Bagaimana Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia?
STANDARD polis asuransi mobil di Indonesia semuanya mengacu kepada kebijakan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Adapun brand terpercaya insureka! merupakan member dari AAUI. Secara umum, AAUI mendesain Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSKABI) untuk menjawab semua risiko yang muncul. Pun demikian dengan beragam aspek bawaannya. Sebab, risiko kerap muncul dengan melibatkan pihak ketiga.
Menjadi solusi atas beragam risiko yang dihadapi oleh pelanggan, AAUI setidaknya menetapkan desain Polis asuransi kendaraan bermotor untuk menjawab 2 aspek. Aspek risiko yang dijawab tersebut adalah pertanggungan atas unit mobilnya hingga tanggung jawab pihak ketiga. Lebih lanjut, skema proteksi yang diberikan juga menyasar pengemudi hingga penumpangnya.
Memahami Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia
Memiliki standard baku, produk asuransi mobil hakikatnya menjawab semua kebutuhan perlindungan mobil yang dibutuhkan oleh pelanggan. Secara umum, produk asuransi kendaraan bermotor yang didesain memenuhi standard untuk menjawab risiko dalam bentuk beragam kerusakan hingga kehilangan unitnya. Background pemicunya beragam, mulai dari faktor manusia, alam, dan lainnya.
Menjawab tantangan tersebut, beragam formula pun dihadirkan polis asuransi mobil. Fitur proteksinya dihadirkan dalam format included hingga opsional. Fitur perlindungan tersebut secra umum dihadirkan untuk memberikan manfaat gabungan atau comprehensive hingga kerugian total. Produk asuransi juga memberikan opsi melalui perluasan jaminannya. Adapun brand terpercaya insureka! menyiapkan skema proteksinya melalui produk berikut:
- Polis Comprehensive Premium.
- Polis Comprehensive Basic.
- Polis Total Loss Only (TLO).
- Polis Perlindungan Hybrid.
- Katastropik Polis.
Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia
Standard polis asuransi mobil di Indonesia sejatinya sudah menjawab semua kebutuhan pelanggan atas potensi risiko yang harus dihadapinya. Meski demikian, ada beberapa pemahaman yang wajib dimiliki oleh pelanggan sebelum membeli produk dan jenis asuransi kendaraan bermotor. Pemahaman yang harus dimiliki oleh pelanggan sebelum membeli produk asuransi mobil adalah:
- Mempelajari proposal yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi.
- Memastikan legalitasnya jelas dan kondisi perusahaan asuransi tersebut sehat.
- Mengikuti alur pembelian produk asuransi mobil.
- Mengisi berbagai data atau informasi secara lengkap dan akurat.
Lebih lanjut, pelanggan juga harus memperhatikan beberapa aspek dalam registrasi produk dan jenis asuransi motor. Pelanggan juga harus memperhatikan surat penawaran yang diberikan perusahaan asuransi mobil, lalu memastikan status Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA). Data SPPA tersebut harus riil dan valid. Pastikan pelanggan juga membaca klausul kontrak dalam polis secara detail hingga memastikan besaran own retention atau deductible.
Pelanggan idealnya mendapatkan proporsi klausul seperti yang tercantum dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Meski demikian, jika ada beberapa hal yang menyimpang maka pelanggan bisa bersikap sebagai berikut:
- Meminta klarifikasi kepada perusahaan asuransi tersebut.
- Tetap mengedepankan sikap positif.
- Jika sengketa berlarut, pelanggan bisa mengadukan problemnya melalui Badan Mediasi Asuransi Indonesia.
- Sengketa bisa dilanjutkan melalui arbitrase hingga alur pengadilan bila titik temu tidak ditemukan.
Jenis Pertanggungan dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia
Mengacu kepada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia atau PSAKBI, jenis pertanggungan terbagi dalam gabungan atau comprehensive hingga kerugian total. Pelanggan juga bisa melakukan perluasan jaminannya. Untuk Comprehensive atau All Risk, insureka! menewarkannya melalui Polis Comprehensive Premium dan Comprehensive Basic. Polis All Risk atau Comprehensive digunakan menjawab semua level kerusakan yang dipicu oleh kecelakaan hingga kehilangan unitnya.
Untuk polis asuransi kendaraan bermotor kerugian total ditawarkan melalui Total Loss Only (TLO). Polis TLO tersebut menjadi solusi atas kerugian total. Kerugian yang diproteksi adalah risiko yang memunculkan kerusakan lebih dari 75% di atas nilai unitnya. TLO juga ideal menjawab risiko yang muncul dalam bentuk kehilangan unit mobilnya yang dipicu tindak pencurian.
