Apa Mobil Terlaris di Indonesia

Mobil terlaris di Indonesia

Mobil terlaris di Indonesia

INDONESIA menjadi pasar potensial industri otomotif dan merek mobil top. Ada beragam brand pabrikan dunia yang terserap maksimal di pasar lokal. Hal ini menegaskan status Indonesia sebagai pasar industri otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN sepanjang tahun ini. Menjadi market terbaik, konsumen industri otomotif domestik juga harus bersikap bijaksana. Agar unitnya tetap efektif dan efisien, maka kebijakan perlindungan idealnya diterapkan melalui produk brand terpercaya insureka!. Adapun produk asuransi mobilnya adalah:

1. Polis Comprehensive Basic.

2. Polis Total Loss Only (TLO).

3. Polis Comprehensive Premium.

4. Katastropik Polis.

5. Polis Perlindungan Hybrid.

Beradasarkan data ASEAN Automotive Federation (AAF), laju serapan unit mobil terlaris di kawasan Asia Tenggara sangatlah tinggi. Sepanjang 2023, daya serap unit merek mobil top mencapai angka 3,35 Juta unit mobil. Semakin menarik, Indonesia menempatkan statusnya pada grid teratas ASEAN sebagai pasar industri otomotif. Pasar mobil terlaris di Indonesia mampu memberikan kontribusi atas serapan seluruh unit hingga 30%.

Indonesia saat ini memiliki daya serap pasar industri otomotif mobil terlaris ASEAN hingga 1,01 Juta unit, meski faktanya mengalami penurunan hingga 4% dari periode sama tahun sebelumnya. Adapun maping sebaran daya serap unit mobil terlaris di Indonesia menurut kawasan ASEAN adalah sebagai berikut:

  1. Indonesia, Daya Serap Pasar 1,01 Juta Unit.
  2. Malaysia, Daya Serap Pasar 799.731 Unit.
  3. Thailand, Daya Serap Pasar 775.780 Unit.
  4. Filipina, Daya Serap Pasar 429.807 Unit.
  5. Vietnam, Daya Serap Pasar 301.989 Unit.
  6. Singapura, Daya Serap Pasar 38.670 Unit.
  7. Myanmar, Daya Serap Pasar 3.3357 Unit.

Merek Mobil Top di Indonesia

Status Indonesia sebagai pangsa pasar utama industri merek mobil top untuk kawasan ASEAN tentu menarik perhatian. Wajar kiranya jika pasar domestik nusantara juga dieksplorasi oleh banyak pabrikan otomotif dunia. Selain jumlah pendukuknya besar, Indonesia juga berbenah secara ekonomi hingga memberi impact positif terhadap pendapatan warganya. Dari sekian banyak pabrikan otomotif dunia, dominasi pasar pun dimiliki pabrikan otomotif asal Jepang.

Pabrikan otomotif asal Negeri Mataheri Terbit, Jepang, saat ini mendominasi penjualan Wholesales mobil terlaris di Indonesia untuk periode Agustus 2023. Mengacu data Gaikindo, sebanyak 8 dari 10 pabrikan asal Jepang mendominasi angka penjualan mobil secara Wholesales. Adapun secara keseluruhan, angka penjualan mobil sepanjang Agustus 2023 mencapai 88.876 unit. Angka tersebut mengalami kenaikkan hingga 10,5%. Adapun komposisi pabrikan Jepang yang mendominasi pasar lokal adalah:

  1. Toyota, Penetrasi Pasar Mencapai 30.149 Unit.
  2. Daihatsu, Penetrasi Pasar Mencapai 17.481 Unit.
  3. Honda, Penetrasi Pasar Mencapai 11.778 Unit.
  4. Mitsubishi, Penetrasi Pasar Mencapai 7.100 Unit.
  5. Suzuki, Penetrasi Pasar Mencapai 6.872 Unit.
  6. Hyundai, Penetrasi Pasar Mencapai 3.337 Unit.
  7. Isuzu, Penetrasi Pasar Mencapai 2.800 Unit.
  8. Mitsubishi Fuso, Penetrasi Pasar Mencapai 2.727 Unit.
  9. Hino, Penetrasi Pasar Mencapai 2.340 Unit.
  10. Wuling, Penetrasi Pasar Mencapai 1.095 Unit.

