Apa Perbedaan Asuransi Mobil Vs Garansi Mobil?
ASURANSI mobil dan garansi sejatinya menjadi sistem yang sama-sama meringankan beban saat risiko membelit unit kendaraan. Meski sama-sama sebagai jaminan atas potensi kerugian yang ditimbulkan risiko, namun implementasi dan peruntukan kasusnya sangatlah berbeda. Asuransi memberikan sistem proteksi tak terbatas. Adapun garansi mobil memberikan jaminan atas risiko dalam sekup terbatas dan sudah ditentukan oleh produsen.
Asuransi Mobil: Bentuk Proteksi Tanpa Batas
Asuransi mobil menjadi bentuk proteksi atas segala kerugian yang dimunculkan risiko. Sebab, risiko bisa muncul dalam bentuk kerusakan akibat kecelakaan hingga kehilangan unit kendaraannya yang dipicu tindak pencurian. Terlepas dari perbedaan asuransi dan garansi, adapun sistem proteksi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan nasabahnya. Asuransi mobil yang bisa diaplikasikan adalah brand terpercaya insureka!. Adapun produknya adalah:
1. Polis Comprehensive Premium.
2. Polis Comprehensive Basic.
3. Polis TLO atau Total Loss Only.
4. Polis Perlindungan Hybrid.
5. Katastropik Polis.
Tujuan
Asuransi mobil online menjadi faktor pengalih atas risiko yang muncul. Nantinya setiap bentuk kerugian yang muncul akan ditanggung oleh asuransi mobil melalui pengajuan klaim atas polisnya. Hanya saja, nasabah harus memahami regulasi terkait proses pengajuan klaimnya. Hal mendasar adalah klaim tercantum dalam polis dan pengajuannya tidak melebihi waktu kadaluwarsa 5 hari.
Cakupan
Asuransi mencakup semua jenis kerugian yang ditimbulkan oleh risiko. Berbeda dari jenis garansi mobil, mulai dari kerusakan ringan hingga berat akibat kecelakaan, hingga kehilangan unitnya. Selain obyek kendaraan, proteksi juga diberikan kepada pengemudi hingga penumpang. Asuransi mobil juga menyelesaikan segala sengketa atas risiko yang melibatkan pihak ketiga.
Durasi
Jika sistem asuransi diaktivasi, maka nasabah akan mendapatkan formula proteksi atas mobilnya untuk jangka waktu yang panjang. Adapun opsi durasi waktu yang bisa diaplikasikannya adalah 1 tahun hingga 5 tahun. Untuk proses registrasi bisa dilakukan online melalui sistem berbasis teknologi digital. Saat waktu aktivasinya akan habis, nasabah bisa memperpanjangnya secara mandiri melalui sistem online.
Biaya
Sistem pembiayaan asuransi yang ditawarkan oleh brand terpercaya insureka! sangatlah murah. Sebab, insureka! memberikan diskon 25% dan cashback 20% dengan Syarat dan Ketentuan Berlaku. Artinya, ada efisiensi sistem pembiayaan atas proteksi risiko hingga 45% per tahun. Pembiayaan itu semakin efisien karena insureka! juga menawarkan beragam benefit, artinya lebih menggiurkan dari garansi mobil.
Klaim
Klaim Asuransi mobil menjadi hak yang diterima oleh nasabah saat risiko muncul. Artinya, nasabah bisa mengajukan klaim saat dibelit oleh risiko. Hanya saja, ada regulasi yang harus dipahami saat nasabah akan mengajukan klaim. Idealnya pengajuan klaim dilakukan kurang dari 5 hari pasca insiden. Klaim yang dilakukan juga masuk dalam klausul polis, lalu terbebas dari pengecualian yang menawarkannya.
Persyaratan
Untuk mengajukan klaim sangat mudah melalui website atau Aplikasi insureka!. Adapun dokumen utama yang harus disiapkannya adalah KTP, SIM, dan Kronologi Kejadiannya. Untuk klaim khusus, maka disertakan juga beberapa dokumen pendukung seperti STNK, Kunci, BPKB, dan Surat Kepolisian atau Rumah Sakit.
Serupa klaim, kemudahan juga berikan untuk registrasi. Proses registrasi asuransi mobil dilakukan online melalui website atau Aplikasi insureka!. Adapun alur registrasinya adalah Sebagai berikut, yaitu:
- Input dokumen persyaratan STNK, SIM, dan Foto Panel Lengkap Mobil.
- Memilih polis sesuai dengan kebutuhannya.
- Input profil unit mobilnya secara lengkap dan valid.
- Transaksi Pembayaran.
Penyedia
Nasabah bisa mengoptimalkan penyedia asuransi mobil dengan basis online, sebuah perbedaan asuransi dan garansi. Sebab, saat ini ada banyak perusahaan asuransi mobil yang memiliki basis online seperti brand terpercaya insureka!. Nasabah juga bisa mendapatkan beragam informasi detail dan lengkap terkait produk-produknya. Mereka juga memiliki akses khusus untuk berinteraksi dengan Customer Service. Lalu, proses registrasi untuk aktivasi polis perlindungan juga bisa dilakukan saat itu.
Fokus
Nasabah idealnya melakukan aktivasi polis asuransi mobil mengingat risiko bisa muncul dalam berbagai bentuk. Impact kerugian yang ditimbulkannya juga sangatlah besar. Nasabah saat ini bisa melakukan aktivasi polis sesuai kebutuhannya. Apalagi, brand terpercaya insureka! juga sudah menyiapkan formulasi terbaiknya melalui produk Polis Comprehensive Premium, Comprehensive Basic, Total Loss Only (TLO), Perlindungan Hybrid, dan Katastropik Polis.
