Daihatsu Rocky Vs Toyota Raize : Mengeksplorasi Perbedaan Utamanya

Rocky vs Raize

Rocky vs Raize

ROCKY vs Raize menjadi sebuah komparasi yang unik sekaligus menarik. Mobil ini sejatinya dikembangkan identik oleh pabrikannya. Keduanya dibangun atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Artinya, ada banyak kesamaannya. Meski demikian, keduanya tetap menawarkan karakter khasnya masing-masing. Menegaskan masing-masing statusnya sebagai yang terbaik, keduanya pun layak mendapatkan perlindungan penuh brand terpercaya insureka! dari semua potensi risiko yang muncul.

Dihadirkan kembar, namun Rocky dan Toyota Raize tetap memiliki identitasnya masing-masing. Performa keduanya memang relatif imbang. Pembedanya tersebut pun diantaranya tampak nyata pada beragam sisi eksteriornya. Pun demikian dengan aspek interior lengkap bersama suntikan beragam teknologi modern yang menyertainya. Aspek sejarah kehadirannya juga berbeda. Raize menjadi produk baru yang diluncurkan, adapun Rocky merupakan hasil daur ulang brand sebelumnya.

Sejarah mencatat, Raize sebagai produk baru Toyota yang diluncurkan pada tahun 2021 silam. Memiliki genre MPV, Raize pun dihadirkan dalam beberapa varian. Komposisi pilihannya ada varian 1.2 G, 1.0 Turbo GR Sport, dan 1.0 Turbo G. Adapun Rocky mendapatkan momentum reborn pada 2021 kemarin. Variannya juga ada 2, yaitu Rocky 1.0L dan 1.2L. Generasi reborn tersebut pun memiliki tampilan yang lebih fresh untuk aspek eksterior dan interiornya. Ada banyak pembaruan teknologi yang dimilikinya.

Rocky Vs Raize

Daihatsu Rocky dan Raize dihadirkan dengan beberapa kemiripan karena memiliki filosofi sama, yaitu DNGA. DNGA sendiri merupakan teknologi turunan dari TNGA Toyota. DNGA dikembangkan untuk menghadirkan unit mobil yang efektif dan efisien. Setidaknya ada beberapa elemen yang ditonjolkan, yaitu:

  1. Mobil berkualitas tinggi dengan harga sangat terjangkau.
  2. Mobil didukung dengan teknologi terbaru yang modern.
  3. Mobil memiliki tingkat efisiensi tinggi, bahkan hingga detail elemen terkecil.

Rocky vs Raize

Membidik konsep mobil efisien, DNGA menghitung secara detail untuk elemen berat, waktu, ukuran, hingga harganya. Kalkulasi perbandingan formula yang dipakainya adalah 1-1-1-1. Rumusan Daihatsu tersebut memiliki makna masing 1 Gram, 1 Millimeter, 1 Sen, dan 1 Detik. Secara umum, teknologi tersebut sudah dihadirkan di Indonesia pada periode 2021 silam. Dan, teknologi DNGA pun memberikan beragam value, seperti:

  1. Mobil memiliki peningkatan performa, stabilitas, dan akselerasi.
  2. Teknologi yang digendongnya semakin modern.
  3. Mobil memiliki tingkat keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terbaik.
  4. Desain eksterior mobil semakin stylish.
  5. Mobil memiliki efisiensi konsumsi BBM yang tinggi.
  6. Harga unitnya tetaplah ramah kantong dan terjangkau.

Lebih lanjut, implementasi DNGA pada Daihatsu Rocky di Indonesia merupakan yang pertama. Implementasi mendasarnya adalah pada teknologi rangkanya. Selain kuat, rangka Rocky juga ringan sehingga memberi impact positif atas efisiensi konsumsi BBM. Mobil ini juga banyak dibekali teknologi modern dengan konsep Advanced Safety System (ASA). Adapun DNGA membuat tampilan eksterior Raize lebih menarik dan elegan. Suara mesinnya juga menjadi lebih halus dengan performa tinggi.

Perbandingan Eksterior

DNGA menjadi platform yang kompetitif karena menggunakan sistem rangka Continues Skeleton. Konsep ini menyatukan rangka sasis utama dari depan hingga belakang yang menyatu hingga membuat unitnya lebih stabil saat bermanuver. Meski disatukan dengan teknologi dasar DNGA, Rocky dan Toyota Raize memiliki karakteristik berbeda untuk profil eksteriornya. Rocky menjadi representasi karakter tangguh, adapun Raize mengisyaratkan moda gahar di jalanan.

Untuk dimensinya, keduanya cukup identik dengan perbandingan ukuran 4.030 x 1.710 x 1.635 MM dengan acuan formula DNGA. Karakteristik tangguh Rocky sebagai keluarga Daihatsu pun ditegaskan melalui konsep grill trapezoid. Grill tersebut lalu diapit oleh Cover Fog Lamp dalam dimensi besar. Terlihat semakin maskulin, Rocky juga dilengkapi dengan velg alloy. Ornamen yang ditonjolkannya adalah kipas trapezoid two tone. Opsi warna yang bisa dipilih oleh konsumen ada 8. Lalu, bagaimana dengan Raize?