Mobil terlaris di Indonesia

10 Mobil Terlaris di Indonesia

Dihujani produk pabrikan otomotif asal Jepang, chart top 10 brand mobil pun dihuni unit-unit asal Negeri Matahari terbit tersebut. Sepanjang Agustus 2023, komposisi merek mobil top 10 paling laris dihuni oleh Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, juga Mitsubishi. Untuk Toyota, status brand favorit tersebut diisi oleh Toyota Kijang Innova yang bertengger di papan atas selama 2 bulan terakhir. Innova mengalahkan langganan papan atas seperti Toyota Avanza, Honda Brio, hingga Daihatsu Sigra.

Menjadi pimpinan klasemen terfavorit, Toyota Kijang Innova membukukan angka penjualan sepanjang Agustus 2023 hingga 7.463 unit. Angka tersebut tumbuh signifikan dari bulan sebelumnya. Sebab, sepanjang Juli 2023 angka penjualan mobil terlaris Toyota Kijang Innova berada pada kisaran 5.760 unit. Membutuhkan produk asuransi mobil, komposisi status top 10 kendaraan paling terlaris di Indonesia adalah:

  1. Toyota Kijang Innova, Angka Serapan Pasar 7.463 Unit.
  2. Daihatsu Sigra, Angka Serapan Pasar 6.628 Unit.
  3. Toyota Avanza, Angka Serapan Pasar 6.283 Unit.
  4. Honda Brio, Angka Serapan Pasar 5.946 Unit.
  5. Daihatsu Grand Max, Angka Serapan Pasar 4.064 Unit.
  6. Toyota Calya, Angka Serapan Pasar 3.508 Unit.
  7. Suzuki Carry, Angka Serapan Pasar 3.138 Unit.
  8. Toyota Rush, Angka Serapan Pasar 3.060 Unit.
  9. Mitsubishi Xpander, Angka Serapan Pasar 2.841 Unit.
  10. Honda HR-V, Angka Serapan Pasar 2.112 Unit.

Kisaran Harga Mobil Terlaris

Pasar industri merek mobil top di Indonesia memang unik. Sebab, selera otomotif mereka sangat beragam. Fokus utama serapan unitnya mungkin didominasi oleh kelompok MPV, LCGC, hingga SUV. Rentang sebaran harganya tentu masih kompetitif, meski disesuaikan dengan tipe dan teknologi yang diterapkannya. Adapun peta harga di pasaran saat untuk beberapa varian mobil adalah sebagai berikut:

1. Gambaran Harga Mobil LCGC.

  1. Honda Brio Satya, Rentang Harga Rp 164,4 Juta s.d Rp 190,4 Juta.
  2. Toyota Agya, Rentang Harga Rp 167,9 juta s.d Rp 191,4 Juta.
  3. Toyota Calya, Rentang Harga Rp 162,2 Juta s.d Rp184,9 Juta.
  4. Daihatsu Ayla, Rentang Harga Rp 134 Juta s.d Rp 189,9 Juta.
  5. Daihatsu Sigra, Rentang Harga Rp 133 Juta s.d Rp178,6 Juta.

2. Gambaran Harga Mobil MPV.

  1. Toyota Kijang Innova Zenix, Rentang Harga Rp 470 Juta
  2. Suzuki Ertiga, Rentang Harga Rp 184 Juta.
  3. Daihatsu Xenia, Rentang Harga Rp 180 Juta.
  4. Toyota Avanza, Rentang Harga Rp 190 Juta.
  5. Honda Mobilio, Rentang Harga Rp 189 Juta.
  6. Toyota Sienta, Rentang Harga Rp 259 Juta.
  7. Mitsubishi Xpander, Rentang Harga Rp 188 Juta.
  8. Wuling Confero, Rentang Harga Rp 175 Juta.

3. Gambaran Harga Mobil SUV.

  1. Honda HR-V, Rentang Harga Rp 375,9 Juta s.d Rp 529,9 Juta.
  2. Hyundai Creta, Rentang Harga Rp 291,3 Juta s.d Rp408,3 Juta.
  3. Toyota Raize, Rentang Harga Rp 235 Juta s.d Rp305,1 Juta.
  4. Daihatsu Rocky, Rentang Harga Rp 207,45 Juta s.d Rp 272,35 Juta.
  5. Suzuki SX4 S-Cross, Rentang Harga Rp 340,4 Juta.

Mobil terlaris di Indonesia

Cara Memilih Mobil yang Tepat di Indonesia

Ada beragam unit mobil terlaris di Indonesia yang ditawarkan kepada konsumen. Mobil tersebut memiliki beragam keunggulan teknologi fitur hingga status efisiensi BBM-nya. Harga yang ditawarkannya juga sangat kompetitif. Meski demikian, ada beberapa hal utama yang wajib diperhatikan konsumen sebelum membeli sebuah unit mobil. Adapun cara memilih unit mobil yang bijksana secara mendasar adalah sebagai berikut:

1. Menyesuaikan Tipe Mobil yang Dibeli dengan Kebutuhan.

Sebelum menetapkan varian unit yang diinginkan, nasabah harus menetapkan prioritas peruntukkannya. Unit tersebut juga disesuaikan dengan ketersediaan anggarannya.

