. Untuk itu, agar value unit lama tetap stabil maka wajib diberikan sistem proteksi asuransi mobil bekas terutama produk dari brand terpercaya insureka!.

Saat ini jumlah mobil bekas atau di Indonesia sangatlah banyak. Mengacu data Korlantas Polri hingga Februari 2024, populasi kendaraan yang berada pada 34 provinsi di wilayah Indonesia sudah berada pada angka 160.652.675 Unit. Membutuhkan skema proteksi asuransi mobil tua, untuk kategori kendaraan roda 4 didominasi oleh mobil pribadi dengan jumlah 19.906.353 Unit, 269.476 Unit bus, mobil niaga 6.120.307 Unit, lalu ambulans juga pemadam kebakaran mencapai angka 154.372 Unit. Adapun populasi kendaraan terbesar menurut pulau adalah:

  1. Pulau Jawa, Jumlah Populasi Kendaraan 94 Juta Unit.
  2. Pulau Sumatera, Jumlah Populasi Kendaraan 32 Juta Unit.
  3. Pulau Kalimantan, Jumlah Populasi Kendaraan 11,6 Juta Unit.
  4. Pulau Sulawesi, Jumlah Populasi Kendaraan 9,8 Juta Unit.
  5. Pulau Bali, Jumlah Populasi Kendaraan 4,9 Juta Unit.
  6. Pulau Nusa Tenggara, Jumlah Populasi Kendaraan 3,2 Juta Unit.
  7. Pulau Papua, Jumlah Populasi Kendaraan 1,3 Juta Unit.
  8. Pulau Maluku plus Maluku Utara, Jumlah Populasi Kendaraan 747 Ribu Unit.

Lebih lanjut, jumlah populasi mobil tersebut pun tumbuh signifikan. Sebab, untuk kategori mobil berpenumpang jumlahnya berada pada kisaran angka 17,2 Juta unit hingga akhir 2022. Acuan informsi tersebut adalah data Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam sepuluh tahun terakhir, jumlahnya tumbuh signifikan hingga 65% atau 6,74 Juta unit. Membutuhkan proteksi asuransi mobil klasik, sebaran jumlah mobil 2022 terbanyak berada pada beberapa provinsi berikut:

  1. Jawa Barat, Jumlah Mobil 3,8 Juta Unit.
  2. DKI Jakarta, Jumlah Mobil 3,7 Juta Unit.
  3. Jawa Timur, Jumlah Mobil 2 Juta Unit.
  4. Jawa Tengah, Jumlah Mobil 1,4 Juta Unit.
  5. Sumatra Utara, Jumlah Mobil 730,9 Juta Unit.
  6. Sulawesi Selatan, Jumlah Mobil 564,1 Juta Unit.
  7. Bali, Jumlah Mobil 474,9 Juta Unit.
  8. Sumatra Selatan, Jumlah Mobil 412,1 Juta Unit.
  9. Riau, Jumlah Mobil 380 Juta Unit.
  10. DI Yogyakarta, Jumlah Mobil 378,6 Juta Unit.

Pentingnya Asuransi Mobil Bekas

Secara umum, mobil bekas merupakan unit yang diperjualbelikan setelah digunakan. Artinya, mobil bekas bukanlah unit baru yang baru keluar dari pabrik atau showroom. Untuk itu, treatment khusus tentunya wajib diterapkan untuk menjaga value-nya agar stabil melalui asuransi mobil untuk mobil yang lebih tua. Apalagi, harga mobil bekas tentunya lebih murah dari unit baru. Satu sisi, mobil sangat rentan terhadap faktor risiko. Risiko bisa datang kapan saja dengan menyisakan kerugian besar dari kerusakan hingga kehilangan unitnya.