Dalam perkembangannya, insureka! pun melakukan perluasan produknya. Diversifikasi produk asuransi kendaraan bermotor tersebut mengacu kepada beragam isu yang berkembang yang harus dihadapi oleh pelanggan. Adapun komposisi produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh brand terpercaya insureka! adalah sebagai berikut:
- Polis Comprehensive Premium.
Comprehensive Premium menjadi polis yang ideal diterapkan oleh pelanggan yang memiliki rata-rata intensitas berkendara sangat tinggi. Desain proteksi polis asuransi mobil tersebut sangat sempurna, termasuk basic kerangkanya. Polis ini menawarkan efisiensi pembiayaan perlindungan hingga 25% dalam setahun dan ideal bagi unit mobil baru. Untuk komposisi fitur-fitur proteksinya terdiri dari:
- Fitur Included: Banjir-Badai, Pencurian oleh Pengemudi, Mobil Baru untuk Pengganti Mobil Lama, Transportasi, Barang Milik Pribadi, Bengkel Resmi, Huru-Hara, Layanan Customer Service Pribadi untuk Pengajuan Klaim Anda, Gempa Bumi-Tsunami, Terorisme-Sabotase, Emergency Roadside Assistance (ERA), Aplikasi Seluler untuk Klaim, Hotline 24 Jam, Garansi Perbaikan Selama 6 Bulan, Survei ke Rumah-Penjemputan-Pengiriman.
- Fitur Opsional: Tanggung Jawab Hukum untuk Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri untuk Penumpang, Kecelakaan Diri untuk Pengendara, Tanggung Jawab Hukum untuk Penumpang, Mobil Pengganti.
- Polis Comprehensive Basic.
Comprehensive Basic menjadi polis yang cocok digunakan oleh pelanggan yang memiliki aktivitas berkendara tidak tinggi atau sedang. Desain proteksinya dasarnya kompetitif dan mumpuni, meski bisa disulap menjadi super kuat dengan aktivasi fitur opsionalnya. Polis ini juga memberikan efisiensi pembiayaan 25% dalam setahun dan bisa diaplikasikan pada mobil baru. Polis ini disupport oleh karakter fitur-fitur berikut:
- Fitur Included: Garansi Perbaikan Selama 6 Bulan, Transportasi, Layanan Customer Service Pribadi untuk Pengajuan Klaim Anda, Hotline 24 Jam, Pencurian oleh Pengemudi, Aplikasi Seluler untuk Klaim, Mobil Baru untuk Pengganti Mobil Lama, Emergency Roadside Assistance.
- Fitur Opsional: Mobil Pengganti, Gempa Bumi-Tsunami, Banjir-Badai, Huru-Hara, Tanggung Jawab Hukum untuk Pihak Ketiga Barang Milik Pribadi, Kecelakaan Diri untuk Pengendara, Survei ke Rumah-Penjemputan-Pengiriman, Tanggung Jawab Hukum untuk Penumpang, Bengkel Resmi, Kecelakaan Diri untuk Penumpang, Terorisme-Sabotase.
- Polis Total Loss Only (TLO).
Polis TLO sangat pas digunakan oleh pelanggan yang memiliki mobil dengan usia lebih dari 5 tahun. Jenis asuransi kendaraan bermotor ini ideal digunakan pada mobil bekas atau tua karena rentang usia proteksinya memanjang 15 tahun. TLO juga menawarkan beragam keuntungan ekonomis dan cocok diaplikasikan pada unit dengan usia sudah lebih dari 5 tahun. TLO memiliki fitur perlindungan seperti:
- Fitur Perlindungan Included: Emergency Roadside Assistance (ERA), Hotline 24 Jam, Aplikasi Seluler untuk Klaim, Pencurian oleh Pengemudi, Layanan Customer Service Pribadi untuk Pengajuan Klaim Anda.
- Fitur Perlindungan Opsional: Kecelakaan Diri untuk Penumpang, Banjir-Badai, Tanggung Jawab Hukum untuk Pihak Ketiga, Terorisme-Sabotase, Huru-Hara, Tanggung Jawab Hukum untuk Penumpang, Barang Milik Pribadi, Kecelakaan Diri untuk Pengendara, Gempa Bumi-Tsunami.