Rocky vs Raize

Raize sebagai produk Toyota pun menegaskan status gaharnya dengan konsep gril trapezoid. Karakter tersebut dihadirkan ke bawah. Komposisi tersebut dikuatkan dengan cover fog lamp yang berbentuk F. Elemen lainnya juga dihadirkan identik. Kaki Raize menggunakan bentuk kincir lengkapi dengan bilah pisaunya. Komposisi warna yang dipilihnya adalah gelap. Brand ini menawarkan opsi warna lebih banyak, yaitu ada 11 pilihan.

Mesin dan Kinerja

Dihadirkan dalam racikan teknologi terbaik, Rocky vs Raize memiliki performa yang cukup berimbang. Kedua brand dilengkapi dengan mesin 1.0 L Turbocharged Engine. Adapun seri mesinnya adalah 1KR-VET milik Daihatsu. Kapasitas mesin yang dimilikinya adalah 1198 CC. Blok ini memiliki daya hingga 98 HP dalam 6.000 RPM, lalu torsi maksimalnya adalah 113 NM.

Hanya saja dalam perkembangannya, Toyota Raize menawarkan opsi varian mesin 1.200 CC dengan torsi kurang dari blok 1.0 L tersebut. Stabilitas torsi mesin 1.0 L tersebut tidak lepas dari implementasi Turbocharged Engine. Aliran energi Rocky dan Raize tersebut pun sama-sama dihubungkan dengan transmisi manual dan girboks 5-Speed.

Semakin menarik, karakteristik kemudi yang dihadirkannya juga relatif sama. Daihatsu Rocky dan Raize sama-sama menggunakan teknologi Power Steering. Kemudinya juga bisa disetting dengan kolom Adjustable. Namun, jenis kemudi Raize menggunakan sistem Electric Power. Adapun Rocky mengoptimalkan jenis kemudi dengan Power.

Fitur Interior Rocky Vs Raize

Interior Rocky dan Raize dihadirkan sangat elegan. Secara umum detail interior Rocky vs Raize pun sama dengan luas bagasi yang mencapai 369 Liter. Dashboard keduanya dilengkapi dengan komposisi kemudi, layar head unit 9 Inchi, dan panel dalam bentuk sama. Material yang digunakannya adalah fabric, meski raize terkesan lebih mewah. Untuk seat, Rocky mengadopsi warna hitam dengan kombinasi alur merah. Berbeda dengan Raize yang memilih opsi warna hitam polos dan klasik.

Lalu, untuk pembeda interior diantaranya terkait dengan sistem audio yang digunakannya. Rocky sebagai produk Daihatsu saat ini dilengkapi dengan sistem audio Subwoofer yang Aktif 8 Inchi. Suara yang dihasilkannya pun menjadi lebih bagus. Dan, sistem ini tidak dijumpai pada Raize. Secara umum, Rocky memiliki tampilan lebih sporty dan ideal bagi anak-anak muda. Adapun Raize terkesan elegan.

Rocky vs Raize

Fitur Keselamatan Daihatsu Rocky Vs Toyota Raize

Mendukung keselamatan berkendara, kedua brand memiliki fitur keamanan yang sama. Komposisi fitur Rocky dan Raize sebagai produk Toyota terdiri dari Engine Immobilizer, Power Door Locks, Central Locking, hingga Anti Theft Device. Fitur keselamatannya juga kompetitif. Keduanya memiliki kesamaan fitur keselamatan berkendara yang dihadirkan dalam fitur berikut, yaitu:

  1. Engine Check Warning.
  2. Anti Lock Braking System dan Vehicle Stability Control System.
  3. Pengingat Pintu Terbuka.
  4. Crash Sensor, Pelindung Benturan Depan, dan Pelindung Benturan Samping.
  5. Airbag Penumpang Depan dan Kantong Udara Pengemudi.
  6. Child Safety Locks, Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman, dan Sabuk Pengaman Belakang.

Meski ditopang dengan teknologi modern, tapi keduanya memiliki karakteristik khusus untuk kelengkapan fitur keselamatannya. Fitur khusus yang dimiliki oleh Toyota Raize adalah Sensor Parkir dan Kamera Belakang. Adapun fitur khusus yang dihadirkan Rocky adalah Electronic Brake Distribution (EBD). Namun, kedua brand ini tidak memiliki berapa fitur tambahan lainnya seperti:

  1. Blind Spot monitor.
  2. Lane Departure Warning System.
  3. Curtain Airbags dan Airbag Samping Depan.
  4. Rear Cross Traffic Alert.

