Asuransi Jamin Proteksi Kompleks Mobil, Warranty Bersifat Terbatas

Gambar asuransi mobil Comprehensive untuk blog dan halaman

ASURANSI (insurance) dan warranty sama-sama menjadi solusi kerugian pembiayaan atas kerusakan mobil. Meski demikian, keduanya sangatlah berbeda. Polis insurance sebagai pemberi jaminan proteksi atas mobil secara menyeluruh dan kompleks.

Sebagai proteksi sekaligus solusi melalui produk perlindungan terbaik brand terpercaya insureka!. Adapun warranty (guarantee) bersifat terbatas. Jaminan proteksinya hanya menyasar potensi kesalahan produk sebuah brand mobil saja.

Gambar banner mobil Perlindungan Menyeluruh untuk blog dan halaman

Pengantar Informasi Insurance dan Warranty

Asuransi mobil dan guarantee memang sama-sama memberikan keuntungan jaminan proteksi bagi para penggunanya, meski karakter dan coverage-nya sangat berbeda. Jaminan yang diberikannya menekan potensi kerugian pembiayaan yang dimunculkan risiko melalui kerusakan variabel unit mobilnya. Lebih lanjut, guarantee memiliki karakter sebagai protektor kerugian pelanggan atas potensi masalah pada produk yang dibelinya.

Lalu, bagaimana dengan insurance? Insurance memberikan proteksi secara langsung atas potensi kerugian finansial pelanggan yang ditimbulkan oleh pelanggan. Coverage perlindungannya sangat luas mencakup kerugian, kerusakan, hingga kehilangan unit akibat dicuri.

Skema Perlindungan Asuransi Mobil produk insureka!

Semua formula perlindungan asuransi mobil tersebut tercantum secara terperinci dalam sebuah perjanjian yang disebut polis insurance. Bukan hanya unitnya saja, proteksi juga diberikan kepada pengemudi, penumpang, bahkan pihak ketiga.

Produk perlindungan yang disiapkan car insurance hakikatnya beragam. Disesuaikan dengan jenis polis perlindungannya. Untuk insureka!, produk perlindungan menurut polisnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Komposisi fitur proteksinya baik included atau opsionalnya sangat spesifik dan optimal. Adapun produk perlindungan yang ditawarkan oleh insureka! terdiri dari:

  1. Polis Comprehensive Premium.
  2. Polis Comprehensive Basic.
  3. Polis Total Loss Only.
  4. Polis Perlindungan Hybrid.
  5. Katastropik Polis.

Komparasi Spesifik Status Car Insurance dan Guarantee

Insurance dan guarantee memiliki status sama untuk menekan potensi kerugian yang dialami pelanggan. Tujuannya memastikan kondisi unit pelanggan tetap dalam kondisi terbaik. Situasi finansial pelanggan juga tetap sehat terkendali.

Munculnya berbagai risiko atau kerugian yang muncul tidak banyak mempengaruhi kondisi finansial pelanggan. Meski demikian, keduanya memiliki detail dan spesifikasi penerapan teknis yang berbeda. Ada banyak pembeda yang muncul di antara keduanya.

Profil Insurance Mobil Produk insureka!

Insurance mobil produk insureka menjadi pengendali faktor kerugian pembiayaan yang dimunculkan oleh risiko. Skema perlindungannya berlaku untuk mobil baru hingga second. Proteksi risikonya mencakup unit mobil, para penggunanya, hingga pihak ketiga.

Pelanggan juga bisa menyusun skema perlindungannya sesuai dengan kebutuhannya. Sebab, insurance tetap terbuka dengan perluasan coverage perlindungannya melalui aktivasi fitur-fitur opsionalnya.

a. Harga Premi insureka! Terjangkau, Acuannya Peraturan OJK

Menjadi solusi pembiayaan risiko dengan manfaat maksimal, namun harga premi yang ditawarkan insureka! tetap terjangkau. Terjangkaunya premi tidak lepas dari penerapan batas bawah Persentase Premi yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adopsinya dalam bentuk nilai koefisien. Adapun Batas bawah Persentase Premi OJK tersebut yang dikalikan Harga Mobil per Wilayah akan menghasilkan Harga Premi. Untuk rincian nilai koefisien batas bawah Persentase Premi OJK tersebut adalah:

Gambar banner batas bawah Persentase Premi OJK untuk blog dan halaman

b. Diskon Menarik dan Hujan Benefit di insureka!

Harga premi yang diterbitkan insureka! pun semakin terjangkau dengan pemberian diskon 25%. Lebih lanjut, benefit menarik juga akan dinikmati pelanggan saat melakukan perpanjangan polisnya. Saat melakukan perpanjangan polis, pelanggan bisa menikmati Renewal Promo hingga No Claim Bonus menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku.