Berbagai potensi kerugian tersebut dan untuk menjaga value unitnya, mobil bekas pun idealnya diproteksi dengan asuransi. Sebab, posisi asuransi memang sebagai faktor pengalih risiko. Adapun tipe asuransi mobil antik yang bisa diaplikasikan terdiri dari:

1. Polis Comprehensive Premium.

2. Polis Total Loss Only (TLO).

3. Polis Comprehensive Basic.

4. Polis Perlindungan Hybrid.

5. Katastropik Polis.

Asuransi Mobil Bekas

Jenis Pertanggungan Mobil Bekas atau Lama

Menjadi unit berharga, unit bekas memiliki beragam opsi perlindungan asuransi terbaik untuk mobil yang lebih tua. Apalagi, insureka! memberikan slot lebar bagi unit bekas hingga usia 15 tahun. Skenario perlindungan terbaik juga sudah disiapkan melalui Polis Total Loss Only (TLO). TLO sangat ideal diterapkan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun. TLO juga memberikan harga sangat murah dengan coverage perlindungan untuk kerugian total, seperti rusak berat lebih dari 75% hingga kehilangan mobilnya.

TLO produk insureka! sebagai asuransi mobil tua memiliki 5 fitur included sebagai basic proteksi. Fitur dasar tersebut terdiri dari Emergency Roadside Assistance (ERA), Pencurian oleh Pengemudi, Layanan Customer Service Pribadi untuk Pengajuan Klaim Anda, Hotline 24 Jam, hingga Aplikasi Seluler untuk Klaim. Adapun coverage perluasannya bisa dilakukan melalui 9 fitur opsional. Selain TLO, mobil bekas juga bisa diproteksi melalui Polis Comprehensive baik Premium maupun Basic.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi Mobil Bekas

Untuk mendapatkan sistem perlindungan yang ideal, maka aktivasi polis harus dilakukan. Saat melakukan aktivasi polis asuransi mobil, nasabah pun dikenai premi asuransi mobil antik. Premi asuransi merupakan iuran atau biaya yang harus dibayarkan nasabah untuk mendapatkan manfaat perlindungan asuransi mobil. Adapun besar kecilnya premi ditentukan menurut:

  1. Jenis polis asuransi yang diterapkan.
  2. Zona wilayah.
  3. Tipe, harga, hingga usia unit kendaraannya.
  4. Kelengkapan atau kompleksitas coverage perluasan fiturnya.

Cara Memilih Cakupan yang Tepat

Skenario perlindungan atas risiko tentunya wajib disesuaikan dengan kebutuhan. Kebutuhan proteksi asuransi mobil untuk mobil yang lebih tua yang dimaksud tersebut tentunya yang paling mendasar. Selain kelengkapan dan keluasan coverage, faktor harga hingga diskon yang diberikan juga wajib diperhatikan. Tujuannya untuk memberi efisiensi pembiayaan optimal. Untuk itu, pemilihan aktivasi komposisi fitur perlindungan idealnya didasarkan pada beberapa pertimbangan lainnya, yaitu:

  1. Legalitas dan kredibilitas perusahaan asuransi.
  2. Memiliki konektivitas bengkel yang luas.
  3. Mengetahui produk knowledge dan beragam manfaatnya.
  4. Melakukan komparasi dan simulasi komposisi skenario fitur proteksinya.
  5. Memperhatikan usia kendaraan hingga ketersediaan anggarannya.

Asuransi Mobil Bekas

Tips Menurunkan Biaya Asuransi Mobil Bekas atau Lama

Dibandingkan dengan manfaatnya, skema pembiayaan asuransi mobil bisa dikatakan lebih murah. Harga premi pun semakin miring dengan fasilitas promo yang diberikan. Untuk polis insureka!, nasabah bisa melakukan efisiensi pembiayaan proteksi hingga 45%. Hal ini tidak lepas dari diskon 25% dan cashback 20% yang diberikannya menurut syarat juga ketentuan yang berlaku. Meski demikian, ada beberapa treatment yang bisa dilakukan untuk menurunkan beban pembiayaan asuransi terbaik untuk mobil yang lebih tua:

  1. Menggali informasi produk perlindungan asuransi mobil, termasuk melakukan komparasi premi.
  2. Nasabah bisa meminta benefit lain untuk mendukung proteksinya saat melakukan registrasi.
  3. Unit kendaraan yang dipilih dan dibelinya harus tepat sejak awal.
  4. Menaikkan kompetensi berkendara dan waspada saat berada di jalan raya.
  5. Menambah fitur keamanan untuk mobil guna mencegah kerugian besar risiko.