Harga dan Nilai

Rocky vs Raize dihadirkan dengan beragam kemiripan hingga aspek plusnya, namun label harga produk Toyota tersebut ternyata lebih tinggi. Untuk varian terendah Raize sudah berada pada angka Rp235 Juta per Unit, lalu Rocky masih berada pada nilai Rp207,45 Juta per Unit. Komposisi detail harga kedua brand menurut varian yang dimilikinya adalah:

A. Label Harga Unit untuk Daihatsu Rocky.

  1. Daihatsu Rocky 1.2 M MT, Label Harga Rp 207,45 Juta.
  2. Daihatsu Rocky 1.2 X MT, Label Harga Rp 221,55 Juta.
  3. Daihatsu Rocky 1.2 M CVT, Label Harga Rp 225,35 Juta.

B. Label Harga Unit untuk Toyota Raize.

  1. Toyota Raize 1.2 G MT, Label Harga Rp 235 Juta.
  2. Toyota Raize 1.2 G CVT, Label Harga Rp 249,2 Juta.
  3. Toyota Raize 1.0 Turbo G MT, Label Harga Rp 254,5 Juta.

Rocky vs Raize

Ulasan dan Peringkat Pelanggan

Kedua brand mendapatkan respon positif dari pasar. Dikembangkan identik, keduanya juga efisien dalam hal konsumsi BBM. Untuk Daihatsu Rocky, dengan 1 Liter BBM bisa menempuh rata-rata perjalanan hingga 15 Km. Adapun Raize menghasilkan konvensi jarak 14 Km untuk suplai 1 Liter BBM. Brand tersebut juga lainnya pun dijamin semakin efisien jika potensi resikonya dikendalikan asuransi mobil produk dari brand terpercaya insureka!. Adapun komposisi aproduknya adalah:

1. Polis Comprehensive Premium.

Comprehensive Premium bisa diterapkan pada mobil baru, meski terbuka pada unit lama dengan durasi usia 11 tahun. Polis ini memiliki skenario perlindungan awal yang sangat kuat. Statusnya bisa ditingkatkan sempurna dengan melakukan aktivasi fitur-fitur opsionalnya.

2. Polis Total Loss Only (TLO).

TLO menjadi solusi atas kerugian total yang dibelitkan oleh sebuah risiko kepada Toyota atau brand lain. Bentuknya bisa kerusakan berat akibat kecelakaan hingga kehilangan unit dengan penyebab tindak pencurian. Polis ini ideal diterapkan pada mobil dengan usia lebih dari 5 tahun. Harganya sangatlah terjangkau.

3. Katastropik Polis.

Katastropik Polis menjadi bentuk mitigasi risiko bagi pelanggan yang tinggal pada daerah rawan bencana banjir. Polis ini memberikan perlindungan dari mesin hingga interiornya.

4. Comprehensive Basic.

Karakteristik Comprehensive Basic sama seperti Comprehensive Premium. Hanya saja, dasar perlindungan yang diterapkan kepada Daihatsu atau brand lainnya lebih sederhana. Status perlindungannya bisa ditingkatkan sempurna dengan aktivasi fitur opsional.

5. Polis Perlindungan Hybrid.

Perlindungan Hybrid menjadi kombinasi atas karakteristik formula proteksi Comprehensive (All Risk) dengan TLO. Adapun karakter dasar proteksi yang dihadirkannya tetap TLO. Menggabungkan 2 karakteristik proteksi, polis ini ideal diterapkan oleh pelanggan pemilik bisnis rental mobil.

FAQ

Bagaimana cakupan garansi Daihatsu Rocky dan Toyota Raize?

Pada hakikatnya garansi yang diberikan untuk mobil-mobil baru berkisar 5 tahun. Namun, bisa saja ada perbedaan terkait durasi waktu garansi. Hal ini ditentukan oleh kebijakan masing-masing pabrikan.

Apakah Daihatsu Rocky dan Toyota Raize tersedia dalam transmisi manual dan otomatis?

Rocky dan Raize saat ini dihadirkan dalam format sistem transmisi manual dengan masing-masing 5-Percepatan.

Bagaimana perbandingan biaya perawatan antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize?

A. Skema Pembiayaan Jasa Servis untuk Rocky dan Raize.

Rocky vs Raize

B. Skema Pembiayaan Spare Part untuk Rocky dan Raize.

Kedua mobil memiliki skema pembiayaan untuk pembelian spare part sebagai berikut, yaitu:

Rocky vs Raize

Kesimpulan

Rocky vs Raize hakikatnya tidak banyak memiliki perbedaan yang signifikan. Dasar pengembangan kedua brand ini adalah sama, yaitu DNGA. Implementasi filosofi DNGA tersebut banyak memberikan beragam value, termasuk efisiensi dalam konsumsi BBM. Toyota Raize dan Rocky ini juga didukung dengan komposisi teknologi keselamatan dan keamanan berkendara relatif sama, meski masing-masing tetap dilengkapi dengan beberapa fitur khusus. Harga yang ditawarkan Daihatsu Rocky dan brand lainnya tetap terjangkau. Agar unitnya tetap efisien maka idealnya diproteksi insureka!.(*)

whatsup