Lalu, daftar benefit yang bisa diakses pelanggan semakin panjang saat berstatus member insureka!, seperti:

  1. Fasilitas akses langsung Bengkel Prioritas dengan status perbaikan mobil dan proses #KlaimnyaLancarBanget yang dijalankan melalui satu pintu.
  2. Fasilitas Tunjangan Rp100 Ribu/Hari menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku. Fasilitas ini akan meringankan beban pembiayaan pelanggan manakala mobil diperbaiki di bengkel lebih dari 5 Hari.
  3. Adanya Pelayanan Mobil Pengganti sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Berlaku.
  4. Fasilitas bantuan pinggir jalan melalui Emergency Road Assistance (ERA). Untuk bentuk bantuan yang diberikan berupa jumper, ambulans, mobil derek, faktor ban, dan mobil mogok.
  5. Pelanggan bisa berkonsultasi langsung dengan tim Customer Service (CS) insureka!. Media komunikasi yang digunakannya adalah Live Web Call, WhatsApp, dan Telepon Kantor.

Profil Proteksi Guarantee bagi Unit Mobil

Untuk warranty adalah sekedar jaminan kerusakan akibat kesalahan produk, terutama diberikan pada mobil baru. Karakter yang dihadirkannya sebagai berikut, yaitu:

  1. Guarantee sekedar jaminan tertulis atas tanggung jawab produsen mobil terhadap produknya.
  2. Guarantee memberikan perbaikan gratis bahkan penggantian unit akan diberikan jika ada problem desain atau produksi pada unit mobil barunya tersebut. Menjawab tuntas semua risiko yang muncul.
  3. Guarantee direpresentasikan dalam bentuk kartu dengan durasi waktu yang berbeda-beda menurut brand.

Coverage Perlindungan Insurance dan Guarantee

Hakikat insurance dan garansi adalah memiliki karakteristik coverage perlindungan yang berbeda. Insurance memberikan opsi perluasan coverage perlindungan tanpa batas. Sesuai dengan spesifikasi kebutuhan pelanggan.

Artinya, pelanggan diberikan keleluasaan dalam mendesain formula proteksinya dengan mengacu fitur included dan opsional. Posisi polis pun menjadi penyempurna atas sistem jaminan kerusakan terbatas yang dihadirkan guarantee.

Formula Proteksi Oportunis Guarantee

Guarantee memang memiliki keterbatasan sistem proteksinya. Jaminan warranty adalah tidak bisa menanggung kerugian pembiayaan risiko yang dipicu oleh kecelakaan, pencurian mobil, hingga pelibatan pihak ketiga. Adapun untuk cakupan jaminan guarantee adalah sebagai berikut:

  1. Guarantee menjamin kerusakan komponen akibat kesalahan produk, bukan suku cadang unit mobil yang sudah digunakan apalagi kerugian total. Untuk kerusakan berat hingga kerugian total.
  2. Guarantee tidak menjamin secara detail atas komponen-komponen yang ada pada mobil. Artinya, komponen yang rusak, habis, atau aus setelah dipakai tidak dijamin melalui guarantee. Pemilik mobil wajib menggantinya dengan biaya sendiri.

Kemudahan Akses Klaim Insurance dan Guarantee

Kemudahan akses atas klaim risiko hakikatnya sama-sama diberikan insurance dan guarantee. Artinya, pelanggan bisa menghubungi penyedia insurance atau guarantee saat terbelit faktor risiko. Meski demikian, teknis implementasinya berbeda.

Untuk insurance, pelanggan bisa langsung berhubungan dengan perusahaan penyedianya melalui jalur CS. Adapun guarantee memastikan pelanggan menghubungi penjual. Jika penjual tidak membantu, pelanggan bisa mengakses produsen produknya secara langsung.

A. Jaminan insureka! Atas #KlaimnyaLancarBanget

Perusahaan asuransi insureka! memastikan proses #KlaimnyaLancarBanget. Untuk itu pelanggan harus memahami dan menjalankan regulasi klaim secara benar. Proses klaim idealnya dilakukan cepat atau kurang dari 5 hari pasca belitan insiden muncul.

Jika lebih dari 5 hari maka klaim akan ditolak. Beberapa dokumen yang harus disiapkan lainnya untuk klaim adalah SIM, KTP, hingga Kronologi Kejadian. Untuk kondisi tertentu, sertakan juga surat dari Kepolisian dan Rumah Sakit. Tahapan klaimnya adalah:

  1. Proses pengajuan klaim kurang dari 5 hari kalender pasca kejadian risiko.
  2. Pelaksaan survey.
  3. Pelaksanaan verifikasi dokumen.
  4. Pelaksanaan penerbitan Surat Perintah Kerja (SPK).
  5. Proses pencairan klaim.