Asuransi Mobil Klasik dan Antik

Mobil klasik atau antik tentunya menjadi aset yang sangat berharga. Perawatan dan perlindungan terbaik sudah tentu akan diberikan kepadanya. Untuk menyempurnakan treatment tersebut, maka implementasi asuransi mobil tua wajib diterapkan. Apalagi, ada beragam produk asuransi yang bisa diterapkan untuk mobil klasik atau antik tersebut. Adapun tips yang diperhatikannya adalah:

  1. Pemilihan polis disesuaikan dengan intensitas penggunaan unit mobilnya.
  2. Memperhatikan nilai nyata atau persetujuan saat insiden risiko muncul.
  3. Melihat faktor depresiasi hingga apresiasi unitnya.
  4. Regulasi untuk suku cadang pengganti saat risiko muncul.
  5. Komposisi coverage perlindungan yang diterapkannya.

Kesimpulan

Semua unit mobil idealnya diproteksi dari beragam potensi risiko yang muncul melalui asuransi mobil klasik. Bukan hanya mobil baru, unit bekas hingga antik atau klasik pun idealnya tetap mendapatkan proteksi khusus asuransi. Sebab, beban risiko yang dihadapi di jalan raya tetap sama dengan unit lainnya. Apalagi, ada beragam skenario coverage mobil tua yang bisa diterapkan melalui Total Loss Only hingga Comprehensive. Harga yang ditawarkan tetap terjangkau dengan opsi efisiensi maksimal pembiayaan hingga 45% setahun dengan Syarat dan Ketentuan Berlaku.

Asuransi Mobil Bekas

FAQ

Jenis asuransi apa yang terbaik untuk mobil tua?

Jenis asuransi terbaik bagi unit mobil idealnya disesuaikan dengan kebutuhannya, termasuk status unitnya. Untuk mobil dengan usia lebih dari 5 tahun, maka bisa diproteksi melalui produk Total Loss Only (TLO) yang ideal sebagai asuransi mobil klasik.

Apakah mobil tua sulit diasuransikan?

Mobil tua tidaklah sulit untuk diasuransinya. Sebab, produk perlindungan atas risiko bisa diterapkan pada unit dengan usia 15 tahun.

Apakah usia penting dalam asuransi mobil?

Usia menjadi faktor yang penting dalam penentuan premi asuransi mobil termasuk asuransi mobil antik. Semakin tua usia mobil, maka harga premi yang diberikan akan bertambah. Hanya saja, kondisi ini bisa disikapi karena insureka! memberikan promo menarik hingga efisiensi sistem pembiayaan yang besar.

Apakah mobil tua mahal untuk diasuransikan?

Usia memang berpengaruh terhadap premi perlindungan sebuah unit mobil. Hanya saja, nilai pembiayaan atas premi asuransi mobil untuk mobil yang lebih tua tersebut tetap terjangkau. Sebab, insureka! memberikan komposisi diskon dan cashback maksimal hingga mampu memberikan efisiensi pembiayaan signifikan dalam setahun.

Pada usia berapa asuransi mobil paling mahal?

Dikomparasi dengan manfaatnya, premi asuransi pada akhirnya tetap dihitung murah. Sebab, risiko muncul kadang dengan diikuti kerugiaan pembiayaan yang besar. Bukan hanya terkait obyek kerusakan unit pribadinya saja, risiko juga kadang melibatkan pihak ketiga yang memberikan tambahan impact pembiayaan lebih besar. Dengan asuransi terbaik untuk mobil yang lebih tua, beban risiko mobil tersebut akan dialihkan.

whatsup