Garansi Mobil: Bentuk Proteksi Terbatas
Garansi motor kecelakaan sebenarnya juga menjadi bentuk proteksi atas potensi kerugian yang muncul dari produk yang dibeli nasabah. Garansi ini menjadi bentuk jaminan dari produsen kepada konsumennya. Hanya saja, garansi memberikan cakupan yang sangat terbatas. Dibatasi oleh sebuah regulasi yang ketat yang diberikan oleh produsen.
Tujuan
Garansi menjadi bagian dari pelayanan prima yang diterima oleh konsumen setelah membeli sebuah produk. Nantinya jika ada problem dengan produk yang dibelinya, konsumen bisa mendapatkan perbaikan secara gratis bahkan diganti dengan produk baru.
Cakupan
Terlepas dari perbedaan antara asuransi mobil dan garansi, cakupan jaminan yang diberikan oleh garansi sangatlah terbatas. Sebab, garansi hanya menjamin atas potensi problem yang muncul pada desain atau produksi barang yang dibeli oleh konsumen. Garansi tidak menjamin kerusakan produk atau bagiannya karena proses alami termasuk pasca digunakan.
Durasi
Masa aktivasi garansi sangatlah pendek karena ditentukan oleh produsen atas produknya. Durasi garansi biasanya ikut ditentukan oleh harga produknya.
Biaya
Garansi tidak berbiaya karena menjadi fasilitas perlindungan produk yang diberikan oleh produsen kepada konsumennya. Hanya saja, cakupan jaminannya sangatlah terbatas. Cakupan garansi hanya menyasar desain atau produksi barangnya saja. Garansi juga tidak menjamin atas risiko yang muncul dengan melibatkan pihak ketiga.
Klaim
Untuk melakukan klaim garansi biasanya mengacu kepada regulasi yang panjang dan berbelit. Terlepas dari apa perbedaan antara garansi mobil dan asuransi mobil, keabsahan klaim menurut garansi ditentukan oleh produsen dengan memperhatikan kronologisnya. Jika kerusakan yang muncul bukan disebabkan oleh faktor internal, maka klaim tidak bisa dilakukan. Sebagai contoh, kerusakan yang muncul akibat kecelakaan.
Persyaratan
Untuk mendapatkan status garansi, produk biasanya harus mendapatkan sistem perawatan rutin. Untuk mobil, unit di service secara rutin pada bengkel yang sudah ditunjuk.
Penyedia
Garansi biasanya diberikan oleh produsen dari produk yang dibeli oleh konsumen. Teknis implementasi garansi tentunya berbeda dari setiap produsen. Untuk itu, nasabah perlu ketelitian lebih untuk mengoptimalkan fasilitas garansi yang dimilikinya.
Fokus
Garansi bisa menjadi salah satu jaminan atas potensi kerugian yang membelit unit mobil. Hanya saja, perlu kecermatan dan treatment lebih untuk melakukan klaim atas risiko menjadi sebuah garansi. Ada prosedur yang sangat ketat antara garansi mobil vs asuransi.
Kesimpulan
Asuransi mobil tetap dibutuhkan sebagai sistem proteksi utama. Sebab, cakupan perlindungan yang diberikan oleh asuransi sangatlah luas daripada apa itu garansi pada mobil. Asuransi bisa menjawab setiap risiko yang muncul kapan saja. Adapun garansi menjadi jaminan perlindungan produk yang sangat terbatas. Untuk mengaktivasi sebuah problem yang muncul menjadi garansi memerlukan treatment yang rumit.
Pertanyaan Umum
Mengapa asuransi mobil itu penting?
Asuransi sangat penting karena risiko bisa muncul kapan saja dan dalam berbagai bentuk. Asuransi akan menjawab semua jenis risiko mulai dari beragam level kerusakan hingga kehilangan unit mobilnya.
Apa saja yang biasanya tercakup dalam garansi mobil?
Garansi mobil hanya menjamin kerusakan komponen akibat kesalahan produk. Garansi tidak menjamin adanya kerugian akibat suku cadang yang rusak alami atau karena faktor digunakan.
Berapa lama garansi mobil bertahan?
Lama garansi mobil biasanya tergantung dari kebijakan produsen. Garansi juga bisa didasarkan atas waktu maupun klausul jarak tempuh yang dilalui sebuah mobil.
Bisakah saya menyesuaikan cakupan asuransi mobil saya?
Coverage asuransi mobil bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Artinya, mereka yang tinggal didaerah rawan bencana bisa melakukan aktivasi fitur Banjir-Badai juga Gempa Bumi-Tsunami.
Apakah garansi mobil sama dengan asuransi kecelakaan?
Garansi mobil sangat berbeda dengan asuransi mobil dari berbagai aspek.
Berapa lama garansi mobil?
Laga garansi mobil tergantung dari regulasi produsen menurut waktu hingga jarak jangkauan yang sudah dilewatinya.
Bisakah saya memperpanjang garansi mobil?
Garansi mobil tidak bisa diperpanjang oleh konsumen karena menjadi kebijakan produsen.
Bisakah saya mendapatkan asuransi mobil dan garansi?
Asuransi mobil dan garansi menjadi sistem kombinasi yang ideal atas sebuah unit kendaraan.