Selalu mengacu kepada perjanjian polis dan premi asuransi adalah terjangkau, klaim insurance bisa dijalankan dalam 3 kelompok opsi. Pertama, ada Klaim Partial Loss yang diterapkan untuk kerusakan mobil ringan hingga sedang.

Kedua, terdapat opsi Klaim Total Loss yang memenuhi aspek Construction Total Loss (CTL) atau Kehilangan (Stolen). Ketiga, Klaim Third Party Liability yang menjawab kerugian pembiayaan risiko yang melibatkan pihak ketiga. Risiko klaim pihak ketiga biasanya melibatkan tuntutan berikut:

  1. Tuntutan Material Damage (Kerugian Material).
  2. Tuntutan Bodily Injury (Cedera Badan).
  3. Tuntutan Kematian.

B. Respon Guarantee Atas Belitan Risiko Pelanggan

Status guarantee saat dihadapkan dengan belitan risiko pelanggan hakikatnya memiliki karakteristik sangat khusus. Status aktivasinya juga sangat rumit karena didasarkan atas prosedur dan regulasi tertentu dari produsen mobilnya. Adapun kebijakan implementasi guarantee didasarkan atas beberapa hal, yaitu:

  1. Aktivasi status guarantee dibatasi oleh durasi waktu tertentu, biasanya sekitar 3 tahun. Atau, durasi kuota guarantee menjadi kadaluarsa jika jarak tempuh mobil mencapai 100 Ribu Km.
  2. Garansi adalah bisa diberikan jika pemilik mampu mengemudikan dan merawat kendaraan dengan baik. Artinya, service rutin wajib dilakukan saat mobil memiliki jarak tempuh 1.000 Km hingga 100 Ribu Km.
Gambar banner mobil dengan bantuan instan tanpa spam untuk blog dan halaman

Formula Proteksi Tak Terbatas Insurance Produk insureka!

Menjawab berbagai kerugian pembiayaan risiko dengan banyak background pemicunya, polis insurance lebih bersifat taktis dan strategis. Tetap mengacu kepada perjanjian polisnya, coverage proteksi yang diberikan insurance bisa dikatakan bersifat tanpa batas.

Dan, insureka! sudah menyiapkan skenario proteksi khusus untuk menjawab resiko terbesar yang dihadapi kendaraan. Entah itu dipicu oleh faktor alam hingga campur tangan manusia. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Polis Comprehensive Premium

Comprehensive Premium menjadi polis proteksi bagi mereka yang memiliki rata-rata intensitas berkendara sangat tinggi setiap harinya. Polis asuransi tersebut memiliki basic proteksi (fitur included) paling kuat dengan perluasan fitur coverage (opsional) yang kompleks.

Artinya, nasabah bisa mendapatkan formulasi perlindungan paling sempurna. Untuk detail kerangka proteksinya bisa dicermati dari fitur-fitur berikut:

Status Fitur Included:

Garansi Perbaikan Selama 6 Bulan, Mobil Baru untuk Pengganti Mobil Lama, Aplikasi Seluler untuk Klaim, Transportasi, Barang Milik Pribadi, Pencurian oleh Pengemudi, Survei ke Rumah-Penjemputan-Pengiriman, Emergency Roadside Assistance (ERA), Layanan Customer Service Pribadi untuk Pengajuan Klaim Anda, Terorisme-Sabotase, Huru-Hara, Hotline 24 Jam, Gempa Bumi-Tsunami, Banjir-Badai, Bengkel Resmi.

Status Fitur Opsional:

Kecelakaan Diri untuk Penumpang, Tanggung Jawab Hukum untuk Pihak Ketiga, Mobil Pengganti, juga Tanggung Jawab Hukum untuk Penumpang, Kecelakaan Diri untuk Pengendara.

2. Polis Comprehensive Basic

Comprehensive Basic disiapkan oleh insureka! sebagai sistem proteksi bagi mereka yang memiliki rata-rata intensitas berkendara sedang. Mereka yang tidak banyak berkendara akan ditopang dengan basic proteksi (fitur included) yang lebih sederhana.

Meski demikian, polis asuransi adalah tetap bisa didesain sekuat dan sesempurna Comprehensive Premium melalui aktivasi fitur perluasan coverage-nya (fitur opsional). Gambaran fitur included dan opsionalnya adalah:

Status Fitur Included:

Mobil Baru untuk Pengganti Mobil Lama, Aplikasi Seluler untuk Klaim, Layanan Customer Service Pribadi untuk Pengajuan Klaim Anda, Hotline 24 Jam, Emergency Roadside Assistance, Pencurian oleh Pengemudi, Transportasi, Garansi Perbaikan Selama 6 Bulan.