2. Menetapkan Fitur Prioritas yang Diinginkannya.

Unit merek mobil top saat ini menawarkan bergam fitur terbaik dan modern. Untuk itu, konsumen harus bsia menetapkan skala prioritas fitur utama yang dibutuhkannya. Secara umum, fitur mobil terbagi atas keamanan dan kenyamanan.

3. Memperhatikan Aspek Konsumsi BBM.

Konsumsi BBM menjadi aspek mendasar yang diperhatikan sebelum memilik salah satu mobil terlaris. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan jumlah konsumsi BBM untuk mendukung mobilitas. Adapun jumlah konsumsi BBM berbanding dengan harga. Apalagi, saat ini harga BBM di tanah air sangat tinggi. Kecenderungan grafik harganya naik setiap periode waktu tertentu.

4. Memilih Unit Mobil dengan Desain Terbaik dan Kekinian.

Desain mobil yang dipilih menjadi representasi penggunanya. Untuk itu, pastikan desain yang dipilih sesuai dengan yang diinginkannya. Selain desain, hal lain yang dieprhatikan adalahw arna unit mobilnya.

Mobil terlaris di Indonesia

FAQ

Apa Itu Asuransi Mobil? Mengapa Saya Membutuhkannya?

Asuransi mobil terlaris di Indonesia merupakan bentuk perlindungan atas beragam potensi risko yang muncul. Sebab, mobil sangat rentan terhadap faktor risiko. Adapun proteksi diberikan asuransi melalui beragam level kerusakan hingga kehilangan unitnya. Selain fisik, asuransi mobil juga memberikan perlidnungan kepada pengemudi dan penumpang hingga menyelesaikan sengketa dengan pihak ketiga.

Bagaimana Cara Menemukan Polis Asuransi Mobil Terbaik untuk Kebutuhan Saya?

Polis yang ideal diterapkan pada merek mobil top sesuai dengan kebutuhan nasabah. Ada beragam produk asuransi mobil yang bsia diterapkan, seperti Polis Comprehensive Premium, Total Loss Only (TLO), Comprehensive Basic, Perlindungan Hybrid, dan Katastropik Polis.

Bisakah Menyesuaikan Polis Asuransi Mobil?

Polis asuransi bisa disesuaikan kebutuhan. Sebab, ada beragam fitur coverage perluasan yang bsia diterapkannya. Agar skema proteksinya menajdi lebih kuat maka fitur opsional harus diaktivasi secara maksimal.

Bagaimana Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil?

Klaim asuransi mobil terlaris bisa dilakukan mudah secara online. Prosesnya melalui website atau Aplikasi insureka!. Saat melakukan klaim hendaknya dilakukan cepat. Sebab, masa kadaluwarsa pengajuan klaim asuransi mobil adalah 5 hari setelah insiden risiko.

Apa yang Harus Saya Lakukan Setelah Kecelakaan Mobil?

Jika terjadi kecelakaan, nasabah hendaknya menghubungi pihak perusahaan asuransi untuk melakukan pelaporan klaim merek mobil top di Indonesia. Saat masih berada di tempat kejadian risiko, maka dokumentasikan melalui foto video kerusakannya hingga kronologi kejadiannya. Lengkapi berkas dokumen klaim yang diminta untuk menunjang kelancaran klaim.

Kesimpulan

Indonesia menjadi pasar industri otomotif potensial di kawasan ASEAN. Slot serapan unit mobil terlaris di Indonesia menjadi yang tertinggi. Dengan tingginya penambahan volume kendaraan baru setiap tahunnya, secara otomatis meningkatkan risiko berkendaranya. Untuk itu, skema proteksi atas risiko melalui produk brand terpercaya insureka! sangatlah penting. Sebab, proteksi yang diberikan menyeluruh mulai dari kerusakan hingga kehilangan unitnya.

Lebih lanjut, insureka! juga menawarkan harga premi yang terjangkau dengan acuan regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika registrasi merek mobil top dilakukan saat ini, maka diskon 25% dan cashback 20% bisa dinikmati secara langsung menurut Syarat juga Ketentuan Berlaku. Nasabah pun bisa menikmati efisiensi pembiayaan risiko atas unit mobil secara signifikan 45% dalan setahun.(*)

whatsup