- Katastropik Polis.
Katastropik Polis menjadi solusi bagi pelanggan yang tinggal pada daerah rawan bencana, terutama banjir. Polis ini pun menjadi mitigasi terbaik atas kerugian pembiayaan yang ditimbulkan oleh risiko dengan background banjir hingga bencana alam. Katastropik Polis memiliki komposisi fitur perlindungan sebagai berikut:
- Fitur Perlindungan Included: Banjir-Badai, Rumah-Penjemputan-Pengiriman, Aplikasi Seluler untuk Klaim, Hotline 24 Jam.
- Fitur Perlindungan Opsional: Bengkel Resmi, Gempa Bumi-Tsunami, Huru-Hara, Terorisme-Sabotase.
- Polis Perlindungan Hybrid.
Perlindungan Hybrid menjadi jenis asuransi motor yang memproteksi mobil dari potensi belitan kerugian risiko dalam berkendara di jalan raya. Perlidnungan Hybrid memiliki komposisi fitur-fitur perlindungan sebagai berikut:
- Fitur Perlindungan Included: Emergency Roadside Assistance (ERA), Pencurian oleh Pengemudi, Hotline 24 Jam, Seluler untuk Klaim.
- Fitur Perlindungan Opsional: Banjir-Badai, Kecelakaan Diri untuk Penumpang, Kecelakaan Diri untuk Pengendara, Tanggung Jawab Hukum untuk Penumpang, Barang Milik Pribadi, Tanggung Jawab Hukum untuk Pihak Ketiga, Terorisme-Sabotase, Gempa Bumi-Tsunami, Huru-Hara.
Lebih lanjut, pelanggan juga akan mendapatkan beragam benefit lain setelah menjadi member insureka!. Adapun benefit yang bisa diakses diantaranya Pelayanan Mobil Pengganti menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku. Melengkapi status polis asuransi mobil, ada juga bantuan pinggir jalan Emergency Road Assistance (ERA), lalu Tunjangan Rp100 Ribu per hari menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku ketika unit diperbaiki di bengkel lebih dari 5 hari. Untuk benefit lainnya berupa:
- Fasilitas Bengkel Prioritas. Pelanggan pun bisa melakukan Proses #KlaimnyaLancarBanget dan perbaikan mobil melalui satu tempat.
- Konsultasi secara langsung dan leluasa dengan Customer Service (CS) insureka! melalui media Live Web Call, WhatsApp, dan Telepon Kantor.
Premi dan Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaannya
Menjadi regulasi akuntabel, Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) juga memiliki premi terbaik. Apalagi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah memberikan batasan regulasinya melalui Surat Edaran Nomor 6/SEOJK.05/2017. Secara umum, premi merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pelanggan kepada perusahaan asuransi. Pembayaran premi menjadi bukti aktivasinya polis sekaligus proteksinya atas beragam risiko.
Premi polis asuransi kendaraan bermotor dipengaruhi oleh beberapa aspek, seperti Persentase Premi dan Harga Mobil menurut Kategori. Untuk Persentase Premi dikelompokkan menurut kategorinya hingga sebaran wilayahnya. Secara umum wilayahnya terbagi menjadi 3 dengan acuan kepadatan volume kendaraan pada daerah tersebut. Secara prinsip, persentase premi daerah dengan volume kendaraan padat akan tinggi. Hal ini tidak lepas dari potensi risikonya yang juga tinggi.
Dan, insureka! selalu memberikan penawaran harga premi yang terjangkau. Untuk pembelian polis baru, pelanggan akan menikmati diskon 25%. Pun demikian juga benefit saat melakukan perpanjangan polisnya. Saat melakukan perpanjangan polis, pelanggan bisa mengakses No Claim Bonus hingga Renewal Promo menurut Syarat dan Ketentuan Berlaku. Lalu, harga premi sejak awal juga disesain terjangkau berkat penerapan batas bawah Persentase Premi yang mengacu peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). gambarannya adalah:
Membuat Klaim
Proses klaim menjadi inti dari aktivasi produk perlindungan asuransi kendaraan bermotor. Sebab, klaim menjadi solusi cepat dan tuntas atas risiko yang muncul. #KlaimnyaLancarBanget mampu menekan kerugian pembiayaan yang dimunculkan oleh risiko secara signifikan. Beban pembiayaan kerugian pelanggan atas risiko menjadi berkurang karena bebannya dibagi secara proporsional dengan perusahaan asuransi. Untuk itu, proses klaim harus dilakukan cepat atau kurang dari 5 hari pasca insiden risiko muncul.