Status Fitur Opsional:

Tanggung Jawab Hukum untuk Pihak Ketiga, Banjir-Badai, Huru-Hara, Tanggung Jawab Hukum untuk Penumpang, Survei ke Rumah-Penjemputan-Pengiriman, juga Bengkel Resmi, Terorisme-Sabotase, Mobil Pengganti, Gempa Bumi-Tsunami, Kecelakaan Diri untuk Penumpang, Barang Milik Pribadi, Kecelakaan Diri untuk Pengendara.

3. Polis Total Loss Only (TLO)

Polis TLO sebagai pemilik karakter khas sebagai jaminan perlindungan atas unit mobil dengan usia lebih dari 5 tahun. Skema proteksi yang ditawarkan melalui TLO menyasar potensi kerusakan berat yang dialami kendaraan hingga kehilangan total.

Polis ini adalah jaminan atas kerusakan mobil dengan angka kerugian di atas 75% dari nilai unit kendaraannya. Gambaran fitur-fitur proteksinya adalah:

Status Fitur Included:

Emergency Roadside Assistance (ERA), Hotline 24 Jam, Pencurian oleh Pengemudi, Layanan Customer Service Pribadi untuk Pengajuan Klaim Anda, Aplikasi Seluler untuk Klaim.

Status Fitur Opsional:

Tanggung Jawab Hukum untuk Penumpang, Kecelakaan Diri untuk Penumpang, juga Terorisme-Sabotase. Ada juga Huru-Hara, Banjir-Badai, Barang Milik Pribadi Tanggung, Jawab Hukum untuk Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri untuk Pengendara, hingga Gempa Bumi-Tsunami.

4. Polis Perlindungan Hybrid

Asuransi mobil Perlindungan Hybrid memiliki karakter perlindungan yang sangat strategis. Sebab, polis ini menjadi kombinasi manfaat perlindungan antara Comprehensive dan TLO. Basic kerangka yang ditetapkan memang TLO.

Fungsi dan karakternya akan berkembang menjadi Comprehensive manakala fitur opsionalnya diaktivasi. Adapun detail fitur included dan opsionalnya adalah:

Status Fitur Included:

Hotline 24 Jam, Emergency Roadside Assistance (ERA), Seluler untuk Klaim, Pencurian oleh Pengemudi.

Status Fitur Opsional:

Tanggung Jawab Hukum untuk Pihak Ketiga, Huru-Hara, Kecelakaan Diri untuk Penumpang, Kecelakaan Diri untuk Pengendara, Banjir-Badai, Gempa Bumi-Tsunami, Tanggung Jawab Hukum untuk Penumpang, Terorisme-Sabotase, Barang Milik Pribadi.

5. Katastropik Polis

Bagi mereka yang tinggal di zonasi rawan bencana tentunya wajib melakukan aktivasi produk proteksi Katastropik Polis. Menjawab pengertian asuransi secara menyeluruh, polis ini memiliki basic perlindungan atas risiko yang dipicu oleh bencana Banjir-Badai.

Namun, opsi tersebut bisa ditingkatkan sebagai proteksi atas Gempa Bumi-Tsunami hingga risiko yang dipicu ulah tangan manusia. Detail fitur-fitur perlindungannya adalah:

Status Fitur Included:

Rumah-Penjemputan-Pengiriman, Aplikasi Seluler untuk Klaim, Hotline 24 Jam, Banjir-Badai.

Status Fitur Opsional:

Bengkel Resmi, Terorisme-Sabotase, Gempa Bumi-Tsunami, Huru-Hara.

Gambar banner makin aman berkendara dan hemat untuk blog dan halaman

Kesimpulan

Insurance tetap formula efektif untuk melindungi dan menjawab atas beragam kerugian yang dimunculkan oleh risiko. Polis saat ini menjamin proteksi yang dipicu oleh kecelakaan, tindak pencurian, bencana alam, hingga campur tangan perilaku manusia.

Adapun warranty menjadi perlindungan terbatas atas produk yang diberikan oleh produsen. Artinya, mobil sangat membutuhkan piranti proteksi tambahan yang lebih kompleks dan menyeluruh melalui produk brand terpercaya insureka!.

Asuransi menawarkan premi terjangkau dan efisiensinya tinggi. insureka! menawarkan efisiensi pembiayaan proteksi hingga 25% setiap tahun. Setelah menjadi member insureka!, pelanggan akan menikmati berbagai benefit dengan nilai ekonomi besar.

Saat perpanjangan polis, tersedia juga benefit Renewal Promo dan No Claim Bonus menurut Syarat juga Ketentuan Berlaku. Proses registrasi dan klaimnya sangat mudah secara online. Adapun rasio pencairan klaim insureka! sangatlah tinggi.(*)

Butuh bantuan? Hubungi kami

Tanpa Nomor hp - Live Web Call

Butuh bantuan? Klik sesuai pilihan Anda

whatsapp

Tanpa Nomor hp

Live Web Call

whatsapp

WhatsApp

Chat on WhatsApp