5 Alasan Umum Mengapa Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Klaim Asuransi Mobil

Klaim Asuransi Mobil

KLAIM asuransi mobil sepenuhnya menjadi hak nasabah untuk mensikapi setiap risiko yang muncul. Hanya saja, untuk mendapatkan status pencairan klaim tetap didasarkan atas beragam regulasi yang menyertainya. Jika ada opsi regulasi yang tidak terpenuhi, bisa jadi akan menghambat proses pencairan klaim dan berpotensi terjadi penolakan. Secara umum, ada beberapa alasan yang menjadi background atas alasan penolakan proses klaim asuransi:

  1. Proses pengajuan klaim dalam status polis tidak aktif atau masuk masa tenggang.
  2. Pengajuan klaim dilakukan setelah 5 hari pasca kemunculan risiko.
  3. Klaim yang diajukan masuk dalam status pengecualiannya.
  4. Dokumen klaim yang diajukan tidak lengkap tanpa keterangan resmi dan muncul indikasi pemalsuan.
  5. Klaim berada di luar zona perusahaan asuransi.

Klaim Asuransi Mobil Melebihi Batas Kebijakan

Proses klaim idealnya tetap mengacu kepada risiko yang ditanggung dan tercantum di dalam polis insureka!. Untuk itu, nasabah harus melakukan aktivasi fitur-fitur opsional untuk memperluas coverage perlindungannya. Dengan aktivasi fitur opsional, harapannya sistem proteksi yang berlaku menjadi lebih luas dan maksimal. Mampu mengcover berbagai potensi risiko yang muncul.

Namun, proses tidak bisa dilajutkan atau klaim asuransi mobil ditolak manakala fitur yang diklaimkan tidak tercantum di dalam sebuah polis asuransi. Hal ini biasanya kerap terjadi dan kurang dipahami sepenuhnya oleh para nasabah.

Klaim Asuransi Mobil

Melanggar Hukum

Proses klaim asuransi mobil ditolak idealnya tidak didasarkan oleh risiko yang muncul karena melanggar hukum yang berlaku di Indonesia. Sebab, proses klaim tidak akan ditanggapi jika mobil rusak diakibatkan untuk membantu sebuah proses tindak kejahatan. Atau, kerusakan terjadi karena mobil berada dalam zona terlarang secara hukum.

Keterlambatan Pengajuan Klaim Asuransi Mobil

Proses pencairan klaim akan ditolak jika pengajuannya dilakukan sudah berada di masa waktu kadaluwarsa. Adapun deadline pengajuan klaim adalah 5 hari kalender pasca insiden risiko. Artinya, proses klaim dilakukan jangan terlambat atau kurang dari 5 hari kalender pasca insiden risiko. Adapun jika ada problem kelengkapan dokumen karena hilang, maka bisa disikapi sebagai berikut untuk mencegah klaim asuransi kecelakaan mobil ditolak:

  1. Untuk kehilangan STNK dan KTP bisa menyertakan Surat Laporan Kehilangan Polisi dan Foto Dokumen Lama.
  2. Untuk SIM tetap wajib menyertakan yang asli atau riilnya. Sebab, hal ini sesuai dengan payung hukum undang-undang lalu lintas.

Sejarah Klaim Asuransi Mobil Palsu

Background atau kronologi klaim harus dibuat sebenar-benarnya. Artinya, kronologi background tidak boleh direkayasa. Bukan hanya rekayasa insiden dengan memunculkan isu fiktif, risiko juga tidak boleh dipicu oleh diri sendiri atau keluarga tertanggung. Artinya, insiden yang jadi pemicu risiko tidak boleh dibuat-buat atau disengaja.

Klaim Asuransi Mobil

Keterlambatan dalam Evaluasi Medis

Untuk beberapa klaim, keberadaan legalitas medis sangat dibutuhkan. Jika tidak lengkap, maka penyebab klaim asuransi mobil ditolak. Hal ini tidak lepas dari potensi pengajuan klaim melalui fitur opsional Kecelakaan Diri untuk Pengendara hingga Kecelakaan Diri untuk Penumpang. Hal ini tidak lepas dari posisi pengajuan klaim Biaya Pengobatan-Cedera-Kematian. Untuk itu, diperlukan penyertaan dokumen Laporan Kepolisian, Kuitansi Rumah Sakit Terperinci Bermaterai, hingga Foto Surat Kematian sebagai bentuk kelengkapannya.

Kesimpulan

Proses klaim asuransi mobil idealnya dilakukan sesuai regulasi untuk memastikan tidak adanya status penolakan. Apalagi, proses klaim dibatasi oleh durasi waktu pengajuan 5 hari kalender pasca insiden risiko. Terlepas dari status, klaim juga didasarkan atas beberapa hal untuk memperbesar rasio pencairannya yaitu:

  1. Pengajuan klaim dilakukan setelah 5 hari pasca kemunculan risiko.
  2. Mengajukan klaim asuransi mobil dalam status polis tidak aktif atau masuk masa tenggang.
  3. Klaim yang diajukan masuk dalam status pengecualiannya.
  4. Dokumen klaim yang diajukan tidak lengkap tanpa keterangan resmi dan muncul indikasi pemalsuan.
  5. Klaim berada di luar zona perusahaan asuransi.

Klaim Asuransi Mobil

FAQ

Apa yang terjadi jika perusahaan asuransi menolak klaim Anda?

Jika ada klaim yang ditolak, pastikan ditelaah lebih lanjut terkait background penolakannya. Apa yang harus dilakukan jika klaim asuransi gagal, maka semuanya tetap dikomunikasikan dengan baik untuk mencapai jalan tengah solusi ideal.

Bagaimana cara memastikan klaim asuransi mobil saya disetujui?

Untuk memastikan klaim disetujui, pastikan semua dokumen lengkap dan alur proses dijalani dengan benar. Selalu menjalin komunikasi yang baik dengan perusahaan asuransi atas setiap tahap klaim yang dilaluinya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses klaim?

Waktu yang dibutuhkan tergantung dengan kelengkapan dokumennya. Semakin lengkap waktu klaim akan semkain cepat. Meski demikian, proses klaim dan pembayarannya maksimal dilakukan 14 hari kerja setelah dokumen lengkap.

Bisakah klaim asuransi mobil ditolak jika kecelakaan itu bukan salah saya?

Klaim berpotensi diterima asalkan memenuhi regulasi yang berlaku. Dokumen persyaratannya lengkap dan valid. Jika kecelakaan melibatkan pihak ketiga, maka pengecekan kepemilikan polis asuransi akan dilakukan.

Apa yang dimaksud dengan pengecualian kebijakan, dan bagaimana hal tersebut menyebabkan penolakan klaim?

Proses pengajuan klaim tetap memperhatikan pengecualian kebijakannya. Ada banyak opsi yang jadi latar belakang pengecualian klaim. Untuk itu, nasabah harus teliti membaca polis dan semua klausul yang tertera.

whatsup