Klaim polis asuransi mobil untuk insureka! dijalankan secara online melalui website atau Aplikasi insureka!. Adapun dokumen utama klaim yang dilampirkan sangat sederhana, yaitu Fotocopy KTP, SIM, STNK, hingga Foto/Video Kerusakan unitnya. Sertakan juga kronologi kejadiannya. Adapun beberapa informasi yang ikut disertakan dalam proses klaim adalah:
- Nama Tertanggung.
- Nomor Polis.
- Alamat.
- Nomor Telp.
- Nomor Plat Mobil.
- Nomor SIM Driver.
- Masa Aktif SIM.
- Tanggal Kejadian.
- Lokasi Kejadian.
- Detail kejadian.
Opsi Coverage Tambahan
Selain komposisi fitur inti, Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) juga memberikan opsi perluasan coverage. Untuk memperkuat formula proteksi dasar, pelanggan bisa mengaktivasi fitur opsionalnya. Mengacu kepada PSAKBI, beberapa perluasan jaminan yang bisa diterapkan umumnya terdiri dari:
- Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga.
- Kecelakaan Diri terhadap Penumpang dan atau Pengemudi.
- Kerusuhan, Penghalangan Bekerja, Pemogokan, hingga perbuatan Jahat melalui Huru Hara, Kerushan, Sabotase, dan Terorisme.
- Bencana Alam, seperti Banjir, Gempa Bumi, dan lainnya.
Tips Tepat Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor
Setelah memahami regulasi Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), pelanggan pun wajib memahami tips memilih produk perlindungan yang tepat. Ada beberapa treatment yang bisa dijalankan oleh pelanggan untuk mendapatkan komposisi perlindungan proporsional, yaitu:
- Pelanggan memahami produk asuransi secara detail.
- Pemilihan produk asuransi disesuaikan dengan kebutuhan.
- Tetap melakukan komparasi jenis asuransi kendaraan bermotor yang ada.
- Pelanggan menghitung ketersediaan anggarannya.
- Memastikan kredibilitas dan legalitas perusahaan asuransi mobil.
FAQ
Apakah Asuransi ini Wajib di Indonesia?
Asuransi mobil menjadi kebutuhan utama untuk stabilitas finansial keluarga. Sebab, risiko kerap datang dengan membawa kerugian pembiayaan yang besar. Dengan asuransi, potensi kerugian yang dimunculkan oleh risiko bisa ditekan secara signifikan. Sebab, jenis asuransi motor menjadi faktor pengalih risiko terbaik. Opsi rekomendasinya tetap produk brand terpercaya insureka!.
Bagaimana Premi untuk Asuransi Kendaraan Bermotor Dihitung?
Premi merupakan hasil perkalian antara Persentase Premi dengan Harga Mobil per Kategori. Untuk perhitungan Persentase Premi (PP) mengacu kepada batas bawah regulasi Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia.
Dapatkah Mentransfer Asuransi Kendaraan Bermotor Ke Kendaraan Lain, Jika Saya Mengganti Mobil?
Transfer polis asuransi kendaraan bermotor tidak bisa dilakukan. Sebab, kondisi mobilnya berbeda yang otomatis memberi pengaruh terhadap harga preminya. Meski demikian, pelanggan bisa melakukan refund atau mencairkan polis yang berjalan tersebut lalu membeli polis baru untuk mobil lainnya tersebut.
Kesimpulan
Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSKABI) menjadi regulasi ideal yang wajib diterapkan pada unit mobil pelanggan. Produk AAUI tersebut sudah memenuhi beragam aspek, mulai legalitas hingga pemenuhan atas kebutuhan pelanggannya. Desain standard polis asuransi kendaraan bermotor saat ini mencakup untuk menjawab semua risiko yang muncul dalam bentuk beragam level kerusakan hingga kehilangan unitnya.
Untuk polis asuransi mobil, pelanggan bisa mengoptimalkan produk brand terpercaya insureka!. Sebab, insureka! memberikan proteksi menyeluruh melalui Polis Comprehensive Premium, Comprehensive Basic, Total Loss Only (TLO), Perlindungan Hybrid, dan Katastropik Polis. Nilai premi jenis asuransi kendaraan bermotor yang diterapkannya terjangkau dengan tingkat efisiensi sangat tinggi dalam setahun.